12 Macam Jenis Burung Kutilang yang Populer Di Dunia

Memilih burung kutilang sebagai hewan peliharaan merupakan pilihan yang bagus. Apalagi untuk kalian yang belum terlalu familiar dengan burung alias pecinta burung pendatang baru.

Kutilang tidak perlu diajak berinteraksi secara rutin. Mereka lebih senang berinteraksi dengan sesama kutilang ketimbang manusia.

Mereka termasuk jenis burung yang berukuran kecil. Ukurannya yang kecil membuat kutilang bisa hidup nyaman berdampingan di kandang bersama teman-temannya.

Pastikan kandang yang akan ditempati cukup besar jika kalian akan memelihara lebih dari 2 ekor kutilang.


Jenis Burung Kutilang


Berikut ini beberapa jenis burung kutilang yang ada di dunia.

1. Kutilang Zebra

Jenis kutilang yang satu ini dinamakan zebra karena memiliki motif zebra pada bagian lehernya hingga ke dada.

Pipi mereka terdapat corak orange dengan warna coklat bertotol putih pada bagian samping sayap-sayapnya.

Warna yang demikian biasanya dimiliki oleh pejantan sedangkan betinanya memiliki corak yang tidak terlalu mencolok.

Kedua jenis kelamin sama-sama memiliki paruh berwarna orange kemerahan. Jenis ini bisa hidup mulai dari 3 tahun hingga 15 tahun lamanya.

2. Kutilang Jawa

Kecil, cantik, dan sedikit pendian merupakan ciri khas dari burung kutilang Jawa.

Mereka termasuk jenis kutilang yang bisa dipelihara di dalam sangkar. Seperti namanya, kutilang ini berasal dari tanah Jawa.

Kutilang jawa bisa hidup hingga 10 tahun lamanya bahkan lebih tergantung dengan bagaimana perawatannya.

Jenis ini merupakan kutilang yang mudah bersosialisasi dan bisa dilatih agar tidak takut dipegang oleh pemiliknya.

Warna bulu mereka hita dibagian kepala dan ekor serta abu-abu dibagian punggung. Bulu pada bagian dada dan perut mereka berwarna abu kecoklatan dengan pipi bernoda putih.

3. Lesser Goldfinch

Merupakan spesies burung kutilang terkecil di Amerika Utara dari jenis (genus) Spinus.

Mungkin juga termasuk salah satu spesies kutilang paling kecil di dunia karena hanya tumbuh hingga 3.5 sampai 4,7 inci saja.

Lesser goldfinch hanya memiliki berat sekitar 0,28 hingga 0,41 ons.

4. Kutilang Emas

Bisa dikatakan burung kutilang emas paling populer di kalangan pecinta burung kicau. Betapa tidak? Warna kuning keemasan mendominasi tubuh burung yang dianggap memiliki suara indah ini.

Di bagian kepala ada sentuhan warna hitam yang membuatnya semakin menarik. Untuk memiliki burung yang seringkali dijadikan sebagai masteran ini relative murah.

5. Kutilang Sutra

Kutilang sutra terkenal akan kicauannya yang merdu sehingga sering pula dijadikan masteran. Pesonanya cantik dengan hiasan bulu berwarna hijau.

Semakin sempurna dengan warna hitam mengkilap yang menutupi bagian kepalanyya. Berminat memilikinya? Anda harus merogoh kocek sedikit dalam.

6. Kutilang Wilis

Burung kutilang wilis populer dengan sebutan burung cucak rengganis, cucak gunung, serta cucak wilis.

Termasuk dalam burung endemic yang habitatnya berada pada ketinggian 800 hingga 3000 meter diatas permukaan laut.

Populasi kutilang wilis semakin menipis akibat rusaknya habitat asli serta kurangnya minat masyarakat untuk memeliharanya.

7. Kutilang Jambul

Burung asal Thailand ini memiliki ciri khas dengan adanya jambul berwarna hitam di atas kepalanya, warna merah dekat tenggorokannya, dan warna putih pada bulu dadanya.

Panjang tubuhnya sekitar kurang lebih 20cm diantara kerabatnya, penampilan kutilang jambul tergolong sangat baik, karena corak bulunya yang paling menarik.

Sebutan lain dari burung ini adalah merbah jambul.

8. Kutilang Gacor

Burung Kutilang Gacor umumnya lebih mahal karena siulannya memang sudah indah.

9. Kutilang Biasa

Burung kutilang biasa banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Seperti namanya, tampilan burung ini seperti kutilang pada umumnya.

Berwarna coklat kelabu pada sisi atas sedangkan sisi bawah didominasi warna putih keabu-abuan. Pada bagian kepala dan dahi berwarna hitam.

10. Cordon-bleu Pipi Merah

Burung mungil yang satu ini masih termasuk jenis burung kutilang lho. Condon-bleu pipi merah merupakan buru kutilang Afrika yang memiliki bulu berwarna cantik.

Mereka memiliki bulu berwarna biru langit dengan corak merah bulat di bagian pipi untuk pejantannya.

Warna merah tersebut membuat seolah-olah si burung sedang tersipu malu. Berat kutilang ini hanya mencapai 5 inci saja dengan berat rata-rata 35 ons.

Meskipun burung ini aslinya berasal dari Afrika tengah dan timur, tapi mereka sudah banyak diperdagangkan sebagai hewan peliharaan.

11. Diamond Firetail

Kutilang yang satu ini juga termasuk jenis kutilang yang difavoritkan.

Warnanya mungkin terlihat seperti corak yang digambar oleh anak SD, tapi mereka benar-benar imut. Mereka mempunyai ekor yang berwarna merah tua terang.

Terdapat polat putih bulat pada bagian samping di kedua sisi tubuh. Mereka berasal dari daerah Australia bagian Tenggara dan hidup di padang rumput maupun hutan.

12. Gouldian

Salah satu burung kutilang yang paling menawan karena bulunya yang berwarna-warni. Gouldian banyak difavoritkan sebagi burung peliharaan.

Nama lain burung ini adalah kutilang lukisan karena bulu mereka yang cantik.

Meskipun tidak suka dipegang oleh manusia, tapi mereka sangat indah dipandang. Keindahan bulunya menjadi kepuasan tersendiri bagi yang merawatnya.

Mereka dapat hidup dengan beberapa kutilang lain dalam satu kandang. Gouldian dapat hidup hingga 6 sampai 8 tahun lamanya.

Panjang dari tubuh gouldian saat dewasa sekitar 5 – 6 inci dari patuh hingga ekornya. Mereka merupakan burung dari tanah Australia.

Mereka sangat suka terbang sesekali karenanya jika ingin memelihara jenis ini pastikan mempunyai kandang yang cukup luas.

Itulah beberapa jenis kutilang yang ada didunia. Mana kutilang yang menjadi favorit kalian. Pastikan jika ingin memelihara mereka, rawatlah dengan baik.

Leave a Comment