10 Jenis Burung Perkutut di Dunia dan Mitos yang Dipercaya di Indonesia

10 Jenis Burung Perkutut di Dunia dan Mitos yang Dipercaya di Indonesia

Jenis burung perkutut apa ynag paling cocok denganmu? Mendengar nama burung perkutut mungkin mengingatkan kita akan adegan Mas Karyo dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Di sinetron tersebut dikisahkan Mas Karyo yang notabene tetangga dari Si Doel merupakan pecinta burung. Ia memelihara burung perkutut yang ia beri nama badut.

Diceritakan juga dalam seinetron tersebut bahwa Mas Karyo sangat menyayangi burung perkututnya tersebut.

Saking sayangnya sampai-sampai saat si badut hilang Mas Karyo sangat panik hingga jatuh sakit.

Lalu apa istimewanya burung perkutut sih, sampai-sampai Mas Karyo suka banget dengan peliharaannya tersebut.

Perkutut merupakan jenis burung yang termasuk dalam keluarga merpati. Tubuh mereka kurus dengan ukuran kecil hingga sedang.

Di Indonesia perkutut dikaitkan dengan mitos dan beberapa hal gaib seperti mampu mendatangkan rezeki, meningkatkan kewibawaan, ketentrama rumah tangga dan lain sebagainya.

Tentu saja kepercayaan tersebut tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, tetapi menariknya mitos tersebut lah yang menjadi salah satu daya tarik dari jenis burung ini.

Maka tak heran jika masyarakat Indonesia banyak yang memlihara perkutut, baik dengan harapan akan mendapatkan keberuntungan tersebut atau tidak.

Karena secara kualitas mereka pun mempunyai suara atau kicauan yang merdu. Barangkali dengan mendengar kicauannya dapat mengobati lelah kita selepas bekerja.


Jenis Burung Perkutut


Burung perkutut yang sering dikaitkan dengan beberapa hal mistis ini nyatanya memiliki keistimewaan pada masing-masing spesiesnya.

Berikut ini kami sajikan infromasi tentang beberapa spesies dalam jenis burung perkutut yang ada di dunia

Perkutut Eropa

10 Jenis Burung Perkutut di Dunia dan Mitos yang Dipercaya di Indonesia
gerava.com

Spesies burung perkutut ini merupakan burung yang bermigrasi dari daerah Asia utara hingga Rusia ke Benua Eropa.

Tidak hanya Eropa perkutut ini juga ditemukan di beberapa negara Timur Tengah termasuk turki dan Afrika Utara.

Tubuh mereka lebih ramping dan lebih ringan daripada merpati. Panjangnya berkisar antara 24 – 29 cm dengan panjang sayap 47 – 55 cm dan berat sekitaran 85 – 170 gram.

Mereka dapat dikenali dengan mudah dari perkutut lainnya karena warna bulu yang kecoklatan. Terdapat corak garis hitam putih juga pada bagian leher mereka.

Perkutut Lokal

10 Jenis Burung Perkutut di Dunia dan Mitos yang Dipercaya di Indonesia
burungnya.com

Burung perkutut lokal memiliki kemiripan secara fisik dengan perkutut Eropa. Warna bulu mereka sedikit lebih terang dari perkutut Eropa.

Jenis ini sering sekali dikonteskan dalam perlombaan kicau burung di tanah air. Di area mata terdapat lingkaran berwarna abu kebiruan yang sangat tipis.

Kakinya pendek dengan warna ungu atau merah kehitaman. Ekornya lumayan panjang dengan bagian ujung yang lancip. Suara kicaunya cenderung pelan dan tipis, tapi irama suaranya cepat dan suara kungnya terpatah-patah.

Perkutut Oriental

Nama perkutut yang satu ini memang perkutut oriental, tapi persebarannya tidak hanya di wilayah Asia saja namun jujga Eropa.

Persebarannya di kawasan Asia banyak di daerah Asia Timur, terutama Jepang. Burung ini juga dikenal dengan warna bulu mereka yang coklat karatan.

Meski begitu jenis perkutut yang satu ini memiliki kemiripan warna bulu dengan perkutut Eropa untuk ukuran kecil. Spesie yang berukuran lebih kecil mempunyai corak garis hitam putih juga dibagian leher.

Bulu pada bagian dada berwarna pink muda dengan sayap berwarna coklat keorenan seperti warna karatan. Mereka hidup di daerah hutan terbuka dengan banyak pepohonan.

Perkutut Abu Kehitaman

10 Jenis Burung Perkutut di Dunia dan Mitos yang Dipercaya di Indonesia
infobudidaya.com

Spesies yang satu ini merupakan jenis perkutut yang banyak ditemukan di Kongo, Zambia, Etiopia, Kenya, Malawi, Ruwanda, Arab Saudi, Somalia, Tanzania, Uganda, Malawi, dan Yaman. Di Indonesia perkutut ini lebih dikenal dengan perkutut hitam.

Kicauannya memang tidak sebagus perkutut lainnya, tapi sejarah mistisnya membuat burung ini diminati sebagai hewan peliharaan.

Suara kicau perkutut hitam terbilang kecil dan lirih, tapi keberadaan mereka dipercaya bisa menjadi tolak bala.

Perkutut Adamawa

Adamawa juga dikenal dengan sebutan perkutut perut merah muda. Mereka kerabat dekat dari perkutut abu kehitaman.

Termasuk spesies asli dari negara Kamerun, Gambia, Senegal, dan Mali. Ukuran tubuh adamawa sekitar 30 – 31 cm dengan berat 147 – 187 gram.

Wajah mereka memiliki bulu yang berwarna abu silver dan biru keabuan pada bagian kepala. Terdapat bulu berwarna pink pada bagian dada hingga perut.

Mereka hidup di berbagai habitat dengan berbagai ketinggian, mulai dari hutan, perkebunan, hingga persawahan


Jenis Perkutut yang Dianggap Pembawa Keberuntungan


anehdidunia.com

Seperti yang telah disinggung di atas, di Indonesia perkutut kerapkali dikaitkan dengan keberuntungan atau katuranggan.

Maka terasa kurang sempurna kalau kami juga tidak membahas beberapa jenis secara spesifik tentang perkutut yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan, yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Perkutut Songgo Ratu

Jenis perkutut yang dianggap dapat menahan atau menolak santet/ilmu hitam ini mempunyai jambul berwarna putih bak mahkota di kepalanya.

Bulu yang menutupi tubuhnya berwarna kehitam-hitaman, begitu pula dengan warna kaki dan paruhnya.

Karakteristiknya seperti seorang ningrat yang tidak gemar berkeliaran, dan lebih menyukai tempat-tempat yang sepi seperti pekuburan dan goa.

Konon aura kewibawaan pada perkutut ini sangat besar, sehingga burung lain yang berada di dekatnya tidak akan bersuara.

Tetapi pada dasarnya mereka juga bukanlah jenis burung perkutut yang senang berbunyi, bahkan suaranya pun kecil dan tidak nyaring.

Perkutut Wisnu Wicitro

Perkutut yang mempunyai kaki dan paruh berwarna hitam ini menurut mitos juga banyak mendatangkan keberuntungan loh.

Konon, sang pemelihara beserta keluarganya bisa memperoleh perlindungan dari gangguan ilmu hitam atau santet. Tak hanya itu mereka juga dapat membawa keselamatan.

Kalau kamu percaya atau tidak? Tentu semua tergantung padamu saja. Kalaupun tidak percaya tak ada salahnya untuk menjadikan perkutut wisnu wicitro sebagai hiburan atau peliharaan semata.

Jenis Burung Perkutut Putih

Adalah salah satu jenis perkutut pembawa keberuntungan yang sangat populer dan banyak digemari oleh pecinta burung katuranggan.

Secara fisik jenis ini memang cukup menarik, yakni dengan bulu tubuhnya yang berwarna putih bersih, kontras dengan matanya yang berwarna merah.

Sedang warna paruhnya adalah abu-abu agak kemerahan, dan kakinya berwarna hitam dengan sedikit garis berwarna hitam.

Nah meskipun banyak perkutut putih yang beredar di pasaran, tetapi jenis yang dianggap dapat membawa keberuntungan adalah yang hidup di alam liar dan mempunyai warna genetik alami.

Sebab di pasaran banyak perkutut putih yang dihasilkan dari kawin silang dengan jenis lainnya. Konon perkutut ini dapat memberikan kekayaan bagi pemiliknya.

Jenis Burung Perkutut Sri Mangepel

Ada pula jenis perkutut keberuntungan yang dikenal dengan nama sri mangepel. Menurut kepercayaan sri mangepel cocok dipelihara oleh para petani.

Sebab burung tersebut dianggap dapat memberikan banyak kesehatan dan mewujudkan cita-cita pemiliknya.

Ciri fisik yang menonjol dan tampak pada jenis burung ini adalah kedua kakinya yang berwarna putih termasuk juga kuku dan ibu jarinya.

Perkutut Lurah

Selanjutnya adalah perkutut lurah, jenis yang dianggap cocok untuk dipelihara oleh para pejabat, pemimpin, atau orang yang mempunyai anak buah /bawahan.

Mereka juga dianggap dapat membawa rezeki yang berlimbah, serta menambah kewibawaan bagi pemiliknya.

Ciri tubuh yang paling mencolok dari parkit lurah adalah coraknya yang tampak mirip seperti corak ular.

Keduanya sama-sama memiliki lurik, dan pada bagian dadanya juga terdapat bulu yang lebih terang agak keputihan.

Burung ini merupakan salah satu jenis yang pada dasarnya suka hidup di dalam hutan dan tempat yang jauh dari pemukiman.

Leave a Comment