11 Film Motivasi Terbaik Untuk Menyiram Semangatmu yang Memudar

Film bukan hanya sekedar hiburan tapi juga berfungsi sebagai media yang bisa menginspirasi hidup. Salah satunya dengan menonton film motivasi terbaik yang akan dibahas pada ulasan ini.

Seperti pepatah bilang “Pengalaman adalah guru terbaik”, banyak pengalaman berharga yang dapat kita petik lewat kisah di sebuah film.

Kisah mengenai perjuangan seseorang dalam meriah impian, atau kisah tentang perjuangan seseorang melawan sebuah penyakit demi bertahan hidup.

Berbagai jenis film bergenre motivasi selalu berhasil memberikan pengaruh yang luar bisa kepada penontonnya.

Dengan menonton film seseorang dapat berkaca sebagai refleksi dalam menyelesaikan permasalahan hidup yang sedang dihadapinya.

Sebagai pelajar atau mahasiswa contohnya, kamu tentu saja pernah mengalami titik dimana kejenuhanmu sudah di puncaknya, karena tugas akhirmu yang tak kunjung usai.

Revisi terus-menerus dari dosen pembimbing padahal menurutmu kamu sudah menampilkan hasil yang terbaik.


Film Motivasi Terbaik


Nah, khususon bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang dilanda kegalauan tingkat dewa nih. Berikut 11 film motivasi yang akan membimbingmu kembali menemukan semangat hidup yang sempat hilang dari dalam jiwa.

Kisah-kisah penuh perjuangan demi menuntut ilmu setinggi-tingginya tersaji di film-film ini. Semoga dapat memberikan inspirasi untuk tetap semangat menyelesaikan misi yang belum terselesaikan.

1. Laskar Pelangi (2008)

Diawali oleh film dalam negeri, ada “Laskar Pelangi” yang membangkitkan kembali semangat anak bangsa untuk terus merajut mimpi meski dalam keadaan serba kekurangan dan terbatasnya fasilitas.

Film ini diangkat dari sebuah novel best seller karangan Andrea Hirata. Menceritakan tentang persahabatan, perjuangan, dan pendidikan anak-anak di sebuah desa terpencil di Belitung.

Dalam keadaan serba kekurangan, anak-anak disana tidak pernah patah semangat untuk meraih mimpi walau belajar hanya di sepetak ruang beratapkan seng karatan dan bocor.

“Laskar Pelangi” adalah kisah yang sarat akan pesan moral, mengajarkan kita bahwa ilmu dan pendidikan lah yang dapat merubah dunia bukan uang.

2. 3 Idiots (2009)

Ingat dengan lirik “Give me some sunshine, give me some rain. Give me another chance I wanna grow up once again”.

Dari lirik tersebut dapat kita ambil sebuah makna, betapa berharga waktu di masa muda dimana kita masih memiliki semangat membara untuk mewujudkan mimpi.

“3 Idiots” menceritakan tentang intrik-intrik kotor yang banyak terjadi di dunia pendidikan.

Mulai dari komersialisasi pendidikan, dosen yang anti kritik, standar nilai ujian yang membuat mahasiswa tertekan, serta pendidikan yang hanya mengedepankan teori.

Hal ini menyebabkan mahasiswa berorientasi bahwa kuliah hanya untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan bukan ingin berguna bagi sesama.

Banyak pesan moral penuh kritik yang bisa kita pelajari melalui persahabatan Farhan, Raju, dan Rancho yang berani mengedapankan kritik dan ide jenius mereka demi perubahan sistem pendidikan yang lebih baik.

3. The Theory Of Everything (2014)

Tentu kalian ingat dengan mendiang Stephen Hawking, film ini diangkat dari kisah nyata sang fisikawan ternama dunia tersebut.

Merupakan biografi tentang perjalanan hidup Stephen Hawking mulai dari menjadi mahasiswa hingga ia menemukan teori mengenai lubang hitam (Black Hole) dan asal usul penciptaan alam semesta secara ilmiah (Big Bang theory).

Meski terserang penyakit langka Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) tidak menyurutkan semangat Stephen untuk terus mendalami penelitiannya, hingga menghasilkan kontribusi yang besar bagi kehidupan alam semesta.

Pada film ini juga diceritakan bagaimana perjalanan kisah cinta Stephen Hawking bersama istrinya Jane Hawking, mulai dari pertemuan pertama hingga mereka menikah dan memiliki anak.

Kisah perjuangan hidup Stephen Hawking yang didekasikan untuk perkembangan ilmu dan pendidikan membuatnya memperoleh gelar kehormatan Presidential Medal of Freedom (2009) dari Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

4. Dad Poets Society (1989)

Salah satu film terbaik Robin Williams ini mengisahkan tentang soerang guru bahasa yang menginspirasi murid-muridnya untuk belajar puisi dari sudut pandang yang berbeda.

Film ini dinobatkan sebagai the greatest school film pada masanya dan sering dijadikan sumber sitasi oleh kebanyakan film-film inspiratif lainnya.

Banyak yang mengatakan bahwa film ini sangat emosional dan penuh dengan penghayatan. Bagi generasi 90-an dan 2000-an pasti jarang yang tahu mengenai isi dari film tersebut. Daripada penasaran yuk kita tonton dulu!

5. A Beautiful Mind (2001)

Satu lagi film tentang seorang ilmuwan bersejarah yang diangkat dari kisah nyata “A Beautiful Mind”. Biografi mengenai hidup John Nash, seorang ahli matematika dan pemenang penghargaan nobel yang menderita penyakit skizofrenia.

Penyakit yang dideritanya ini menjadi mimpi buruk semasa hidupnya, yang membuat ia berilusi menerima tugas menjadi mata-mata Pentagon.

Kisah cinta di film ini pun cukup menguras hati, puncak klimaksnya saat sosok istri berada di ambang batas kesabarannya saat mengetahui kondisi jiwa John.

Apakah yang kira-kira akan dilakukan sang istri?

6. Hidden Figures (2016)

Lagi-lagi diangkat dari sebuah kisah nyata mengenai peran tiga wanita ahli matematika yang tak banyak diketahui orang. Mereka adalah tim yang berpengaruh saat masa-masa awal berdirinya NASA.

Dikutip dari novel Margot Lee Shetterly “Hidden Figures: The American Dream and the Untold Story of the Black Women Mathematicians Who Helped Win the Space Race.”

Katherine Johnson, Dorothy Vaughan, dan Mary Jackson adalah wanita-wanita pioner yang pertama kali mengerjakan kalkulasi persamaan matematika hanya dengan hitungan jari hingga memungkinkan pahlawan ruang angkasa seperti Neil Amstrong, Alan Shepard, dan Glenn untuk bepergian dengan aman ke ruang angkasa.

Namun, keberadaan mereka dalam sejarah Amerika sempat dianggap tidak jelas oleh publik, oleh karena itu kisah mereka akhirnya difilmkan.

7. Habibie & Ainun (2012)

Perjuangan Bapak Habibie saat menuntut ilmu dan menjadi ahli mesin di Jerman menjadi kisah inspiratif bagi anak muda, khususnya yang sedang menempuh study di luar negeri dan jauh dari keluarga.

Film ini adalah biografi perjalanan Habibie saat mulai berkuliah di Jerman dan terus mengembangkan risetnya hingga ia menjadi ahli dalam bidang pesawat terbang.

Keahliannya yang sempat tidak dianggap di dalam negeri sendiri mengharuskan Habibie dan Ainun tinggal di Jerman.

Masa-masa bertahan tinggal di Jerman bersama Ainun adalah perjuangan panjang Presiden Ke-3 RI tersebut demi cinta, cita, dan masa depan negaranya.

Hingga akhirnya Habibie dipanggil kembali pulang oleh pemerintah untuk mengembangkan ilmunya di Indonesia.

Kesetiaan dan cinta dari Ainun telah menjadi mantra paling ampuh bagi Pak Habibie, hingga akhirnya ia bisa mewujudkan impiannya membuatkan pesawat terbang untuk negeri tercintanya, Indonesia.

Kutipan yang terkenal dari film ini adalah “Tak perlu seseorang yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia dan membuatmu berarti lebih dari siapapun.”

8. Negeri 5 Menara (2012)

Jika ingin tahu rasanya rindu merantaulah dan jika ingin tahu luasnya dunia maka merantaulah. “Singa jika tak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsa, dan anak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran”.

Maka barangsiapa yang bersungguh-sungguh mengejar mimipinya “Man jadda wajada” dialah yang akan menuai hasil.

Mantra sakti tersebut telah menyihir Alif dari Minang, Raja dari Medan, Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung, dan Baso dari Gowa berani menanamkan mimpi di bawah menara masjid yang menjulang tinggi di Pondok Pesantren Madani, pelosok Jawa Timur.

Sambil menunggu maghrib mereka sering menghabiskan waktu bersama mengukir mimpi sembari menatap awan lembayung yang bergerak ke ufuk senja, membayangkan awan-awan itu menjelma menjadi negara dan benua impian masing-masing.

Alif yang ingin menjadi Habibie namun Ibunya ingin dia seperti Buya Hamka. Akankah angin membawa awan-awan muda tersebut ke negara impian mereka masing-masing?

9. Slumdog Millionaire (2005)

Meraih kesuksesan besar, film motivasi ini sekaligus melejitkan nama Dev Patel sebagai salah satu aktor Bollywood di dunia perfilman internasional.

Film karya sutradara Danny Boyle ini berhasil meraup diantaranya 144 penghargaan dan 126 nominasi di berbagai ajang award.

Sebagai Best Motion Picture, Best Directing, Best Adapted Screenplay, Best Editing, Best Cinematography, Best Original Score, dan berbagai awards bergengsi lainnya.

Cerita tentang anak miskin yang tumbuh di pemukiman tumbuh namun mendadak menjadi millionaire ini berhasil memotivasi banyak kalangan.

Jamal Malik (Dev Patel) seorang operator telepon menantang dirinya untuk mengikuti kuis bergengsi Who Wants to be Millionaire India.

Dibalik motivasi yang kuat, Jamal memiliki alasannya tersendiri berpartisipasi dalam acara tersebut. Ia ingin kembali bertemu dengan cinta pertamanya yang dahulu pernah meninggalkannya.

Siapa yang menduga jika si “Anjing Kumuh (Slumdog)” tersebut berhasil mencapai tahap hadiah 10 juta rupee.

Tinggal menuntaskan satu pertanyaan maka Jamal akan memperoleh hadiah tertinggi sebesar 20 juta rupee.
Kuis akan dilanjutkan di jam tayang pada putaran berikutnya karena durasi yang tak mencukupi.

Karena pencapaiannya alih-alih dikagumi Jamal justru dicurigai polisi melakukan kecurangan. Hal ini semata karena latar belakang Jamal yang berasal dari daerah kumuh, sehingga kemampuannya diragukan.

Perjuangan Jamal menjelaskan ketidakbersahalannya mengajak kita kembali flashback pada kisah masa kecil Jamal.

Ternyata kemampuan Jamal menjawab seluruh pertanyaan kuis bukan tanpa alasan. Namun semua ia jawab berdasarkan pengalaman hidup yang telah dilaluinya sejak kecil.

10. Chhichhore (2019)

Film motivasi yang mengusung tema bunuh diri ini wajib kamu tonton disaat semangat terasa mulai pudar. Kisah tentang persahabatan dan cinta sejak masa kuliah diputar dengan alur maju-mundur dengan sangat epic.

Annirudh (Sushant Singh Rajput) akhirnya menikahi Maya (Shraddha Kapoor) wanita ia kencani sejak kuliah di jurusan teknik.

Keduanya adalah mahasiswa nomor satu di kampus, dengan nilai kelulusan tertinggi. Tentu saja pernikahan kedua insan berprestasi ini terlihat sangat sempurna bukan?

Namun nyatanya kini pernikahan mereka di ambang perceraian karena terjebak ego masing-masing.

Tanpa disadari, Ragahv putra semata wayang mereka memiliki tekanan mental tersendiri karena berkaca pada prestasi kedua orang tuanya.

Raghav juga ingin terlihat sempurna seperti Ayah dan Ibunya. Ia belajar mati-matian untuk bisa masuk ke universitas impiannya dengan memperoleh nilai sempurna.

Hal tersebut sudah menjadi hal wajib bagi Raghav, merupakan suatu hal yang memalukan jika impian tersebut tidak bisa diraihnya.

Anni (begitu Annirudh disapa) dan Maya tak menyadari hal ini karena terlalu sibuk memikirkan perasaan masing-masing.

Hingga keadaan menjadi kacau balau, ketika Raghav melakukan percobaan bunuh diri setelah gagal masuk universitas yang diimpikan.

Untuk kembali membantu Raghav melewati masa komanya, Anni kembali mengumpulkan teman-teman lamanya dahulu.

Satu per satu dari mereka bergantian menceritakan bagaimana kisah mereka tidak selalu sempurna. Tentang bagaimana Anni dan teman-teman seasramanya dicibir karena dinilai pengecut.

Mereka dulu juga pernah menjadi pecundang, takut untuk maju dan bersaing. Berharap kisah-kisah masa lalu mereka dapat kembali membantu Raghav pulih secara mental.

Dibumbui kisah komedi kampus, film ini mengandung banyak motivasi. Wajib sekali disaksikan oleh para generasi muda untuk menyadarkan kembali, tentang apa tujuanmu meraih mimpi?

11. Kartini (2017)

Film motivasi terbaik berikutnya dikhususkan bagi para perempuan yang masih merasa tak memiliki hak untuk meraih mimpi.

Jauh sebelum Indonesia memasuki fase modern seperti saat ini, Kartini sudah mulai merakit mimpinya untuk bisa bersaing dengan para lelaki sukses di luar sana.

Perjuangan Kartini ini diabadikan dalam bentuk buku berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Cerita tentang seorang tokoh emansipasi wanita dalam memperjuangkan hak mereka agar disetarakan dengan laki-laki.

Tentu saja dalam artian baik, yaitu dari segi memperoleh pendidikan tinggi dan meraih impian baik menjadi insinyur, dokter, bahkan seorang guru besar sekalipun.

Sudah kodratnya perempuan akan menjadi seorang Ibu dan mengurus anak. Namun bukan berarti ia tidak boleh berpendidikan tinggi dan bekerja sesuai dengan kompetensinya.

Sekiranya begitulah perlakuan yang diterima perempuan di masa lampau. Dipandang sebelah mata dan acapkali harus mengubur mimpi-mimpi mereka dalam.

Kartini menjadi tokoh wanita pertama yang ingin menentang ketidakadilan tersebut. Lewat tulisannya, ia mengubah dunia hingga kini kita bisa menikmati hasil perjuangan Ibu Kartini.


Itulah sederetan film motivasi untuk kembali mengingatkan kamu bahwa jangan terlalu lama lari dari kenyataan.

Dalam hidup tentu saja setiap orang pernah mengalami titik jenuh. Namun, jangan pernah berhenti berusaha dan mencoba, jangan terlalu lama berkeluh kesah karena untuk memulai kembali itu yang susah.

Tetap semangat ya bagi para pejuang tugas akhir dimanapun kalian berada. Kalian pasti bisa!!

Baca Juga: Film Maudy Ayunda Terbaik

Leave a Comment