23 Contoh Kop Surat Terbaru Berbagai Instansi (Lengkap)

Contoh kop surat sangat banyak dan mudah ditemukan di berbagai situs internet, salah satunya pada artikel ini.

Seperti yang diketahui, surat memiliki ragam yang berbeda-beda. Jika ditinjau dari pemakaiannya surat terbagi menjadi 3 jenis, yaitu surat pribadi, surat resmi, dan surat dinas.

Pada surat pribadi bersifat sangat bebas dalam penggunaan bahasa maupun isi karena memang ditulis oleh individu untuk kepentingan pribadinya.

Sedangkan untuk jenis surat resmi dan surat dinas memiliki ketentuan yang terikat dalam bentuk, bahasa, dan isi surat. Karena kedua jenis surat tersebut ditulis untuk kepentingan umum dan bersifat resmi.

Adapun ketentuan-ketentuan dalam membuat surat tersebut adalah dalam segi bahasa harus menggunakan ejaan yang disempurnakan. Kemudian terdapat nomor surat, lampiran, dan perihal.

Selain itu harus disertakan cap resmi dari instansi/lembaga yang membuat surat. Terutama pada awal surat harus terdapat kepala surat atau yang sering kita dengar dengan sebutan kop surat.


Pengertian Kop Surat?


23 Contoh Kop Surat Terbaru Berbagai Instansi (Lengkap)
suratresmi.net

Sebagian banyak orang tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah kop surat, tetapi bagi sebagian lainnya barangkali ada yang masih belum mengetahui dengan jelas apa itu kop surat.

Oleh karena itu sebelum kami membagikan berbagai macam contoh kop surat, alangkah lebih baiknya jikalau kami menguraikan terlebih dahulu pengertian dari istilah tersebut.

Kop surat secara mudah dapat diartikan sebagai kepala surat yang berfungsi sebagai penanda bahwa surat tersebut resmi dari suatu instansi.

Dengan kata lain kop surat ini bisa dijadikan sebagai ciri khas sebuah surat atau sebagai identitas sang pengirim, Tak hanya itu fungsi surat berarti untuk menunjukkan derajat kepentingan serta keformalitasan suatu surat.

Sebagaimana namanya, kepala surat terletak di bagian paling atas surat, yakni sebelum isi dari surat.


Fungsi Kop Surat


Meskipun beberapa fungsi kop surat sudah kami paparkan pada pembahasan di atas, tetapi di bawah ini akan kami jelaskan secara lebih detail apa saja fungsi dari kop tersebut, jadi yuk simak selengkapnya di bawah ini:

Pemberi Sebuah Informasi

Di dalam kop surat akan dicantumkan beberapa infromasi si pengirim seperti nama perusahaan atau instansi, logo instansi/perusahaan, alamat lengkap, bidang usaha, nomor telepon, dan juga email instansi yang mengirim surat.

Dengan membaca kop surat kita bias langsung tahu siapa yang mengirimkan surat tersebut, sebab terdapat informasi yang lengkap.

Sebagai Alat Promosi

Karena memuat informasi-informasi yang telah disebutkan di atas, maka secara tidak langsung kop surat ini bias dijadikan sebagai alat atau cara promosi yang mudah.

Paling tidak pembaca jadi mengetahui bahwa ada sebuah instansi atau perusahaan legal dengan nama yang jelas.

Sebagai Identitas

Selain sebagai pemberi informasi, beberapa data pengirim yang tertera dalam kop surat juga tentu saja menunjukkan identitas pengirim.

Identitas ini sangatlah penting seperti pada manusia dan hal lainnya. Identitas menggambarkan banyak hal pada diri seseorang/instansi.


Format Kop Surat


Sebelum nantinya belajar tentang cara membuat kop surat di laptop atau perangkat komputermu, ada beberapa hal yang tak kalah penting untuk dipelajari terlebih dahulu.

Apa itu? Tentu saja sistematika atau unsur/informasi apa saja yang harus dicantumkan dalam kop tersebut.

Tanpa berbasa-basi lagi berikut ini adalah beberapa hal yang harus ditulis dalam pembuatan kop surat:

  1. Nama organisasi/lembaga/instansi atau perusahaan
  2. Alamat lengkap
  3. Logo organisasi/lembaga/instansi atau perusahaan
  4. Nomor telepon, kode pos, alamat email serta website
  5. Nama kantor cabang (boleh ditulis, boleh tidak)
  6. Jenis Usaha
  7. Garis

Cara Membuat Kop Surat


23 Contoh Kop Surat Terbaru Berbagai Instansi (Lengkap)
youtube.com

Untuk membuat kop surat di perangkat laptop atau komputer, Anda dapat memanfaatkan semua jenis microsoft office.

Namun akan lebih mudah dibuat menggunakan microsoft word, tanpa harus memiliki kemampuan khusus, seperti microsoft paint.

Secara garis besar langkah umum untuk membuat kop surat di word adalah dengan mengklik bagian header pada bagian atas halaman kerja.

Tuliskan identitas lengkap perusahaan, mulai dari nama, alamat, nomor telepon, email, dan nomor fax (jika ada).

Buat semua tulisan dalam format rata tengah, kemudian tambahkan logo di bagian sebelah kiri atas (bisa didesain sesuai selera).

Tambahkan garis pemisah antara logo dan badan isi surat, kemudian klik close header, jadi deh kop surat versi anda. Selamat mencoba!


Contoh Kop Surat


23 Contoh Kop Surat Terbaru Berbagai Instansi (Lengkap)
portalsidoarjo.com

Pembuatan kop surat sendiri memiliki beberapa ketentuan yang sudah ditetapkan, yakni harus terdapat nama instansi, alamat instansi, dan logo instansi.

Bagi yang masing kesulitan dalam membuat kop surat lebih jelasnya simak beberapa contoh kop surat di bawah ini:

1. Contoh Kop Instansi Pemerintahan

Instansi yang bergerak dalam bidang pemerintahan tidak hanya satu macam instansi tetapi sangat banyak jumlahnya dan beragam bentuknya.

Mulai dari tingkat nasional, provinsi, kota, kabupaten, kecamatan, dan desa. Entah itu yang bergerak di bagian pendidikan, kebudayaan, sosial, ataupun yang lainnya.

Ketika instansi-instansi tersebut mengeluarkan surat tentulah dalam surat itu memiliki kop surat yang akan menunjukkan identitas instansi tersebut.

Berikut adalah salah satu contoh kop surat instansi pemerintahan yang bisa dijadikan referensi:

KECAMATAN SOKO SARI

KELURAHAN DESA TLUWE

Jl. Resi Joyo No. 07 – 09 Tuban, 60232 – telp. (021)8380984

2. Contoh Kop Perguruan Tinggi

23 Contoh Kop Surat Terbaru Berbagai Instansi (Lengkap)
nesabamedia.com

Setiap perguruan tinggi tentu memiliki logo, yang di dalamnya terdapat simbol-simbol dan memiliki makna, dimana biasanya makna tersebut juga merupakan harapan atau doa untuk perguruan tinggi tersebut.

Logo ini kemudian menjadi identitas perguruan tinggi yang mudah ditemui di gedung perguruan tinggi, baju almamater, dan tentu saja dicantumkan juga di kop surat milik perguruan tinggi.

Kop surat ini menunjukkan bahwa surat yang dikeluarkan adalah resmi dari perguruan tinggi, sehingga jika terjadi suatu hal terkait isi surat tersebut perguruan tinggi dapat bertanggung jawab.

Adapun contoh kop surat perguruan tinggi dapat dilihat di bawah ini:

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

(UNESA)

Sekretariat : Jl. Ketintang No. 17-23 (Kampus I) Jl. Lidah Wetan No. 142 – 147 (Kampus II) Surabaya

Telp : (031) 78835288 – 7818718, Fax : (031) 78835288

Website : www.unesa.ac.id email : [email protected] 

3. Contoh Kop Perusahaan Tekstil

Semua perusahaan pastilah pernah membuat surat, entah itu surat undangan, surat ijin, surat pemberitahuan, surat niaga ataupun yang lainnya, tak terkecuali dengan perusahaan tekstil.

Dan setiap surat yang dikeluarkan pasti didalamnya terdapat kop surat yang berisikan nama dan logo perusahaan.

Nah jika kamu baru saja merintis perusahaan tekstil dan masih bingung bagaimana cara membuat kop surat, cermati contoh kop surat perusahaan tekstil di bawah ini:

PT. SUMBER SANDANG TEXTILE
Jl. Teratai Putih Raya 1 Komp. Helvetia Boulevard Bl. A1 No. 2 – 4 Bandung 60897
Telp. 022 – 5098001 ext. 567 Fax. 022 – 5098000
Website : http://www.sumberrasaasin.com

4. Contoh Kop Surat Persero

Sebagai badan usaha milik negara yang bertujuan untuk mencari keuntungan dan memberi pelayanan umum tentu tidak akan asing lagi dengan urusan surat-menyurat.

Persero ini sering membuat surat resmi untuk berbagai kepentingan, entah itu yang berkaitan dengan pegawainya ataupun juga untuk kepentingan lainnya.

Pada surat tersebut harus terdapat kop surat yang dicantumkan. Adapun contoh kop surat persero yang bisa kamu pelajari, dapat dilihat di bawah ini:

PERTAMINA

Jl. Ketintang Baru Indah No. 26 Surabaya 60232 Indonesia

Telp : (031)82899133

5. Kop Lembaga Kursus

Lembaga kursus pada saat ini memang sudah banyak didirikan baik yang berbasis online atau offline. Ada yang membuat lembaga kursus untuk mengembangkan skill seperti kursus jahit, masak, musik dan yang lainnya.

Ada juga kursus mata pelajaran dari jenjang SD, SMP, SMA, bahkan persiapan masuk ke universitas.

Selain itu, mengingat bahasa inggris dewasa ini menjadi unsur penting dalam dunia kerja maupun akademik, maka banyak juga yang mendirikan lembaga kursus bahasa inggris.

Sebuah lembaga kursus juga tidak bisa lepas dari kebutuhan surat-menyurat untuk berbagai kepentingan.

Sehingga lembaga kursus juga harus memiliki kop surat untuk melengkapi surat-surat yang dibuatnya. Bagaimana kop surat tersebut? di bawah ini terdapat contoh kop surat pada lembaga kursus:

LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

ZULFA

Sekretariat : Jl. Arwana Cempaka II Gubeng Kertajaya Surabaya

Web : lpkzulfa.wordpress.com, Email : [email protected]

6. Kop Kantor Hukum

Keberadaan lembaga bantuan hukum sangat membantu masyarakat yang ada di Indonesia, khususnya bagi pihak yang lemah dan tertindas.

Karena LBH memberikan pendampingan hukum kepada seseorang terkait kasus tertentu.

Sebuah lembaga bantuan hukum tentu saja sering berkutat dengan hal surat-menyurat, karena LBH berhubungan dengan banyak pihak yang mengharuskan menggunakan alat komunikasi berupa surat.

Setiap LBH tersebut juga memiliki identitas yang harus ditulis dalam kop surat untuk menjadi pembeda dengan LBH lainnya.

Bagaimana kop surat kantor hukum/LBH tersebut? lihatlah salah satu contoh di bawah ini:

MN & GROUP

HUKUM KONSULT DAN ADVOKASI

Sekretariat : Jl. Karah Agung II No. 9 A Karah Surabaya. Kode pos : 60232

HP : 085635579638 – 081515389677 Telp : (031) 8280981

Website : www.mngroup.ac.id

7. Contoh Kop Surat OSIS

Sebuah organisasi mestilah memiliki kop surat yang menunjukkan keresmian surat yang dibuat, termasuk juga OSIS.

OSIS seringkali membuat surat untuk berbagai kepentingan seperti undangan rapat, pemberitahuan, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang yang baru saja menjadi anggota OSIS, membuat kop surat bukanlah hal yang sangat gampang.

Apa saja yang menjadi bagian-bagian dari kop surat tersebut? berikut contoh kop surat OSIS yang wajib kamu ketahui:

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

SMP AL URWATUL WUTSQO

Jl. Gebang Selatan – Bulurejo – Diwek – Jombang

Telp : (031) 8233199

8. Contoh Kop Organisasi

Organisasi merupakan wadah berkumpulnya orang-orang yang memiliki tujuan sama. Organisasi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa.

Begitu pentingnya organisasi seorang sastrawan Indonesia Pramodya Ananta Toer pernah mengatakan “didiklah rakyat dengan organisasi”. Dan hari ini jumlah organisasi di Indonesia sangatlah banyak dengan bidang yang berbeda-beda.

Salah satu teknis penting dalam organisasi adalah surat-menyurat yang merupakan alat komunikasi resmi organisasi.

Pada surat resmi yang dikeluarkan oleh tiap organisasi harus memiliki sebuah kop surat untuk menunjukkan pihak yang mengeluarkan surat tersebut.

Di bawah ini adalah salah satu contoh surat organisasi yang bisa dijadikan referensi:

REMAJA MASJID AL HASAN

(REMAS AL HASAN)

Jl. Karah Gang Masjid Karah Surabaya

9. Contoh Kop Surat Yayasan

Di negara demokrasi seperti Indonesia, sebuah badan hukum yang berbentuk yayasan dapat berkembang dengan baik sehingga jumlah yayasan tersebut semakin hari semakin banyak.

Ketentuan tentang yayasan ini pun telah diatur dalam undang-undang. Badan hukum ini dapat bergerak di berbagai macam bidang baik itu pendidikan, sosial, keagamaan,maupun kemanusiaan.

Karena banyaknya yayasan tersebut, setiap yayasan pastilah memiliki identitas yang menjadi pembeda antara satu dan yang lainnya.

Identitas ini harus disematkan dalam sebuah surat yang dibuat oleh tiap yayasan dalam bentuk kop surat. Contoh kop surat tersebut dapat dilihat di bawah ini:

YAYASAN PANTI ASUHAN

YATIM DAN SOSIAL AL HASAN KARAH SURABAYA

Jl. Karah Agung I No. 9A Surabaya – kode pos 60232

Telp. (031)8299133, 8280984, 087853088999 Fax. (031)8280984

Blog : www.alhasanpantikarah.blogspot.com email : [email protected]

10. Contoh Kop Surat Koperasi

tribunnews.com

Koperasi adalah organisasi ekonomi yang cukup populer di Indonesia. Selain karena tujuannya yang baik yaitu untuk membantu ekonomi rakyat, asas/prinsip dari koperasi ini adalah kekeluargaan.

Dengan adanya koperasi ini membuat rakyat menjadi mandiri secara kolektif, karena usaha ini dioperasikan secara bersama oleh rakyat dan untuk kepentingan rakyat bersama.

Nah dalam organisasi ekonomi ini juga tidak mungkin terlepas dari urusan surat-surat.

Terdapat berbagai kepentingan yang membuat sebuah koperasi juga harus mengeluarkan surat resmi dengan memakai kop surat dari koperasi tersebut.

Adapun contoh kop surat koperasi dapat disimak di bawah ini:

KOPERASI JAYA ABADI

DUREN SAWIT KOTA BANDUNG

Badan Hukum No. 707. BH/17/2002/kpuk. Tgl. 31 Juni 2007

Alamat: RT/RW 01/02, Duren Sawit, Kota Bandung

11. Contoh Kop Surat Sekolah Negeri

Apa perbedaan sekolah negeri dan sekolah swasta? Sekolah negeri merupakan yang berada di bawah naungan pemerintah, sedangkan sekolah swasta merupakan sekolah independen dan tidak dikelola oleh pemerintah atau negara.

Perbedaan yang menonjol dari kedua sekolah ini yaitu dari segi biaya sekolah, jumlah siswa, dan fasilitas yang memadai. Anda dapat mencari tahu lebih lanjut terkait penjelasan perbedaan tersebut di tulisan lainnya.

Dalam hal surat menyurat perbedaan keduanya terletak pada bentuk dan format kop surat.

Jika sekolah swasta bertuliskan nama perguruan atau yayasan, sedangkan pada kop surat sekolah negeri biasanya terdapat tulisan dinas pendidikan seperti contoh berikut:

PEMERINTAH KOTA SURABAYA

UPTD PENDIDIKAN MENENGAH PERTAMA KECAMATAN JAMBANGAN

SDN BALIKPAPAN 21

NPSN 30607453

Jl. Jambangan Timur No. 20 Kota Surabaya Telp : (031) 8280981

Website : www.smpn21.wordpress.com

12. Contoh Kop LSM

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan sebuah organisasi atau komunitas yang menjadi wadah bagi aspirasi masyarakat.

LSM merupakan kelembagaan yang bersifat non-profit dan tidak ada campur tangan politik di dalamnya.

Dari segi hukum, LSM berdiri sebagai organisasi yang sah dan diakui oleh negara.

Terdiri dari berbagai kategori, misal dalam hal penegakan HAM, perubahan iklim, peduli pendidikan terhadap anak, hingga LSM peduli kepada hutan dan satwa langka.

Kesemua LSM tersebut adalah lembaga resmi yang memiliki badan hukum, lembaga yang sah, memiliki logo dan cap resmi, serta berhak mengadakan berbagai kegiatan sosial di berbagai daerah.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Aksara Banua Berdaya

(Lembaga Edukasi Bina Pendidikan, Literasi dan Sosial Anak)

 

Sekretariat: Jalan Mawar Pitih No. 54, Kelurahan Karang Ambun, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Hp. 08539167703

13. Contoh Kop Universitas

Sebagai lembaga pendidikan tertinggi universitas banyak dan sering mengeluarkan berbagai jenis surat.

Mulai dari surat edaran rektor, surat pemberitahuan UKT, surat keterangan lulus, surat hibah penelitian, dan lain sebagainya.

Segala bentuk surat yang dikeluarkan oleh universitas bersifat formal dan resmi. Terdiri dari kop surat, judul surat, isi surat, hingga tanda tangan dan cap kantor.

Hal ini kemudian dapat menjadi penanda bagi mahasiswa apakah sebuah informasi valid atau tidak, jika terdapat informasi yang mengatasnamakan suatu universitas. Sebab dewasa ini berita hoax dapat tersebar dengan mudah dimana-mana.

Berbicara tentang kop surat, tentu saja masing-masing universitas memiliki bentuk kop surat yang berbeda. Berikut beberapa contohnya:

Universitas Gadjah Mada

Bulaksumur, Yogyakarta 55281. Telp +62 274 588688,

+62 274 562011, Fax +62 274 565223

http://ugm.ac.id, email [email protected]

14. Contoh Kop Organisasi Mahasiswa

Selain LSM organisasi yang bersifat resmi lainnya yaitu organisasi mahasiswa atau biasa disebut dengan himpunan mahasiswa jurusan (HMJ).

Organisasi ini berada langsung di bawah pengawasan fakultas dan universitas.

Sebagai organisasi resmi HMJ tentu memiliki AD-ART, alamat sekretariat, logo, dan cap atau stempel organisasi.

Untuk mengetahui identitas sebuah organisasi Anda dapat melihatnya di kop surat yang dikeluarkan oleh organisasi tersebut. Berikut contohnya:

DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA

KELUARGA MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN

Kampus ITK Karang Joang, Balikpapan 76127, Kalimantan Timur

email: [email protected]

15. Kop Pondok Pesantren

Pondok pesantren adalah sekolah berbasis keagamaan, dimana disini yang dimaksud adalah agama Islam.

Di pondok pesantren siswa yang tinggal di asrama dan menetap di pondok disebut sebagai santri.

Mereka tidak hanya belajar tentang ilmu umum namun juga mempelajari ilmu agama.

Umumnya para siswa memiliki dua raport, yaitu raport di sekolah umum dan raport di sekolah diniyah (ilmu agama).

Ilmu yang dipelajari pun bermacam-macam, mulai dari fiqih, nahwu, balaghah, hingga ilmu faraid.

Nah sama seperti sekolah pesantren juga merupakan lembaga pendidikan resmi yang tergolong ke dalam jenis sekolah swasta.

Seperti apa bentuk kop surat pondok pesantren, berikut contohnya:

YAYASAN PONDOK PESANTREN AL- SYARIFIYAH

MADRASAH ALIYAH (MA) AL- SYARIFIYAH

TERAKREDITASI A

Alamat: Karang Joang, Balikpapan 76127, Kalimantan Timur

Telp. 081324356543 email: [email protected]

16. Contoh Kop Event Tertentu

Event tertentu adalah sebuah acara yang diselenggarakan baik oleh instansi pemerintah, swasta, maupun organisasi dan komunitas lainnya.

Sebuah acara yang memiliki susunan kepanitiaan yang dibentuk jauh sebelum event tersebut diselenggarakan.

Walaupun berada di bawah naungan instansi / lembaga / organisasi resmi, sebuah event tetap memiliki logo dan kop surat tersendiri. Kop ini berlaku hingga acara tersebut selesai dan kepanitiaan dibubarkan.

Namun ada juga beberapa kop surat yang bersifat permanen, seperti pada event tahunan yang selalu diadakan rutin berulang-ulang.

Jelajah Gua Jomblang –  Seropan

Pencinta Lingkungan Hidup Siklus ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

2015

17. Contoh Kop DKM Masjid

Jika di sebuah masjid terdapat kepengurusan DKM yang aktif, maka masjid tersebut pasti memiliki kop surat yang resmi.

Biasanya DKM sebuah masjid berjalan aktif jika pemuda/i di lingkungan tersebut ikut aktif dan bahu membahu dalam meramaikan masjid.

Karena biasanya mereka lah yang sering berinisiatif untuk melakukan berbagai macam kegiatan keagamaan dengan tujuan meramaikan sebuah masjid.

Dan di bawah ini terdapat contoh kop yang dapat dijadikan referensi untuk kalian yang baru memulai untuk belajar membuat kop surat DKM masjid.

   DEWAN KEMAKMURAN MASJID (DKM)

          AL-HIDAYAH BEDAHAN

            KECAMATAN SAWANGAN DEPOK

             Sekretariat : Jln. Masjid Al-Hidayah RT. 04/03 Bedahan Sawangan

    e-mail : [email protected] Blog : rw03bedahan.wordpress.com

18. RT/ RW atau Desa atau Kecamatan

Terkait perihal surat menyurat tidak hanya pemerintah provinsi atau kabupaten saja yang memiliki kop surat resmi.

Perangkat desa seperti camat, lurah, hingga ketua RT/ RW pun juga menggunakan kop resmi dalam membuat surat.

Meskipun sama-sama berfungsi sebagai perangkat desa, namun masing-masing memiliki bentuk kop surat yang berbeda-beda. Berikut contoh lengkapnya:

PENGUMUMAN

ACARA KERJA BAKTI AKBAR RT 11 RW 03

Jl. Dukuh Pakis, Jl. Raya Dukuh Kupang, Jl. Girilaya, Surabaya, Jawa Timur

No. Telp/Fax: (0341) 123456789

19. Contoh Kop Rumah Sakit

Hemhh pernah mendapatkan surat cinta dari rumah sakit? Seperti apa ya bentuk suratnya?

Misal Anda pernah menginap alias dirawat beberapa hari di rumah sakit karena kelelahan. Tentu saja mengeluarkan sejumlah biaya yang tak sedikit dong.

Nah biasanya jumlah biaya opname tersebut akan dirinci dalam sebuah surat resmi dalam bentuk tagihan. Bagi yang tidak mau dapat surat cinta dari rumah sakit, selalu jaga kesehatan ya!

Yayasan Hasna Husada

RUMAH SAKIT SEHAT ABADI

Jl. Dharma Husada no. 2 Kelurahan Palapal, Kecamatan Bumi Indah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, kode pos: 123456

website: http://www.rs.sehatabadi.co.id/, no. telp/fax: (0331) 123456789

20. Kop Perusahaan Ekspedisi

Proses pengiriman barang tidak selalu berjalan lancar. Terkadang beberapa kendala dihadapi oleh para kurir di jalan. Seperti kerusakan jalan, adanya demonstrasi, atau pihak cargo sedang dalam masa maintenance.

Jika sudah seperti itu maka kemungkinan besar barang yang akan dikirim tidak sampai sesuai waktu yang direncanakan.

Atas ketidaknyamanan tersebut pihak ekspedisi akan menyampaikan permohonan maaf kepada customer melalui sebuah surat resmi.

Berbeda dengan surat resi pengiriman, surat permohonan maaf ini dilengkapi oleh tanda tangan kepada dan kop surat. Berikut contohnya:

PT. PERKASA JAYA CARGO

Jl. Damai Sejahtera No. 30A Bandung 56019

Telp. 022 – 900190/ 022 – 900199, Fax. 022 – 900111

Website : http://www.perkasajayacargo.co

21. Kop Surat Perusahaan Jasa

Di Indonesia perusahaan yang bergerak dalam penawaran jasa semakin menjamur.

Khususnya di bidang penawaran jasa via online, mulai dari ojek online, cleaning service online, hingga penawaran jasa anter jemput makanan.

Salah satu contoh surat resmi perusahaan jasa adalah surat niaga. Tidak hanya menawarkan jasa, namun melalui surat niaga penawaran jasa Anda sekaligus juga dapat mempromosikan produk dari perusahaan Anda.

Jangan mencantumkan daftar harga jasa yang Anda tawarkan ketika membuat surat penawaran. Berikut adalah contoh kop surat perusahaan jasa:

PT DEVELOPER SEJATI

Jl. Gajah Mada No. 7 Gubeng Surabaya

No. Hp. 085645579538 [email protected]

22. Kop Surat Perusahaan Retail

Salah satu perusahaan yang paling banyak cabang nya di Indonesia bergerak di bidang retail. Sebagai contoh perusahaan retail terbesar di Indonesia adalah carrefour, indomaret, alfamart, dan lain sebagainya.

Sebagai perusahaan resmi dengan cabang terbanyak, tentu mereka memiliki kop surat yang sangat menarik. Berikut contohnya:

PT. SEGAR ALAM ABADI STORE
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]

23. Kop Surat Desa

Tentu lembaga pemerintahan pada tingkat desa juga sering berhubungan dengan surat-menyurat. Terdapat banyak sekali keperluan yang membutuhkan surat dari desa.

Oleh karena itu harus terdapat penanda kelegalan yang menandakan surat tersebut resmi dikeluarkan dari desa.

Dan berikut ini merupakan salah satu contoh yang bias dipelajari ketika teman-teman ingin membuat sebuah kop surat.

PROVINSI JAWA TENGAH KABUPATEN PURBALINGGA

PEMERINTAH DESA TAMANSARI

Kompleks Karangwuni, Jl. Raya Tamansari, Desa Tamansari, Kec. Karangmoncol, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia 53355

Website: https://kampungmarketer.com/

[email protected], no. Whatsaap:  0813-6064-6002


Beberapa contoh di atas menggambarkan begitu beragamnya organisasi/ instansi/ lembaga/ perusahaan yang ada di Indonesia.

Dimana masing-masing memiliki identitas seperti nama lembaga, alamat, dan logo resmi baik pemerintahan, swasta maupun lembaga swadaya.

Lewat sebuah surat Anda dapat mengetahui langsung jatidir dan alamat lengkap instansi tersebut, kesemua itu tercantum pada bagian kop surat.

Anda akan menemukan lamat lengkap, nomor telepon, emai, hingga nomor fax (jika ada) pada bagian tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kop surat menjadi bagian yang penting bagi sebuah instansi atau lembaga resmi. Sehingga harus dibuat dengan terperinci dan sejelas mungkin.

Leave a Comment