Pengertian Avometer dan 4 Hal Tentang Avometer yang Penting diKetahui

Pengertian avometer mungkin masih belum dipahami oleh sebagian orang. Dalam kehidupan sehari-hari, persoalan listrik adalah kebutuhan yang tidak terpisahkan. Karena listrik, segalanya nampak semakin mudah dan efisien.

Perangkat yang berhubungan dengan listrik juga begitu banyak macamnya. Terutama yang menyangkut persoalanm mekanisnya.

Seperti halnya Avometer, secara singkat avometer ini adalah alat pengukur tegangan listrik. Alat ini memungkinkan kita mengecek kestabilan daya listrik yang ada cukup atau bermasalah.

Avometer menjadi solusi dari banyak teknisi atau bagian maintenance dalam urusan listrik. Avometer memiliki skala angka tertentu untuk menunjukan indikatornya.

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas tentang avometer. Ulasannya akan berfokus pada penjelasan, kegunaan, dan hal-hal yang menyertainya.

Beberapa penjelasannya akan dibuat dengan urutan angka untuk mempermudah penyampaian informasi. Barangkali juga para pembaca membutuhkan referensi tertentu dari penjabarannya.

Selengkapnya adalah sebagai berikut. Ikuti tulisannya dari awal sampai akhir ya pembaca semua.

Pengertian Avometer & Hal Penting Tentang Avometer

Apakah saja itu?. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Pengertian Avometer: Avometer berawal dari merk dagang dan ditemukan di Inggris

Pengertian Avometer dan 4 Hal Tentang Avometer yang Penting diKetahui
pengelasan.net

AVOmeter adalah merek dagang Inggris untuk lini multimeter dan alat ukur listrik. Merek tersebut sekarang dimiliki oleh Megger Group Limited .

Avometer pertama dibuat oleh Automatic Coil Winder and Electrical Equipment Co. pada tahun 1923, dan mengukur tegangan searah, arus searah, dan hambatan.

Kemungkinan multimeter yang paling terkenal adalah Model 8, yang diproduksi dalam berbagai versi dari Mei 1951 hingga 2008. Versi terakhir adalah Mark 7.

Multimeter sering disebut hanya AVO, karena logo perusahaan membawa huruf pertama ‘amps’, ‘volt’ dan ‘ohm’. Istilah rumus dalam pembahasan listrik.

Konsep desain ini dikenalkan oleh insinyur Kantor Pos Donald Macadie. Pengenalan AVOmeter asli pada tahun 1923 adalah seorang perwira senior di Departemen Pabrik Kantor Pos di London.

Avometer memiliki desain khusus

Desain AVOmeter menggabungkan interlock listrik yang mencegah rentang AC & DC dipilih secara bersamaan. Misalnya, tidak ada rentang DC, arus atau tegangan, yang dapat dihubungkan kecuali sakelar AC diatur ke posisi “DC”.

Pada Model 8, ini adalah posisi dengan panah sakelar AC vertikal. Demikian pula, untuk menggunakan rentang AC, sakelar DC harus disetel ke posisi “AC”.

Dengan sakelar DC diatur ke posisi “AC” dan sakelar AC disetel ke “DC”, tidak ada arus yang dapat mengalir melalui instrumen.

Akan tetapi, setiap kali instrumen kumparan bergerak kemungkinan akan mengalami kejutan berat dalam perjalanan.

Prraktik yang baik adalah meredam gerakan dengan menghubungkan arus pendek. Kumparan bergerak menggunakan kawat pengukur berat yang terhubung melintasi terminal.

Pada Avometer sebelumnya, ini dapat dilakukan dengan hubungan arus pendek terminal input dan memilih rentang arus searah yang paling sensitif.

Model 8 Mark V, 6 & 7 dilengkapi dengan posisi “OFF” pada sakelar DC yang memutus terminal meter dan menghubungkan arus pendek kumparan bergerak.

Cara kerja Avometer Analog

Pengertian Avometer dan 4 Hal Tentang Avometer yang Penting diKetahui
bacabrosur.blogspot.com

Avometer analog merupakan avometer yang menggunakan jarum sebagai penunjuk ukuran dari rangkaian listrik yang diukur.

Jenis ini bisa dikatakan sebagai jenis avometer manual dimana anda harus membaca skala yang ditunjuk jarum untuk mengetahui hasil ukur.

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat ketepatan pengukuran avometer analog ini adalah penggunanya sendiri.

Hal ini dikarenakan kemampuan pengguna dalam membaca skala pada layar avometer ini sangat mempengaruhi hasil yang didapat.

Pengukuran menggunakan avometer analog ini sangat terbatas, karena memiliki tingkat maksimum ukuran selebar skala pointer. Walaupun demikian, alat ukur listrik yang satu ini sangat baik untuk mengukur sinyal yang tidak stabil.

Meski demikian tetap dibutuhkan ketelitian saat mengamati hasil ukuran yang ditunjukkan oleh jarum. Jika tidak teliti, maka hasil dari pengukuran bisa saja salah atau kurang akurat.

Cara Kerja Avometer Digital

Avometer digital merupakan jenis dari avometer yang hasil dari pengukurannya dapat langsung muncul dalam bentuk angka digital. Oleh sebab itu, tingkat keakuratannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan avometer analog.

Tetapi harga dari jenis avo meter yang satu ini lebih mahal, sehingga banyak yang lebih memilih jenis analog. Selain memiliki tingkat keakuratan yang tinggi, avometer ini juga memiliki kelebihan yang lain.

Kelebihan tersebut adalah sudah dilengkapi dengan auto polaritas, sehingga anda tidak perlu khawatir apabila salah dalam menyambungkan terminal. Walau demikian, kinerja dari avometer digital sangat bergantung pada kondisi baterai.

Sangat disarankan untuk menggunakan avometer digital dalam kondisi baterai penuh untuk performa yang maksimal. Kalau tidak, hasilnya kurang memuaskan.

Leave a Comment