21 Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah (Lengkap)

Surat Pernyataan Belum Menikah? Pernahkah kamu membuatnya? Kalau belum yuk simak artikel ini.

Surat-menyurat boleh dibilang sesuatu yang terus penting dari zaman dahulu sampai sekarang.

Seperti juga yang kita ketahui sehari-hari, hampir semua urusan administrasi di kantor, sekolah, kampus dan lainnya selalu tak bisa dilepaskan dari peran persuratan. Baik surat izin, keterangan, pemberitahuan dan sebagainya.

Surat pernyataan terlebih yang sering menjadi syarat. Untuk orang-orang yang mau melamar kerja, mengikuti training, mengajukan permohonan, dan lain-lain seringkali harus menyertakan surat pernyataan dengan berbagai jenis untuk langkah awalnya.

Hal ini dilakukan agar pihak penerima mengerti persis pernyataan dari pemohon yang dimana sifatnya adalah resmi.

Dalam beberapa instansi bahkan terkadang ada yang mensyaratkan dibuatnya surat pernyataan belum menikah dari pemohon kerja dalam rangka mencari tenaga muda yang produktif dan diharapkan bisa fokus total dalam bekerja.

Terutama calon Taruna TNI dan calon bintara polisi. Selain itu, memang ada juga yang mensyaratkan surat keterangan ini demi menjaga kredibilitas program-program tertentu.

Surat pernyataan belum menikah memang kebanyakan digunakan sebagai syarat untuk melamar pekerjaan.

Beberapa perusahaan menetapkan syarat ini agar para pekerja baru fokus pada pekerjaan di tahun-tahun pertamanya.

Namun jika Anda ingin melangsungkan pernikahan biasanya pihak KUA juga akan meminta Anda untuk membuat surat pernyataan belum menikah.


Bagian-Bagian Surat Pernyataan Belum Menikah


21 Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah (Lengkap)
suratresmi.id

Terdapat pengetahuan dasar yang harus diketahui sebelum teman-teman membuat surat pernyataan belum menikah.

Ya, tentu saja bagian dan bagaimana format penulisannya. Karena surat ini pada umumnya digunakan untuk kepentingan yang resmi, maka paling tidak penulisannya pun harus begitu.

Misalnya dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku, singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami.

Jangan gunakan bahasa gaul sehari-hari loh ya, ingat ini bukan surat cinta tak perlu puitis pula.

Pada dasarnya format dan unsurnya hampir sama dengan penulisan surat resmi pada umumnya.

Pembedanya adalah tentu isi atau maksud dan tujuannya, tetapi selebihnya serupa. Jadi kalau kamu sering membuat surat resmi pasti akan mudah membuat surat jenis ini.

Lalu apa saja kira-kira bagian-bagian penting yang harus dicantumkan dalam menyusun surat pernyataan belum menikah?

1. Kepala Surat

Jika surat resmi dari perusahaan memiliki kop surat, maka surat pernyataan belum menikah dimulai dengan kepala surat.

Tetapi pada kepentingan tertentu tidak mencantumkan kop surat pun tak apa. Dalam hal ini kepala surat dapat disebut sebagai judul surat.

Ditulis di posisi bagian tengah atas menggunakan huruf kapital, misal “SURAT PERNYATAAN”.

Keterangan tersebut dimaksudkan agar penerima langsung mengetahui jenis dari surat yang dibuat.

2. Identitas Diri

Hal yang berkaitan dengan surat pernyataan, termasuk juga pernyataan belum menikah tentu harus ada dong ya identitas orang yang menginginkan pernyataan tersebut.

Agar kemudian pihak lain mengetahui siapa yang menyatakan diri, dan dapat dipertanggung jawabkan dikan informasi tersebut tidak valid.

Berisi tentang identitas lengkap yang membuat pernyataan. Mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, dan lain sebagainya.

3. Isi Surat

Biasanya setiap lembaga/ instansi/ perusahaan memiliki format surat pernyataan belum menikah masing-masing.

Namun jika Anda diminta untuk membuat surat pernyataan dengan format bebas, bagian isi disampaikan dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

Jangan lupa tambahkan pernyataan bahwa jika Anda melanggar peraturan Anda bersedia menerima sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku.

4. Penutup

Bagian penutup biasanya berisikan pernyataan bahwa surat tersebut dibuat dalam kondisi benar adanya tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Gunakan bahasa yang baik dan sopan agar pembaca melihat kejujuran dan ketulusan pada surat Anda.

5. Tanda Tangan dan Nama Terang

Sebelum menandatangani surat di atas materai, tuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat. Tepat di atas kolom tanda tangan dan nama lengkap.

Dalam hal ini materai adalah sebuah keharusan agar surat tersebut sah di mata hukum, sehingga jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan dapat dipertanggung jawabkan dengan baik.

Dan materai ini memang sudah pasti digunakan dalam setiap surat pernyataan ataupun surat lainnya yang melibatkan beberapa pihak.


Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah


21 Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah (Lengkap)
ariecellular.com

Nah untuk lebih memudahkan teman-teman dalam membuat surat pernyataan belum menikah, alangkah lebih baiknya kalau kami turut mencantumkan contoh-contohnya.

Contoh yang akan disajikan ini memuat berbagai kepentingan, sehingga nantinya kalian bisa memilih contoh seperti apa yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Surat ini dibuat oleh individu yang menyatakan, dan ditandatangani oleh dirinya sendiri tanpa ada persetujuan dari pihak lain.

Tetapi dalam beberapa kondisi, surat pernyataan belum menikah ini juga biasa diminta atau diberikan oleh pihak pemerintahan tertentu untuk prasyarat yang diminta dari pihak lainnya.

Jadi, buat saudara-saudari yang berniat membuat surat pernyataan belum menikah tersebut, beberapa contohnya ada pada yang berikut ini.

Lengkap dengan jenis dan tujuan sasaran diberikannya surat tersebut. Yuk langsung saja simak dan perhatikan baik-baik ya. Semoga dapat membantu teman-teman yang masih awam.

1. Untuk Calon Mahasiswa

Memang ada beberapa kampus yang mensyaratkan adanya keterangan belum menikah untuk calon mahasiswanya.

Hal ini diterapkan kampus-kampus untuk mengelompokkan dengan persis mahasiswa serta aturan khusus yang menyertai hal tersebut.

Meskipun di kampus yang lain hal ini tidak disyaratkan, tidak ada salahnya teman-teman mengerti informasi tersebut.

Dan perlu diingat pernyataan surat tersebut tidak akan mempengaruhi diterima atau tidaknya calon mahasiswa tersebut loh ya.

Untuk kamu yang membutuhkan surat pernyataan belum menikah, terutama buat yang mencari formatnya, silahkan lihat contohnya berikut ini:

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Pramana
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Pekerjaan : Mahasiswa
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Jakarta

Dengan ini menyatakan sesungguhnya bahwa hingga surat pernyataan ini dikeluarkan saya benar-benar masih lajang atau belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Hukum Adat, Hukum Agama, maupun Hukum Negara.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sejujurnya. Apabila di kemudian hari nanti terdapat sesuatu yang kurang sesuai dengan isi pernyataan ini, maka saya bersedia mempertanggungjawabkannya sesuai hukum yang berlaku dan bersedia di keluarkan dari kampus.

Jakarta, 07 Mei 2018
Yang menyatakan,

Andi Pramana

2. Untuk Melamar Pekerjaan

Surat Pernyataan Belum Menikah Untuk Melamar Pekerjaan ini umumnya bisa dijumpai di kantor-kantor bisnis yang bergerak di bidang jasa atau barang yang biasanya tidak merekrut terlalu banyak pekerja.

Dalam poster lowongan kerja biasanya di berikan syarat keterangan lajang sebagai poin yang harus dipenuhi.

Terkadang memang perusahaan mencari tenaga kerja muda yang produktif, fokus, dan belum banyak terpecah waktunya pada sesuatu yang lain.

Untuk teman-teman yang mencari formatnya, silahkan lihat contohnya berikut ini:

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Pramana
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Pekerjaan : –
Alamat : Jl. Perkutut No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan sesungguhnya bahwa hingga saat ini saya belum pernah menikah dengan siapapun atau masih berstatus lajang.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sejujurnya. Apabila di kemudian hari nanti terdapat sesuatu yang tidak sesuai dengan isi pernyataan ini, maka saya bersedia mempertanggungjawabkannya di hadapan hukum.

Medan, 07 Mei 2018
Yang menyatakan,

Andi Pramana

3. Untuk Mendaftar Taruna TNI

Sebagai calon taruna TNI tentu hal ini sudah tak asing lagi. Hal ini memang menjadi syarat utama di samping syarat ketat yang lain.

Taruna TNI memang diharapkan mendapat gemblengan dan latihan berat yang juga total untuk pengabdian kepada bangsanya.

Negara, dalam hal ini kementrian pertahanan kemudian juga menyiapkan dengan sungguh dan detail prasyarat jenjang karir tentara nasional yang akan ditugaskan.

Untuk teman-teman calon taruna yang mencari format suratnya, silahkan lihat contohnya berikut ini:

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Pramana
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
NIK : 456348764876

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini adalah lajang dan belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Agama, hukum adat dan hukum negara. Surat ini saya perbuat untuk dipergunakan dalam melengkapi administrasi dan persyaratan mendaftar menjadi anggota taruna TNI.

Demikian surat pernyataan ini dibuat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, dan apabila surat pernyataan ini tidak sesuai, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Jakarta, 07 Mei 2018
Yang memberi pernyataan

Andi Pramana

4. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah beserta Konsekuensi

Tidak jarang pada instansi yang luar biasa ketatnya, untuk surat pernyataan belum menikah yang dibuat memang harus menyertakan konsekuensi jika melanggar pernyataan yang dibuat.

Konsekuensinya tentu saja disusun yang sesuai dengan keterlibatan atau partisipasi kerja dari kontrak instansinya.

Bukan konsekuensi yang dibuat di luar tersebut. Untuk teman-teman yang mencari format suratnya, silahkan lihat contohnya berikut ini:

CONTOH SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
No. Peserta : 345
NIK : 34563453
Tempat/Tgl Lahir : Malang/20/09/1994
Agama : Islam
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Malang

Menyatakan bahwa benar belum pernah menikah. Jika di kemudian hari ditemukan bukti bahwa pernyataan ini tidak benar, saya bersedia menerima konsekuensi :

1. Diberhentikan dari Perusahaan
2. Mengganti biaya selama proses seleksi karyawan.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya dan penuh kesadaran.

Malang, 07 Mei 2018
Yang Menyatakan,

Intan Permatasari

5. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah beserta Bukti

Surat Pernyataan Belum Menikah beserta Bukti ini biasanya diajukan pada instansi, lembaga, atau perusahaan yang bersifat ketat dalam hal administrasi demi kredibilitas dan citra yang telah lama dibangun.

Bukti keterangan surat belum menikahnya bisa berupa keterangan legitimasi dari desa atau RT yang menjadi tempat tinggal bagi pemohon.

Hal ini juga menunjukkan bahwa instansi memang merupakan pengarsip yang ketat dan detail. Untuk teman-teman yang mencari format suratnya, silahkan lihat contohnya berikut ini:

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Pramana
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Kewarganegaraan : Indonesia
Tempat/Tgl Lahir : Madiun/20/09/1994
Agama : Islam
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Madiun

Dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya belum pernah menikah dengan siapapun baik secara hukum adat, agama, maupun negara. Hal tersebut dapat saya buktikan dengan surat keterangan belum menikah dari kelurahan Rawa laut kecamatan Madiun dan foto kopi kartu keluarga.

Demikian pernyataan ini saya tulis dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Jika di kemudian hari saya terbukti membuat keterangan palsu berkaitan dengan isi surat pernyataan ini maka saya siap menerima konsekuensi berdasarkan undang-undang yang berlaku.

Madiun, 07 Mei 2018
Yang menyatakan,

Andi Permana

6. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah dari Orang Tua

Surat Pernyataan Belum Menikah dari Orang Tua ini juga biasanya menjadi syarat tertentu untuk instansi yang memang menghendaki itu. Jika teman-teman memang diharuskan membuatnya, jangan khawatir.

Bisa jadi memang instansi memiliki standar khusus untuk orang-orang yang hendak bergabung dalam tim kerjanya.

Untuk teman-teman yang mencari format suratnya, silahkan lihat contohnya berikut ini:

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selaku orang tua dari :

Nama : Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir : Magetan/20/09/1994
NIK : 57844353
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Jl. Pertemuan No. 123, Magetan

Dengan ini menyatakan kalau anak kami dengan nama diatas sampai saat ini belum pernah menikah, baik secara adat maupun secara agama.

Demikian surat pernyataan ini kami perbuat tanpa paksaan dari pihak manapun, agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Jika di kemudian hari saya ternyata memberikan informasi yang tidak benar, maka kami bersedia untuk diproses secara hukum yang berlaku.

Magetan, 07 Mei 2018
Yang Menyatakan,

Ahmad Subari
Orang Tua yang bersangkutan

7. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah dengan Singkat

Untuk instansi/perusahaan yang membutuhkan surat pernyataan belum menikah secara singkat biasanya hal ini hanya diperuntukkan sebagai formalitas pendukung dari sekian syarat lain yang diajukan.

Karena permintaannya dalam bentuk singkat, Untuk teman-teman yang mencari format suratnya, silahkan lihat contohnya berikut ini:

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini, Andi Pramana yang beralamat di Jl. Hang Tuah No. 123, Medan, dengan ini menyatakan :
dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Hukum Agama, Hukum Adat, maupun Hukum Negara.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan serta tekanan dari siapapun. Apabila di kemudian hari ternyata pernyataan ini tidak benar, maka saya siap dibawa ke hadapan hukum.

Medan, 07 Mei 2018
Yang Menyatakan,

Andi Pramana

8. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah Lengkap

Untuk instansi/perusahaan yang membutuhkan surat pernyataan belum menikah secara lengkap biasanya hal ini diperuntukkan sebagai formalitas penting dari sekian syarat penting lain yang juga diajukan.

Karena permintaannya dalam bentuk lengkap, Untuk teman-teman yang mencari format suratnya, silahkan lihat contohnya berikut ini:

SURAT PERNYATAAN BELUM PERNAH MENIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Bin/Binti : Haji Susilo
Tempat/Tgl Lahir : Yogyakarta/20/09/1994
Kebangsaan : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : Wiraswasta
NIK : 456788754567
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123, Yogyakarta

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Adat, Hukum Agama, maupun Hukum Negara.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya tanpa ada paksaan dari siapapun. Apabila di kemudian hari ternyata pernyataan ini tidak benar, maka saya siap dituntut sesuai dengan Hukum yang berlaku.

Yogyakarta, 07 Mei 2018
Yang menyatakan,

Intan Permatasari

9. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah Secara Adat.

Bagi teman-teman yang merupakan bagian dari suku adat tertentu, terkadang ada perusahaan atau instansi yang mensyaratkan adanya surat keterangan belum menikah secara adat.

Jangan khawatir, hal tersebut bukanlah masalah.

Berikut ada jenis suratnya yang bisa teman-teman gunakan. Untuk teman-teman yang mencari format suratnya, silahkan lihat contohnya berikut ini:

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Pramana
Tempat/Tgl Lahir : Semarang/20/09/1994
Kebangsaan : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : Wiraswasta
NIK : 646587868
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Semarang

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara adat.

Demikian surat pernyataan ini telah saya buat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dan apabila surat pernyataan ini tidak sesuai, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan undang-undang dan hukum yang berlaku.

Semarang, 07 Mei 2018
Yang menyatakan,

Andi Pramana

10. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah dari Kelurahan

Surat Pernyataan Belum Menikah dari Kelurahan ini biasanya dikehendaki instansi untuk mendapatkan kejelasan pernyataan dari pemohon yang didukung oleh instansi kependudukan yang resmi.

Teknisnya, pemohon menyiapkan suratnya terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan meminta paraf dan stempel dari kelurahan.

Untuk teman-teman yang mencari format suratnya, silahkan lihat contohnya berikut ini:

SURAT PERNYATAAN

Dengan surat ini, saya bermaksud untuk menerangkan seseorang yang beridentitas di bawah ini, status perkawinannya adalah BELUM MENIKAH. Berikut data-data nya sebagai berikut :

Nama : Intan Permatasari
NIK : 4567877565
Pekerjaan : PNS
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Bandung

Demikianlah surat keterangan belum menikah ini dibuat. Semoga dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Bandung, 07 Mei 2018,

Mengetahui
Lurah Mekarsari, Bandung,

Ahmad Subari

11. Untuk Bintara Polisi

Surat Pernyataan Belum Menikah untuk Bintara Polisi ini tentu sudah tak asing lagi untuk syarat wajib yang menjadi langkah awal di samping syarat-syarat ketat yang lainnya.

Sama halnya dengan taruna TNI, untuk mekanisme bintara polisi juga memiliki standar aturan yang tinggi. Untuk teman-teman yang mencari format suratnya, silahkan lihat contohnya berikut ini:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Pramana
NIK : 5673648758
Tempat/Tgl Lahir : Makassar/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : –
Alamat : Jl. Pertukangan No. 123, Makassar

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya belum pernah menikah. Jika di kemudian hari saya diketahui memberikan keterangan yang salah, maka saya bersedia untuk di keluarkan dari bintara polisi selama menjalani masa pendidikan maupun setelah selesai pendidikan.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sesungguhnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Makassar, 07 Mei 2018
Yang Menyatakan,

Andi Pramana

12. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah dan Sanggup untuk Tidak Menikah

Surat Pernyataan Belum Menikah dan Sanggup untuk Tidak Menikah ini biasanya dibuat untuk mengajukan diri terlibat dalam instansi yang memiliki program berjangka yang sifatnya ketat.

Bisa dalam bentuk peserta pelatihan atau pengabdian tertentu. Untuk teman-teman yang mencari format suratnya, silahkan lihat contohnya berikut ini:

SURAT PERNYATAAN
BELUM MENIKAH DAN SANGGUP TIDAK MENIKAH SELAMA MENGIKUTI
PROGRAM PPG PRAJABATAN BERSUBSIDI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir : Semarang/20/09/1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
NIK : 3456778
Alamat : Jl. Perkutut No. 123, Semarang

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya belum menikah dan tidak akan menikah selama mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Bersubsidi tahun 2017.

Pernyataan ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab tanpa paksaan dari pihak mana pun. Apabila suatu saat terbukti pernyataan yang saya buat tidak benar, saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Semarang, 07 Mei 2018
Yang Menyatakan,

Intan Permatasari

13. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah untuk KUA

Surat Pernyataan Belum Menikah untuk KUA ini biasanya diajukan untuk kepengurusan administrasi.

Hal ini dilakukan karena KUA sebagai lembaga legal yang mengurus pernikahan agama islam memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon.

Salah satunya adalah surat pernyataan belum menikah ini. Untuk teman-teman yang mencari format suratnya, silahkan lihat contohnya berikut ini:

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Jenis Kelamin : Perempuan
Tempat/Tgl Lahir : Tangerang/20/09/1994
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : PNS
Alamat : Jl. Tengkulak No. 123, Tangerang

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa sampai saat ini saya belum pernah menikah kepada siapapun juga, baik resmi maupun tidak resmi dan masih berstatus perawan.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Bila di kemudian hari pernyataan ini tidak benar atau palsu, saya bersedia dituntut sesuai hukum yang berlaku.

Tangerang, 07 Mei 2018
Yang Menyatakan,

Intan Permatasari

14. Format Surat Pernyataan Belum Menikah

Untuk teman-teman yang mencari format suratnya, silahkan lihat contohnya berikut ini. Teman-teman hanya tinggal mengisi list biodata yang dibutuhkan.

Tulis dengan lengkap dan jelas agar tidak mendapat kesulitan dalam pengurusan administrasi.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :
Jenis Kelamin :
Tempat/Tgl Lahir :
Agama :
Kewarganegaraan :
Pekerjaan :
NIK :
Alamat :

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Hukum Agama, Hukum Adat, maupun Hukum Negara.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan serta tekanan dari siapapun. Apabila di kemudian hari ternyata pernyataan ini tidak benar, maka saya siap dibawa ke hadapan hukum.

(Nama Kota), (Tanggal Penulisan Surat),
Yang Menyatakan,

(Nama Anda)

15. Untuk Bekerja BUMN

Siapa sih yang tak ingin bekerja di Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Tentu banyak orang yang mengantri untuk bisa masuk dalam lembaga usaha tersebut.

Sebab gaji yang diperoleh dapat memenuhi kebutuhan finansial teman-teman sekalian. Tak hanya itu relasi yang dapat dijalin juga menjadi daya tarik bagi beberapa orang.

Sayangnya untuk bisa bekerja di sana terdapat beberapa syarat dan tes yang harus dipenuhi dan dijalani.

Tak hanya itu, pesaing yang ikut berpartisipasi pun bukan satu atau dua orang tetapi banyak sekali.

Nah salah satu syarat yang wajib dipenuhi adalah menyertakan surat pernyataan belum menikah. Berikut adalah salah contoh surat tersebut yang bisa dijadikan referensi:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Hayati
No. Peserta : ………………………
No. KTP : 333xxxxxxxxxx
Tempat, Tanggal Lahir : Sukabumi, 6 Februari 1992
Agama : Islam
Alamat : Cibolangkaler, Tipar, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat

Menyatakan bahwa benar belum pernah menikah. Jika di kemudian hari ditemukan bukti bahwa pernyataan ini tidak benar, saya bersedia menerima konsekuensi diberhentikan dari Perum Perikanan Indonesia serta mengganti biaya selama proses seleksi karyawan.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya dan penuh kesadaran.

………………, …………………………2015
Mengetahui,                                                                                                                                              Pembuat pernyataan,
Orang Tua / Wali
(materai 6000)
(………..……………..)                                                                                                                                (…………………………………..)

16. Untuk Bekerja di Perum BULOG

Teman-teman tentu sudah tidak asing lagi dengan Badan Urusan Logistik atau yang sering dikenal di masyarakat dengan sebutan BULOG.

Saat ini kedudukan BULOG beralih dari Lembaga Pemerintah Non Departemen, menjadi Badan Usaha Milik Negara.

Jadi Perum BULOG ini menjadi salah satu bagian dari BUMN pula. Seperti yang dijelaskan di atas banyak sekali orang yang menginginkan untuk bekerja di BUMN, termasuk juga dalam logistic ini.

Tetapi ingat ya sesuaikan dengan keahlian yang memang dibutuhkan agar teman-teman mempunyai nilai yang tinggi, sehingga akan lebih diperhitungkan.

Dan jangan lupa untuk membuat surat pernyataan belum menikah ya. Untuk mmebuatnya kamu bisa melihat contoh di bawah ini:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : Arya Bimanyu
Tempat dan Tanggal Lahir : Sleman, 22 Januari 1993
No. KTP : 345xxxxxxxxxxxx
Alamat : Perum Puri Hesti No. 8, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Dengan ini menyatakan, bahwa saya:

1. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja Perum BULOG di Indonesia.
2. Bersedia mengikuti ikatan dinas di Perum BULOG selama 3 (tiga) tahun
3. Tidak pernah terlibat dalam penggunaan NAPZA
4. Belum pernah menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama dalam masa percobaan sesuai dengan aturan yang berlaku.
5. Bersedia membayar denda sejumlah Rpp xxxxxxxxx,- jika saya mengundurkan diri setelah menandatangani kontrak kerja sebagai karyawan Perum BULOG atau mengundurkan diri sebelum masa dinas 3 (tiga) tahun.

Demikian surat pernyataan kesanggupan ini saya buat dengan penuh kesadaran dan kesungguhan. Saya bersedia diberhentikan sewaktu-waktu dan/atau dituntut di depan pengadilan, apabila di kemudian hari saya mengingkari dan/ atau terbukti pernyataan saya ini tidak benar.

Yogyakarta, 21 Maret 2016
Yang membuat pernyataan,

(materai 6000)

(Arya Bimanyu)

17. Untuk Mendaftar CPNS

Beberapa formasi atau lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) juga menetapkan syarat belum menikah. Hanya beberapa instansi dan lowongan tertentu, tidak semua kementrian menetapkan syarat tersebut.

SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama lengkap               : Ahmad Nur Mujiono
Tempat, tanggal lahir    : Sleman, 17 Agustus 1994
Jenis kelamin                : Laki – laki
Agama                           : Islam
Pekerjaan                      : Mahasiswa
Alamat                          : Jalan Kebon Agung 10, Mlati, Sleman, DIY
Dengan ini menyatakan sesungguhnya bahwa hingga surat pernyataan ini dikeluarkan saya benar – benar masih lajang atau belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Hukum Adat, Hukum Agama, maupun Hukum Negara.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sejujurnya. Apabila di kemudian hari nanti terdapat sesuatu yang kurang sesuai dengan isi pernyataan ini, maka saya bersedia mempertanggungjawabkannya sesuai hukum yang berlaku.
Yogyakarta, 12 Juli 2017
Yang menyatakan,
[materai]
Ahmad Nur Mujiono

18. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah dari Ketua RT

Surat pernyataan belum menikah dari ketua RT memiliki banyak kegunaan. Sebagai syarat untuk membuat surat keterangan domisili sementara, syarat untuk membuat Kartu Keluarga (KK), atau sebagai syarat untuk mengajukan syarat menikah ke Kantor Urusan Agama (KUA).

PEMERINTAH KELURAHAN GENENGAN
KETUA RT 04 / RW 12

Kelurahan Genengan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang


SURAT KETERANGAN
No. 123/RT-04/SK/VIII/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini Ketua RT 04 RW 12 Kelurahan Genengan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Adinda Isa Maesaroh
Tempat/Tanggal Lahir : Malang, 25 Desember 1989
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : Wiraswasta dan Mahasiswa
Agama : Islam
Alamat : Jalan Genengan 8 No. 26, Pakisaji, Malang

Orang dengan nama tersebut adalah warga kami dengan status belum menikah. Surat keterangan ini dibuat untuk keperluan memenuhi persyaratan mengikuti pendidikan di luar negeri.

Demikian surat keterangan ini kami berikan, untuk dapat dipakai sebagaimana harusnya.

 

                                                                                           Malang, 1 Agustus 2019

                                                                                           Ketua RT 04/RW 12 Kel. Genengan

                                                                                           Riyanto

19. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah Tulis Tangan

Pernah membuat surat lamaran dengan tulis tangan, biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan menjadi dosen. Hal ini ada kalanya berlaku dalam membuat surat pernyataan belum menikah.

Beberapa instansi/ lembaga/ perusahaan lebih percaya dengan keabsahan surat tersebut lewat tulisan tangan asli yang membuat pernyataan.

Surat Pernyataan

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Fahmi Idris Saputra
Tempat, tanggal lahir : Bogor, 14 April 1998
Jenis Kelamin : Laki-laki
Alamat : Jl. Gatot Subroto No.15, Kabupaten Bogor
Agama : Islam
Pekerjaan : Mahasiswa

Dengan ini menyatakan bahwa hingga surat pernyataan ini dikeluarkan saya benar-benar masih berstatus lajang atau belum pernah menikah dengan wanita manapun baik secara Hukum Agama, Hukum Adat, maupun Hukum Negara.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sejujurnya. Jika di kemudian hari terdapat sesuatu yang kurang sesuai dengan isi pernyataan ini, maka saya bersedia untuk mempertanggungjawabkannya sesuai hukum dan norma yang berlaku.

Bogor, 19 Juli 2020
Yang menyatakan,
(materai)
Fahmi Idris Saputra

20. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah Catatan Sipil

Surat pernyataan menikah dari catatan sipil bisa saja dikeluarkan oleh ketua RT, kelurahan ataupun kecamatan.

Surat ini biasanya merupakan salah satu syarat yang diwajibkan oleh instansi/ lembaga/ perusahaan.

PEMERINTAH KABUPATEN DELI SERDANG
DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL

Komplek Pemkab Deli Serdang,
Jl. Karya Usaha No. 3, Lubuk Pakam, Telp. 061-7951489
DELI SERDANG


SURAT KETERANGAN BELUM PERNAH MENIKAH
Nomor : KK.27.35.04/PW.01/123/III/2012

Berdasarkan

  1. Surat keterangan belum pernah menikah dari Kelurahan Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Nomor 365/II/SK-BL/2012 tanggal 2 Februari 2012.
  2. Data perkawinan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang

Kepala Dispendukcapil untuk Kabupaten Deli Serdang, menjelaskan bahwa

NIK                               : 4801119021709002
Nama                           : BAHRUL ALAM
Tempat tanggal lahir     : Deli Serdang, 5 Maret 1992
Jenis Kelamin               : Laki-laki
Kewarganegaraan        : Indonesia
Agama                          : Islam
Pekerjaan                     : Pelajar/Mahasiswa
Alamat                          : Jalan Ahmad Yani B-122 Kelurahan Bulu Cina, Hamparan Perak, Deli Serdang

Tidak tercatat pada buku registrasi perkawinan.

Demikian surat keterangan ini dibuat, untuk keperluan melanjutkan pendidikan.

 

                                                                   Deli Serdang, 1 Maret 2012

                                                                   Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 

                                                                   Kabupaten Deli Serdang

                                                                  Drs. SAHARI GOELTOM

21. Untuk Keperluan Bekerja di Bank

Bank adalah instansi yang mewajibkan karyawan barunya untuk tidak menikah selama 2 (dua) tahun pertama bekerja.

Dalam hal ini dikarenakan karyawan baru bank akan mengikuti masa pendidikan terlebih dahulu sebelum benar-benar menandatangani kontrak sebagai karyawan tetap.

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN PALLANGGA
Jalan Poros Pallangga No. 26 Gowa


SURAT KETERANGAN BELUM PERNAH MENIKAH
Nomor : SK-BPM/002/V/2016

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa, menerangkan bahwa:

Nama                           : SITI AMINAH DIAN PURNAMA
Tempat tanggal lahir      : Gowa, 12 Juni 1992
Jenis Kelamin                 : Perempuan
Kewarganegaraan          : Indonesia
Agama                          : Islam
Pekerjaan                      : Belum Bekerja
Alamat                          : Perumahan Taeng Permai Blok A No. 15, Gowa

 

Berdasarkan surat keterangan dari Kepala Desa Taeng Nomor 12/SKBM//245/VIII/2016 tanggal 20 Agustus 2016 menerangkan bahwa nama tersebut di atas sampai saat ini belum pernah menikah dan surat keterangan ini dipergunakan untuk melamar pekerjaan di BANK REPUBLIK INDONESIA.

Demikian surat keterangan ini ditulis dengan sebenar-benarnya agar dipakai sebagaimana harusnya.

 

                                                                                          Gowa, 12 September 2016
Kepala KUA Kecamatan Pallangga

                                                                                         Drs. H. Masjkur, S.Ag
NIP. 10065616854441011


Penutup


21 Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah (Lengkap)
sahabati.net

Hingga kini surat pernyataan belum menikah merupakan syarat yang mutlak yang harus dilengkapi oleh calon karyawan.

Dengan membuat pernyataan belum menikah secara tertulis serta dilengkapi tanda tangan di atas materai, maka surat tersebut berlaku di mata hukum.

Kabarnya bagi yang menikah di atas umur 27 tahun, pihak pengurus KUA akan meminta Anda untuk membuat surat pernyataan belum pernah menikah.

Namun jika usia Anda dibawah 27 tahun saat mendaftar menikah, biasanya Anda tidak akan diminta untuk membuat surat pernyataan tersebut.

Khusus bagi yang belum menikah, apa saja yang menjadi syarat pembuatan surat keterangan belum menikah:

  •  foto kopy KTP bagi Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Menunjukkan akte kelahiran dan fotocopy bagi WNI
  • Bagi Warga Negara Asing (WNA) melampirkan fotocopy paspor
  • Surat Keterangan Untuk Menikah (Model N-1)
  • Melengkapi surat keterangan asal-usul (Model N-2)
  • Surat keterangan tentang orang tua (Model N-4)
  • Berkas tentang surat izin orang tua (Model N-5)
  • Pas foto ukuran 3 x 4
  • Menunjukkan Kartu Keluarga (KK) asli serta membawa kopiannya

Semua berkas di atas merupakan persyaratan pernikahan secara umum. Biasanya pihak KUA memiliki persyaratan khusus.

Sebelum melengkapi semua surat di atas Anda terlebih dahulu akan diminta untuk membawa surat pengantar dari RT/ RW/ kelurahan.

Selain untuk keperluan menikah, surat keterangan belum menikah juga dapat digunakan untuk melamar perkerjaan, untuk memenuhi persyaratan meminjam uang ke bank, serta sebagai keterangan resmi secara tertulis dari pihak Dukcapil.

Nah setelah menikah nanti Anda tentu akan membuat Kartu Keluarga baru alis pindah KK. Untuk membuat KK baru tersebut Anda tidak akan diminta untuk membuat surat keterangan belum menikah melainkan surat keterangan sudah menikah.

Demikian beberapa contoh surat pernyataan belum menikah yang bisa Anda dijadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment