7 Rekomendasi Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa Genre “Romcom”

Menurut versi kamu Drama Korea Terbaik itu yang seperti apa sih? Bagi para penggemar drakor nih, tentu sudah tidak asing lagi dong dengan genre “Rom-Com”.

Merupakan singkatan dari “Romantic Comedy” jika diterjemahkan yaitu “Komedi Romantis”, salah satu genre drama yang paling populer di Korea Selatan.

Jenis drama ini berisi kisah percintaan yang romantis namun lucu karena pada umumnya pemeran utama wanitanya adalah sosok yang tidak cantik namun menggemaskan.

Sedangkan pemeran utama prianya adalah sosok yang sangat tampan, cerdas, dan penuh perhatian, ibarat bak prince charming gitu lah.

Drama komedi romantis ini selalu berhasil membuat penontonnya baper tingkat dewa, karena ceritanya yang bak di negeri dongeng.

Dimana wanita yang biasa-biasa saja tidak memiliki kelebihan apapun secara fisik, tapi dicintai oleh pria yang bisa dibilang punya segalanya (tampan ,kaya, dan digandrungi banyak wanita).

Cewek mana yang nggak ngimpi kek gitu.?!

Namun, cinta pria di drama “Rom-Com” tidak didasari oleh kecantikan fisik semata, walaupun wanita tersebut tidak terlalu cerdas dan piawai berdandan, kebaikan hatinya lah yang membuat si pria luluh hingga tulus mencintai apa adanya.

Biasanya percintaan mereka akan dihiasai oleh kebodohan dan kelucuan yang akan membuatmu tertawa terbahak-bahak saat menontonnya.


Drama Korea Terbaik


Untuk menambah koleksi drama kamu, berikut rahasiabelajar.com sajikan lima drama korea terbaik sepanjang masa dengan yang bisa mengembalikan lagi hari-hari kamu yang ceria:

1. Marriage Not Dating (4 Juli 2014)

Di antara drama korea lucu, maka “Marriage Not Dating” lah yang ‘paling terlucu’! Kisah tentang Gong Ki-tae dokter bedah plastik yang punya prinsip tak ingin menikah seumur hidupya.

Pernikahan kedua orang tuanya penuh dengan kepalsuan, Ayahnya berselingkuh dengan wanita yang lebih muda sedangkan Ibunya mengetahui dan memilih bungkam.

Terkadang Gong Ki-tae merasa iba pada Ibunya namun sang Ibu memilih jalan yang rumit dengan berpura-pura tidak terjadi apa-apa.

Hal ini demi mempertahankan perusahaan keluarga, hingga Ibunya rela memilih diam dan menekan Gong Ki Tae untuk segera menikah.

Wait, jangan dibayangkan ini drama tragis dan menyedihkan ya, drama ini dipenuhi adegan-adegan konyol yang akan membuatmu tak kuat menahan tawa.

Masuknya Joo Jang-mi ke dalam hidup Ki-tae sebagai pacar bohongan menambah kekonyolan dalam kisah hidupnya.

Ki-tae berharap dengan attitude buruk yang dimiliki Jangmi, keluarganya akan berhenti menyuruhnya menikah.

Tapi takdir berkata lain, justru sebaliknya keluarga Ki-tae yang aneh justru sangat menyukai Jang-mii dan menginginkan mereka mempersiapkan pernikahan sesegera mungkin.

2. She Was Pretty (16 September 2015)

Drama tentang persahabatan masa kecil antara Kim Hye Jin dan Ji Song-jon.

Mereka bersahabat sejak kelas 5 SD, pada masa itu Hye Jin adalah sosok gadis kecil yang paling cantik di sekolahnya sedangkan Song-jon adalah anak baru yang pemalu dan selalu diejek oleh teman-teman sekolahnya karena ia gendut.

Namun, satu-satunya orang yang mau berteman dan selalu membela Song-joon hanya si cantik Hye-jin, sejak saat persahabatan mereka dimulai.

Kepindahan Song-jon ke Amerika membuat mereka terpisah dan kehilangan kontak satu sama lain. Singkat cerita, saat mereka telah sama-sama dewasa Song jon kembali ke Korea dan keadaan sudah banyak berubah.

Hye-jin yang kini tidak secantik yang dulu, ia berubah menjadi Hye-jin dengan rambut kribo dan muka berjerawat mewarisi gen Ayahnya.

Sebaliknya, Song-jon kini berubah menjadi sosok yang sangat tampan, tinggi, dan menjadi direktur sukses. Apa yang terjadi dengan kisah mereka selanjutnya?

Akankah Song-jon mengenali sosok Hye-jin pada pertemuan pertama mereka?

2. Reply 1988 (6 November 2015)

“Mbeeeekkkkk….” kalau kamu sudah menonton Reply series, kamu pasti nggak asing lagi sama backsound unik itu.

Reply 1988 paling sukses bila dibandingkan dengan series sebelumnya Reply 1997 dan Reply 1994.

Memiliki konsep yang sama dengan series sebelumnya yaitu alur mundur, Reply 1988 tidak kehilangan jati dirinya. Berlatar belakang waktu tahun 1988 penonton diajak bernostalgia kembali ke zaman tersebut.

Dimulai dari properti yang identik dengan tahun 1988, dan pakaian khas tahun 80-an serta lagu-lagu yang terkenal di zaman tersebut.

Selain menceritakan tentang konflik percintaan, drama ini juga menghadirkan cerita mengenai persahabatan dan kekelurgaan antar tetangga.

Kepedulian dengan tetangga sebagai makhluk sosial banyak ditampilkan dalam beberapa scene dalam drama ini.

Menampilkan 5 sahabat yang bersahabat sedari kecil yaitu Sung Dok-sun (Hye Ri Girls Day), Jung Hwan (Ryu Jun-yeol), Choi-taek (Park Bo Gum), Go Kyung-pyo dan Lee Dong-hwi sukses membawa kita ke masa SMA zaman 80 an.

Seperti Reply series sebelumnya, penonton diminta untuk menebak siapa suami Song Dok-seon yang sesungguhnya berdasarkan clue yang diberikan di setiap episodenya.

Bahkan, kabarnya pemain sendiri pun tidak mengetahui siapa menikah dengan siapa sampai di akhir episode. Menonton drama ini sungguh akan membawa penonton kembali bernostalgia akan zaman 1988.

3. Lucky Romance (25 Mei 2016)

Drama ini merupakan drama comeback-nya Hwang Jung-eum pasca menikah.

Lawan main Jung-eum di drama ini lebih muda darinya yaitu Ryu-Jun-yeol, jika kalian penggemar Serial Reply kalian pasti kenal Oppa ini di Reply 1988.

“Lucky Romance” adalah kisah komedi tentang seorang wanita yang sangat percaya pada takhayul dan keberuntungan berdasarkan ramalan, Shim Bo-nui.

Di sisi lain, Je Soo-ho CEO dari sebuah perusahaan pengembang game yang sangat logis dan ilmiah.

Pertemuan mereka secara tidak terduga dimulai dengan kesalahpahaman namun dipenuhi kekonyolan dan romansa komedi yang tumbuh mengalir ke pertemuan selanjutnya.

4. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (14 November 2016)

Drama ini didekasikan untuk para atlit yang telah mengharumkan nama Korea Selatan.

Merupakan drama pertama Lee Sung-kyung berperan sebagai pemeran utama, Kim Bok-joo. Tentang seorang atlit angkat besi yang berjuang mengejar mimpi dan cintanya.

Impian Bok-joo ingin menjadi atlit angkat besi nasional, demi cita-citanya tersebut ia harus menaikkan berat badannya agar memenuhi kualifikasi.

Namun, di sisi lain Bok-joo juga ingin seperti wanita lain memiliki tubuh yang indah, ramping, berdandan, dan bisa berkencan dengan pria idaman.

Di sisi lain ada Jung Joon-hyung seorang atlit renang yang tampan dan ternyata diam-diam menyukai Bok-joo yang gempal dan lucu.

Kisah sangat menarik untuk diikuti, chemistry-nya pun akan berhasil membuat kamu baper berat karena Joon-hyung memiliki cara unik tersendiri untuk mendekati Bok-joo.

Baca Juga : Drama Korea Romantis

5. Eulachacha Waikiki (17 April 2018)

Waikiki adalah nama sebuah guest house yang dimiliki oleh 3 orang sahabat, Kang Donggoo, Lee Joon-ki, dan Bong Doo-sik.

Dibalik usaha guest house yang mereka jalankan, mereka memiliki impian masing-masing.

Dong-go memiliki mimpi ingin menjadi sutradara film, Joon-ki ingin menjadi aktor, dan Doo-sik ingin menjadi scenario writer. Mereka bertiga bercita-cita suatu saat nanti akan memproduksi film bersama.

Namun meraih mimpi tidaklah semudah yang dibayangkan.

Video yang dibuat Dong-goo selalu ditolak oleh produser manapun, skenario yang ditulis Doo-sik tidak pernah ada yang membaca, Joon-ki dari tahun ke tahun hanya mendapat peran sebagai stuntman.

Dan lebih parahnya lagi guest house yang mereka jalankan hampir bangkrut.

Saat guest house tersebut berada di ambang kehancuran, masalah terbesar yaitu kemunculan seorang bayi secara tiba-tiba yang menggegerkan mereka semua.

Disini kisah sesungguhnya baru dimulai, kejadian-kejadian buruk dan mengejutkan menghiasi hari-hari mereka, namun mengundang tawa.

Menonton kisah yang mengundang tawa tentu dapat menjadi moodbuster tersendiri bagi kamu yang sedang suntuk. Eulachacha Waikiki adalah salah satu drama korea terbaik dalam versi genre “Romcom”.

6. Hospital Playlist (12 Maret 2020)

Meskipun terbilang baru, drama yang release tanggal 12 Maret – 28 Mei 2020 di stasiun tvN ini juga ditayangkan secara resmi di Netflix.

Menjadi drama dengan rating yang cukup tinggi di pertengahan tahun 2020, Hospital Playlist berhasil meraup banyak penonton baik secara global maupun internasional.

Bagi penggemar serial Reply tentu saja paham betul dengan alur dan warna drama ini. Merupakan drama kolaborasi penulis Lee Woo-jung dan sutradara Shin Won-ho untuk kesekian kalinya.

Diperankan dengan baik oleh Cho Jung-seok, Yoo Yoen-seok, Jung Kyong-ho, Kim Dae-myung, dan Jeon Mi-do. Kelima sahabat ini mahasiswa kedokteran angkatan 1999 dan kini bekerja di rumah sakit yang sama.

Setelah serial Reply, Hospital Playlist merupakan drama kedua dari seri Wise Life setelah Prison Playbook. Judul lain dari drama ini adalah Wise Doctor Life yang akan ditayangkan dalam dua season.

Kisah sederhana yang menguak kehidupan para dokter dan sekelumit kisah hidupnya. Persahabatan lima orang dokter ini disajikan dengan pengemasan yang menarik, segar, dan lucu.

Tak hanya berpusat pada lima orang dokter sebagai pemeran utamanya, drama ini juga mengungkapkan bagaimana kehidupan para tenaga medis di sebuah rumah sakit.

Lewat drama ini kita akan lebih memaknai persahabatan, percintaan, dan hubungan keluarga yang penuh kehangatan.

Bagi yang sudah menyaksikan season 1 tentu tidak sabar menunggu release season 2 nya dong ya. Harap bersabar karena menurut berita proses syuting baru akan berjalan Januari 2021 nanti.

7. Prison Playbook (22 November 2017)

Tak sah rasanya jika tidak membahas serial Wise Life sebelumnya yaitu Prison Playbook. Mengangkat kisah yang unik tentang kehidupan narapidana dibalik jeruji besi.

Salah satu pemain Wise Life Prison berhasil menyabet penghargaan BaekSang Arts Awards ke-54 yaitu Park Ho-san sebagai Best Supporting Actor.

Memang kisah dari drama ini sangat menarik, menyajikan cerita yang berbeda dari kebanyakan drama korea pada umumnya.

Cerita dimulai saat Je-Hyeok (Park Hae-soo) seorang atlit baseball terbaik di Korea tidak sengaja menjadi tersangka kasus pembunuhan.

Tak terima adik perempuannya menerima pelecehan seksual, Je-Hyeok mengejar si pelaku hingga terlibat perkelahian fisik.

Je-hyoek memukul pria yang ingin memperkosa adiknya tersebut dengan batu hingga cedera dan terbaring koma di rumah sakit.

Kala itu Je-Hyeok yang tadinya akan pergi ke Amerika dan menandatangani kontrak dengan tim liga utama harus menerima hukuman penjara 1 tahun

Sejak saat itu kehidupan Je-Hyeok pun berubah, ia harus beradaptasi dengan kehidupan di penjara dan mencoba bergaul dengan narapidana lainnya.

Di lain sisi ada Joon-ho (Jung Kyoung-ho) seorang petugas kepolisian yang merupakan sahabat lama Je-Hyoek. Secara pribadi ia menunggu kehadiran Je-hyoek di penjara, ada apa di balik kisah ini?

Jika penasaran, tonton sampai habis drama ini ya. Dijamin kamu tidak akan menyesal, karena ternyata kehidupan dibalik jeruji besi tak seperti yang kita bayangkan.

Nah, dari ketujuh drama korea terbaik di atas yang mana nih jadi favorit kamu? Pasti sebuah pilihan yang sulit ya jika harus memilih salah satu.

Tenang, ini bukan pilkada kok jadi tidak diwajibkan menentukan pilihan. Jika menyukai semuanya tentu hal yang wajar, karena ketujuh drama di atas memang sangat berkualitas dan memiliki pesan moral yang kuat.

Bagi yang tugasnya sedang menumpuk jangan lupa diselesaikan terlebih dahulu ya. Jangan karena drama korea justru kewajiban jadi terbengkalai.

Semoga beberapa drama di atas dapat mengobati kebosananmu dan bersemangat lagi untuk hari-hari selanjutnya. Fighting!

Leave a Comment