jenis kucing

13 Jenis Kucing yang Cantik Dari Keluarga Felidae

Jenis kucing – Kucing dalam klasifikasi ilmiah animalia kingdom merupakan sebuah tingkatan famili (keluarga) yang nama ilmiahnya disebut Felidae.

Dilihat dari ukurannya keluarga Felidae (kucing) terbagi menjadi dua, yaitu kucing besar dan kucing kecil.

Kebanyakan kucing besar merupakan kucing yang hidup dialam lliar, sedangkan kucing dengan ukuran kecil banyak dijadikan hewan peliharaan (pets).

Meskipun ada beberapa jenis kucing besar yang juga dijadikan hewan peliharaan oleh beberapa orang.


Jenis Jenis Kucing


Secara keseluruhan terdapat 13 jenis kucing baik yang berukuran besar maupun kecil.

Mereka ada yang hidup di alam liar adapula yang dikategorikan sebagai kucing peliharaan. 13 jenis kucing tersebut diantaranya:

1. Jenis Kucing Felis

Mendengar kata Felis beberapa diantara kalian mungkin akan teringat dengan tokoh kartun Felix The Cat.

Si meong hitam kecil yang mempunyai banyak teman termasuk tikus, tapi kucing jenis Felis tidak hanya kucing kecil hitam lho.

Setidaknya ada 6 spesies  yang termasuk kedalam jenis ini, yakni kucing gunung Cina, kucing domestik, kucing hutan, kucing padang pasir, kucing kaki hitam, dan kucing liar.

2. Otocolobus

jenis kucing
image source: cawacawa.com

Jenis otocolobus hanya mempunyai satu macam spesies, yakni kucing palas.

Kucing palas sering juga disebut dengan manul cat. Termasuk dalam anggota kucing liar yang hidup di alam bebas.

Umumnya memiliki panjang kurang lebih 57 cm dan berat sekitar 3 kg saat dewasa.

Kucing yang terancam punah ini tersebar di daerah Asia Tengah tepatnya di dataran tinggi Tibet, Mongolia, dan Cina.

3. Prionailurus

Ada 5 spesies kucing yang termasuk dalam jenis prionailurus, yakni leopard, iriomote, kucing kepala datar (hidungnya tidak mancung tidak juga pesek), kucing totol, kucing bakau atau kucing pelikan.

Kucing-kucing prionailurus biasanya tinggal di hutan, mereka bisa berenang bahkan bisa memburu ikan di air.

4. Jenis Kucing Acinonyx

jenis kucing
image source: pinterest.com

Cheetah merupakan satu-satunya spesies yang termasuk dalam jenis kucing Acionyx. Cheetah merupakan satu-satunya spesies dalam jenis acionyx karena belum punah.

Kucing cheetah merupakan spesies binatang darat yang tercepat. Mereka bisa berlari dengan kecepatan 110 km/jam hingga jarak 460 meter tanpa henti.

5. Puma

Dijadikan brand alas kaki nyatanya puma cat tidak hanya satu macam spesies, tapi 7 spesies.

Ada kucing cougar, jaguarundi, lynx, lynx Kanada, lynx Eurasia, lynx Iberian, dan bobcat.

6. Leopardus

Leopardus adalah jenis kucing yang berasal dari dataran Amerika Selatan dan tengah. Seperti yang banyak diketahui bahwa leopard memiliki ciri khas motif tutul kecil.

Spesies yang termasuk jenis ini, diantaranya kucing pantanal, colocolo kucing geoffroy, kodkod, kucing gunung Andean, kucing pampas, ocelot, oncila, dan margay.

7. Leptailurus

Hanya ada satu spesies yang termasuk dalam jenis ini, yakni kucing serval.

Serval merupakan kucing berukuran sedang dengan berat sekitar 12 kg dan panjang kurang lebih 83 cm saat dewasa.

Mereka kebanyakan hidup di alam liar daerah Afrika.

8. Caracal

jenis kucing
image source: catster.com

Carakal atau karakal merupakan medium cat atau  berukuran sedang yang penyebarannya di daerah Asia Barat, Asia Selatan, dan Afrika.

Memiliki ciri khas telinga yang tinggi dengan warna hitam dibagian ujung bulunya.

9. Jenis Kucing Profelis

Kucing berbulu emas Afrika merupakan spesies yang tergabung dalam jenis kucing profelis.

Populasinya sangat sedikit dan benar-benar hampir punah hingga sangat sulit dijumpai.

10. Catopuma

Genus catopuma memiliki dua spesies yang tergabung didalamnya, yaitu kucing teluk dan kucing emas Asia.

Jenis ini termasuk medium cat atau ukuran sedang yang tersebar di Asia Tenggara dan dilindungi.

11. Pardofelis

Siapa yang suka kucing bermotif marbel? Tahukah kalian bahwa kucing motif marbel sebenarnya adalah kucing yang hidup di alam liar.

Penyebarannya di daerah Asia Selatan dan Tenggara. Genus ini sangat dekat genetiknya dengan kucing emas dan kucing merah.

12. Jenis Kucing Neofelis

image source: bobo.grid.id

Spesies macan tutul atau leopard juga merupakan jenis Neofelis. Ada dua spesies leopard yang termasuk dalam jenis ini, yakni clouded dan bornean clouded.

Big cat ini memiliki tutul besar seperti awan. Banyak tersebar di daerah Kalimantan, Indonesia.

13. Panthera

Genus Panthera atau kucing panter tidak hanya berwarna hitam lho. Genus ini memiliki setidaknya 6 spesies kucing besar, diantaranya singa, jaguar, leopard, macan, dan leopard salju.

Itulah 13 jenis kucing yang perlu kalian tahu. Apalagi bagi kalian cat lovers wajib banget tahu karakteristik jenis kucing. Agar bisa melestarikan kucing-kucing yang hampir punah diatas.

Mitos Mengenai Kucing

Salah satu hewan peliharaan yang paling di gemari di dunia adalah kucing. Bahkan konon kabarnya, kucing telah menjadi hewan peliharan sejak zaman kerajaan-kerajaan mesir kuno.

Itu terbukti dari banyaknya gambar yang menyerupai karakter kucing pada heliograf-heliograf peninggalan mesir kuno.

Beribu-ribu tahun lalu bahkan terdapat sistem pemujaan terhadap kucing di zaman mesir kuno. Dewi berbentuk kucing yang dipuja tersebut bernama Mafdet. Mafdet merupakan pembunuh ular dan pelindung Firaun di dalam istananya.

Selain Mafdet terdapat pula dewi yang juga berbentuk kucing bernama Bast. Bast merupakan dewi pelindung rumah serta ladang pertanian dari serangan tikus. Konon ceritanya dewi Bast juga bisa merubah wujudnya menjadi singa betina saat dalam peperangan.

Tidak hanya itu patung spinx juga merupakan bangunan bersejarah yang mengandung unsur kucing. Menurut cerita, nenek moyang kucing juga tak jauh berbeda dengan kucing-kucing yang banyak kita temui saat ini.

Jenis Kucing Peliharaan

Sejak dulu kucing memang sudah terkenal sebagai salah satu hewan peliharaan yang paling digemari.penampilannya yang lucu dan tingkah lakunya yang menggemaskan menjadi alasan utama untuk memelihara mereka.

Apalagi kucing dikenal sebagai binatang yang stabil. Mereka menyukai rutinitas, cinta damai, sekaligus membenci perubahan. Meskipun kucing termasuk hhewan yang malas dan jarang bisa dilatih seperti anjing, tapi para pecinta kucing tetap menyukainya.

Bahkan tak jarang yang menganggap kucing sebagai bagian dari keluarga mereka atau menganggap kucing layaknya anak sendiri. tak heran bila ada pecinta kucing yang tidur bersama kucing peliharaannya dan menghabiskan uang mereka untuk keperluan kucing.

jenis kucing

Merawat Kucing

Untuk merawat kucing ternyata gampang-gampang susah. Saat sudah berkomitment untuk memelihara mereka maka pecinta kucing harus mengetahui cara merawat dan memperlakukan kucing dengan baik.

Selain dapat dijadikan sebagai hobi, memelihara kucing nyatanya juga bisa mendatangkan keuntungan. Diantara keuntungan yang didapat adalah mengikutsertakan kucing mereka ke dalam perlombaan kucing atau cat show.

Apabila kucing pernah memenangkan cat show anakannya nanti dapat dijual dengan harga tinggi. Pemiliknya pun akan merasa puas saat kucingnya membawa pulang penghargaan dari cat show. Apalagi hadiah yang bisa dibawa pulang terkadang juga tidak sedikit.

Sebagai pemilik dan pecinta kucing idealnya sudah memiliki pengetahuan untuk merawat kucing. Jika kucing merasa aman dan bahagia saat tinggal bersama pemiliknya, maka dia akan sayang kepada pemiliknya dan menurut.

Lalu apa sajakah yang harus dipersiapkan owner kucing untuk merawat hewan peliharannya? Berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan owner agar dapat merawat kucingnya dengan baik:

1. Tempat Tidur Kucing

Sebenarnya tempat tidur kucing tidak begitu diperlukan karena kucing tipe hewan yang suka kebebasan dan semaunya sendiri. mereka akan tidur ditempat yang dipilihnya dan bahkan kasur ownernya sendiri.

2. Litter Box/ Tempat Kotoran Kucing

Tempat kotoran kucing sangat perlu dipersiapkan oleh pemilik kucing agar kucing tidak buang kotoran sembarangan. Cukup siapkan kotak yang berisi pasir atau sejenisnya. Bila kucing kalian sudah dewasa mereka akan tahu sendiri dimana mereka harus membuang kotorannya.

3. Peralatan Makan dan Minum

Tentu jika ingin memelihara kucing selain makanannya, owner juga harus menyiapkan tempat makan dan minum. Bahan yang paling bagus adalah stainless steel atau keramik, meski bahan plastik juga tidak mengapa hanya saja mudah terkena bakteri.

4. Perawatan Bulu

Bulu kucing kerap kali rontok entah karena cuaca, makanan, atau stress. Untuk itu pemilik kucing harus rajin menyisirnya.

5. Kalung

Agar kucing peliharaan kalian tidak hilang dan bisa ditemukan kembali, berilah mereka kalung. Kalau bisa di kalung tersebut ada informasi mengenai owner, seperti nomor telepon dan nama kucing.

6. Mainan

Sekalipun hewan pemalas, kucing senang sekali bermain. Memberi mereka mainan panjatan atau tikus-tikusan bisa membuat mereka bahagia.

7. Tempat Mengasah Kuku

Jika kalian tak ingin sofa atau perabotan lain menjadi korban cakaran kucing, berilah mereka tempat untuk mengasah kuku mereka.

8. Pet Carrier

Pet carrier termasuk benda yang wajib dimiliki. Saat kucing akan pergi untuk vaksinasi atau grooming, membawa meerka dengan pet carrier akan lebih mudah.

9. Grooming

Sesekali kucing perlu juga di grooming. Waktunya bisa sebulan sekali atau dua minggu sekali.

10. Vaksinasi dan Obat Cacing

Agar terhindar dari penyakit, kucing juga harus di vaksin layaknya manusia. Ada juga obat cacing yang harus rutin diberikan.

Leave a Comment