Dasar Teori Perubahan Fisika dan Kimia

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Ketika melakukan kegitan sehari-hari seperti membakar sampah, menghidupkan lilin, membersihkan bagian belakang panci dan sebagainya, tanpa kita sadari hal tersebut merupakan dampak dari perubahan suatu zat. Perubahan zat terjadi secara fisika dan kimia. Banyak alat rumah tangga dan alat disekitar kita mengalami perubahan fisika dan kimia.

Pada saat melakukan pengamatan kegiatan eksperimen biasanya terjadi perubahan materi baik secara fisika maupun kimia. Perubahan fisika adalah perubahan hanya secara fisik saja tanpa menghasilkan zat baru. Sifat-sifat perubahan fisika yaitu dapat kembali ke bentuk semula dan hanya diikuti perubahan sifat fisik zat. Sedangkan perubahan kimia adalah perubahan materi yang menghasilkan zat baru.

Perubahan kimia disebut juga reaksi kimia. Reaksi kimia menghasilkan ciri-ciri seperti terjadinya perubahan warna, perubahan suhu, terbentuk endapan dan terdapat gas. Sifat perubahan kimia yaitu tidak dapat kembali ke bentuk semula dan diikuti perubahan kimia melalui reaksi kimia. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari dengan lebih baik tentang perubahan fisika dan kimia untuk menambah pengetahuan yang kita miliki.

1.2 Tujuan

  1. Dapat memahami prinsip perubahan fisika dan perubahan kimia.
  2. Dapat memahami sifaft masing-masing bahan.

 

BAB II

DASAR TEORI

Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang materi dan perubahannya. Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Contoh kursi, kapur, batu bara, udara dan sebagainya. Berbeda dengan berat, berat tergantung pada gravitasi bumi. Wujud materi terbagi menjadi 3 yaitu padat, cair dan gas. Materi berwujud padat adalah materi yang partikelnya rapat sehingga bentuk dan volumenya tetap. Materi berwujud cair adalah materi yang partikelnya lebih renggang daripada zat padat sehingga tergantung pada medium dan volumenya tetap. Materi berwujud gas adalah materi yang partikelnya tidak beraturan sehingga bentuk dan volumenya tergantung pada medium (Budi, S., 2004).

Setiap benda tersusun dari materi. Sebaliknya cahaya, kalor dan suara adalah bentuk-bentuk energi. Energi adalah kemampuan untuk menghasilkan perubahan. Apabila terjadi perubahan maka energi terlibat di dalamnya. Apabila energi berubah ke bentuk lain maka sedang atau telah terjadi perubahan (Goldberg, D. E., 2008).

Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak menyebabkan terjadinya perubahan baru. Perubahan fisika dapat disebabkan oleh perubahan wujud seperti air membeku, lilin meleleh ketika dibakar dan sebagainya. Disebabkan pula oleh perubahan ukuran seperti gula larut di dalam air. Sedangkan perubahan kimia disebabkan oleh proses pembakaran seperti kertas dibakar menjadi arang, proses perkaratan seperti besi yang berkarat karena air hujan (Purba, M., 2006).

 

DAFTAR PUSTAKA

Budi, S., 2004. Kimia Berbasis Eksperimen. Solo: Tiga serangkai.

Goldberg, D. E. 2008. Kimia untuk Pemula Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Purba, M. 2006. Kimia. Jakarta: Erlangga.

 

126 Comments

  1. Howdy this is kinda of off topic but I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding expertise so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!

  2. I have been surfing online more than three hours today, yet I never found any
    interesting article like yours. It is pretty worth enough
    for me. Personally, if all site owners and bloggers made good content as you did, the web will be a
    lot more useful than ever before.

  3. Excellent blog here! Additionally your site rather a lot up very fast!
    What web host are you the use of? Can I get your associate link on your host?

    I desire my website loaded up as quickly as yours lol

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*