12 Film Romansa SMA Terbaik yang Cocok Untuk Menemani Liburanmu

Berbicara tentang film romansa SMA terbaik, pasti ingat dong dengan kisah Dilan dan Milea?

Siapa yang belum nonton “Dilan 1990”?, pasti kalian semua sudah nonton dong film romansa SMA yang sangat populer belakangan ini.

Film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq ini mendongkrak popularitas yang luar biasa.

Tak bisa dipungkiri karakter Dilan sebagai bad boy berjiwa romantis menjadi romansa anak SMA ini digandrungi banyak kalangan.

Berbicara tentang film romansa SMA pasti akan membuat kamu tersenyum-senyum sendiri serta melayang kembali pada ingatan dimana pada masa itu sebuah kisah manis pernah terjadi dalam hidupmu.

Yup, banyak orang bilang masa putih abu-abu adalah masa yang paling berkesan dan dipenuhi kenangan, karena pada masa itu kita berada pada fase peralihan dari remaja menuju dewasa.


Sederetan Film Romansa SMA Terbaik


Untuk bernostalgia mengenang romansa putih abu-abu kamu nih, berikut 12 film romansa SMA terbaik versi rahasiabelajar.com.

1. The Perks of Being a Wallflower (2012)

Melepaskan karakter Hermonie, Emma Watson tampil sangat berbeda di film “The Perks of Being a Wallflower” sebagai gadis SMA yang supel dan hidup bebas.

Memerankan tokoh Sam, di film ini ia beradu peran dengan Charlie (Logan Lerman). Kisah persahabatan antara Sam, Charlie, dan Patrick (Ezra Miller) yang unik.

Menceritakan tentang Charlie yang introvert dan penyendiri berusaha keluar dari trauma depresi klinis yang dideritanya.

Charlie bertemu dengan Sam dan Patrick saat ia masuk SMA, mereka mengundang Charlie untuk bergabung bersama mereka ke beberapa kegiatan sosial.

Saat malam natal, Sam memberi Charlie hadiah mesin tik kuno agar Charlie mulai mewujudkan impiannya menjadi seorang penulis.

Pada malam itu Charlie mulai tertarik dengan Sam yang sudah memiliki kekasih.

2. Ada Apa Dengan Cinta (AADC) (2002)

Film yang pernah ditayangkan di Malaysia, Brunei, Filipina, dan Singapura ini memiliki rating cukup tinggi di imdb yaitu 7.8/10.

Film ini menjadi film permulaan bangkitnya kembali dunia perfilman Indonesia.

Tentu kalian semua sudah tau dong ya kalau film ini menceritakan tentang Cinta (Dian Sastrowadoyo) yang jatuh cinta pada Rangga (Nicholas Saputra) lewat sebuah puisi.

Masa-masa SMA yang dipenuhi dengan gengsi membuat Cinta malu mengakui perasaannya kepada Rangga lantas sahabat-sahabatnya yang tak menyukai sifat Rangga yang penyendiri.

Namun, di sisi lain sifat pendiam dan cool Rangga itulah yang membuat Cinta klepek-klepek dimabuk kepayang.

3. You Are the Apple of My Eye (2011)

Tokoh utama pada film yaitu bernama Ching Teng Ko, si pemalas tukang buat onar. Siswa yang biasa dipanggil Ko Teng ini seringkali menjahili teman-temannya dan bertingkah kekanak-kanakan.

Suatu hari Ko Teng melakukan tindakan di luar dugaan, ia berkorban dengan meminjamkan buku bahasa Inggris pada teman sebangkunya, Shen Chia-Yi gadis paling pintar dan tekun di kelas.

Oleh karena itu, Ko Teng dihukum oleh gurunya. Kisah percintaan pun bersemi mulai saat itu antara Ko Teng si brandalan sekolah dan Chia-Yi gadis cantik nan pintar.

4. Dilan 1990 (2018)

Nah, siapa yang tak kenal dengan film yang terkenal dengan gombalan “Milea jangan rindu, rindu itu berat biar aku saja”. Pasti yang membaca sedang senyum-senyum mesem sendiri.

Film yang baru saja dirilis bulan Januari lalu ini diangkat dari novel best seller karya Pidi Baiq dengan judul yang sama “Dilan 1990”.

Film ini termasuk dalam film percintaan tersukses di tahun 2018 karena berhasil meraih 6,2 juta penonton.

Akibat akting Iqbaal sebagai Dilan yang mumpuni, ia berhasil mendapatkan banyak pujian dari para penikmat film.

Kabarnya, “Dilan 1991” juga akan difilmkan lho, wah akan tambah melejit nih namanya Dilan eh salah Iqbaal. 

5. Suckseed (2011)

Film ini menceritakan persahabatan antara Ped, Koong, dan Ex yang bersama-sama membentuk sebuah band.

Tujuan mereka membentuk grup musik tersebut semata hanya untuk mencari popularitas.

Koong yang memiliki kembaran yang sangat populer karena kemahiran dan ketampanannya di kalangan remaja tak ingin kalah saing.

Bukannya makin populer, musik yang dibentuk Koong dan kawan-kawan justru berantakan hingga muncul gadis bernama Ern yang pintar bernyanyi dan memainkan alat musik, cinta pertama Ern sewaktu kecil.

Benih-benih cinta di antara anak SMA ini mulai muncul. Disaat Ped menyadari ia jatuh cinta lagi pada Ern, Koong justru terang-terangan menyatakan cintanya pada Ern.

6. Ada Cinta di SMA (2016)

Lagi-lagi dalam film ini Iqbaal bermain bersama para member CJR. “Ada Cinta di SMA” merupakan film percintaan remaja hasil garapan sutradara Patrick Effendy bersama Starvision.

Dalam film ini Iqbaal berperan sebagai dirinya sendiri, anak SMA tengil yang hobinya ngusilin semua orang. Diakui banyak orang, akting Iqbaal pada film ini telah membius banyak remaja saat itu.

Berisi tentang konflik tentang kegalauan masa-masa SMA yang pernah kita rasakan.

Iqbaal yang bosan dipandang sebelah mata ingin membuktikan bahwa dirinya siap bersaing dengan Alya (Caitlin Halderman) dalam pemilihan ketua OSIS periode terbaru.

Aldi awalnya memandang sebelah mata keinginan Iqbaal, namun karena melihat kesungguhannya akhirnya Aldi membantu Iqbaal dengan menjadi tim suksesnya.

Di sisi lain, Kiki yang akan lengser dari jabatannya sebagai ketua OSIS diam-diam ingin kembali mewujudkan mimpinya menjadi musisi yang selama ini ditentang keras oleh Ayahnya.

Akankah Kiki mampu mewujudkan impian nya bermain musik bersama Iqbaal dan Aldi? Akankah Iqbaal dapat menyaingi Alya si pintar, cantik, dan menjadi siswa teladan di sekolah?

7. A Walk To Remember (2002)

Kisah cinta yang mengharukan antara Jamie, cewek polos dan sangat religius di sekolahnya dan Landon, cowok nakal yang populer dan selalu bikin onar. Awal mulanya Landon sama sekali tidak tertarik pada Jamie.

Pertemuan mereka di gereja, saat Jamie mengisi paduan suara, membuat Landon perlahan-lahan mulai jatuh cinta padanya.

Sikap Landon perlahan-lahan mulai berubah karena Jamie, namun siapa sangka jika Jamie sesungguhnya mengidap penyakit berat dan hanya memiliki sisa waktu sedikit untuk hidup.

8. Love Rossie (2014)

Menonton film ini kalian akan dibuat gemas oleh persahabatan Alex (Sam Caflin) dan Rosie (Lily Collins) yang saling tarik ulur untuk menyatakan perasaan masing-masing selama 12 tahun lamanya.

Bermula saat mereka SMA, Alex mulai menyadari bahwa ia jatuh cinta pada sahabatnya Rosie.

Namun, kala itu Rosie belum menyadari bahwa di kemudian hari ia akan sangat sedih saat harus melepas Alex di hari pernikahannya, sahabat yang sangat dicintainya sejak lama.

9. Dear Nathan (2017)

Selain Dilan, kisah tentang bad boy saat SMA yang perlahan-lahan mulai berubah saat jatuh cinta adalah Nathan.

Film yang diadaptasi dari novel karya Erisca Febriani ini menceritakan tentang Salma murid baru yang tidak sengaja bertemu Nathan saat terlambat sekolah.

Berkat bantuan Nathan yang hobi tawuran dan melanggar peraturan sekolah, Salma dapat menyelinap masuk ke sekolah.

Sejak saat itu mereka menjadi dekat, bahkan perlahan-lahan Nathan berubah menjadi anak baik-baik karena Salma.

Saat asmara antar kedua sejoli ini lagi mekar-mekarnya, Seli mantan kekasih Nathan muncul kembali dan ingin balikan.

10. Refrain (2013)

Kisah cinta sederhana dari sepasang sahabat yang terjerat zona friendzone dengan dalih “sudah berteman sejak kecil”.

Niki (Maudy Ayunda) dan Nata (Afgan Syah Reza) sudah saling mengenal jauh sebelum mereka paham akan arti jatuh cinta.

Melalui masa suka dan duka bersama, mereka terbentuk menjadi sepasang anak manusia yang tak bisa dipisahkan. Bahkan bersekolah di tempat yang sama hingga keduanya beranjak remaja.

Putih abu-abu adalah masa-masa yang dipenuhi euforia tentang jatuh cinta. Tidak ada yang tahu apakah hanya sekedar cinta monyet saja tau justru menjadi cinta sejati untuk selamanya.

Niki dan Nata tidak menyadari ternyata dibalik topeng persahabatan yang mereka agungkan ada benih-benih cinta yang tumbuh bersama waktu.

Seiring bertambah dewasa, Nata yang mulai menyadari bahwa ia jatuh cinta tak berani maju untuk melangkah. Takut merusak persahabatan yang sudah lama ia bangun, begitu alasannya.

Selain itu tampaknya Niki juga menyukai salah satu murid tampan di sekolah mereka, pria tampan yang jago bermain basket.

Nata memilih mundur dengan perasaannya dan memutuskan untuk kuliah ke luar negeri setelah lulus SMA.

Ditinggalkan sahabat yang selama ini selalu ada, membuat keadaan menjadi asing bagi Niki. Seolah-olah kehampaan merasuki dirinya, apakah ini pertanda Niki juga merasakan hal yang sama?

11. High School Musical (2006)

Kamu anak generasi 90-an pasti langsung klik jika film ini kita masukkan ke dalam kategori film romansa sma terbaik.

Yup, film musikal Disney yang tumbuh bersama kamu ini sudah memasuki usia 14 tahun sejak pertama kali rilis. Waw, kalau begitu berapa usia kamu saat ini? Ups!

High School Musical adalah sebuah kisah cinta sederhana antara Tory (Zac Efron) kapten basket sekolah dan Gabriella (Vanessa Hudgens), si murid baru di sekolahnya.

Mereka tidak sengaja bertemu di sebuah pesa akhir tahun dan sama-sama ditunjuk untuk duet bareng. Ternyata keduanya sama-sama suka menyanyi dan memiliki suara yang indah.

Memiliki hobi yang sama akhirnya keduanya sering menyanyi bersama di berbagai kesempatan. Pertemuan yang tidak disengaja ini ternyata menumbuhkan benih-benih cinta di antara keduanya.

Namun Sharpay cewek populer di sekolah berusaha merusak hubungan keduanya karena ia juga menyukai Tory.

HSM terbilang sangat sukses kala itu hingga dibuat sekuelnya yaitu HSM 2 dan HSM 3 : Senior Year.

Saking suksesnya soundtrack film ini pun menjadi album terlaris di Amerika pada tahun 2006. Selain itu film ini menjadi titik permulaan juga bagi karir kedua pemeran utamanya.

12. Yowis Ben (2018)

Film komedi yang menggunakan bahasa Jawa Timuran ini mendapatkan pujian spesial dari orang nomor satu Indonesia, Presiden Jokowi.

Karya dari youtuber Bayu Skak dan Fajar Nugros ini memberikan kisah percintaan ringan di kalangan remaja SMA yang dipenuhi intrik kekonyolan.

Film ini merupakan film perdana Bayu Skak menjadi seorang co-director dalam proyek penggarapan film.

Sebagai film perdana, film ini meraih prestasi yang luar biasa dengan meraih penghargaan sebagai Film Bioskop Klasifikasi Usia 13+ di Anugerah Lembaga Sensor Film.

“Yowis Ben” merupakan nama grup band anak-anak SMA besutan Bayu Skak, Joshua Suherman, Brandon Salim, dan Tutus Thomson.

Band ini dibentuk atas inisiatif Bayu agar bisa terlihat kece di mata Susan (Cut Meyriska), gadis pujaan hati yang telah lama diidam-idamkannya.

Harapan Bayu membentuk band tersebut agar popularitasnya semakin meningkat hingga Susan jatuh hati padanya.

Namun, langkah Bayu dan kawan-kawan dalam menggeluti dunia musik tentu tidaklah mudah. Berbagai rintangan dan cibiran dari orang-orang sekitar sering mereka hadapi.

Akan tetapi hal tersebut tak mematahkan semangat mereka untuk terus berkarya, hingga akhirnya mereka berhasil dikenal publik melalui kanal Youtube yang mereka buat.

Lalu apa kabar dengan cerita cinta Bayu kepada Susan? Apakah akhirnya ia menyatakan perasaannya, yok ditonton sek yok film e!


Dari 12 film romansa SMA di atas, film mana yang mewakili kisah romansamu pada zaman SMA dulu?

Yang pastinya pasti ada yang kisah cintanya berakhir happy ending dan ada pula yang akhirnya harus berpisah setelah lulus SMA.

Well, yang namanya masa-masa peralihan gaess, kita masih terlalu muda waktu itu untuk menyadari apa yang namanya cinta sejati.

Baca Juga : Film Bullying Terbaik

Leave a Comment