Cara Mancing Hiu | Persiapkan Alat dan Kenali Jenis Hiu yang Dilarang

Cara Mancing Hiu | Persiapkan Alat dan Kenali Jenis Hiu yang Dilarang

Cara mancing hiu – Siapa yang tidak ingat dengan jenis ikan yang satu ini. Sejak kecil kita sudah dikenalkan dengan jenis ikan berukuran besar, pemangsa atau predator ganas yang hidup di laut.

Ya kita mengenalnya dengan nama ikan hiu. Giginya tajam, ukuran tubuhnya besar, serta sorot matanya seolah siap memangsa siapapun yang lewat dihadapannya.

Hal ini wajar saja kalau ikan hiu dijuluki dengan predator paling mematikan di seluruh dunia.

Memiliki hampir 400 spesies yang berbeda-beda di seluruh dunia. Karenanya kita bisa menemukan jenis hiu baik di air tawar maupun air laut, baik yang ukurannya kecil atau yang sangat besar.

Ikan yang mampu tumbuh sampai 12 meter ini cukup mengintimidasi semua makhluk yang ada di laut, termasuk juga manusia.

Meskipun hiu adalah predator mamatikan, tetapi jenis ikan tersebut ternyata malah menarik perhatian para angler dan menjadikannya sebagai ikan target buruan.

Nmun memancing hiu yang pada umumnya berukuran besar tentu sangat berbeda dengan memancing ikan lainnya, oleh karena itu di bawah ini kami akan menyajikan informasi mengenai cara mancing hiu.

Mulai dari alat yang disiapkan, tempat pemancingan, serta spesies hiu yang boleh dipancing.


Cara mancing Hiu


Untuk teman-teman yang berniat ingin memancing hiu, yuk simak dulu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan seperti di bawah ini:

Menggunakan Peralatan Mancing Khusus untuk Hiu

Karena ikan hiu termasuk dalam jenis ikan target yang cukup special, maka piranti yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. Adapun beberapa peralatan yang wajib dan tak boleh tertinggal ada sebagai berikut.

Joran

Alat ini berbentuk seperti tongkat, berfungsi sebagai pegangan ketika memancing. Selain itu berguna untuk menempelkan reel, dan menentukan tarikan ikan.

Jadi joran yang dipilih haruslah sesuai dengan ukuran hiu yang menjadi target.

Reel

Selanjutnya adalah reel, berguna untuk menggulung dan menampung senar pancing, sehingga senar bisa mudah keluar masuk.

Senar

Karena senar merupakan peralatan yang cukup rawan ketika memancing hiu, tersebab itu pastikan bahwa senar yang dipilih cukup kuat untuk menarik beban hiu ya. Jangan sampai putus di tengah jalan hehe.

Kail

Dan terakhir adalah kail, berguna untuk menjerat ikan ketika makan umpan. Supaya tidak mudah bengkok dan patah belilah yang berkualitas tinggi.

Cara Mancing Hiu: Memilih lokasi pemancingan

Di Indonesia sendiri terdapat 45 jenis hiu yang sudah teridentifikasi, dan masih banyak lainnya yang masih belum teridentifikasi.

Hiu tersebut tersebar di hampir seluruh perairan Indonesia, meskipun yang paling banyak dan mudah ditemui adalah di perairan timur, tepatnya kawasan Raja Ampat.

Secara umum tempat strategis yang bisa dipilih ketika memancing hiu adalah di:

Di Tengah Lautan Lepas

Untuk pemilihan lokasi yang satu ini, pastikan bahwa standar keselamatan dipersiapkan dengan baik, karena memancing di tengah laut adalah yang paling rawan terlebih jika ikan targetnya adalah hiu. Keselamatan pemancing dan awak kapal adalah yang paling utama.

Di Tepi Pantai

Tempat yang lebih aman untuk memancing hiu adalah di tepi pantai, meskipun kelemahannya memang lebih sulit mendapatkan target dibanding di laut lepas.

Tetapi tak ada salahnya untuk dicoba loh, kalau berminat silahkan sediakan umpan beraroma darah yang masih sangat kuat.


Jenis Hiu yang Boleh Ditangkap di Indonesia


Jadi kawan-kawan tidak semua jenis hiu boleh ditangkap, karena populasinya yang semakin berkurang setiap tahunnya seperti hiu jenis paus dan hiu gergaji.

Selain adanya aturan mengenai jenis ikan, ada pula aturan mengenai pendistribusian hasil tangkapan tersebut.

Adapun salah satu aturan tersebut adalah dilarang mengeskpor hiu ke Negara manapun, hiu hanya boleh dikonsumsi secara langsung atau didistribusikan di kawasan Indonesia saja.

Leave a Comment