23 Rekomendasi Film Komedi Terlucu dari Dalam dan Luar Negeri

Film komedi terlucu kerap kali menjadi kata yang paling sering diketik di mesin pencarian google. Memang menjadi hiburan tersendiri bagi para pecinta film komedi dikala penat dengan padatnya kegiatan.

Dengan berbagai jenis cerita pun disuguhkan, bahkan dengan tingkatan kelucuan film tersebut juga patut jadi pertimbangan.

Memang pada dasarnya setiap film mengandung unsur humor, karena memang tujuan dari film ialah ’menghibur’ para penontonnya.

Banyak sekali film-film bertemakan komedi yang telah release, termasuk juga dengan mengikuti perkembangan gaya ‘bercandaan’ yang di setiap jamannya mengalami perbedaan.


Film Komedi Terlucu


Jika kamu masih bingung film apa saja yang menurut kamu lucu? Disini akan mengulas beberapa film komedi terlucu sepanjang masa. Baca yuk !

1. American Pie (1999)

Film komedi ini merupakan film komedi terlaris tahun 1999. Berjenis komedi dewasa namun banyak peminatnya.

Meskipun film ini mengangkat tema yang cukup tabu namun didalamnya sebenarnya sarat akan nasehat.

Film yang berdurasi 95 menit ini disutradarai oleh Paul Weitz dan Chris Weitz.

Film yang dilatarbelakangi cerita anak sekolah ini menceritakan sekumpulan remaja yang berjanji melepas keperjakaannya sebelum diadakannya promnight.

2. Anchorman: The Legend Of Ron Burgundy (2004)

Will Ferrel yang berperan sebagai Ron Burgundy memerankan tokoh yang memiliki karakter keras kepala, konyol, kacau serta lugu.

Ron Burgundy adalah seorang reporter berita lokal. Berkat aksinya menimbulkan gelak tawa disetiap orang.

Ditambah lagi kehadiran Veronica membuatnya jatuh cinta walaupun sebenarnya ia tau bahwa wanita ini memberikan ancaman pada pekerjaannya.

3. Shaun Of The Dead (2004)

Film dengan jenis romantic zombie comedy ini membuat film ini menjadi menarik.

Menceritakan pertemanan antara Shaun dan Ed yang memiliki kehidupan yang datar-datar saja, mereka selalu mengunjungi bar berdua yang berada di Winchester.

Shaun yang memiliki kekasih bernama Liz merasa kesal karena setiap kali mereka pergi kencan selalu ada Ed belum lagi Ed terkadang bertingkah konyol melewati batas.

Setelah kehidupan mereka semakin rumit ditambah lagi lingkungan tempat tinggal mereka juga mulai aneh di mulai dari adanya wanita yang tiba-tiba menyerang Shaun dan Ed, anehnya lagi wanita itu tetap hidup walaupun tertusuk besi.

Disini mereka mulai menyadari bahwa ada zombie di lingkungan tempat tinggal mereka.

4. White Chicks (2004)

Menceritakan dua bersaudara yang memiliki pekerjaan sebagai agen FBI ini membuat mereka sama-sama memiliki ambisi yang besar pada pekerjaannya.

Mereka selalu ingin memberikan yang terbaik pada pekerjaannya namun selalu berakhir gagal.

Hingga pada akhirnya mereka mendapatkan kesempatan terakhir untuk membuktikan bahwa mereka adalah agen FBI yang handal, karena jika tidak berhasil maka karir mereka akan berhenti.

Misi mereka yaitu menyelidiki sindikat perampokan, disini mereka dituntut untuk menyamar menjadi wanita sosialita berkulit putih dan berambut panjang.

Penyamaran mereka pun membawa mereka ke kehidupan sosialita yang sesungguhnya.

5. Borat (2006)

Sempat kontroversial dengan adanya ‘banned’ yang dilakukan di negara timur tengah namun ternyata film ini tetap mencuri perhatian.

Menceritakan seorang warga Khazakhstan yang ditugaskan untuk pergi ke Amerika untuk mempelajari budaya disana.

Film ini mengandung unsur kontroversial karena di dalamnya mengandung unsur agama Islam, Yahudi serta Amerika. Borat ini menampilkan tingkah konyol dari tokoh utama sendiri yang bernama Borat.

Film berdurasi 84 menit ini memang memiliki skenario cerita yang sederhana namun mampu membuat penontonnya melepas gelak tawa.

6. Superbad (2007)

Film yang menceritakan tiga orang sahabat bernama Seth, Evan dan Fogel dimasa-masa akhir SMA.

Mereka merupakan sekumpulan remaja yang tidak terkenal serta cupu, hingga pada suatu hari mereka diminta oleh teman wanita mereka untuk membelikan minuman keras.

Beruntung Fogell memiliki KTP palsu sehingga ia bisa membeli minuman keras. Masalah pun dimulai ketika mereka bertemu dengan dua polisi konyol.

7. Juno (2007)

Film yang menceritakan remaja berusia 16 tahun yang hamil diluar nikah ini sungguh mengocok perut para penontonnya.

Bukan menceritakan kesedihan namun malah sebaliknya, remaja bernama Jane yang hamil karena sahabatnya sendiri bernama Paulie Blecker tetap menjalani hidupnya dengan penuh semangat.

Sempat berfikir untuk menggugurkan kandungannya namun kemudian urung dan lebih memilih untuk memberikan bayinya kelak kepada orang yang membutuhkan.

Film ini ringan namun tetap dengan pesan yang dikandungnya.

8. Pineapple Express (2008)

Menceritakan kisah pertemuan dua orang akibat sebuah ganja.

Pada suatu hari Saul (James Franco) menawarkan ganja jenis baru yakni Pineapple Express kepada Dale (Seth Rogen) yang malah berujung pada keapesan Dale.

Jenis ganja baru tersebut membuatnya berurusan dengan pimpinan genk yang malah membuatnya jadi buronan genk tersebut.

Pada saat itu ketika Dale sedang mengantarkan pos kepada Ted (Gary Cole) tak disengaja ia mengetahui aksi pembunuhan Ted kepada anggota genk China yang dibantu oleh polisi wanita Carol (Rosie Perez).

Kekacauan semakin terjadi ketika pacar Dale juga menjadi sasaran.

9. The Hangover (2009)

Film The Hangover menceritakan empat orang pria bernama Doug (Justin Bartha), Phil (Bradley Cooper), Stu (Ed Helms), dan Alan (Zach Galifianakis) yang ingin mengadakan pesta lepas lajang di Vegas untuk Doug.

Tak disangka setelah pagi hari kemudian mereka menemukan kejanggalan terjadi di tempat mereka tinggal di Vegas. Mulai dari ada ayam di kamar mereka, harimau di toilet dan bayi di lemari.

Mereka sama sekali tak ingat apa yang terjadi pada mereka di malam hari nya. Berbagai kejutan demi kejutan pun terjadi pada mereka dengan tak disangka-sangka.

10. Scott Pilgrim Vs. The World (2010)

Menceritakan seorang pemuda berumur 20 tahun bernama Scott Pilgrim (Michael Cera) yang sepanjang film diceritakan menjadi pemuda yang galau akibat berpisah dengan pacarnya.

Hingga pada suatu hari ia bertemu dengan wanita bernama Ramona Flowers (Mary Elizabeth Winstead) yang secara misterius selalu menghantui mimpinya.

Untuk bisa jadi pacar Flowers dia harus bertarung dengan ketujuh mantan Flowers. Film ini menjadi cukup kocak dengan menceritakan Pilgrimm dan mantan-mantan Flowers.

11. Easy A (2010)

Menceritakan keapesan Olive Pendherghast (Emma Stone) yang menjadi pembicaraan satu sekolahnya karena ia mengaku telah melakukan ‘hubungan’ dengan teman barunya.

Ia terpaksa harus berbohong kepada sahabatnya bernama Riannon (Alysson Michalka) karena ia enggan untuk diajak berlibur bersama keluarga sahabatnya itu.

Tak sengaja pengakuan Olive terdengar oleh teman sekolahnya sehingga tersebarlah berita yang tidak benar tersebut.

12. Kick-Ass (2010)

Mangangkat tema superhero film ini menceritakan remaja cupu bernama Dave Lizewski (Aaron Johnson) yang tinggal bersama ayahnya.

Ia bukanlah seseorang yang populer diantara teman-teman sekolahnya. Ia hanya memiliki dua orang teman akrab bernama Marty (Clark Duke) dan Todd (Evan Peters).

Pada suatu hari terbesit pikiran Dave untuk menjadi seorang superhero. Tak hanya ia saja yang mempunyai ide gila ini, ternyata ada pasangan ayah dan anak berkelakuan brutal bernama Big Daddy (Nicholas Cage) dan Hit Girl (Chloe Moretzs) serta kehadiran Red Mist (Christoper Mintz-Plasse).

Film ini keren karena ditambahkan adegan sadis yang konyol serta action yang memukau.

13. Bridesmaids (2011)

Film kocak ini menceritakan tentang seorang wanita bernama Annie (Kristen Wiig) yang ingin membuatkan rencana pernikahan sahabat karibnya menjadi pernikahan yang tak terlupakan.

Ia berjanji akan menjadi bridesmaid bagi pernikahan temannya yang bernama Lillian (Maya Rudolph).

Ia pun akhirnya merekrut beberapa temannya untuk menjadi bridesmaid juga. Kejadian-kejadian lucu pun mulai terjadi ketika mereka mempersiapkan pernikahan termasuk dalam adegan fitting baju.

14. Horrible Bosses (2011)

Bagaimana rasanya jika memiliki bos yang sangat amat menyebalkan? Tentu pastinya terpikirkan untuk menyingkirkan bos tersebut.

Dalam film ini menceritakan Dale, Kurt dan Nick yang memiliki masalah masing-masing dengan bos mereka dan sudah tak tahan lagi dengan bos yang menjengkelkan tersebut.

Pada akhirnya mereka menyewa pembunuh bayaran bernama Motherfucker Jones (Horrible name men), namun karena mereka tidak memiliki cukup uang akhirnya pembunuh bayaran tersebut memberikan ide bagaimana cara membunuh tanpa ada jejak.

15. 50/50 (2011)

Diambil dari kisah nyata penulis naskah tersebut maka lahirlah film 50/50. Film ini menceritakan seorang pemuda bernama Adam yang diperankan oleh (Joseph Gordon Levine) yang menderita kanker.

Ia memiliki sahabat bernama Kyle yang diperankan oleh (Seth Rogen) yang selalu menghibur dengan tingkah kocaknya.

Hingga pada akhirnya Adam bertemu dengan terapis cantik bernama Katherine (Anna Kendrick) yang pada akhirnya alur cerita pun dibumbui dengan drama percintaan.

16. Jump Street (2012)

Menceritakan dua orang polisi yang gagal menjalankan tugasnya membuat mereka ditugaskan untuk menyamar menjadi anak SMA.

Karakter mereka berdua yang bertolak belakang tersebut malah membuat mereka kompak untuk saling mengisi kekurangan masing-masing.

Jenko yang mahir di bidang ekstrakurikuler pun mengajari Scmidth dan sebaliknya Scmidth yang jago eksak pun mengajarinya.

Hingga pada akhirnya mereka mendapat tugas terjun langsung ke masyarakat untuk menangkap para penjahat.

17. We’re The Millers (2013)

Bercerita mengenai penjual narkoba bernama David Clark yang diperankan oleh Jason Sudekis yang memiliki hutang pada seorang bandar narkoba bernama Brad Gurdlinger (Ed Helms).

Bandar narkoba tersebut akhirnya menyuruh David untuk menyelundupkan narkoba ke Meksiko agar hutangnya lunas.

David pun memiliki ide untuk membuat keluarga palsu agar kedoknya tak ketahuan dengan memberi nama keluarga tersebut dengan keluarga “Millers”.

18. The Interview (2014)

Film ini menceritakan seorang pembawa acara bernama Dave dalam acara ‘Dave Skylark Tonight’ disebuah stasiun televisi di Amerika dimana acara ini lebih cenderung menguak gosip dan aib.

Tak disangka ternyata acara ini disukai oleh pimpinan Korea Utara bernama Kim Jong Un, bahkan ia menawarkan dirinya untuk diwawancarai.

Ternyata agen FBI pun tak melewatkan kesempatan ini, ia meminta Dave untuk memata-matai pimpinan Korut ini karena FBI ingin merencanakan pembunuhan pada Kim Jong Un.

Adegan demi adegan pun terjadi tidak hanya adegan lucu namun juga ada adegan brutal.

19. Neighbors (2014)

Film ini menceritakan tentang tetangga yang annoying karena suka mengadakan pesta dan membuat lingkungan sekitar menjadi bising.

Hingga pada akhirnya Mac dan Kelly diam-diam menelpon polisi karena sudah sangat geram dengan tingkah tetangga mereka yang sudah sangat mengganggu ketenangan hidup.

Namun ternyata polisi mengetahui identitas penelpon. Sehingga perseteruan pun terjadi antar tetangga tersebut.

20. Spy (2015)

Film ini menceritakan seorang agen CIA yang sebelumnya bekerja di kantor bernama Susan Cooper kemudian ia melakukan aksi di lapangan.

Ia adalah agen yang diminta untuk melindungi Bradley Fine untuk menghentikan aksi perdagangan senjata nuklir.

21. Toko Barang Mantan (2020)

Sukses memerankan karakter Bossman dalam film komedi sebelumnya berjudul “My Stupid Boss”. Kali ini Reza Rahadian ditantang untuk memerankan karakter Tristan yang belum pernah ia lakoni sebelumnya.

Tristan adalah pemuda berambut panjang dengan pola pemikiran unik dan sedikit out of the box.

Lebih uniknya lagi Tristan mendirikan sebuah toko yang menjual barang peninggalan mantan, bernama ‘Toko Barang Mantan’.

Lewat toko ini siapapun yang ingin memusnahkan barang pemberian mantan dalam bentuk uang, bisa dikabulkan.

Perjuangan Tristan mempertahankan tokonya tentu tidaklah mudah. Karena ia harus bersaing dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih dalam metode pemasaran.

Sembari memperkuat bisnisnya waktu mempertemukan kembali Tristan dengan Laras (Marsha Timothy), sang mantan terindah yang sempat menjadi pengaruh besar dalam hidup Tristan.

Bagi kamu yang ingin menyaksikan cerita tentang ketulusan cinta namun berbalut komedi ringan, kamu bisa menyaksikan film komedi terlucu karya anak negeri ini secara legal di Netflix.

22. Warkop DKI (1980-1990-an)

film komedi terlucu
viva.co.id

Membahas tentang film komedi terlucu maka tak sah jika tidak mengupas tentang grup lawak legendaris Indonesia yang terdiri dari Dono, Kasino, dan Indro ini.

Memulai karir sebagai penyiar radio Prambors, ketiga komedian ini terbilang sukses menjajaki dunia seni peran.

Lewat karya-karya film komedi, nama grup Warkop DKI menjadi salah satu grup pelawak terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

Warkop DKI telah menelurkan banyak film komedi sejak tahun 1980-1990-an. Beberapa diantaranya berjudul Mana Tahan, Depan Bisa Belakang Bisa, Gengsi Dong, dan Jangkrik Bos.

Bahkan hingga kini film-film komedi tersebut masih sering diputar di layar televisi nasional. Meski dengan kualitas gambar jadul, namun tidak pernah sepi penonton setiap kali film-film tersebut ditayangkan.

Penamaan grup Warkop sendiri diambil dari acara radio yang dibawakan oleh trio pelawak ini. Kala itu mereka membawakan acara yang bertajuk “Obrolan Santai di Warung Kopi (Warkop)” pada tahun 1970-an.

Meraih kesuksesan yang luar biasa sebagai penyiar, ketiganya kemudian mencoba peruntungan dalam dunia seni peran.

Kesuksesan Dono, Kasino, dan indro bahkan dibuat versi modernnya dengan nama grup yang sama yaitu “Warkop DKI Reborn” yang kini sudah mengalami pergantian hingga generasi ketiga.

23. Cek Toko Sebelah (2016)

Film garapan Ernest Prakasa ini bertabur para komika, dimana tingkat kelucuannya sudah dijamin “kompor gas”.

Cerita tentang tradisi keluarga Tionghoa dalam mewarisi usaha keluarga ini dikemas apik sehingga layak dinobatkan sebagai film komedi terlucu.

Seperti yang kita ketahui kebanyakan keluarga Tionghoa di Indonesia memiliki toko, baik itu toko emas, toko roti, perlengkapan keluarga, hingga toko sembako, dan lain sebagainya.

Kisah terpusat pada keluarga Koh Afuk (Chew Kin Wah) yang memiliki dua putra bernama Yohan (Dion Wiyoko dan Erwin (Ernest Prakasa).

Kedua putra Koh Afuk yang memiliki sifat bertolak belakang ini lebih memilih memilih jalan hidup mereka masing-masing.

Ketibang meneruskan usaha sang Ayah, Erwin kini sukses bekerja sebagai orang kantoran.

Yohan yang merasa Ayahnya pilih kasih memilih mencari peruntungan sendiri sehingga terkesan ia adalah orang yang kurang bertanggung jawab.

Saat Erwin berada di puncak karir Ayahnya jatuh sakit sehingga membutuhkan dirinya untuk meneruskan usaha toko.

Erwin sangat bimbang karena pada saat bersamaan ia mendapatkan tawaran untuk berkerja di Singapura. Di sisi lain Yohan yang merasa seharusnya ia yang meneruskan toko semakin tidak menyukai keberadaan Erwin.

Eits jangan salah sangka dulu, ini bukan film yang penuh persaingan dan dendam antara dua bersaudara.

Sebuah film kekeluargaan dengan humor yang ringan cocok untuk menghiasi akhir pekanmu.

Kehadiran para komika menambah sisi kocak dari Cek Toko Sebelah. Terlebih keberadaan tokoh Kuncoro (Dodit Mulyanto) sukses menghadirkan gelak tawa di bangku penonton.


Ketiga film terakhir merupakan film komedi terlucu dari dalam negeri. Setelah membahas film-film komedi dari luar, tentu kita tidak boleh melupakan karya anak bangsa sendiri dong.

Baca Juga: Film Komedi Indonesia

Leave a Comment