9 Binatang Berukuran Mini yang Lucu, Imut dan Unik

Binatang mini yang lucu dan imut memang cukup menggemaskan. Rasanya ingin dibawa pulang untuk dipelihara ya.

Menurutmu apa saja sih hewan-hewan yang mempunyai ukuran tubuh yang kecil? Tentu banyak dong ya.

Memang dii dunia ini, ada banyak sekali binatang yang berukuran mini. Namun, diantara mereka terdapat pula beberapa yang bentuknya yang sangat lucu dan menggemaskan.

Meski tak sedikit yang mengerikan dan menggelikan. Tetapi pada kesempatan yang baik ini, penulis hanya akan merangkum beberapa binatang berukuran kecil atau mini, lucu, imut, dan menggemaskan.

Beberapa di antaranya juga memiliki bentuk yang sangat unik, bahkan mungkin tidak pernah terbayangkan ada di dunia ini.

Apa saja hewan tersebut? yuk deh simak uraiannya di bawah ini, semoga dengan membaca ulasannya bisa membantumu mengenali hewan-hewan mini.


Binatang Berukuran Mini yang Lucu


Nah, berikut ini beberapa binatang yang berukuran mini yang imut, lucu dan unik:

1. Kepiting Horseshoe, Limulidae

 

9 Binatang Berukuran Mini yang Lucu, Imut dan Unik
food.detik.com

Seorang pelancong bersama anaknya menemukan kepiting ini saat sedang bermain di pulau lokal di kawasan Indian River, Florida.

Kepiting Horseshoe ini masuk ke dalam filum Arthropoda, hewan kecil ini mempunyai lengan dan tubuh diartikulasikan. Di pulau Jawa, kepiting jawa disebut mimi, sedangkan yang berkelamin betina disebut mintuna.

Keduanya melambangkan kehidupan yang rukun dalam pernikahan. Hal ini disebabkan karena hewan ini terlihat rukun dan hidup bersama sepanjang hidupnya (monogami).

2. Hippocampus Denise

Hippocampus denise adalah jenis Kuda laut terkecil di dunia. Kuda laut jenis ini memiliki ukuran hanya sepanjang 16 mm.

Hippocarmus Denis sangat sulit untuk dijumpai karena selain ukurannya yang sangat kecil, hewan ini juga hidup di kedalaman 90 meter di bawah air.

Populasi terbanyak hewan ini ada di Samudera Pasifik. Jadi, akan sangat membutuhkan usaha yang ekstra untuk dapat menjumpainya.

3. Kelelawar Bumblebee

5 Binatang Berukuran Mini yang Lucu, Imut dan unik
berbagicoretanku.blogspot.com

Kelelawar yang namanya seperti salah satu tokoh di film Transformer ini mempunyai berat seukuran uang logam seratus rupiah.

Bisa dibayangkan betapa ringannya hewan ini bila dibandingkan dengan jenis kelelawar lainnya.

Jika biasanya kelelawar nampak menakutkan, makan hal tersebut tak berlaku bagi Bumblebee.

Karena ukuran tubuhnya yang kecil, banyak orang menganggapnya sebagai miniatur hewan. Hal itu justru membuatnya terlihat menggemaskan.

4. Pygmy Jerboa

Pygmy Jerboa merupakan salah satu jenis tikus terkecil di dunia. Tikus jenis ini amat menggemaskan, dan orang-orang yang melihatnya tak dapat menolak untuk mengelus-elus bulu dari binatang terkecil ini.

Meskipun ukuran tikus ini amat mini, namun hewan terkecil ini dapat berlari dengan kecepatan 15 mil/jam bila mereka sedang berburu atau merasa terancam.

Kaki belakang mereka berukuran lebih panjang dibandingkan yang depan. Dan, mereka memfungsikan ekornya itu untuk menjaga keseimbangan.

5. Leptotyphlops Carlae

9 Binatang Berukuran Mini yang Lucu, Imut dan Unik
pulsk.com

Leptotyphlops Carlae merupak jenis ular terkecil di dunia. Meski ular cenderung menyeramkan, namun tidak dengan jenis ular ini. Bentuk dan ukurannya yang kecil membuatnya nampak lucu, ya walau sedikit menggelikan.

Ular ini mendapar rekor untuk spesies ular paling kecil di dunia, dimana ukuran panjangnya hanya sepanjang 10 cm.

Untuk ular betina, ia hanya menetaskan satu telur tunggal dalam hidupnya, dan bayinya itu menetas dengan ukuran setengah dari ukuran induknya atau ukuran ular dewasa.

6. Binatang Mini yang Lucu: Landak Susu

Landak yang sering disebut juga dengan landak mini ini tidak seperti landak besar yang sering kamu lihat.

Seperti penyebutannya landak mini memiliki ukuran yang kecil, hampir sama seperti hamster. Memiliki warna dengan kombinasi hitam dan putih.

Teman-teman tak perlu khawatir kalau ignin memeliharanya, sebab mereka tidak berbahaya seperti landak besar.

Tak hanya itu perawatannya pun cukup mudah. Sediakan kandang lalu berilah mereka makan apa saja, karena landak susu adalah hewan omnivora.

Kamu bisa memberinya buah-buahan, kacang polong, atau ulang hongkong, kroto, dan lain sebagainya.

7. Binatang Mini yang Lucu: Sugar Glider

9 Binatang Berukuran Mini yang Lucu, Imut dan Unik
petassure.com

Selanjutnya hewan mini yang tak kalah lucu dan imut adalah sugar glider. Seperti apa sih binatang ini?

Secara bentuk sangat mirip dengan tupai terbang, dan memang masih termasuk anggota marsupal dan sebangsa dengan mamalia koala.

Sugar glider juga memiliki kantung mata seperti kangguru. Bertahan hidup dengan memakan apa saja.

Lalu sekecil apa hewan tersebut? Yang jelas sugar glider bisa masuk dalam saku bajumu loh, jadi sangat mudah dibawa kemana-mana.

Lucu banget kan. Tak hanya itu, hewan yang tergolong omnivora ini lebih ramah dari kucing. Sehingga kalau kamu ingin memeliharanya tak perlu waktu lama untuk membuat bonding.

8. Anjing Pomeranian

9 Binatang Berukuran Mini yang Lucu, Imut dan Unik
ekor9.com

Anjing merupakan hewan yang sudah populer untuk dipelihara. Dikenal dengan tingkahnya yang lucu, dan loyal terhadap pemiliknya.

Meski hampir semua jenis anjing memiliki bentuk yang lucu, tetapi terdapat salah satu jenis anjing berukuran kecil yang sangat menggemaskan.

Dikenal dengan nama anjing pom atau pomeranian, dan memiliki karakter ceria dan suka berlarian kesana kemari.

Oleh karena itu tak heran kalau banyak orang yang sangat mengidolakan anjing pom. Secara visual anjing ini tampak seperti boneka, duh duh semakin menggemaskan ya.

9. Tikus Belanda/ Marmut

suara.com

Kalau marmut, tentu teman-teman sudah sangat tahu dong ya. Karena banyak orang yang sudah memelihara tikus belanda ini.

Hewan yang dikenal juga dengan guinea pig termasuk dalam genus Cavia dan famili Caviidae. Nah tapi marmut ini gak sama loh ya dengan hamster.

Meski sama-sama hewan pengerat tetapi keduanya berbeda. Marmut memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih ramah kepada pemiliknya dibanding dengan hamster.

Jadi sang pemilik bisa main-main dengan bebas tanpa khawatir marmut akan lari ketakutan. Yuk yang mau memelihara tikus lucu ini, jangan lupa untuk menyiapkan kandang dan makanannya ya.

Demikianlah informasi tentang hewan yang berukuran ini, tapi lucu dan menggemaskan. Semoga dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Paling tidak bisa menambah pengetahuan teman-teman tentang dunia hewan. Kalau di antara pembaca ada yang ingin menambahkan informasi mengenai hewan di atas, boleh loh tulis di kolom komentar.

Selamat berpetualang menysuri dunia binatang, jaga kesehatan ya kawan-kawan. Semoga dunia semakin membaik.

1 thought on “9 Binatang Berukuran Mini yang Lucu, Imut dan Unik”

Leave a Comment