17 Rekomendasi Film Sniper Terbaik (Wajib Ditonton)

Film Sniper Terbaik – Sniper adalah prajurit yang secara khusus dilatih untuk menembak musuh dengan senapan dari jarak jauh.

Menyaksikan film bertemakan sniper memberikan ketegangan dan euforia tersendiri.

Film sniper terbaik tidak hanya terfokus pada pertempuran tembak menembak saja, namun dibalik pertempuran tersebut terdapat sebuah misi khusus yang dibebankan pada seorang penembak jitu dan biasa disebut sebagai misi rahasia.

Misi rahasia tersebut harus terlaksana dengan baik jika tidak nyawa sebagai taruhannya karena mati tertembak di tangan lawan.

Bagi mereka penggemar film genre action dan triller, film tentang sniper memberikan kepuasan tersendiri.


Film Sniper Terbaik


Berikut rahasiabelajar.com berikan ulasan mengenai 13 film sniper terbaik dalam tugasnya menuntaskan sebuah misi rahasia.

1. American Sniper (2014)

Film ini menjadi rekomendasi film sniper terbaik sepanjang masa. Banyak pelajaran dari sisi moral yang disampaikan lewat kisahnya.

Sang sutradara seolah ingin menyampaikan bahwa perperangan selalu menyisakan kenangan buruk yang sulit dihapus dari ingatan.

So, lebih baik jauhi kata berperang dan selesaikan permasalahan dengan kepala dingin.

Sesuai denan judulnya,“American Sniper” menceritakan tentang kehidupan seorang penembak jitu.

Tentang seorang tentara veteran Amerika, dimana semasa dia menjadi seorang tentara ia menjadi prajurit yang ditugaskan di Irak.

Selama bertugas, ia berhasil membunuh lebih dari 160 orang pemberontak. For your information, film ini diangkat dari kisah nyata US Navi SEAL bernama Chris Kyle.

2. Phone Booth (2002)

Film ini mengisahkan tentang Stu Stephard, seorang pengorbit artis yang diteror dan akan dibunuh oleh seorang penembak jitu misterius.

Bergenre triler film ini menyajikan adegan-adegan yang mencekam dengan aksi tembak menembak sniper seperti hantu.

3. Bitva za Sevastopol (2015)

Salah satu film sniper terbaik yang diperankan oleh seorang wanita.

Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup Lyudmila Pavlichenko (Yulia Peresild), seorang mahasiswi di Uni Soviet yang bergabung ke dalam DIvisi Sniper di negaranya.

Setelah Jerman menginvasi Uni Soviet, Lyudmila ikut bertempur di Odessa mempertahankan kota Sevastopol.

4. Sniper: Special Ops (2016)

“Special Ops” adalah pasukan Angkatan Militer Khusus di US yang dipimpin oleh dua orang sniper jitu, Sersan Jake Chandler dan Sersan Vic Mosby.

Pasukan khusus tersebut membawa sebuah misi rahasia dan dikrim ke sebuah desa kecil di Afghanistan.

5. Saving Private Ryan (1998)

Film perang terbaik dengan tentang misi penyelamatan yang unik. Dengan latar pada masa Perang Dunia II, sebuah pasukan mengemban tugas untuk menyelematkan nyawa satu orang, yaitu Ryan.

Tujuan dari penyelematan ini adalah untuk mengurangi beban keluarga Ryan karena semua anaknya meninggal di medan perang dan Ryan adalah satu-satunya yang tersisa.

Film ini pada dasarnya bukan menceritakan tentang kisah seorang sniper. Namun, dalam misi penyelamatan Ryan terdapat seorang penembak jitu bernama Jackson.

Terdapat adegan klimaks dimana Jackson bertembur satu lawan satu dengan penembak jitu Jerman dan berhasil satu per satu menghabisi pasukan tersebut.

6. Black Hawk Down (2001)

“Black Hawk Down” merupakan sebuah kisah yang diangkat dari sebuah novel karya Mark Bowden berjudul “Black Hawk Down: A Story of Modern War”.

Berdasarkan kisah nyata tentang sebuah misi pasukan Amerika Serikat untuk menangkap Mohamed Farrah Aidid, panglima perang Somalia.

Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 13 Oktober 1993 di bawah pimpinan Jenderal William F. Garrison dengan mengerahkan 160 orang personil pasukan khusus terdiri dari Delta Sniper Force, Navy SEALs, Ranger, dan Pararescuemen.

Dari perperangan tersebut, tiga pilot tewas di tempat dan satu lagi sempat disandera.

7. Lone Survivor (2013)

Film yang dibintangi oleh Mark Wahlberg, Taylor Kitsch, dan Emile Hirsch ini menceritakan tentang empat orang tentara yang menjalankan misi penangkapan pimpinan Taliban di Afghanistan.

Dalam sejarahnya film ini merupakan sebuah failed mission Angkatan Laut AS (Navy SEAL) yang dikenal dengan sebutan “Operation Red Wings”.

Adegan tembak menembak jarak jauh antara sniper menjadi suguhan yang mengangkan dalam film ini.

8. Shooter (2007)

Film sniper terbaik yang satu ini dirilis pada tahun 2007 dan disutradari oleh Antoine Fuqual.

Bercerita tentang seorang penembak jitu AS bernama Bob Lee Swagger (Mark Wahlberg) yang mengundurkan diri karena tak sengaja melukai partner sekaligus sahabatnya, Donnie Fenn.

Bob diminta kembali untuk bergabung dengan pasukannya demi memburu seseorang yang berupaya membunuh presiden.

Alih-alih menyempurnakan misi, Bob kemudian dijadikan sebagai tumbal dan difitnah sebagai pembunuh presiden oleh oknum tertentu. Serangkaian adegan tembak menembak menegangkan disajikan pada film ini.

9. Sniper (1993)

Cukup lawas, mungkin film ini luput dari perhatian kamu. “Sniper” menceritakan tentang pria tangguh seorang Marinir AS, Thomas Beckett.

Thomas ditugaskan di hutan Panama untuk mencari pemberontak dan membunuh mereka menggunakan keterampilarnnya sebagai penembak jitu.

10. Enemy at The Gates (2001)

“Enemy at The gates” adalah film sniper terbaik yang berlatar belakang Perang Dunia II. Kisah ini diadaptasi dari buku karya Wiliiam Craig yang menceritakan tentang penembak jitu bernama Vasily Zaitsev dari kubu Uni Soviet.

Ia berperang dengan penembak jitu dari kubu Jerman, Mayor Heinz Thorvlad dalam pertempuran Stallingard 1942.

Sempat menuai beberapa kritik dari negara Rusia dan Eropa karena dianggap tidak akurat menurut sejarah. Namun, film ini tergolong suskses dan masuk dalam kategori film perang terbaik pada tahun 2001.

11. Jarhead (2005)

“Jarhead” menjadi salah satu film sniper terbaik karena mengangkat sebuah kisah yang realistis dari segi perjuangan seorang parjurit.

Diangkat dari kisah penuturan seorang mantan prajurit Amerika yang sebelumnya ditugaskan dalam Perang Teluk I bernama Anthony Swofford.

Jauh dari adegan-adegan heroik yang disajikan pada film-film sniper pada umumnya, film ini justru menyajikan realita tentang penyeselan seorang seorang prajurit yang pernah ikut bergabung dalam pertempuran.

Cerita tentang jungkir balik dan dunia frustasi yang dirasakan oleh para prajurit selama di medan perang disuguhkan dengan apik pada film ini.

Berhasil menarik banyak peminat, “Jarhead” kemudian dibuat trilogi “Jarhead 2: Field (2014)” dan “Jarhead 3: The Siege (2016)”.

12. Sniper : Ghost Shooter (2016)

“Ghost Shooter” adalah kesatuan tim sniper yang berupaya menggagalkan upaya kejahatan sekolompok teroris dalam sabotase pipa gas.

Namun rencana tesebut bocor ke telinga musuh hingga salah satu anggota tim menjadi incaran sorang penembak jitu tak dikenal.

Film yang disutradarai oleh Don Michael Paul ini sukses memuaskan penontonnya dengan adegan tembak-menembak yang memacu adrenalin.

13. One Soldier’s Story : The Journey of American Sniper (2015)

Film terakhir ini mengangkat cerita dibalik proses pembuatan film “American Sniper”.

Kisah tentang perjuangan yang dihadapi oleh sang sutradara Clint Easwood, para pemeran seperti Bradley Cooper dan Sienna Miller, serta para kru dan tim kreatif selama proses penggarapan film.

Banyak rintangan besar yang mereka hadang demi terciptanya film yang menguak kebenaran tentang Navy SEAL, Chris Kyle tersebut.

Sebuah misi rahasia tentu saja tidak boleh sampai bocor ke telinga lawan sebelum tugas tersebut terlaksanakan.

Jika misi tersebut tersebar sebelum waktunya, maka keselamatan sang sniper berada di ujung senapan genggamannya.

14. The Hurt Locker (2009)

film sniper terbaik

The hurt locker merupakan salah satu film snipper terbaik yang bergenre drama peperangan thriller. Naskahnya ditulis oleh Mark Boal dan disutradarai oleh Kathryn Bigelow.

Para pemeran dalam fim ini, diantaranya Jeremy Renner, Anthony Mackle, Guy Pearce, Ralph Fiennes dan Evangeline Lilly.

Plot ceritanya berkisah tentang sersan William James yang mentan pasukan AD-US diangkat sebagai pemimpin baru dalam unit EOD. Explosive Ordnance Disposal merupakan unit AD yang ditugaskan di Perang Irak.

Saat menjadi pemimpin William tidak disukai oleh dua anggotanya, yakni J.T dan Owen. Mereka tidak suka sikap sembrono William dan kedekatan William dengan seorang pemuda Irak. Bahkan mereka berniat membunuh William meskipun tidak mereka lakukan.

Cerita berlanjut dengan penuh intrik dan peperangan. Hingga pada akhirnya misi selesai dan semua anggota unit di pulangkan kembali ke AS. Namun cerita tidak berhenti disitu karena William bosan menjadi warga sipil biasa.

William kembali lagi ke militer Angkatan Darat untuk memulai misi baru. Ia meninggalkan putra serta mantan istrinya untuk melayani Delta Company, Unit EOD untuk setahun.

15. 28 Weeks Later (2007)

image source: 20thcenturystudios

Sebenarnya film sniper yang satu ini merupakan genre film horor yang digarap oleh sutradara Juan Carlos Fresnadillo. Ceritanya berkisah tentang pasuka militer NATO yang mencoba menyelamatkan sebuah zona aman di London yang tidak terinfeksi virus mematikan.

Dimana zona aman tersebut menjadi terinfeksi kembali ketika sepasang suami istri, yakni Don dan Alice membawa seorang anak laki-laki yang terinfeksi masuk ke dalam zona aman. Sayangnya alice justru dibawa oleh orang-orang yang terinfeksi virus mematikan tersebut.

Setelah virus meulai menyebar, pasukan NATO mengambil alih Inggris. 28 hari kemudian banyak orang yang juga ikut terinfeksi. Orang-orang yang selamat dibawa ke zona aman oleg pasukan Amerika, termasuk Don dan anak laki-laki juga saudari yang ditemuinya.

Adegang tembak-tembakan tak terelakkan baru muncul kettika para tokoh utama terinfeksi. Saat itu Andy dan saudaranya Tammy menembaki Don yang sudah menolong mereka sebelumnya.

16. The Jackal (1997)

film sniper terbaik

The Jackal merupakan sebuah film aksi thriler yang dibintangi oleh Bruce Willis, Richard Gere, Sidney Poiltier, dan Diane Venora. Bila kita sudah ada bayangan mengenai Bruce Willis menjadi sniper yang memang biasa memerankan James Bond lalu bagaimana dengan Richard Gere.

Bagi pecinta film romantis mungkin akan terbayang-bayang aktong gere dalam Pretty Woman, tapi disini dia juga berperan sangat apik. Memerankan tokoh Declan Joseph Mulqueen, seorang sniper handal yang ditugasi mencari Jackal yang diperankan oleh Bruce Willis.

Jackall merupakan seorang pembunuh bayaran yang lihai. Oleh karena itu ia menjadi buronan kepolisian dan juga militer karena menjadi pembunuh bayaran kelompok mafia. Adegan tembak-tembakan dan kekerasan lainnya banyak ditampilkan dalam film ini.

17. Shot Through the Heart (1998)

image source: alchetron.com

Shot Through the Heart sebenarnya merupakan sebuah film televisi atau FTV yang tayang di BBC dan HBO pada tahun 1998. Ceritanya sendiri diangkat berdasarkan kisah nyata yang dipublikasikan di Majalah Details pada November 1995.

Film berdasarkan artikel berjudul Antisniper oleh John Folk ini berhasil memenangkan penghargaan Peabody Award di tahun 1998. Filmnya sendiri menceritakan tentang dua orang teman yang sama-sama seorang penembak jitu.

Dimana keduanya terpaksa harus saling melawan karena berada di dua kubu yang berbeda pada Perang Bosnia. Seorang penembak jitu sekaligus instruktur tembak, Slavko Stanic yang diperankan Vincent Perez bekerja untuk Tentara Republika Srpska.

Kelompok tersebut merupakan gerakan separatis yang sering meneror kota. Disisi lain, teman dari Slavko yakni Vlado merupakan seorang ayah dengan istri seorang Muslimah. Ia merupakan pengusaha ssukses yang tak mau ikut bergabung bersama Slavko temannya.

Vlado justru bergabung bersama Angkatan Darat Republik Bosnia dan Herzegovina untuk memburu kelompok separatis. Disitu Vlado baru tahu kalau musuh terbesarnya justru temannya sendiri, yakni Slavko sang penembak jitu.

Demikianlah ulasan mengenari beberapa film sniper terbaik sepanjang masa versi rahasiabelajar.com. Sniper mana nih yang menjadi favorit utama kamu?

Leave a Comment