15 Jenis Tanaman Puring yang Indah dan Cantik Mempesona

Tanaman puring adalah jenis tanaman semak perdu yang sering kita jumpai. Nama latin dari berbagai jenis tanaman puring adalah Codiaeum Variegatum Bi.

Saat ini tanaman puring menjadi salah satu tanaman hias yang banyak dimanfaatkan untuk mempercantik pekarangan rumah.

Bahkan tanaman puring ini tidak kalah cantik jika diletakkan di dalam ruangan.

Keunikan dari tanaman ini terletak pada bagian daunnya. Daun tanaman puring berbentuk unik dengan warna daun yang sangat bervariatif.

Perpaduan warna daun dari tanaman puring meliputi warna kuning, jingga, merah, hijau, dan orange.

Semakin unik bentuk dan warna daunnya, maka harga tanaman puring tersebut akan semakin tinggi.

Tumbuhan puring jika di luar negeri lebih dikenal dengan sebutan Croton. Banyak sekali orang yang memelihara puring di pekarangan rumah mereka, tapi orang awam tidak mengetahui jika nama tumbuhan ini adalah puring.

Mungkin orang awam hanya menyebutnya tanaman hias daun atau sejenisnya. Sebutan untuk tanaman ini pun berbeda-beda untuk tiap daerah di Indonesia. Orang MInahasa menyebutnya sebagai Rajek sedangkan orang Manado menyebutnya luli.

Tak hanya menampilkan daun yang beraneka warna dan coraknya, tanaman ini juga terkadang menampilkan keunikan batangnya. Lantaran hal itu, muncul istilah kristata dimana batang puring merumpun dan membentuk pola yang tak lazim, tapi justru memikat.

Bahkan puring dengan kristata sering diburu penghobi sebagai tanaman koleksi. Harganya pun malah bisa lebih tinggi dari puring normal berbatang lurus.


Jenis Tanaman Puring


Tanaman puring diketahui mengandung senyawa polifenol, saponin dan flavonoid. Daun taman puring dipercaya dapat mengobati penyakit sembelit, cacingan dan sakit perut.

Daun pada tanaman puring memiliki kemampuan untuk menyerap unsur plumbum (timah) yang terkandung pada udara terbuka.

Sehingga tanaman ini sangat berguna untuk mengurangi kadar logam berat di udara yang berasal dari asap kendaraan bermotor.

Sangat disarankan untuk menanam tanaman puring ini di halaman rumah.

Selain dapat mempercantik rumah, tanaman ini juga berguna untuk mengurangi polusi udara di sekitar lingkungan rumahmu.

1. Puring Kura-kura

image source: shopee.co.id

Tanaman puring jenis ini memiliki daun dengan corak seperti cangkang kura-kura. Warna daun puring kura-kura perpaduan antara warna hijau, kuning merah.

Tanaman puring ini termasuk ke dalam tanaman puring dengan harga yang cukup mahal. Kisaran harga tanaman puring kura-kura yaitu Rp 100.000.

2. Puring Emping

imege source: thegorbalsla.com

Daun puring emping berbentuk bulat dengan bagian ujung daunnya yang lancip.

Warna daun dari tanaman puring ini merupakan kombinasi dari warna hijau dan kuning yang akan memberikan kesan segar dan cerah.

Dibandingkan dengan jenis tanaman puring yang lain, tanaman puring emping dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu seharga Rp 20.000.

3. Puring Apel

Tanaman puring ini dinamakan puring apel karena memiliki warna daun yang mirip dengan warna apel.

Daun dari tanaman puring apel memiliki warna dari perpaduan warna hijau, kuning, dan merah. Puring apel mempunyai bentuk daun yang lebar dan bulat.

Beberapa jenis tanaman puring apel antara lain puring apel biasa, puring apel merah thailand, puring apel warna-warni, puring apel washington, dan puring apel hijau.

Harga tanaman puring apel biasanya pada kisaran Rp 75.000. Sedangkan untuk jenis puring apel merah thailand seharga Rp 200.000.

Yang paling mahal adalah jenis tanaman puring apel warna-warni yang mencapai Rp 350.000

4. Puring Anggur

jenis tanaman puring
image source: shopee.co.id

Salah satu tanaman puring yang jarang ditemukan adalah puring anggur.

Yang menjadi keunikan tanaman puring ini adalah ada corak batik di bagian tengah daunnya.

Jenis tanaman puring ini memiliki daun berbentuk oval dan lebar.

Perpaduan warna daun pada puring anggur ini sangat cantik yaitu warna merah, coklat, hijau dan kuning.

Tanaman puring anggur ini sangat cocok dijadikan tanaman hias untuk menghiasi pekarangan rumah atau mempercantik suatu sudut ruangan dalam rumah.

5. Puring Dasi

image source: shopee.co.id

Puring dasi memiliki bentuk daun yang cantik mirip dengan bentuk dasi kupu-kupu.

Memiliki daun yang panjang dan ada juga yang pendek.

Pada umumnya, puring dasi memiliki warna daun perpaduan antara kuning, hijau, dan merah.

Salah satu jenis tanaman puring dasi yang paling populer yaitu puring dasi jojon merah. Puring dasi jojon merah memiliki daun yang lebar dengan warna daun merah cerah.

6. Puring Eburneum

Eburneum lebih dikenal dengan sebutan puring Philipina atau puring susu. Warna daunnya kontras dan menarik dengan paduan hijau dan kuning muda.

7. Puring Thamara

Mirip dengan puring eburneum, tetapi dengan ukuran daun yang lebih kecil. Thamara juga memiliki bentuk daun yang berbeda dari eburneum dengan warna krem yang lebut dan warna hijau yang lebih mendominasi. Terkadang orang menyebutnya puring jeruk.

8. Puring Sendok

jenis tanaman puring
image source: shopee.co.id

Tangkai puring sendok panjang dan warna daunnya sangat memikat. Daunnya agak kehitam-hitaman dengan sedikit rona merah menyala pada bagian tulang daun. Permukaan daunnya agak cembung ditambah dengan bentuk yang agak membulat karena itulah disebut puring sendok.

9. Puring Telur

image source: tokopedia.com

Dinamakan puring telur karena bentuk daunnya yang membulat dan ada warna kuningnya. Sekilas orang yang melihatnya teringat pada telur ceplok ddengan bagian putih diganti warna hijau.

Seperti namanya bentuk daun puring telur bulat dan agak cembung dengan perpaduan warna hijau dan kuning.

10. Puring Kupu

Sekilas puring kupu tampak terlihat mirip dengan puring telur. Padahal puring kupu memiliki daun yang berbeda dengan puring telur karena bagian ujungnya seperti cemeti yang memuntir. Sementara bagian pangkaalnya membulat dan sedikit cembung.

11. Puring Tiger

jenis tanamn puring
image source: palmpedia.net

Mungkin puring ini dinamakan tiger atau yang dalam bahasa Indonesia berarti macam karena corak daunnya. Ya, puring tiger memiliki warna hijau dengan corak totol-totol berwarna kuning. Keunikan lain dari puring tuger adalah daunnya yang sempit, memanjang, keriting dan menjuntai.

12. Puring Ram’s Horn

image source: za.pinterest.com

Di indonesia lebih dikenal dengan sebutan puring tanduk. Jika melihat daunnya yang menekuk akan mengingatkan kita pada tandung binatang, seperti tanduk kambing misalnya.

Itulah mengapa puring ini disebut puring tanduk. Selain itu, puring tanduk memiliki warna yang didominasi warna kuning dengan warna semburat merah yang terkadang muncul pada tulang daun utama jenis tanaman puring ini.

13. Puring Appendiculatum

jenis tanaman puring
image source: commons.wikimedia.org

Seringkali puring jenis ini disebut sebagai puring anting atau puring anting merah. Diluar negeri, nama jenis tanaman puring ini disebut sebagai mother and daugther. Penamaan mother and daugther atau ibu dan anak perempuannya ini didasarkan pada bentuk daunnya.

Memang bentuk daun puring ini sangat unik karena bentuknya ramping memanjang dengan bagian ujung terpisah yang dihubungkan oleh tulang daun. Kesannya daun yang besar sebagai ibu dan daun kecil yang berada di ujungnya sebagai anak perempuannya.

14. Puring Red Circle

jenis tanaman ouring
image source: gardenerspath.com

Perlu kalian tahu, jika daun muda jenis tanaman puring ini berbentuk oval dengan perpaduan warna hijau dan kuning. Namun, ketika daunnya sudah menua mereka kan memanjang dan warnanya juga lebih beragam. Terdapat rona coklat dengan warna merah mengelilingi tepi daun.

15. Puring Galaksi

image source: bungaku.co.id

Dinamai puring galaksi karena corak daun mereka yang indah seperti taburan bintang di galaksi. Meski warnanya juga sama seperti kebanyakan puring, yakni hijau dengan corak titik kuning yang menyebar. Ada sedikit warna oranye juga pada daun puring galaksi.

Bagian pangkal daun agak membesar semakin ke ujung akan semakin mengecil dan di ujung daun akan meruncing. Biasanya saat daun masih muda warna tulang daun dan sekitarnya akan berwarna kuning, tapi lama-kelamaan akan berubah menjadi oranye.

Leave a Comment