Dasar Teori Percobaan Tegangan Permukaan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Dasar teori

Tegangan permukaan merupakan sifat permukaan suatu zat cair akibat pengaruh tegangan. Pengaruh tegangan tersebut disebabkan oleh adanya gaya tarik menarik antar molekul di permukaan zat cair. Gaya tarik-menarik tersebut menciptakan pembatas antara udara dengan cairan tersebut (Ermawati, 2008).

Tegangan permukaan cairan dapat diukur dengan cara drop out, bubble pressure, tensiometer dan capilary rise. Metode bubble dinyatakan penting untuk pengukuran tensi permukaan logam lebur. Hal ini juga sudah digunakan dalam penentuan tensi interfacial elektrolit mercuri encer (Ginting, 2002).

Faktor-faktor yang mempengaruhi tegangan permukaan antara lain suhu, tekanan dan konsentrasi larutan. Di dalam cairan, sebuah molekul mengalami gaya tarik dari molekul lain tetapi pada permukaan sebuah molekul hanya dikelilingi sebagian saja. Akibatnya molekul pada permukaan ini hanya mengalami gaya tarik ke arah benda cairnya. Sifat ini yang menyebabkan cairan dapat jatuh membentuk tetesan yang dapat merambat pada pumbuluh atau pipa kapiler serta dapat mengembangkan selembar kertas logam (Rimba, 2010).

1.2 Tujuan

Menghitung besar tegangan permukaan menggunakan bubble method.

 

DAFTAR PUSTAKA

Ermawati. 2008. Modul Praktikum Farmasi Fisika. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta Press.

Ginting. 2002. Kimia Fisika. Jakarta: Rineka Cipta.

Rimba, H. 2010. Penuntun Kimia Fisik. Kendari: Universitas Hauoleo.

 

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*