7 Ikan Pemakan Lumut, Ganggang, dan Alga Pembersih Akuarium

Jika ingin memulai hobi memelihara ikan hias, salah satu permasalah yang akan dihadapi dan cukup mengganggu keindahan akuarium adalah ketika akuarium banyak atau penuh dengan lumut.

Namun jika kamu ingin akuarium ikan hias yang kamu miliki terdapat berbagai macam jenis ikan, maka kamu tidak perlu khawatir dengan masalah lumut yang ada di akuarium.

Hal ini karena kamu juga bisa menambahkan ikan yang memakan lumut. Ikan pemakan lumut ini selain menjadi variasi jenis ikan, juga bisa turut serta membantu mengonsumsi lumut di akuarium agar tidak mengganggu keindahan.

Terdapat beberapa jenis ikan pemakan lumut yang bisa kamu tambahkan di akuarium yang juga turut serta menjaga kebersihan akuarium dari lumut.


Ikan Pemakan Lumut


1. Chenesse Algae Eater

√ 7 Ikan Pemakan Lumut, Ganggang, dan Alga Pembersih Akuarium
tokopedia.com

Ikan yang juga bisa disebut sebagai lemon algae eater ini memiliki warna kuning seperti lemon yang juga dapat turut mempercantik variasi warna pada akuarium.

Selain warnanya yang indah, ikan ini juga merupakan herbivora pemakan tumbuhan yang biasa mengonsumsi lumut atau ganggang.

Namun, ikan ini hanya memakan lumut ketika masih kecil saja, dan jika sudah besar perlu dipisahkan karena selain tidak memakan lumut lagi, juga menjadi agresif dan mengganggu ikan lain.

2. Siamese Algae Eater

√ 7 Ikan Pemakan Lumut, Ganggang, dan Alga Pembersih Akuarium
azgardens.com

Ikan pemakan lumut ini memiliki nama lain atau bisa juga disebut sebagai selimang batu dan memiliki ciri khas terdapat garis horizontal hitam di tubuhnya.

Siamese algae eater atau silomang batu juga terbilang sangat populer sebagai ikan pembersih, pemakan alga dan kotoran lain yang ada di akuarium.

Selain sebagai variasi ikan dalam akuarium dengan ciri khas motif tubuhnya, ikan ini turut berperan membantu mengurai lumut yang menganggu keindahan di akuarium.

3. Siamese Flying Fox

√ 7 Ikan Pemakan Lumut, Ganggang, dan Alga Pembersih Akuarium
petbarn.com.au

Masih dari nama siamese, namun ikan yang satu ini bernama Siamese flying fox dan memiliki nama lain silimang batang.

Ikan ini dapat memakan apa saja seperti alga yang ada di dalam akuarium baik itu kaca atau dekorasi dan juga sisa-sisa makanan.

Perawatannya juga tidaklah sulit terlebih ikan ini dapat hidup rukur bersama dengan ikan lainnya kecuali red tailed shark.

4. Brushmouth

√ 7 Ikan Pemakan Lumut, Ganggang, dan Alga Pembersih Akuarium
akuariumhias.blogspot.com

Brushmouth merupakan ikan pemakan lumut yang termasuk ke dalam jenis ikan sapu-sapu dan sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Ikan ini terbilang cukup efektif menghilangkan lumut yang ada di akuarium meskipun ketika memakannya tidak terlalu agresif.

Tidak hanya itu, ikan brushmouth juga umumnya menghabiskan hidupnya menempel pada kaca atau tanaman yang ada di akuarium.

5. Bristlenose Plecos

√ 7 Ikan Pemakan Lumut, Ganggang, dan Alga Pembersih Akuarium
dictio.id

Bristlenose pleco, di Indonesia ikan ini lebih dikenal dengan nama ikan sapu-sapu yang terkenal membersihkan kotoran termasuk lumut.

Ikan sapu-sapu sendiri ada yang memiliki sifat aktif dan pasif. Jika ingin memasukkan ke dalam akuarium pastikan tidak digabungkan dengan ikan kecil yang sensitif.

Selain sebagai pemakan lumut, ikan ini juga dikenal suka memakan alga, ganggang atau kotoran lainnya dengan jumlah yang banyak.

6. Corydoras

√ 7 Ikan Pemakan Lumut, Ganggang, dan Alga Pembersih Akuarium
123rf.com

Selain sebagai pemakan lumut, ikan Corydoras sebenarnya masih satu keluarga dengan ikan lele dan habitat aslinya di Amerika Selatan.

Berukuran 120 mm dan memiliki warna serta motif yang unik sekaligus cantik, ikan ini dapat ditaruh di akuarium tidak hanya menambah variasi namun juga memberishkan lumut.

Sebenarnya ikan ini tidak hanya memakan lumut saja, melainkan juga alga dan juga sisa makanan dari ikan lain yang ada di dasar akuarium.

7. Molly

√ 7 Ikan Pemakan Lumut, Ganggang, dan Alga Pembersih Akuarium
liveaquaria.com

Molly merupakan ikan pemakan lumut dengan ukuran 5-10 cm yang cukup konsisten dan juga efektif dalam berperan membersihkan akuarium.

Ikan ini akan dengan semangan memakan ganggang yang ada di batu atau tanaman yang ada di akuarium.

Meskipun dikenal sebagai ikan yang membersihkan ganggang, namun banyak yang membelinya untuk dijadikan sebagai variasi keindahan ikan di akuarium.

Keyword: Ikan Pemakan Lumut

Leave a Comment