Pengertian Arus Listrik Beserta Penjelasannya Lengkap

Pengertian arus listrik mungkin mudah dipahami bagi sebagian orang, tetapi bagi sebagian lainnya belum tentu. Listrik adalah komponen yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Tanpa listrik, tekhnologi tidak akan berkembang sampai sejauh ini.

Listrik menerangi kehidupan sebagaimana fungsinya yang penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban.

Ia juga memiliki komponen yang kompleks. Sebuah gerak dalam listrik menentukan daya dan tenaga yang dihasilkannya.

Listrik menghubungkan berbagai sumber energy dan mesin menjadi sebuah teknologi yang tepat guna. Listrik melakukan semua kegunaan itu.

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas tentang salah bagian penting dalam komponen listrik. Yaitu arus listrik.

Sebagaimana kita tahu, listrik memiliki gerak dalam komponen yang menyusunnya. Arus listrik menentukan jalan dari listrik ini untuk berbagai kegunaan.

Pengertian Arus Listrik

Pengertian Arus Listrik Beserta Penjelasannya Lengkap
ipa.pelajaran.co.id

Arus listrik adalah sebuah aliran yang terjadi akibat jumlah muatan listrik yang mengalir dari satu titik ke titik lain dalam suatu rangkaian tiap satuan waktu.

Arus listrik juga terjadi akibat adanya beda potensial atau tegangan pada media penghantar antara dua titik. Semakin besar nilai tegangan antara kedua titik tersebut, maka akan semakin besar pula nilai arus yang mengalir pada kedua titik tersebut.

Satuan arus listrik dalam internasional yaitu A (ampere), yang dimana dalam penulisan rumus arus listrik ditulis dalam simbol I (current).

Arus listrik juga merupakan aliran elektron dari atom ke atom yang terjadi pada sebuah penghantar dengan kecepatan dalam waktu tertentu.

Timbulnya arus listrik dikarenakan adanya beda potensial pada kedua ujung penghantar yang terjadi karena mendapatkan suatu tenaga untuk mendorong elektron-elektron tersebut berpindah-pindah tempat.

Gerakan aliran elektron ini akan menuju tempat yang lebih lemah tekanannya. Besar kecilnya arus listrik yang terjadi bergantung pada pembangkit listrik yang mengeluarkan tenaga tersebut.

Tenaga dorong listrik dibutuhkan agar kita bisa memanfaatkan energi listrik, namun tenaga ini haruslah mencukupi dan sesuai jumlahnya. Berdasarkan hal tersebut, arus listrik harus dapat dialirkan dan diputuskan dengan kecepatan yang stabil.

Kecepatan perpindahan arus listrik disebut dengan laju arus yang dapat ditulis dengan I dengan satuan Ampere. Arus listrik tersebut terjadi jika muatan listrik tersebut mengalir setiap detik, sehingga terdapat persamaan muatan listrik, arus listrik, dan waktu, dengan rumus sebagai berikut:

I = Q/t atau Q = I x t

Dimana,

I = Kuat arus listrik (A)

Q = Banyaknya muatan Listrik (Coulomb)

T = waktu (s)

Jenis Arus Listrik

Pengertian Arus Listrik Beserta Penjelasannya Lengkap
gurupendidikan.co.id

Arus searah

Arus searah adalah arus listrik yang nilainya tidak berubah yaitu positif atau hanya negatif saja. Arus searah didefinisikan sebagai arus yang mempunyai nilai tetap atau konstan terhadap satuan waktu.

Peninjauan arus listrik pada waktu berbeda, tetap akan mendapatkan nilai yang sama. Sumber arus searah diperoleh dari elemen-elemen yang memberikan energi listrik yang mengalir secara merata setiap saat, seperti elemen volta, baterai, akumulator.

Arus bolak-balik

Arus bolak-balik adalah arus listrik yang memiliki arah arus yang berubah-ubah secara bolak-balik. Sifat arus bolak-balik berbeda dengan arus searah yang arah arusnya tidak berubah-ubah terhadap waktu.

Bentuk gelombang dari arus bolak-balik biasanya berbentuk gelombang sinusoida sehingga memungkinkan pengaliran energi secara efisien.

Arus bolak-balik juga dapat mengalir dalam bentuk gelombang segitiga atau bentuk gelombang segi empat. Secara umum, penyaluran listrik arus bolak-balik dari sumber listrik menuju ke kantor-kantor atau rumah-rumah penduduk.

Arus bolak-balik juga dialirkan sebagai sinyal-sinyal radio atau audio yang disalurkan melalui kabel. Di dalam aplikasi-aplikasi ini, tujuan utama yang paling penting adalah pengambilan informasi yang termodulasi atau terkode di dalam sinyal arus bolak-balik tersebut.

Demikian ulasan penjelasan lengkap tentang arus listrik dan jenisnya. Beberapa pengertian ini penulis dapatkan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment