jenis kucing besar

9 Jenis Kucing Besar Di Seluruh Dunia dan Karakteristiknya

Nama kucing besar tidak menunjuk pada ras atau jenis kucing tertentu.

Kucing besar merupakan istilah yang dipakai untuk membedakan kucing yang lebih besar dari ukuran kucing yang biasanya kita temui.

Dilihat dari ukuran tubuh keluarga kucing terbagi menjadi dua, yaitu kucing kecil dan kucing besar.

Kebanyakan kucing besar berasal dari jenis panthera, seperti harimau, singa, macan, dan jaguar.

Selain jenis panthera adapula kucing jenis lain yang digolong kan sebagai kucing besar karena ukuran tubuhnya.

Cheetah dari jenis Acionyx, Cougar Puma dari jenis Puma, dan karakal termasuk kedalam kategori kucing besar.

Meskipun kini kucing karakal sudah banyak dijadikan hewan peliharaan, tapi sebenarnya mereka merupakan hewan yang hidup di alam liar.


Fakta Jenis Kucing Besar


Berikut fakta-fakta mengenai kucing besar yang perlu kalian tahu:

Auman

Seperti yang kita ketahui kalau hewan mempunyai suara khas masing –masing yang mereka keluarkan sebagai cara mereka berkomunikasi.

Jika kucing berukuran kecil mengeluarkan suara yang biasa kita sebut dengan mengeong lain halnya dengan kucing besar.

Suara yang mereka keluarkan disebur dengan auman.

Tidak semua kucing besar bisa mengaum, contohnya saja macan tutul salju atau snow leopard. Cougar, cheetah dan mancan tutul awan juga tidak mengaum.

Sedangkan kucing besar dengan auman paling keras ialah singa. Tak heran bila mereka dijuluki raja hutan karena auman mereka saja bisa terdengar hingga 8 sampai 10 km.


Karakteristik Jenis Kucing Besar


1. Harimau

jenis kucing besar
image source: blibli.com

Tiger atau yang nama ilmiahnya Panthera tigris merupakan salah satu kucing terbesar diantara keluarga kucing.

Mereka banyak ditemukan di daerah Timur Laut Asia, Korea, Rusia, beberapa di India dan Himalaya. Harimau memiliki berat pada saat dewasa hingga mencapai 423 kilogram.

Corak dari harimau seperti sidik jari bukan belang belang layaknya zebra. Mereka suka berendam di air sambil menunggu mangsa.

Pada awal abad ke 20 jumlah spesies mereka tercatat sebanyak 100.000 namun kini hanya ada sekitar 4000 yang hidup dialam liar.

2. Singa

jenis kucing besar
image source: bbc.com

Lion atau nama ilmiahnya Panthera leo satu-satunya keluarga kucing yang hidup secara berkelompok dan memiliki alpha.

Kebanyakan singa hidup di padang sabana. Berat mereka bisa mencapai 272 kg saat dewasa.

3. Jaguar

image source: dialogochino.com

Pathera onca merupakan nama ilmiah dari jaguar. Spesies kucing terbesar di Amerika yang memiliki gigitan mematikan.

Merupakan spesies kucing terkuat yang bahkan bisa mengalahkan buaya.

Berat dewasa bisa mencapai 136 kg dan mereka tersebar di daerah Arizona, New Mexico, dan utara Argentina.

4. Jenis Kucing Besar Cougar

image source: explorersweb.com

Cougar adalah jenis puma yang memiliki berat hingga 120 kg saat dewasa. Tersebar di selatan Argentina dan Alaska. Mata mereka sangat jeli diantara keluarga kucing besar.

5. Macan Tutul Salju

Macan tutul salju memiliki nama ilmiah Panthera uncia bulu mereka lebih lebat dari bulu macan tutul pada umumnya. Mereka hidup liar di Asia, tepatnya di dataran tinggi China dan Tibet.

Sering dijuluki sebagai hantu gunung karena keberadaan mereka yang mengancam siapa saja yang menjadi mangsanya. Mereka bisa melompat sejauh 50 kaki seperti lompatan ikan paus.

6. Macan Tutul (Leopard)

Panthera pardus adalah nama ilmiah dari macan tutul. Berat saat dewasa bisa mencapai 65 kg. mereka bisa berburu bahkan diatas pohon sekalipun.

7. Cheetah

Hewan darat tercepat didunia dengan nama ilmiah Acinonyx jubatus. Hidup di sekitar gurun Sahara Africa dan Utara Iran. Tubuhnya terbilang ringan, yakni 54 kg saat dewasa.

8. Lyxn Eurasia

image source: idntimes.com

Bernama latin Lynx linx mereka tersebar di daerah Eropa Hingga rusia bahkan Tibet. Memiliki berat hingga 36 kg saat dewasa. Bulu mereka lebat dengan telinga yang unik.

9. Jenis Kucing Besar Caracal

Telinga kucing caracal mirip dengan kucing lynx yang berbeda hanya pada corak dan warna bulu. Kucing caracal memiliki warna yang solid.

Tubuh mereka terbilang paling kecil diantara keluarga kucing besar dengan berat hanya 19 kg.


Jenis Kucing Besar Domestik


Berbagai jenis kucing besar mungkin paling sering kita jumpai saat berada di kebun binatang. Ya, karena memang jenis kucing besar kebanyakan bukan jenis kucing yang umum untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Meskipun ada beberapa orang yang memelihara kucing besar, tapi itu semua dibawah pengawasan dan harus memiliki izin resmi. Kucing-kucing besar tidak boleh sembarangan kita tangkap lalu kita perjualbelikan atau pelihara.

Salah penanganan bisa-bisa kita yang menjadi santapan para kucing besar. Sejinak-jinaknya kucing besar, saat mereka kelaparan atau sedang bad mood naluri berburunya pasti akan keluar. Saat itu bisa saja manusia menjadi target buruannya.

Diantara kucing-kucing besar diatas, hanya kucing caracal yang saat ini sudah umum dipelihara sebagai hewan peliharaan. Meski begitu, tata cara penanganan dan perawatannya tentu berbeda dengan jenis kucing peliharaan lainnya.

Berikut ini jenis kucing besar yang biasa dijadikan hewan peliharaan:

1. Jenis Kucing Besar Mainecoon

Dikalangan pecinta kucing ras mainecoon memang sudah tidak asing lagi. Mainecoon memang terkenal sebagai kucing ras yang berbadan besar.

Maine coon merupakan salah satu kucing domestik terbesar di dunia. Asal mereka dari Amerika Serikat. Perawakan atau bentuk tubuh mereka besar dan tinggi. Bobot mereka berkisar antara 6 – 9 kg bahkan lebih.

Tinggi atau panjang dari kucing jenis maine coon bisa mencapai 1 meter pada umumnya. Bulu-bulu mereka lebat, panjang, sekaligus halus dan lembut. Termasuk jenis bulu yang tahan dengan air atau tidak mudah lepeng meskipun tergolong longhair.

Sifat mereka cukup menarik karena termasuk jenis yang mandiri dan aktif, tapi juga dekat dengan pemiliknya. Makanan yang mereka sukai biasanya adalah makanan basah.

Mukanya agak berbentuk segitiga dengan corak berbentuk huruf M pada bagian dahinya. Campuran atau peranakan dari maincoon biasanya akan memiliki corak dan tubuh yang hampir sama.

2. Savanah

image source: bbc.com

Hewan peliharaan yang satu ini terlihat seperti anak macan, tapi mereka sudah lama menjadi kucing domestik dan tergolong jinak. Badannya memang besar dan bongsor hingga membuat mereka termasuk jajaran jenis kucing peliharaan terbesar.

Apa kalian tahu kalau kucing ini adalah jenis kucing hibrida yang dihasilkan dari persilangan antara kucing liar serval dari Afrika dengan kucing siamese. Itulah mengapa savanah termasuk kucing yang unik.

Walaupun tampilannya seperti kucing buas, akan tetapi savanah merupakan jenis kucing yang sangat bersahabat dengan manusia bahkan anak-anak. Beratnya sekita 10 – 15 kg dengan bulu yang pendek, tapi lebat.

Tampilannya mirip dengan kucing bengal hanya saja badan mereka lebih bongsor. Jangan sampai keliru mana kucing savana, bengal, dan anak macan ya!

3. Ragdoll

Namanya memang ragdoll, tapi kucing ini jauh lebih besar daripada boneka kucing. Bobotnya saja mencapai 6 – 9 kg hingga menjadikannya salah satu ras kucing domestik terbesar.

Berbadan besar dengan dada dan panggul yang lebar, nyatanya ragdoll berwajah seperti boneka. Termasuk jenis kucing longhair yang memiliki bulu yang halus seperti bulu kelinci.

4. Norwegian Forest

image source: id.wikipedia.org

Bentukan Norwegian forest hampir mirip dengan maincoon hanya saja bentuk muka dan badan mereka cukup berbeda. Jika maincoon memiliki bentuk wajah yang agak segitiga, maka norwegian forest lebih membulat. Hidungnya pun juga lebih besar dari maine coon.

Norwey termasuk jenis kucing yang ramah, tapi pendian dan jarang mengeluarkan suara keras.mereka akan bersuara keras ketika dipelihara bersama dengan hewan lain, seperti anjing misalnya. Berat norwey mencapai 6 – 9 kg.

Leave a Comment