21 Contoh Surat Edaran Resmi Untuk Berbagai Keperluan

Contoh Surat Edaran merupakam sebuah contoh surat yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pihak lain. Bentuk informasi tersebut sesuai dengan penggunaannya.

Berdasarkan penggunaannya surat terbagi menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat dinas, dan surat resmi.

Surat pribadi merupakan surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Karena bersifat pribadi maka penulisannya cukup mudah dan tidak terikat oleh syarat-syarat tertentu.

Sedangkan surat dinas biasa digunakan untuk keperluan pekerjaan formal, seperti pada instansi pemerintahan.

Jenis surat terakhir adalah surat resmi, yakni surat yang digunakan untuk kepentingan umum dan bersifat resmi.

Karena sifatnya yang resmi maka penulisannya terikat oleh persyaratan tertentu. Oleh sebab itu tidak semua orang dapat membuat surat tersebut.

Teman-teman mungkin sudah familiar dengan surat edaran, sebab hampir banyak kepentingan memerlukan surat edaran agar dapat tersampaikan dengan baik.

Kita bisa menjumpai surat ini di sekolah, universitas, organisasi, perusahaan, rumah sakit, atau bahkan juga di tingkat desa.

Semua pemberitahuan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga/instansi/organisasi/perusahaan atau juga komunitas pasti menggunakan surat edaran.

Hal ini guna menunjukkan keresmian dari suatu pemberitahuan, sehingga bisa dipastikan bahwa informasi tersebut benar dikeluarkan oleh suatu organisasi.


Pengertian Surat Edaran


21 Contoh Surat Edaran Resmi Untuk Berbagai Keperluan
infokemenag.web.id

Salah contoh dari surat resmi yaitu surat edaran. Merupakan sebuah pemberitahuan tertulis secara resmi dari sebuah lembaga/ instansi/ perusahaan/ organisasi maupun perorangan.

Surat ini biasanya berisikan informasi dan penjelasan mengenai suatu hal penting di dalam ruang lingkup tertentu.

Berfungsi untuk memberitahu khalayak umum terkait perubahan pada aturan atau akan diadakannya kegiatan tertentu.

Dilihat dari jenis informasi yang disampaikan surat edaran terbagi ke dalam dua jenis, yaitu surat edaran terbatas dan surat edaran tidak terbatas.

Surat edaran terbatas dapat dikatakan bersifat tertutup, karena biasanya hanya ditujukan bagi satu lingkup tertentu saja.

Misalnya surat edaran perusahaan kepada para karyawannya, surat edaran OSIS kepada pengurusnya, dan lain sebagainya.

Sedangkan surat edaran tidak terbatas bersifat terbuka, dimana ditujukan kepada khalayak umum dan berhak diketahui oleh siapa saja.

Misalnya saja surat edaran Kapolri kepada seluruh masyarakat Indonesia terkait razia gabungan kendaraan bermotor.

Bagian-Bagian Surat

Sebelum membahas tentang contoh surat edaran, alangkah baiknya jika terlebih dahulu kita mengetahui apa saja bagian-bagian dari surat tersebut.

Sehingga akan memudahkan teman-teman ketika akan belajar membuat surat edaran di rumah. Oleh karena itu simak penjelasan di bawah ini dengan seksama ya.

Secara umum surat edaran berisikan tiga poin utama saja, tidak banyak sebagaimana surat resmi pada umumnya. Apa saja itu? Yuk langsung berikut ini adalah poin-poinnya.

1. Kepala Surat

Bagian pertama ini terdiri dari kop surat, logo instansi/ perusahaan/ organisasi, nama dan alamat yang membuat surat, judul dan nomor surat, serta tempat dan tanggal dikeluarkannya surat tersebut.

Pada bagian judul surat biasanya bertuliskan “SURAT EDARAN” diikuti oleh keterangan nomor surat di bawahnya.

Tempat dan tanggal surat dituliskan di pojok kanan bawah keterangan judul dan nomor surat.

Alamat pada kop surat harus dicantumkan dengan lengkap untuk menghindari terjadinya kekeliruan penyampaian informasi kepada khalayak umum.

Letak dari kepala surat tentu saja di bagian paling atas dari surat. Jangan sampai terlewat ya kop surat ini sebab kop tersebut dapat menentukan keresmian sebuah surat.

2. Isi Surat

Merupakan bagian badan (inti) dari surat edaran. Berisikan informasi atau pengumuman tertentu yang ingin disampaikan.

Sama dengan surat lainnya bagian isi terdiri dari pendahuluan (latar belakang informasi tersebut dibuat), inti surat, dan penutup.

Isi surat ini haruslah ditulis dengan jelas maksud dan tujuan diedarkannya surat. Gunakan bahasa yang tidak bertele-tele serta mudah dipahami, dan tentu saja harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

3. Kaki Surat

Sesuai dengan fungsinya, kaki surat adalah bagian yang meninggalkan jejak pada surat tersebut. Dalam hal ini berupa nama dan tanda tangan pejabat yang berwenang.

Selain itu segala informasi mengenai pembuat surat, seperti NIP (jika) ada, jabatan, dan tembusan (jika ada).

Hal-hal tersebut harus tercantum pada bagian kaki surat. Agar sah secara hukum, jangan lupa mencantumkan cap dan stempel lembaga/ instansi/ organisasi.

Ketiga poin di atas adalah bagian-bagian surat edaran yang harus ditulis dan jangan sampai terlewat. Susunannya pun jangan sampai salah.

Karena surat tersebut sifatnya resmi maka bahasa yang digunakan harus baku loh ya jangan gunakan bahasa sehari-hari.


Contoh Surat Edaran


21 Contoh Surat Edaran Resmi Untuk Berbagai Keperluan
lezgetreal.com

Surat resmi sendiri memiliki jenis yang beragam, salah satu yang biasa digunakan adalah surat edaran. Surat edaran merupakan surat yang biasa digunakan oleh instansi untuk menyampaikan sebuah informasi.

Biasanya bentuk surat edaran bersifat pemberitahuan terkait instansi tertentu, baik yang bersangkutan dengan kebijakan, kerja, aturan, ataupun yang lainnya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa surat edaran merupakan jenis surat yang bersifat resmi, oleh karenanya dalam pembuatan surat tersebut harus memenuhi syarat surat resmi seperti terdapat kop surat, perihal, lampiran, dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya bentuk surat yang bisa dijadikan referensi dapat dilihat pada contoh di bawah ini:

1. Contoh Surat Edaran Resmi Pemerintahan

Instansi pemerintahan merupakan instansi yang bersifat resmi, oleh karenanya surat-surat yang dikeluarkan pun bersifat resmi. Salah satu surat resmi yang sering digunakan oleh pemerintahan adalah surat edaran.

Surat tersebut berisi pemberitahuan tentang suatu aturan/kebijakan atau bahkan kegiatan yang dibuat oleh pemerintahan.

Adapun bentuk surat tersebut dapat di lihat pada contoh surat edaran resmi pemerintahan di bawah ini:

PEMERINTAH KOTA MADYA BANDA ACEH
KECAMATAN KUTA BARO KUTA ALAM
Jln. Kelapa Dua No. 65 Kuta Baro Jaya Banda Aceh Telepon (0651) 675465

Banda Aceh, 14 Maret 2018

Nomor : 20/KB/2018
Sifat : Penting
Perihal : Kerja Bakti Bersama

Yth. Ketua RW 05, 06, 07 dan 10
Kelurahan Kuta Baro
Di Banda Aceh

Melalui surat keputusan dari Kepala Dinas Kesehatan Masyarakat Kotamadya Banda Aceh Nomor: 05/2.654 pada tanggal 10 Maret 2018 mengenai hal Jadwal Pelaksanaan Bulan Bakti Gerakan Menguras, Menutup dan Mengubur (BBG 3M) yaitu dalam rangka memberantas nyamuk demam berdarah serta penanggulangan bencana banjir, maka bersama surat ini kami mohon kepada para pengurus RW supaya mengoordinasi/mengarahkan semua warga untuk dapat melakukan kerja bakti tersebut, yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2018
Waktu : Pukul 08.00 – Selesai
Tempat : Lingkungan Masing – Masing RW

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan untuk dapat diketahui atas perhatian dan kerjasama bapak kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Lurah Kuta Baro,

Budi Seto

2. Contoh Surat Edaran Perusahaan

Seringkali perusahaan membuat surat untuk berbagai keperluan. Hal itu disebabkan karena perusahaan bersifat resmi maka surat lah yang menjadi alat komunikasi kepada pihak lain.

Di antara sekian banyak surat yang digunakan perusahaan, terdapat salah satu surat yang berfungsi untuk memberitahukan segala perubahan kebijakan perusahaan baik yang berkaitan dengan karyawan, pekerjaan itu sendiri, dan lain-lain.

Surat tersebut disebut surat edaran. Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana surat tersebut? Simak salah satu contoh surat edaran perusahaan berikut ini:

PT. SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4 Jl. Raya Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]

Bandung, 14 Maret 2018

SURAT EDARAN
Nomor : 035/ST/X/16

Sehubungan dengan adanya Peraturan Pemerintah Kota Bandung nomor: 72/PP/X/2018 mengenai aturan dilarang merokok pada lingkungan kerja, maka dengan ini kami melarang kepada seluruh pegawai karyawan PT. Segar Alam Abadi untuk tidak merokok di lingkungan kantor kecuali pada ruangan smooking area yang telah disediakan.

Demikian surat edaran ini dibuat harap menjadi maklum dan dipatuhi demi kenyamanan bersama.

Mengetahui,
Direktur SDM PT. Segar Alam Abadi,

Drs. Budi Seto

3. Contoh Surat Edaran Sekolah

Di sebuah sekolah pasti lah terdapat kebijakan yang harus diketahui oleh semua warga sekolah. Kebijakan tersebut beragam bentuknya, seperti kebijakan hari libur, kebijakan aturan sekolah, kebijakan pelaksanaan ujian semester, dan lain-lain.

Untuk dapat menginformasikan segala kebijakan kepada pihak yang diinginkan, pihak sekolah perlu membuat surat edaran yang berisi pemberitahuan kebijakan tersebut.

Surat tersebut bersifat umum dan tidak rahasia karena memang bentuknya pemberitahuan. Untuk lebih detailnya di bawah ini terdapat contoh surat edaran sekolah yang bisa dipelajari:

PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 SLEMAN
Jalan Magelang Km 15, Yogyakarta

Sleman, 14 Maret 2018

Nomor : 111/ 05 /smp n 1 slmn /2014
Lampiran :-
Perihal : Edaran Perpisahan

Kepada Yth
Orang Tua /Wali Murid
Siswa Kelas IX
di Tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan hasil pertemuan Orang Tua / Wali Murid kelas IX dan staff guru- guru SMP Negeri 1 Sleman serta di hadiri oleh pihak komite SMP Negeri 1 Sleman pada:

Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2018
Tempat : SMP Negeri 1 Sleman
Acara : Rapat Perencanaan Perpisahan Siswa Kelas IX

Maka telah disepakati akan diadakan acara perpisahan bagi siswa-siswi kelas IX SMP Negeri 1 sekayu yang dihadiri oleh pengurus komite SMP Negeri 1 Sleman tahun pelajaran 2013/2014. Untuk mendukung kegiatan tersebut kami mengharapkan kontribusi finansial dari orang tua/ wali murid dengan rincian sebagai berikut :

1. Kelas 9 :Rp. 65.000
2. Kelas 8 :Rp.45.000
3. Kelas 7 :Rp.30.000

Demikianlah surat edaran ini kami sampaikan , atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Komite SMP Negeri 1 Sleman,

Budi Seto

4. Contoh Surat Edaran OSIS

OSIS adalah organisasi sekolah yang mewakili aspirasi siswa. Boleh disebut OSIS adalah penyambung lidah siswa dengan pihak birokrasi sekolah.

Seperti hal nya sebuah organisasi OSIS pastilah memiliki agenda/kegiatan tertentu yang harus diselenggarakan.

Kegiatan tersebut tentu saja berkaitan dengan siswa. Untuk memberitahukan kegiatan tersebut kepada pihak-pihak terkait maka OSIS biasanya akan membuat surat edaran yang berisi tentang pemberitahuan kegiatan.

Adapun contoh surat tersebut dapat dilihat di bawah ini:

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
SMK NEGERI 1 BANTUL
Jl. Parangtritis km.15 Sabdodadi Bantul D.I Yogyakarta 55241

SURAT EDARAN CLASS MEETING

Bantul, 14 Maret 2018

Nomor: 003/OSIS-SMK/XII/2018
Perihal: Pemberitahuan

Yth.
Ketua Kelas
DiTempat

Assalamu’alaikum, Wr. Wb.

Dengan ini kami informasikan kepada seluruh ketua kelas SMA Negeri 1 Bantul. Dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan “Class Meeting” yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Februari 2018
Waktu : 07.30 – Selesai
Tempat : Lapangan SMK Negeri 1 Bantul

Untuk kelancaran acara “ Class Meeting” setiap kelas diwajibkan memberi bantuan sebesar Rp.25.000,-

Demikian surat ini kami sampaikan.

Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.

Hormat Kami,
Ketua OSIS SMK Negeri 1 Bantul,

Budi Seto

5. Contoh Surat Edaran kepada Mahasiswa

Setiap lembaga pendidikan tentu memiliki banyak kebijakan. Tak terkecuali dengan lembaga pendidikan setingkat perguruan tinggi.

Kebijakan tersebut dibuat untuk mengatur segala hal yang ada di kampus. Mulai dari kurikulum, karyawan, dosen, dan bahkan mahasiswa.

Terkait mahasiswa sendiri pun terdapat banyak hal yang harus diatur. Oleh sebab itu tak heran jika kebijakan yang dibuat untuk mahasiswa juga banyak jumlahnya.

Agar semua mahasiswa mendapat informasi tentang kebijakan tersebut maka pihak kampus harus membuat surat edaran.

Bagaimana bentuk surat tersebut? Berikut adalah salah satu contoh surat edaran yang dibuat untuk mahasiswa:

AKADEMI TATA BOGA BANDUNG
Jl. Raya Cinunuk No. 186
Telp. (0622) 7830286 Fax. 7830286
Bandung

Bandung, 14 Maret 2018

SURAT EDARAN
Nomor: 765/B/ATBB/2018

Kepada Yth.
Seluruh Mahasiswa Akademi Tata Boga Bandung
Di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan penegakan kedisiplinan bagi seluruh para mahasiswa, maka dengan ini kami sampaikan kepada seluruh mahasiswa yang bahwa dalam proses pelaksanaan belajar mengajar di kampus agar memakai baju kemeja berwarna putih, celana kain berwarna hitam lengkap dengan sepatu, dan dilarang untuk tidak merokok didalam ruang perkuliahan selama proses belajar mengajar.

Demikianlah surat edaran ini kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Pembantu Rektor,

Budi Seto, MM

6. Contoh Surat Edaran Kerja Bakti

Kerja bakti merupakan salah satu perwujudan asas gotong royong yang masih dijunjung tinggi dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Kerja bakti tersebut sering dilakukan oleh semua lapisan masyarakat baik di lingkungan sekolah, kerja, ataupun lingkungan tempat seseorang tersebut tinggal.

Pada umumnya ketika sebuah desa, sekolah, perusahaan atau instansi lainnya menyelenggarakan kerja bakti maka pihak yang berwenang akan membuat surat edaran untuk memberitahukan adanya kerja bakti yang harus diikuti oleh semua warga terkait.

Adapun salah satu contoh surat edaran kerja bakti dapat dilihat di bawah ini:

RUKUN TETANGGA 07/10 PERUMAHAN GRIYA MUTIARA INDAH
DESA SRIHARJO KECAMATAN SEWON
KABUPATEN BANTUL 55341
Jl. Ahmad Yani km 12 Bantul

Bantul, 14 Maret 2018

Perihal : Undangan

Kepada Yth.
Saudara/i
di tempat

Dengan Hormat

Dalam rangka menjaga kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan, untuk itu kami sebagai pengurus RT mengundang kepada seluruh warga untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2018
Pukul : 08.00 – Selesai
Tempat Kumpul : Rumah Ketua RT

Demikian surat undangan ini kami buat, kami berharap seluruh warga dapat ikut serta dalam kegiatan ini untuk meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan dan menjaga kekompakan antar warga.

Hormat Kami,
Ketua RT 07/10,

Budi Seto

7. Contoh Surat Edaran Rapat Besar Dinas

Sebuah instansi perusahaan tentu banyak rencana program/kegiatan yang telah disusun.

Biasanya sebelum kegiatan tersebut diselenggarakan akan ada sebuah rapat yang akan membahas persiapan kegiatan.

Selain itu rapat besar dinas juga diadakan sebagai evaluasi program-program yang telah dilakukan.

Untuk memberitahukan adanya rapat tersebut kepada semua anggota maka pihak yang berwenang harus membuat surat edaran rapat.

Berikut ini terdapat salah satu contoh surat edaran rapat besar dinas yang bisa dipelajari:

DINAS INDUSTRI DAN PERDAGANGAN
PEMERINTAH DAERAH KOTA YOGYAKARTA
PROVINSI D.I YOGYAKARTA
Jln. Ahmad Yani No. 35 Kota Yogyakarya
Telp. 0651 – 987867 Fax. 987867

SURAT EDARAN

Yogyakarta, 14 Maret 2018

Nomor : 34/PTKS/SE/6/17
Sifat : Penting
Perihal : Rapat Besar Dinas

Yth.
Bapak/Ibu Staf Karyawan
Dinas Industri dan Perdagangan
Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta
di Tempat

Sehubungan dengan akan diadakannya Rapat Besar Kedinasan dalam rangka melaksanakan Peraturan Daerah No. 22 Tahun 2017 mengenai penetapan pengambilan cuti dan izin tidak masuk kerja dan Peraturan Daerah No. 65 Tahun 2016 mengenai kewajiban kepemilikan NPWP, maka dimohon kepada Bapak/Ibu untuk hadir pada Rapat Besar tersebut pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2018
Tempat : Aula Gedung Serbaguna
Waktu : 09.00 – Selesai

Mengingat pentingnya rapat tersebut maka dimohon Bapak/Ibu hadir tepat waktu. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Kepala Dinas Industri dan Perdagangan,

Budi Seto, MM

8. Contoh Surat Edaran Pelaksanaan Wisuda

Setiap mahasiswa tentu mendambakan sebuah kelulusan.

Sayangnya untuk meraih kelulusan tersebut mahasiswa harus melaksanakan tugas akhir yang dianggap cukup menyulitkan karena terdapat prosedur-prosedur yang harus dipenuhi.

Jika mahasiswa mampu melewati masa itu dan berhasil meraih kelulusan maka biasanya akan ada perayaan kelulusan yang sering disebut dengan wisuda.

Pelaksanaan wisuda tersebut pada umumnya diadakan beberapa kali dalam setahun.

Kebijakan terkait waktu dan ketentuan pelaksanaan wisuda tersebut akan diumumkan dalam sebuah surat edaran.

Bagaimana bentuk surat edaran tersebut? Di bawah ini terdapat contoh surat edaran pelaksanaan wisuda:

DIREKTORAT JENDRAL PERGURUAN TINGGI
PROVINSI ISTIMEWA YOGYAKARTA
Alamat : Jalan Sultan Agung No. 76 A, YOGYAKARTA

SURAT EDARAN

Yogyakarta, 14 Maret 2018

No : 11/NJ/I/18
Lamp : –
Perihal : Pemberitahuan

Kepada yang terhormat,
Saudara-Saudara Dosen
Universitas dan Perguruan Tinggi Yogyakarta
Di Tempat

Berdasarkan dengan surat gubernur tingkat dua No.23/DKI/II/018 tentang penetapan waktu pelaksanaan wisuda dengan ini kami beritahukan bahwa dalam hubungannya dengan kegiatan pelaksanaan wisuda tersebut yang akan berlangsung pada tanggal 19 Maret 2018.

Dengan ini kami beritahukan bahwa agar selama kegiatan wisuda Saudara- saudara dosen agar untuk mengenakan pakaian jas berwarna hitam. Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala DIKTI Provinsi D.I Yogyakarta,

Budi Seto, MM

9. Contoh Surat Edaran Lomba MTQ

Musyabaqah Tilawatil Quran merupakan perlombaan yang berkaitan dengan Alquran.

Pada umumnya MTQ memiliki beberapa cabang lomba seperti musabaqah syarhil quran, musabaqah fahmil quran, kaligrafi, dan lain-lain.

Perlombaan MTQ juga diadakan mulai dari tingkat pelajar/mahasiswa bahkan umum yang bersifat nasional/internasional.

Hal-hal yang terkait dengan perlombaan baik waktu pelaksanaan, ketentuan lomba, atau kebijakan lainnya biasanya akan dimuat dalam surat edaran yang dibuat oleh pihak penyelenggara.

Jika yang mengadakan tingkat sekolah maka surat edaran dikeluarkan oleh pihak sekolah, begitu juga dengan tingkat lainnya.

Adapun contoh surat edaran lomba MTQ tersebut dapat dilihat di bawah ini:

PEMERINTAHAN KABUPATEN SEMARANG
Jl. Pangeran Diponegoro No. 123
Semarang

Semarang, 14 Maret 2018

Nomor : 02/PHBI/XI/2018
Lamp. : –
Perihal : Pemberitahuan Lomba MTQ

Yth. Kepala MA NEGERI 2 Semarang
di tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji dan syukur hanya untuk Allah swt, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad saw, keluarga, sahabat, dan semoga sampai kepada kita selaku umatnya. Aamiin.

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Lomba MTQ se-Kabupaten Semarang yang dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2018
Waktu : 07.00 – Selesai
Tempat : Islamic Center Semarang

Melalui surat ini kami bermaksud mengundang untuk bisa mengirimkan peserta maxsimal 3 orang di acara tersebut. Demikian permohonan ini kami haturkan, atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,
Ketua Panitia

Budi Seto

10. Contoh Surat Edaran Pemberitahuan Study Tour

Study tour merupakan salah satu agenda rutin setiap tahun yang diadakan oleh sekolah. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan siswa.

Pada kegiatan study tour siswa biasanya akan melakukan kunjungan ke tempat-tempat yang syarat akan ilmu pengetahuan baik itu di luar kota, atau bahkan luar negeri.

Oleh karenanya banyak siswa yang berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sebelum pelaksanaan study tour pasti akan ada pemberitahuan terkait hal-hal teknis yang harus diketahui oleh pihak-pihak tertentu.

Pemberitahuan tersebut biasanya akan dikemas dalam sebuah surat edaran yang bisa dilihat contoh suratnya di bawah ini:

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BEKASI
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BEKASI
Jln. KH Agus Salim No. 181 Kota Bekasi
Telp. 021 8802538

Bekasi, 14 Maret 2018

Nomor : 053/SMAN-1/Study Tour/V/2018
Lampiran : –
Hal : Pemberitahuan Kegiatan Study Tour

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid Kelas VI
di Tempat

Dengan Hormat,

Bersama surat ini kami beritahukan kepada Bapak/Ibu, bahwa untuk menambah pengetahuan, wawasan dan juga pengalaman yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk anak didik, maka dari pihak sekolah ingin melaksanakan kegiatan kunjungan pendidikan (study tour) yang akan dilaksanakan pada awal bulan April 2018. Rencana kegiatan study tour sebagaimana uraian berikut :

TUJUAN DAN BIAYA

1. Tujuan : BOGOR – BANDUNG – JAKARTA
2. Biaya : Rp. 550.000,-

TEMPAT YANG AKAN DIKUNJUNGI

1. Bogor – Taman Safari Indonesia
2. Bandung – Cibaduyut
3. Jakarta – Taman Mini Indonesia Indah

FASILITAS YANG AKAN DISEDIAKAN

1. Bus Pariwisata AC;
2. Tiket obyek wisata;
3. Makan 3 kali (Prasmanan/Box);
4. Dokumentasi;
5. Asuransi;
6. PPPK;
7. Tour leader dari Purnama Wisata.

Bagi siswa/i yang berminat untuk mengikuti kegiatan studi tour ini, diwajibkan untuk segera melunasi biaya kegiatan paling lambat pada tanggal 26 Maret 2018.

Demikian surat pemberitahuan ini kami berikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah,

Budi Seto, M. Pd

11. Contoh Surat Edaran Pengumuman Registrasi Mahasiswa Baru

Pengumuman ini dikeluarkan langsung secara resmi oleh rektor universitas yang ditujukan bagi mahasiswa baru.

Biasanya surat edaran ini ditempel di berbagai papan pengumuman kampus atau diedarkan secara langsung kepada mahasiswa yang bersangkutan.

Surat tersebut berisikan segala informasi alur pendaftaran. Mulai dari biaya pendidikan yang harus dibayar hingga jadwal dan alur registrasi.

SURAT EDARAN
NOMOR 29594/UN6.RKT/TU/2013
TENTANG
PERSYARATAN REGISTRASI MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA
SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) 2013

Para peserta SNMPTN 2013 yang dinyatakan lulus seleksi ke Universitas Padjadjaran Tahun akademik 2013/2014 wajib melaksanakan registrasi sebagai mahasiswa baru dengan ketentuan sebagai berikut :
A. Melengkapi biodata yang tersedia di laman http://pengumuman.unpad.ac.id mulai tanggal tanggal 30 Mei s.d. 7 Juni 2013.
B. Bagi peserta non Bidikmisi, membayar Uang Kuliah di salah satu bank yang ditunjuk oleh Universitas Padjadjaran.
C. Besaran Uang Kuliah dapat diunduh di laman http://pengumuman.unpad.ac.id pada tanggal 11 s.d. 16 Juni 2013 setelah melengkapi biodata yang telah disediakan di laman.
D. Biaya Pendidikan yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun juga.
E. Melaksanakan registrasi Administratif di Gedung Bale Santika Universitas Padjadjaran Jatinangor .11 Raya Bandung¬Sumedang Km. 21 sesuai jadwal yang akan diperoleh setelah melengkapi biodata.
F. Persyaratan Registrasi Administratif :
1. Menyerahkan Kartu Peserta SNMPTN;
2. Menyerahkan Formulir Hasil Pengisian Biodata Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran.
3. Menyerahkan Formulir Hasil Pengisian Biodata Orang tua/wali Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran.
4. Bagi peserta Non Bidikmisi menyerahkan Formulir Kesanggupan Untuk Membayar Biaya Pendidikan yang telah ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- (format dapat diunduh);
5. Bagi peserta Non Bidik Misi menyerahkan bukti pembayaran biaya pendidikan dari bank;
6. Menunjukkan Ijasah Asli SMA/MA/SMK/setara dan menyerahkan fotokopi yang telah dilegalisir 1 (satu) lembar;
7. Menunjukkan bukti kelulusan Ujian Nasional dan menyerahkan fotokopi yang telah dilegalisir 1 (satu) lembar;
8. Menunjukkan Akte Kelahiran dan menyerahkan fotokopi 1 (satu) lembar;
9. Menyerahkan Surat Pernyataan bersedia mentaati peraturan yang berlaku di Universitas Padjadjaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp.6.000 (format dapat diunduh);
10. Menyerahkan Surat Keterangan Sehat;
11. Menyerahkan Surat Keterangan Bebas Buta Warna bagi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pertanian, Kedokteran Gigi, Psikologi, Peternakan, Keperawatan, Teknologi Industri Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Farmasi, dan Teknik Geologi;
12. Bagi Warga Negara Asing (WNA) harus menunjukkan paspor dan Surat Izin Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta menyerahkan fotokopi 1 (satu) lembar (Ukuran A4);
13. Menyerahkan pasfoto 3×4 cm berwarna dan hitam putih masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar;
14. Menyerahkan form checklist persyaratan mahasiswa baru (format dapat diunduh);
15. Tidak diwakilkan dan berpakaian formal.

12. Contoh Surat Edaran Kapolri

Kepala Kepolisian RI berhak mengeluarkan surat edaran terkait keamanan dan kenyamanan hidup berbangsa dan bernegara.

Beberapa tahun ke belakang sosial media dihebohkan dengan adanya Surat Edaran (SE) Kapolri mengenai “Hate Speech” (ujaran kebencian).

Dimana kita sebagai makhluk sosial harus lebih berhati-hati dalam berucap baik di dunia maya (sosial media) maupun di dunia nyata agar tidak memicu pertikaian.

Ada berapa surat edaran Kapolri yang pernah Anda ketahui. Berikut salah satu contohnya:

https://kontras.org/home/WPKONTRAS/wp-content/uploads/2018/09/SURAT-EDARAN-KAPOLRI-MENGENAI-PENANGANAN-UJARAN-KEBENCIAN.pdf

13. Contoh Surat Edaran Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Satu lagi contoh surat edaran yang dikeluarkan oleh universitas yaitu surat pemberitahuan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Surat ini merupakan bentuk surat edaran terbatas, dimana langsung ditujukan kepada perseorangan.

Setiap mahasiswa yang dinyatakan diterima akan memperoleh surat edaran ini langsung secara personal.

Namun di beberapa universitas surat edaran ini dibuat secara kolektif dengan melampirkan daftar nama mahasiswa yang lolos seleksi.

UNIVERSITAS KASIH IBU
Padang Luar, Tanjung Anai, Padang, Sumatera Barat 27225, Telp (0751) 845231
Fax : +62751 832541, email : [email protected]

Padang, 17 Januari 2017

Nomor : 70/DAA-GH/I/2017
Hal : Pemberitahuan Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Doktoral S3 Semester Genap T.A. 2016/2017

Kepada : Yth. Saudara/i Faradiba Ahmad
Nomor Pendaftaran : 187115765

Berdasarkan hasil seleksi pelamaran Program Doktoral Universitas Kasih Ibu, Saudara/i dinyatakan DITERIMA sebagai mahasiswa baru di Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN di Fakultas TEKNIK Universitas Kasih Ibu Periode Genap T.A. 2016/2017.

Saudara/i wajib melakukan registrasi sesuai Pengumuman Rektor Nomor. 143/UN3-K.I/DAA-GH/JK/2017 tanggal 17 Januari 2017 untuk memperoleh nomor mahasiswa.

Atas perhatian Saudara/i kami ucapkan terimakasih.

a.n. Wakil Rektor
Bidang Akademik dan Kemahasiswaan

(tanda tangan dan cap)

Dr. Ir. Paula Tania
NIP. 18958769030

14. Contoh Surat Edaran Rapat Persiapan UN

Ujian Nasional (UN) adalah PR tahunan semua tenaga pendidik setiap tahunnya. Merupakan penentu kelulusan siswa/i tingkat SD, SMP, dan SMA. Sehingga membutuhkan persiapan yang matang.

Setiap awal tahun guru-guru yang ditunjuk sebagai panitia UN akan sibuk menghadiri rapat di berbagai tempat.

Rapat dari Dinas, rapat antar sekolah, hingga rapat dengan kementrian pusat.

Berikut salah satu contoh surat edaran rapat persiapan UN.

DINAS PENDIDIKAN FORMAL DAN NON-FORMAL
PROVINSI JAWA TIMUR
SMK NEGERI 1 MALANG
Jl. Sonokembang Janti, Bandungrejosari, Sukun, Bandungrejosari, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65148
Telp: (0314) 6237235
======================================================================
Malang, 12 Februari 2016
Nomor       : 100/SUR/SMP-SK/2015
Lampiran   : –
Perihal      : Undangan
Kepada Yth :
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid Kelas XII (Dua Belas)
SMK NEGERI 1 MALANG
Ditempat
Dengan Hormat,
Dengan surat ini, kami mendoakan semoga Bapak/Ibu sekeluarga selalu dalam keadaan sehat wal’afiat serta selalu dalam lindungan-Nya. Amin.
Melalui surat ini, kami mengundang Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid kelas XII (Dua Belas) SMK NEGERI 1 MALANG untuk berkenan hadir pada :
Hari/Tanggal     : Senin, 15 Februari 2016.
Waktu               : Jam 09.00 s/d selesai.
Acara                : Rapat Persiapan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016
Tempat             : Aula SMK NEGERI 1 MALANG
Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu sekalian kami ucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah

(Ir.Retno Yuliastuti S.Pd)

NIP.443925492484

15. Contoh Surat Edaran Pemberitahuan UAS

Masa-masa ujian akhir adalah momen paling menegangkan tidak hanya bagi siswa/i yang akan menjalaninya namun juga bagi para orang tua/ wali murid.

Seminggu menjelang UAS berlangsung para orang tua biasanya akan menerima surat edaran dari sekolah.

Berisikan tentang informasi biaya administrasi yang belum lunas, hingga himbauan kepada orang tua untuk mengatur jadwal belajar anaknya di rumah.

Surat edaran ini perlu diberikan kepada orang tua murid supaya informasi tertulis di surat tersebut dapat dipercaya, sehingga dapat mengantisipasi jika terdapat murid yang usil dan meminta biaya lebih dengan mengatasnamakan biaya sekolah.

Berdasarkan kalender akademik STIE Widya Gama Lumajang Tahun 2018/2019, bersama ini diberitahukan kepada mahasiswa STIE Widya Gama lumajang bahwa pelaksanaan UAS Ganjil 2018/2019 ditentukan sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan UAS dimulai tanggal 7 s/d 11 Januari 2019 dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh akademik(jadwal terlampir).
  2. Jadwal dan pelaksanaan UAS Susulan dilaksanakan pada tanggal 14 s/d 16 Januari 2019 diserahkan kepada masing-masing dosen pengampu matakuliah.
  3. Cetak KRU Online mulai tanggal 17 Desember 2018 s/d 4 Januari 2019
  4. Batas Validasi keuangan tanggal 3 Januari 2019 pukul 21.00 WIB
  5. Kuliah Semester Pendek (KSP) dilaksanakan tanggal 14 s/d 31 Januari 2019
  6. Libur perkuliahan 14 januari s/d 10 Feberuari 2019
  7. Her Registrasi dan KRS Online semester genap 2018/2019 dimulai pada tanggal 11 Februari 2019

Demikian pemberitahuan ini mohon diperhatikan, atas pertahatiannya disampaikan terima kasih.

 

Lumajang, 12 Desember 2018

Wakil Ketua Bidang Akademik

 

Noviansyah Rizal, S.E., M.M., Ak. CA.

16. Contoh Surat Edaran Pemerintah Kota

Untuk memberitahukan kepada seluruh masyarakat, biasanya pemerintah kota akan mengeluarkan surat edaran terkait pengumuman tertentu. Bisa dalam bentuk larangan, ajakan, perubahan aturan, ataupun perlombaan.

Sebagai contoh pemerintah kota sedang menggalakan program penghijauan kota, maka seluruh masyarakat yang tinggal di kota tersebut akan diajak untuk ikut menanam pohon di masing-masing tempat tinggalnya.

Belakangan ini gubernur banyak mengeluarkan surat edaran terkait bahaya kabut asap, terutama bagi yang tinggal di daerah Kalimantan dan Sumatera. Ketebalan kabut asap yang sudah di ambang batas berbahaya bagi kesehatan paru-paru.

Oleh karena itu gubernur setempat mengeluarkan surat edaran berupa ajakan untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Itu merupakan salah satu contoh surat edaran gubernur, masih ada beberapa contoh lainnya seperti di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MADYA PATI
KECAMATAN KAYEN
Jl. Tentara Pelajar No. 14 Yogyakarta
Telp. 027 0000000 Fax. 027 0000000 Mobile. 0812823748235

Pati, 23 April 2018

Nomor: 21/A/2018
Perihal: Kegiatan Jumat Bersih

Yth. Ketua RW 5, 12, 6, 3
Kelurahan Plangitan
Di Pati

Melalui surat keputusan dari Kepala Dinas Kesehatan Masyarakat Kotamadya Pati Nomor: 01/23 pada tanggal 27 April 2018 mengenai hal Jadwal Pelaksanaan Bulan Bakti Gerakan Menguras, Menutup dan Mengubur (BBG 3M) yaitu dalam rangka memberantas nyamuk demam berdarah serta penanggulangan bencana banjir, maka bersama surat ini kami mohon kepada para pengurus RW supaya mengoordinasi/mengarahkan semua warga untuk dapat melakukan kerja bakti tersebut, yang akan dilaksanakan pada :

Hari, Tanggal : Jumat, 19 Maret 2018
Waktu : Pukul 08.00 – Selesai
Tempat : Lingkungan sekitar

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Walikota Pati

 

Sena Habibi

17. Contoh Surat Edaran Cuti Bersama

Seperti halnya Ujian Nasional, cuti bersama menjadi hal yang dinanti-nanti setiap tahunnya seperti cuti bersama lebaran.

Cuti bersama akan menjadi momen yang tepat untuk dapat berkumpul bersama keluarga, melepas lelah setelah lamanya bekerja, juga menjadi hiburan tersendiri bagi semua orang yang bekerja.

Setiap tahunnya pemerintah Indonesia selalu mengeluarkan surat edaran jika momen lebaran telah tiba.

Surat edaran tersebut berisikan tanggal pasti dan berapa lama para pegawai (PNS) bisa libur kerja.

Selain itu juga terdapat himbauan agar para pegawai tidak menambah hari cuti sendiri di luar tanggal yang telah ditetapkan.

Pemberitahuan Libur Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 H

Kepada Yth

Pelanggan PT. Maju Bersama

Bersama ini kami beritahukan bahwa untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, kami akan libur mulai tanggal 11 Juni 2018 sampai tanggal 20 Juni 2018 dan aktif kembali pada hari Kamis 21 Juni 2015.

Perlu kami informasikan bahwa untuk pengiriman Paket PT. Maju Bersama menjelang Libur Hari Raya Idul Fitri, kami berlakukan sistem pengiriman sebagai berikut:

  1. Batas Terakhir Penerimaan pesanan dan konfirmasi pembayaran adalah tgl 9 Juli 2015 dan akan di lakukan pengiriman pada tanggal 10 Juli 2015 dengan maksimal penyampaian ditujuan tanggal 15 Juli 2015.
  2. Pemesanan dan konfirmasi pembayaran diluar dari Batas Terakhir tersebut (9 Juli 2015) akan dilakukan pengiriman pada Senin tanggal 27 Juli 2015.

Sistem ini kami berlakukan untuk menghindari tidak sampai/ hilangnya paket ditengah kesibukan pengiriman JNE sewaktu lebaran.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Segenap Karyawan PT. Maju Bersama mengucapkan “ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 H” Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir & Batin.

Hormat Kami,

Management PT. Maju Bersama

18. Contoh Surat Edaran Ditetapkan Awal Ramadhan dan 1 Syawal

Selain surat edaran cuti bersama yang paling dinanti-nantikan setiap tahunnya (khususnya bagi umat muslim) adalah pengumuman terbitnya hilal untuk menentukan awal puasa dan 1 Syawal (idul fitri).

Surat edaran ini dikeluarkan oleh Kementrian Agama lewat sidang isbat setelah melihat hilal di beberapa titik di seluruh penjuru Indonesia.

Surat edaran 1 Syawal tersebut biasanya diumumkan secara langsung di seluruh stasiun televisi nasional.

https://bali.kemenag.go.id/uploads/media/2020/04/SE_Menag_No__6_Tahun_2020_pdf.pdf

19. Contoh Surat Edaran Upacara 17 Agustus

Tepat pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, bebas dari penjajahan dan merdeka sebagai negara yang berdiri di kaki sendiri.

Kini setiap tanggal tersebut kita memperingati hari kemerdekaan setiap tahunnya.

Peringatan dan perayaan tersebut adalah momentum refleksi bangsa Indonesia sejauh mana kita dapat berkembang dan keluar dari era yang kelam tersebut.

Tak hanya itu setiap 17 Agustus menjadi pengingat rasa syukur yang barangkali terkadang kita melupakannya.

Oleh karena itu hampir setiap instansi/lembaga akan turut memeriahkan momen bersejarah itu dengan membuat berbagai macam acara, tak terkecuali juga lembaga pemerintahan.

Setiap bulan Agustus pemerintah akan mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada instansi-instansi untuk mengadakan upacara bendera.

Biasanya ditujukan ke sekolah-sekolah, dinas-dinas, dan pemerintah daerah setempat. Berikut adalah contoh surat yang berisi edaran acara 17 Agustus.

https://setjen.kemdikbud.go.id/setjen/files/Surat%20Edaran%20Pedoman%20Upacara%20Peringatan%20HUT%20ke-74%20RI.pdf

20. Contoh Surat Edaran Khusus Acara

Setiap pihak yang mengadakan even atau acara tentu akan berhubungan dengan pihak-pihak lainnya.

Dimana hal itu akan membutuhkan banyak surat, salah satunya adalah surat edaran yang dapat mewakili informasi yang ingin disampaikan oleh pihak pemilik acara kepada pihak terkait.

Nah kalau kamu masih merasa awam dalam membuat surat dengan jenis resmi seperti ini, tak perlu khawatir. Karena berikut ini kami sajikan contoh surat yang bisa dijadikan referensi.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH

SMK NEGERI 1 BANTUL

Jl. Parangtritis km.15 Sabdodadi Bantul D.I Yogyakarta 55241

______________________________________________________________________________

SURAT EDARAN CLASS MEETING

Bantul, 13 Desember 2017

Nomor: 003/OSIS-SMK/XII/2017

Perihal: Pemberitahuan

Yth.

Ketua Kelas

DiTempat

Assalamu’alaikum, Wr. Wb

Dengan ini kami informasikan kepada seluruh  ketua kelas SMA Negeri 1 Bantul. Dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan “Class Meeting” yang akan dilaksanakan pada:

Hari/ Tanggal : 17-19 Desember 2012

Waktu            : 07.30 s/d selesai

Tempat          : Lapangan SMAN 1 Cariu

Untuk kelancaran acara “ Class Meeting”  setiap kelas diwajibkan memberi bantuan sebesar Rp.25.000,-

Demikian surat ini kami sampaikan.

Wassalamu’alaikum, Wr.Wb

 

Ketua OSIS                                                                       Sekretaris

 

 

 

                     Muhamad Asnawi                                                                   Rahayu

21. Surat Edaran Pendek

Membuat surat jenis ini pada umumnya membutuhkan kertas satu halaman saja, tetapi ada pula yang isi pemberitahuannya sangat panjang sehingga membutuhkan lebih dari satu kertas.

Dan juga sebaliknya ada yang beiris pemberitahuan pendek. Jika memang isi dari informasi tersebut dirasa cukup tersampaikan dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas, kenapa tidak.

Seperti contoh surat yang akan kami cantumkan di bawah ini, jangan sampai terlewat ya.

RUKUN TETANGGA 07/10 PERUMAHAN GRIYA MUTIARA INDAH
DESA SRIHARJO KECAMATAN SEWON
KABUPATEN BANTUL 55341
Jl. Ahmad Yani km 12 Bantul

_______________________________________________________________________

Bantul, 17 Juni 2013

Perihal : Undangan

Kepada Yth.
…………………………………….
di tempat

Dengan Hormat

Dalam rangka menjaga kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan, untuk itu kami sebagai pengurus RT mengundang kepada seluruh warga untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti pada

Hari / Tanggal      : ………………..
Pukul                   : ………………..
Tempat                : ………………..

Demikian surat undangan ini kami buat, kami berharap seluruh warga dapat ikut serta dalam kegiatan ini untuk meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan dan menjaga kekompakan antar warga.

 

                                                                    Hormat Kami

                                                                   Ketua RT

                                                                    Suparjiyanto


Demikian penjelasan beserta contoh surat edaran berbagai tema yang bisa Anda jadikan referensi.

Kami berharap informasi di atas dapat membantu teman-teman yang memang masih awam dengan surat edaran, dan ingin belajar membuatnya.

Dari beberapa contoh surat edaran di atas, Anda jenis surat edaran apa yang pernah Anda peroleh secara pribadi? Jawaban boleh dituliskan di kolom komentar ya!.

Semoga bermanfaat!

Leave a Comment