Contoh Soal beserta Jawaban Materi Pembiasan Cahaya

1. Apa yang dimaksud dengan pembiasan cahaya? Dimana cahaya dibiaskan?
Jawaban: Pembiasan cahaya adalah pembelokan cahaya ketika berkas cahaya melewati bidang batas dua medium yang berbeda indeks biasnya. Cahaya akan dibiaskan ketika cahaya tersebut melewati dua buah medium yang memiliki kerapatan berbeda.

2. Cahaya dibiaskan ke arah mana?
Jawaban: Arah pembiasan cahaya ada dua yaitu mendekati garis normal dan menjauhi garis normal. Cahaya dibiaskan mendekati garis normal ketika cahaya merambat dari medium optik kurang rapat ke medium optik yang lebih rapat. Contohnya: cahaya merambat dari udara ke dalam air. Sedangkan cahaya dibiaskan menjauhi garis normal ketika cahaya merambat dari medium optik rapat ke medium optik kurang rapat. Contohnya: cahaya merambat dari dalam air ke udara.

3. Berapa kali cahaya dibiaskan pada lensa? kalau menghitung atau menggambar pembiasan pada lensa, berapa banyak pembiasan biasanya dihitung atau digambar? mengapa jawaban dari dua pertanyaan ini bisa berbeda?
Jawaban: Cahaya dibiaskan pada lensa sebanyak 2 kali sedangkan jika menghitung atau menggambar terjadi 3 kali pembiasan. Hal tersebut berbeda karena pada proses pembiasan pada lensa terdapat dua bidang pembiasan yaitu sinar datang dibiaskan oleh bidang bias utama mendekati garis normal, kemudian dibiaskan lagi menjadi garis normal dan kemudian keluar dari lensa. Sedangkan saat menghitung atau menggambar terdapat aturan-aturan sinar utama (sinar istimewa) sebanyak 3 sinar.

4. Berkas mana yang disebut sebagai tiga berkas utama pada lensa?
Jawaban: 3 berkas utama pada lensa yaitu berkas sinar sejajar dengan sumbu utama optik dan mengenai lensa, sinar yang melalui titik fokus pertama (f1) dan jatuh pada lensa, sinar datang melalui pusat lensa.

5. Apa sifat-sifat dari tiga berkas utama pada lensa?
Jawaban: Sifat-sifat dari 3 berkas utama pada lensa yaitu:
a. sinar datang sejajar dengan sumbu optik dan mengenai lensa akan dibelokkan melalui titik fokus kedua (f2),
b. sinar datang melalui titik fokus pertama (f1) dan jatuh pada lensa akan keluar dari lensa sejajar dengan sumbu optik,
c. sinar datang melalui pusat kelengkungan lensa (P) akan diteruskan tanpa dibelokkan.

6. Apakah lensa cekung mempunyai titik fokus dan jarak fokus? Jelaskan dimana titik fokus dan mengenai besar jarak fokus?
Jawaban: Lensa cekung memiliki titik fokus dan jarak fokus. Titik fokus lensa cekung terletak pada sisi yang sama dengan sinar datang sehingga titik fokus lensa cekung bersifat maya atau semu dan nilainya negatif (-). Besar jarak fokus yaitu:
a. Jika jarak bendanya lebih dari 2 kali jarak fokus lensa, maka bayangan yang terbentuk bersifat maya, tegak dan diperkecil.
b. Jika jarak benda kurang dari 2 kali jarak fokus lensa, maka bayangan yang terbentuk bersifat nyata, terbalik dan diperkecil.

7. Bagaimana bayangan yang tajam bisa dibentuk pada suatu layar? (Apa yang harus terjadi dengan berkas-berkas cahaya supaya ada bayangan yang jelas?)
Jawaban: Bayangan tajam bisa terbentuk jika posisi layar berada pada posisi yang tepat untuk menerima dan menghasilkan bayangan dan berkas-berkas cahaya harus jatuh tepat pada benda sehingga bayangan yang terbentuk jelas pada layar tranparan.

8. Buktikan persamaan f = L² − e² / 4 L dan f = s’ / 1 + M !
Jawaban:
misalkan: s = 5 cm dan s’ = 10 cm

L = s + s’
= 5 cm + 10 cm
= 15 cm

e = s’ – s
= 10 cm – 5 cm
= 5 cm

Pembuktian persamaan:

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*