10 Rekomendasi Film Robot Terbaik (Wajib Ditonton)

Film Robot Terbaik – Perkembangan teknologi yang semakin canggih menginspirasi para pembuat film untuk memproduksi sebuah film bergenre science fiction menggunakan teknologi termutakhir.

Film-film tersebut biasanya berfiturkan kondisi dunia di masa depan nanti, dimana seluruh kegiatan manusia dilakukan oleh sebuah robot canggih.

Kebanyakan kisah di dalam film-film robot terbaik, manusia mulai menciptakan robot-robot dengan kecerdasan dan kekuatan yang luar biasa.

Salah satu film robot terbaik yang hingga kini masih populer dan ditunggu-tunggu kehadirannya oleh khalayak ramai yaitu “Transformer”.

Siapa yang tidak tahu dengan Transformer, kisah robot-robot raksasa yang bertarung untuk menyalamatkan bumi.


Film Robot Terbaik


Tak hanya “Transformer”, film-film dengan fitur canggih dan teknologi termutakhir tentang robot lainnya masih banyak yang wajib kamu ikuti. Berikut beberapa diantaranya:

1. Robocop (2014)

Film masterpiece dari Paul Perhoeven ini pertama kali hadir pada tahun 1987 ini diremake pada tahun 2014 dengan judul yang sama.

Mengkisahkan tentang masa depan pada tahun 2028 dimana dunia menjadi sangat canggih dipenuhi robot pembela kebenaran yang kuat, tak pernah istirahat, dan tak mungkin berbuat curang.

Robot-robot tersebut diproduksi oleh perusahaan bernama OmiCorp yang mana teknologinya telah digunakan oleh pihak militer selama berthaun-tahun.

Awal mula kisah seorang polisi yang jujur bernama Alex Murphy (Joel Kinnaman) mengalami kecelakaan fatal hingga ia harus dioperasi.

Alex masih bisa hidup menggunakan tubuh robot untuk menopang tubuhnya. Alex kini bersifat seperti robot namun masih memiliki perasaan.

Sayangnya, perusahaan OmiCorp ingin mengambil keuntungan lebih dari robot polisi ini.

Alex diprogram agar bisa melupakan istri dan anak sematawangnya yang menimbulkan konflik batin dalam dirinya, perperangan antara perasaan manusia dan program robot yang ada pada tubuhnya.

Dalam pencarian jati dirinya kembali, Alex kemudian membalas dendam kepada orang-orang yang telah mengacaukan hidupnya tersebut.

2. Series of Transformers

Film garapan sutradara Michael Bay ini selalu menduduki posisi box office setiap kali tayang di bioskop.

Siapa yang tidak kenal dengan film robot terbaik satu ini, menceritakan tentang pertarungan antar robot raksasa dengan mengambil tema invasi alien ke planet bumi.

Terdiri dari dua ras alien, yaitu Deception yang menginginkan kekuasaan di bumi dan Transformer yang menginginkan perdamaian. Mereka sama-sama datang dari sebuah planet bernama Cybertron.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kisah “Transformers” dimulai saat seorang pemuda biasa yang kehidupannya berubah setelah bertemu dengan Bumblebee.

Bumblebee adalah alien ras Transformers yang datang ke bumi untuk mengambil sebuah kubus ajaib bernama Allspark yang menyimpan kekuatan dan teknologi alien terdahsyat.

Deceptions yang dipimpin oleh Megatron ingin merebutnya guna menghancurkan peradaban manusia di bumi.

Pertarungan antara Decepticons dan Transformer terus berlanjut hingga saling balas dendam dan menimbulkan perperangan.

Perperangan tersebut menguak adanya sejarah menarik antara hubungan umat manusia dan transformer di muka bumi.

3. Real Steel (2011)

Cerita pada film ini terpusat pada pertarungan antar robot di atas ring tinju yang dikendalikan oleh manusia.

Menceritakan tentang Charlie Kenton (Hugh Jackman), seorang mantan petinju yang kini menjadi robot fighter untuk melunasi hutang-hutangnya.

Di tengah-tengah kesulitan yang ia alami, Max anak semata wayangnya menemukan sebuah robot rongsokan dan diberi nama Atom.

Robot ini sangatlah unik karena tampak berbeda dari robot lainnya. Atom adalah robot generasi lama yang pengendaliannya dilakukan menggunakan gerakan tubuh manusia.

Pertemuan Charlie dengan Atom telah merubah kehidupannya.

Setelah dipoles dengan suku cadang canggih Atom menjadi lebih kuat dan memenangkan berbagai kejuaraan tinju saking tangguhnya. Hal ini membawa kebruntungan besar bagi Charlie.

Terdapat hubungan yang unik dalam film ini, dimana saat Atom berlaga di atas ring Charlie juga harus memperagakan gerakan bermain tinju agar Atom bisa menyerang lawannya dengan gerakan yang sempurna.

Dinobatkan sebagai salah satu film robot terbaik, saat menonton film ini kalian akan merasa sedang bermain game.

4. Series of Terminator

Terminator adalah para robot canggih yang diciptakan untuk melindungi umat manusia dari berbagai ancaman yang mengganggu bumi.

Film robot terbaik ini selalu didapuk dengan julukan film dengan teknologi tercanggih di masa depan.

Dimana pada tahun 2029 nanti dunia sudah hampir dikuasai oleh robot-robot canggih alias Terminator yang ingin memusnahkan manusia.

Pada awalnya robot-robot tersebut dibuat untuk melindungi manusia di bumi Namun robot yang memiliki kecerdasan buatan ini menganggap satu-satunya yang menjadi ancaman di muka bumi ini adalah manusia itu sendiri.

Sehingga para Terminator ini berusaha untuk membinasakan seluruh umat manusia dan mengakibatkan terjadinya perperangan besar.

Dalam perperangan umat manusia dipimpin oleh John Connor yang berlangsung hingga bertahun-tahun.

Kedua belah pihak sama-sama mengirimkan robot canggih ke masa lalu agar bisa memenangkan perperangan. Film robot terbaik ini menampilkan jenis robot yang berbeda-beda pada setiap seriesnya.

James Cameron selaku sutradara menampilkan robot yang hanya kenal satu misi, yakni membunuh targetnya di film pertama.

Pada film kedua Cameron menampilkan robot yang terbalut dari metal cair, pada film ketiga Terminator Genesys yang dirilis pada tahun 2015 silam, tentu kamu tahu dong robot seperti apa yang ditampilkan kali ini?

5. Series of Pacific Rim

Film robot terbaik kali ini bercerita tentang Kaiju, monster yang muncul dari dasar laut dan membuat gempar seluruh dunia.

Monster tersebut muncul menghancurkan kota-kota dan memakan korban jutaan nyawa.

Untuk menangani hal tersebut manusia kemudian menciptakan Jaeger, robot raksasa yang dikendalikan menggunakan pikiran orang yang ada di dalamnya.

Sesaat Jaeger berhasil menangani serangan Kaiju, namun karena Kaiju terus bermunculan dan berjumlah semakin banyak membuat umat manusia menjadi kewalahan.

Untuk menciptakan robot Jaeger dalam jumlah banyak dibutuhkan waktu yang lama dan sember daya yang cukup besar.

Hingga suatu saat demi mengakhir perang ini selama-lamanya, Jaeger yang dikendalikan oleh orang manusia di dalamnya berangkat menuju ke dasar laut untuk menyusup ke dalam markas Kaiju dan menyerang mereka hingga habis tak tersisa.

6. I, Robot (2004)

Satu lagi film robot terbaik yang menggambarkan hubungan yang kompleks antara manusia dan robot “I, Robot”.

Film garapan sutradara Alex Proyas ini diangkat dari kisah karya Bapak Fiksi Ilmiah, Isaac Amisov tentang tiga hukum robot. Hukum yang mengatur agar robot tidak mencelakai manusia.

Pada tahun 2035 diciptakan robot dengan kecerdasan buatan yang bisa membantu berbagai kegiatan manusia.

Di satu sisi seorang detektif handal, Del Spooner (Will Smith) seorang pemimpin di Departemen Polisi Chicago tidak menyukai kumpulan robot canggih tersebut.

Suatu ketika ia harus menyelidiki kasus bunuh diri yang dilakukan oleh seorang ilmuwan robot terkenal.

Selama proses penyelidikan Spooner menyadari satu hal jika kasus yang diselidikinya bukanlah kasus bunuh diri, melainkan sebuah kasus pembunuhan.

7. Big Hero 6 (2014)

Fim robot terbaik bergenre animasi ini disutradarai oleh Don Hall dan Chriss Williams. Bercerita tentang seorang anak muda bernama Hiro yang ahli dalam sains dan teknologi.

Ia berhasil menciptakan sebuah Microrobot yang bisa dikendalikan lewat aplikasi dengan teknologi canggih Neutrotransmitter. Robot tersebut diberinya nama Baymax.

Hiro yang baru saja kehilangan kakaknya akibat kekecelakaan menjadi sedikit terhibur dengan kehadrian Baymax.

Pada suatu hari seseroang muncul menggunakan teknologi canggih penemuan Hiro untuk melakukan kejahatan.

Hiro memutuskan untuk membuat tim superhero agar bisa bertarung bersama Baymax demi melawan kejahatan. Saat pertarungan itu, Baymax rela kehilangan nyawanya demi menyelamatkan Hiro.

8. Robot & Frank (2012)

film robot terbaik

Robot & Frank merupakan film dengan cerita sebuah robot dan manusia di dalamnya. Filmnya disutradarai oleh Jake Schreier dan dibintangi oleh Frank Langella, Susan Sarandon, Peter Sarsgaard, James Marsden, dan Liv Tyler.

Berbeda dengan kebanyakan film bertema robot yang banyak aksi, Robot & Frank menyuguhkan komedi bagi para penontonnya. Latar belakang yang diambil untuk film ini adalah era masa depan.

Ceritanya berkisah seputar Frank Weld, seorang mantan pencuri perhiasan yang sudah tua yang dibelikan sebuah robot oleh anaknya. Robot tersebut merupakan robot rumah tangga.

Awalnya Frank menolak keberadaan si robot, tapi ia berubah pikiran setelah memiliki ide dengan robot barunya.

Frank berencana untuk menggunakan si robot untuk pekerjaannya sebagai seorang pencuri rumah atau maling.

Kisah antara Frank dan si robot banyak memunculkan adegan komedi sekaligus momen yang mengundang simpati. Pada akhirnya hubungan Frank dan Robot kembali ke keadaan seharusnya.

9. A.I. Artificial Intelligence (2001)

image source: discogs.com

A.i. Artificial Intelligence disutradarai oleh sutradara kenamaan Steven Spielberg. Diperankan oleh beberapa bintang ternama, seperti Haley Joel Osment, Jude Law, Frances O’Connor, Brenda Gleeson, dan William Hurt.

Naskah salah satu film robot terbaik ini ditulis sendiri oleh Spielberg, sedangkan ceritanya ditulis oleh Ian Watson berdasarkan cerita pendek Super Toys Last All Summer Long dari Brian Aldiss. Tanggapan positif didapat oleh film ini dari para kritikus film.

Plot ceritanya berkisah seputar masa depan, yakni pada akhir abad ke 22 dimana Mecha, robot humanoid canggih diciptakan. Mecha adalah jenis robot baru yang mampu berpikir dan berperasaan seperti laayaknya manusia.

Keberadaan mecha muncul karena popullasi manusia yang semakin berkurang karena tenggelamnya kota-kota besar di berbagai belahan dunia, terutama di bagian pesisir. Semua itu akibat pemaanasan global yang membuat permukaan air laut naik drastis.

David merupakan sebuah Mecha yang sempat diadopsi oleh keluarga manusia. Ia sangat menyayangi ibu manusianya, yakni Monica. Kisah perjalanan David yang penuh lika-liku untuk mendapat kasih sayang Monica sangat menarik untuk di tonton.

10. Bicentennial Man (1999)

film robot terbaik

Bicentennial Man merupakan salah satu film robot terbaik yang bertema drama komedi. Dibintangi oleh Robin Williams, Sam Neill, Embeth Davidtz, Wendy Crewson, dan Oliver Platt.

Ceritanya sendiri diangkat dari sebuah novel karya Isaac Asimov dan Robert Silverberg berjudul The Positronic Man.

Mengangkat masalah-masalah mengenai kemanusiaan, perbudakan, kedewasaan, kebebasan intelektual, sex, percintaan, kematian dan kehidupan abadi.

Dimana judul film yang juga menjadi tokoh utamanya diambil dari cerita pendek karya Asimov sebelumnya pada tahun 1976, yakni Bicentennial Man.

Robot dalam film ini merupakan sebuah robot rumah tangga bernama Andrew. Ia merupakan sebuah robot seri NDR yang bisa mengerjakan pekerjaan rumah dan mengatur tugas-tugas. Awalnya ia bekerja sebagai robot pekkerja di rumah keluarga Martin.

Selanjutnya ia menjadi pembuat jam, tapi lama-kelamaan ia menginginkan kebebasan. Waktu berlalu dan Richard Marti menginginkan Andrew memiliki ekspresi wajah yang kemudian membawa Andrew kepada Dennis. Dennis adalah CEO perusahaan pembuat robot seperti Andrew.

Richard tidak memberikan kebebasan kepada Andrew, tapi ia membolehkan Andrew hidup mandiri dan pergi dari keluarga Martin. Suatu hari saat Richard sekarat ia meminta maaf kepada Andrew atas perbuatannya selama ini.

Tak hanya Richard, anaknya Amanda yang juga merupakan nona yang dulu sangat disukai Andrew pun meninggal setelah mengalami kehidupan pernikahan yang berat. Ia sadar bahwa orang-orang yang dicintainya tidak hidup abadi.

Waktu berlalu dan Andrew memiliki ide untuk mengganti bagian tubuhnya dengan organ buatan yang biasa dipakai untuk manusia. Berkat idennya Andrew dapat merasakan beberapa gejala yang juga dialami oleh manusia.

Membayangkan dunia di masa depan yang dipenuhi robot-robot canggih tentu sangat menyenangkan.

Namun jika memiliki robot malah membuat manusia menjadi malas dan tidak mau berusaha, justru akan memberikan dampak buruk bagi kemajuan peradaban manusia di muka bumi.

Makanya ayo jangan menjadi pemalas gaess, sebelum bumi ini dikuasai oleh robot-robot cangih dan menginvasi kita dari muka bumi.

Leave a Comment