Jenis Tanaman Hias Batang yang Indah Di Berbagai Belahan Dunia

Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya mengenai jenis tanaman hias, bahwa tanaman hias terdiri dari tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias buah, tanaman hias akar, dan tanaman hias batang.

Artikel kali ini akan fokus membahas tentang jenis tanaman hias batang saja.

Tanaman hias batang merupakan jenis tanaman hias dengan keunikan terletak pada bagian batangnya.

Batang merupakan bagian yang ditonjolkan dari tumbuhan ini yang berguna untuk mempercantik dan memperindah lingkungan sekitar.

Sesuai dengan fungsinya, tanaman hias batang dapat diletakkan di luar ruangan (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor).

Sebagai contoh tanaman bonsai merupakan jenis tanaman hias batang yang sering diletakkan untuk menghiasi meja di ruang tamu.


Jenis Tanaman Hias Batang Indoor


Selain dari bonsai, apa saja sih tanaman hias batang yang cocok dijadikan penghias ruangan? Yuk simak beberapa pilihan di bawah ini.

1. Haworthia Attenuata

image source: pinterest.com

Salah satu tanaman golongan kaktus mini ini agak mirip dengan tanaman lidah buaya, perbedaannya kaktus haworthia memiliki batang dengan corak garis-garis putih.

Tanaman ini juga kadang disebut sebagai tanaman zebra karena corak yang dimilikinya.

2. Bambu Kuning

image source: balipuspanews.com

Sebagai tanaman hias, bambu kuning kini sudah dimodifikasi hingga berukuran mini dan ramping tumbuhnya pun tidak besar.

Untuk menghiasi ruangan, kamu bisa meletakkan tanaman bambu kuning mini di dekat jendela agar terkena cahaya matahari secara langsung.

Selain itu bambu kuning ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman pembatas, ornamen tanaman, dan sebagai background dengan cara ditanam berkelompok.

3. Palem Bambu

image source: primaberita.com

Masih satu keluarga dengan tanaman palem, namun tanaman palem bambu merupakan tanaman hias batang yang biasanya ditanam di dalam pot dan biasanya digunakan untuk mempercantik ruangan dalam rumah.

Kelebihan memiliki palem bambu di dalam rumah kamu yaitu tanaman ini mampu membersihkan udara kotor di sekitarnya, sehingga meletakkan tanaman ini di ruang keluarga tentu baik bagi kesehatan paru-parumu.

4. Kamboja (Adenium)

Kamboja identik dijadikan sebagai tanaman hias outdoor.

Namun jangan khawatir kini kamu dapat menyulam tanaman kamboja menjadi tanaman bonsai sehingga dapat kamu gunakan untuk mempercantik ruangan di dalam rumah.

Adenium disebut juga dengan nama Kamboja Jepang.

Warna bunganya yang berwarna-warni serta bentuk akar dan bonggolnya yang besar membuat bonsai adenium memiliki keunikan tersendiri ketika.

Adenium terdiri dari berbagai jenis, ada jenis bunga berwarna merah, kuning, pink, dan aneka warna lainnya.

Warna-warni bunga adenium ini tentu memancarkan keindahannya tersendiri.

Bentuk batangnya yang bulat, tebal, dan berkelok-kelok akan memudahkan kamu untuk membuatnya menjadi tanaman bonsai.

Di Indonesia, jenis tanaman bonsai ini sudah banyak sekali divariasikan dalam berbagai bentuk.

5. Mammillaria Elongata

Jenis tanaman hias batang kelima ini juga tergolong dalam family kaktus mini.

Mammillaria Elongata memiliki batang yang cukup banyak dan bergerombol. Di permukaan batangnya ditumbuhi duri-duri halus yang sangat lebat.

Jika kamu ingin mempercantik ruangan menggunakan kaktus ini, maka letakkan di tempat yang sulit dijangkau oleh anak-anak agar tak terkena tusukan duri. Misalnya dengan cara digantung.


Jenis Tanaman Hias Batang Di Luar Negeri


Cornus sanguinea/ Midwinter Fire/ Blood Twig Dogwood

jenis tanaman hias batang
image source: pinterest.co.uk

Umumnya dikenal sebagai blood twig dogwood atau jenis cornus ranting darah. Dinamakan begitu karena warna mereka mengingatkan kita pada pembuluh darah. Sebenarnya warna merahnya merupakan warna batang muda. Sementara untuk batang tua berwarna abu kehijauan.

Di musim dingin, midwinter fire memiliki warna batang yang berwarna warni. Meskipus sejenis midwinter fire sedikit berbeda dengan blood twig dogwood. Saat musim dingin batangnya berwarna kuning dengan ujung batang kemerahan seperti warna api yang menyala.

Dedaunannya kuning keemasan dengan bentuk bulat telur berwarna hijau. Bunga tanaman ini berwarna putih kecil yang munsul di akhir musim semi. Buahnya tidak mencolok, tapi menarik bagi burung pemangsanya. Warnanya biru indigo atau menjadi merah keunguan di musim gugur.

Cornus alba/ Siberica/ Tatarian Dogwood

jenis tanaman hias batang
image source: crocus.co.uk

Sibrica atau Tatarian Dogwood merupakan spesies cornus alba yang terkenal karena warna batangnya. Mereka berwarna merah cerah saat musim dingin dan sangat kontras juga mencolok di saat turun salju.

Termasuk jenis tumbuhan semak yang bertangkai banyak dan tidak bercabang. Bunganya kecil berwarna putih kekuningan yang mekar di akhir musim semi. Buahnya disukai burung-burung kecil dan daunnya berbentuk lonjong warna hijau berubah ungu saat musim gugur.

Batangnya yang berwarna merah akan menjadi lebih gelap di musim semi. Tatarian dogwood sering menjadi tanaman hias batang yang disukai orang-orang di negara empat musim, terutama Amerika. Pekarangan rumah sering dihiasi tanaman ini sebagai pagar alami.

Tatarian dogwood atau sibrica berasal dari Asia bagian timur dan tengah. Paling baik dibudidayakan di negara empat musim dengan tanah yang lembab dan kaya akan bahan organik. Sangat toleran pada berbagai jenis tanah dengan drainase yang baik.

Acer rufinerve/ Erythrocladum

jenis tanaman hias batang
image source: commons.wikimedia.org

Tumbuhan ini umumnya dikenal sebagai maple kulit ular dan termasuk jenis maple semak belukar. Berasal dari hutan berbatu yang lembab di daerah Appalachian hingga Georgia, Amerika.

Fitur utama yang menonjol dari jenis tanaman hias batang ini adalah warna kulit kayunya yang menarik. Kulitnya kehijauan di cabang yang muda sedangkan yang tua berubah menjadi coklat kemerahan. Terdapat corak garis-garis putih yang mengingatkan pada corak kulit ular.

Berdaun merah muda di musim semi, akan berubah menjadi hijau di musim panas, dan berwarna kuning di musim gugur. Bentuknya mirip kaki angsa sehingga kerap jjuga dinamakan maple kaki angsa. Bunga maple ini berwarna kuning yang mekar seperti liontin di musim semi.

Senang bila ditanam ditempat yang teduh karena jika terlalu terkena sinar matahari daunnya bisa kering dan bahkan pohon muda bisa mati. Baiknya ditanam ditempat yang teduh dibawah pohon lain yang lebih tinggi.

Prunus serrula

jenis tanaman hias batang
image source: mailordertrees.co.uk

Ini adalah jenis pohon ceri yang terkenal karena kulit kayunya yang berwarna coklat kemerahan dan mengkilap. Berasal dari daerah Cina Barat dan Tibet. Merupakan pohon berdaun bulat dengan batang yang tidak terlalu besar.

Memiliki dau berwarna hijau yang bergerigi dan bunga putih kecil yang muncul di bulan Maret – April. Buahnya merah seperti ceri kebanyakan dengan diameter setengah inci. Rentan terhadap beberapa hama dan penyakit.

Baik di tanah di tanah yang lembab, kaya bahan oraganik, dengan drainase yang baik. Bisa ditempatkan di bawah sinar matahari langsung atau ditempat yang teduh. Agar cepat berbuah pangkas ranting sesuai kebutuhan.

Rubus cockburnianus

jenis tanaman hias batang
image source: chitternseeds.co.uk

Keunikan yang dimiliki jenis tanaman hias batang ini adalah warna batangnya yang putih pucat seperti terkena cat. Menyukai sinar matahari sehingga bisa ditaruh outdoor dengan sinar matahari penuh. Pertumbuhannya cepat.

Periode berbunganya di bulan Juni – September. Termasuk jenis tanaman hias batang semak.

Sepanjang musim panas akan berbunga dengan warna ungu diikuti dengan buah, tapi buahnya tidak bisa dimakan. Batangnya melengkung dan berduri sehingga harus berhati hati ketika memangkasnya.

Leave a Comment