11 Film Mata-Mata Terbaik untuk Kamu Butuh Hiburan yang Tak Biasa

Apa sih yang terlintas di benak kamu ketika mendengar kata ‘film mata-mata’? Agen 007 James Bond? Yup, karakter mata-mata memang sudah melekat erat pada agen rahasia terbaik di dunia tersebut.

Film mata-mata terbaik dari berbagai sekuel James Bond selalu berhasil menjadi box office di setiap penayangannya.

James Bond merupakan karakter fiksi yang diciptakan pada tahun 1953 oleh penulis asal Inggris, Ian Fleming.

Sejak pertama kali diciptakan hingga kini tokoh fiksi ini tetap menjadi buah bibir dan perbincangan di berbagai acara televisi di dunia.

Tidak hanya itu, hingga kini produksi serial film James Bond masih terus berlanjut menghiasi layar lebar. Salut untuk agen 007!


Rekomendasi Film Mata-Mata Terbaik


Namun, tak hanya James Bond yang masuk dalam kategori film mata-mata terbaik di dunia.

Beberapa film yang telah kami rangkum di bawah ini merupakan film tentang agen rahasia yang tak kalah seru dibandingkan dengan film Agen 007.

1. Bridge of Spies (2015)

Mengangkat kisah nyata tentang James B. Donocan (Tom Hanks), seorang pengacara berkebangsaan Amerika yang direkrut CIA untuk sebuah tugas berat.

James diminta melakukan negosisasi pembebasan Francis Gary Power agar ditukar dengan tawanan bernama Rudolf Abel.

Francis adalah pilot Amerika yang mengendalikan pesawat mata-mata yang ditawan oleh Uni Soviet. Sedangkan Rudolf merupakan mata-mata dari KGB Soviet.

Demi tugas berat itu, pengacara asal Brooklyn tersebut harus terbang ke Berlin untuk melakukan negosiasi.

Jika James tidak berhasil melakukan negosisasi secara baik-baik, nyawa sebagai taruhannya.

Karena kasus yang ditanganinya terkait isu sensitif antara Amerika dan Uni Soviet. Dalam penayangannya, film ini mendapat apresiasi positif dari para kritikus.

2. Mr. & Mrs Smith (2005)

Tentu kamu tahu dong dengan film ini? Film yang dibintangi oleh mantan pasangan selebriti ternama hollywood ini tidak hanya terfokus pada kisah seorang agen rahasia dan kejahatan yang diberantasnya.

Film ini juga menceritakan kisah asmara yang dijalin oleh sepasang suami istri yang aslinya bermusuhan dan saling mematai-matai.

Sepasang suami istri ini pada awalnya tidak menyadari jika mereka menjadi agen rahasia dan mematai satu sama lain.

Dibintangi oleh Brad Pitt dan Angelina Jolie film ini mendapat banyak pujian dari para kritikus.

Kisah asmara antara dua sejoli ini menjadi bumbu penyedap alur cerita film mata-mata yang notabene dicap terlalu serius.

Disutradarai oleh Doug Liman, tidak diragukan lagi film ini sangat menghibur waktu-waktu senggang kamu yang mungkin baru saja akan memulai liburan.

3. Red Sparrow (2018)

Berbeda dengan biasanya, peran agen rahasia di film ini diperankan oleh tokoh wanita bernama Dominika Egorova (Jennifer Lawrence).

Film ini merupakan kolaborasi kedua antara Jennifer dan sang sutradara, Francis Lawrence. Kisah tentang Dominika, seorang mantan ballerina yang dilatih menjadi Red Sparrow.

Ia dilatih menjadi agen rahasia bermodalkan senjata berupa tubuh dan otak. Berbagai bahaya dihadapinya demi menyelamatkan ibunya yang sedang sakit.

Tidak dipenuhi adegan berbahaya, film ini justru memiliki intrik-intrik yang menegangkan sehingga memberikan daya tarik tersendiri. Karakter Dominika sering disebut sejajar dengan karakter Black Widow.

4. Spectre (2015)

Jika berbicara tentang film mata-mata terbaik tentu tak akan lepas dari karakter seorang agen rahasia James Bond.

Agen yang dikenal dengan kode andalan 007 ini menjadi agen terfavorit banyak orang. Sejak awal rilisnya serial James Bond selalu dinanti-nanti kehadirannya.

“Spectre” sendiri merupakan sebuah organisasi tersembunyi yang terkenal dengan berbagai aksi kejahatannya. Agen 007 memperoleh misi untuk membongkar otak dari organisasi tersebut.

Pada film ini James Bond tidak sendiri, dibantu oleh aktor kawakan lainnya mereka harus menuntaskan misi yang hanya memiliki satu petunjuk tersebut, yakni sebuah foto terbakar dengan noda hitam di dalamnya.

5. Series of Mission Impossible

Selain serial dari James Bond, sekuel dari film “Mission Impossible” juga tak kalah menarik. Film yang membesarkan nama Tom Cruise ini telah diproduksi hingga seri ke-5.

Menceritakan tokoh Ethan Hunt, seorang mata-mata terbaik yang mendapat tugas untuk mencuri data penting kedutaan Amerika di Praha.

Berawal dari misi yang diterima Hunt dari organisasi rahasia IMF, film pertama dari sekuel ini diproduksi pada tahun 1996.

Sekuel kedua diproduksi pada tahun 2000, dilanjutkan pada tahun 2006, sekuel keempat berjudul “Ghost Protocol” diproduksi pada tahun 2011, dan sekuel kelimanya yang berjudul “Rogue Nation” diproduksi pada tahun 2015.

Bagi kalian yang sudah lupa-lupa ingat, coba dipantengin lagi kelima sekuel “Mission Impossible” tersebut. Hitung-hitung merefresh otak lewat tatapan tamvan Om Cruise.

6. Charlie’s Angels

Nah, jika dari kaum Adam ada James Bond maka dari sisi kaum Hawa ada Charlie’s Angel sebagai agen rahasia wanita terbaik di dunia.

Termasuk ke dalam deretan film mata-mata terbaik, Charlie’s Angels menggabungkan aksi laga dengan komedi.

Terdiri dari tiga orang wanita dengan latar belakang kehidupan yang berbeda-beda. Mereka disebut sebagai Charlie’s Angels karena selalu menerima sebuah misi dari sosok bos yang misterius bernama Charlie.

Tidak ada satupun diantara ketiganya yang pernah tahu bagaimana wujud asli Charlie sesungguhnya.

Ketiga Angels tersebut selalu menerima misi lewat speakerphone yang dihantarkan oleh Bosley, asisten pribadi Charlie.

Film ini sendiri berawal dari serial TV pada tahun 70-an. Kesuksesan serial tersebut kemudian diangkat menjadi film pada tahun 2001 dan 2003.

Buat kamu yang rindu dengan film ini, jangan khawatir! Kabarnya film Charlie’s Angels sedang diremake ulang oleh Elizabeth Banks, dan akan dirilis pada tahun 2019.

7. Spy (2015)

Satu lagi film mata-mata tentang tokoh wanita yaitu “Spy”. Film yang diproduksi pada tahun 2015 ini juga dipenuhi dengan drama komedi.

Saat menyaksikan film ini, kamu akan gemas dengan aksi komedian Melissa McCarthy yang berperan sebagai agen rahasia.

Berperan sebagai Susan Cooper, seroang agen CIA yang ditugaskan melindungi parnertnya di lapangan, Bradley Fine (Jude Law).

Sayangnya Fine tewas dibunuh oleh Rayna Boyanov (Rose Byrne) saat bertugas. Cooper harus menuntaskan misi Fine dalam mencari bom nuklir yang akan dijual oleh Rayna.

Beraksi sebagai mata-mata, Cooper berhasil menampilkan cerita kocak dan mengocok perut. Saking lucunya, kamu akan dibuat terpingkal-pingkal dengan dialog kocak yang dibawakan oleh McCarthy.

Penasaran seperti apa filmnya? Film ini sangat cocok menemani momen bersantai kamu.

8. The Spy Who Dumped Me (2019)

Dibalut nuansa komedi, Te Spy Who Dumped Me siap menghibur kamu dengan aksi-aksi menegangkan namun penuh dengan nuansa komikal.

Audrey (Mila Kunis) baru saja dicampakkan oleh kekasihnya Drew (Justin Theorux). Tanpa alasannya yang jelas Drew meninggalkan Audrey begitu saja.

Pada suatu hari ia didatangi oleh pria misterius yang menanyakan keberadaan sang mantan. Audrey yang tidak tahu apa-apa dikejutkan dengan kabar yang baru ia dengar.

Drew ternyata adalah agen mata-mata CIA yang sedang diburu oleh sekelompok pembunuh. Ia diburu karena menyimpan sebuah benda yang dicari oleh banyak pihak.

Barang yang sedang dicari banyak orang tersebut diduga berada di tangan Audrey. Tanpa memahami apapun Audrey kini ikut diburu oleh sekelompok pembunuh tersebut.

Bersama sahabatnya, Morgan (Kate McKinnon), keduanya melarikan diri ke Eropa demi menyelamatkan nyawa.

Meski berbalut komedi namun aksi baku tembak dan ledakan eksplosif dalam film ini cukup memukau. Seolah kita lupa jika sedang menyaksikan film bergenre komedi.

Namun akting Mila Kunis dan Kate McKinnon tak perlu ragu lagi. Mereka berhasil menampilkan adegan-adegan kocak saat berusaha menghindari kejaran para penjahat.

Sembari menonton film, kamu sekaligus akan dibawa travelling secara virtual di negeri Eropa. Mulai dari Austria, Praha, hingga Amsterdam.

9. Zero Dark Thirty (2012)

Mengangkat isu sensitif, Zero Dark Thirty sempat menuai kritik dari beberapa pihak. Namun tak sedikit yang mengapresiasi sehingga film ini berhasil meraih sejumlah nominasi Oscar dan Golden Globe.

Film ini diadaptasi dari peristiwa pembunuhan Osama Bin Laden pada Mei 2011. Pemimpin Al Qaidah tersebut ditemukan  oleh agen CIA di tempat persembunyiannya.

Seorang analisis CIA bernama Maya (Jessica Chastain) menerima tugas untuk melacak keberadaan Osama. Ia dikirim ke Pakistan untuk mewawancarai seorang tahanan yang diduga terlibat insiden pembajakan pesawat pada 9/11.

Maya terus menggali informasi menggunakan teknik penyiksaan legal pada sejumlah orang yang terduga sebagai teroris.

Hal inilah yang menuai kontroversi di tengah-tengah masyarakat. Karena penggambaran penyiksaan oleh CIA diangap terlalu berlebihan dan tidak disukai beberapa kalangan.

Pada kenyataannya Maya berhasil menemukan Osama di markas persembunyiannya di Pakistan.

10. Snowden (2016)

Film mata-mata terbaik kesepuluh ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 2013.

Bercerita tentang pemuda bernama Edward Joseph Snowden (Joseph Gordon-Levitt) yang tidak lulus SMA namun memiliki potensi dalam bidang IT.

Snowden tidak tuntas menyelesaikan pendidikan SMA nya, namun ia ingin mengabdikan diri kepada Amerika.

Ia memutuskan mengikuti pendidikan sebagai tentara Angkatan Darat (AD) Amerika. Namun sayang ia mengalami patah tulang hingga lagi-lagi tak bisa menyelesaikan pendidikannya.

Mencari alternatif lain Snowden memutuskan untuk bergabung dengan CIA. Beruntungnya saat mengikuti tes simulasi serangan cyber ia bisa menyelesaikan hanya dalam waktu 38 menit.

Rekor terbaru dan tercepat dibandingkan peserta lainnya.

CIA kemudian merekrut Snowden dan berkat kemampuannya karirnya melesat hingga ia juga bekerja di NSA sekaligus.

Pada suatu hari dengan kemapuan komputernya, Snowden membocorkan informasi rahasia dari NSA kepada media massa.

Snowden dianggap berkhianat namun sekaligus menjadi pahlawan bagi sebagian pihak. Ada cerita apa dibalik pengkhianatan yang dilakukan Snowden?

11. The Spy Gone North (2018)

Kali ini kita beralih ke negeri gingseng Korea Selatan. Film ini mengambil latar di masa ketegangan perang antara Korsel dan Korut sedang meningkat pada tahun 1993.

Bercerita tentang seorang mata-mata Korea Selatan yang menyusup ke Korea Utara untk mengumpulkan informasi mengenai persenjataan nuklir.

Dipenuhi intrik yang cerdas, film mata-mata terbaik ini memperoleh banyak pujian dari para kritikus.

Bagi yang ingin menyaksikan perbedaan budaya yang kontras antar dua negara serumpun, maka kamu diwajibkan menuntaskan film ini.


So, apa yang sekarang ada di pikiran kamu saat mendengar kata ‘mata-mata’? Tentu sudah bukan hanya Agen 007 saja dong?

Ada Charlie’s Angels, Ethan Hunt, Mr. & Mrs. Smith, Red Sparrow, kemudian Susan Cooper, dan masih banyak tokoh agen rahasia lainnya.

Tak hanya laki-laki, kini agen rahasia wanita juga telah menjamur lewat berbagai film mata-mata terbaik di dunia.

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, masih ada sosok Lorraine Broughton di film “Atomic Blonde (2017)” dan Evelyn Salt di film “Salt (2010)”.

Next time, kita bahas film mata-mata terbaik yang menampilkan tokoh utama wanita sebagai agen rahasia.

Pantengin rahasiabelajar.com terus yang gengs, bersama kita berbagi!

Baca Juga: Film Masa Depan Terbaik

Leave a Comment