Pengertian Gerbang Logika dan Jenis-Jenisnya yang Wajib Kamu Ketahui

Pengertian gerbang logika? Dalam bahasan mekanika digital dan elektromagnetika penting sekali mengenal beberapa istilah penting. Istilah tersebut adalah istilah yang sudah disepakati bersama untuk memudahkan perkembangannya lebih lanjut.

Dalam ilmu digital dan elegtromagnetika, hal yang seperti pengertian umum bisa jadi berbeda. Misalnya ada istilah yang mirip dengan keilmuan lain, tapi di keilmuan ini bisa memiliki makna yang berbeda.

Salah satunya adalah istilah gerbang logika. Sekilas hal ini mirip dengan pernyataan filsafat dan semacamnya, namun tentu ini adalah hal yang berbeda sekali.

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas mengenai gerbang logika. Beserta 2 hal penting yang menyertainya.

Apakah itu?. Simak ulasan berikut ini dari awal sampai akhir ya, semoga bisa menambah referensi untuk kita semua.

2 Hal Penting Gerbang logika

2 hal yang dimaksudkan di sini adalah pengertian dan jenisnya. Pengertian memungkinkan kita mengurai maksud dari gerbang logika dan jenisnya memetakan permasalahan di dalamnya.

Pengertian penting dari Gerbang Logika

Pengertian Gerbang Logika dan Jenis-Jenisnya yang Wajib Kamu Ketahui
rodablog.com

Gerbang Logika (Logic Gates) adalah sebuah entitas untuk melakukan pengolahan input-input yang berupa bilangan biner (hanya terdapat 2 kode bilangan biner yaitu, angka 1 dan 0). Hal ini bisa dilihat dengan menggunakan Teori Matematika Boolean sehingga dihasilkan sebuah sinyal output yang dapat digunakan untuk proses berikutnya.

Gerbang logika atau gerbang logik adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika Boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik. Gerbang logika terutama diimplementasikan secara elektronis menggunakan diode atau transistor.

Akan tetapi dapat pula dibangun menggunakan susunan komponen-komponen yang memanfaatkan sifat-sifat elektromagnetik (relay) misalnya. Lalu cairan, optik dan bahkan mekanik.

Dalam praktiknya, kedua nilai biner dihubungkan untuk merepresentasikan dua keadaan yang saling berlawanan, misalnya 1 = ada, 0 = tidak ada, 1 = benar, 0 = salah, 1 = ON, 0 = OFF dan sebagainya. Gerbang logika merupakan dasar dari rangkaian sistem digital.

Bentuk operasi dasarnya direpresentasikan dengan tabel kebenaran. Jika bernilai benar (true), maka ditunjukkan oleh “1”.

Sedangkan jika salah (false) ditunjukkan oleh “0”. Terdapat beberapa jenis gerbang logika, yaitu gerbang logika AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR, dan XNOR.

Jenis-jenisnya

Pengertian Gerbang Logika dan Jenis-Jenisnya yang Wajib Kamu Ketahui
wikielektronika.com

Jenis gerbang logika ada 7. Keterangannya adalah sebagai berikut.

  1. Gerbang AND : Apabila semua / salah satu input merupakan bilangan biner (berlogika) 0, maka output akan menjadi 0. Sedangkan jika semua input adalah bilangan biner (berlogika) 1, maka output akan berlogika 1.
  2. Gerbang OR : Apabila semua / salah satu input merupakan bilangan biner (berlogika) 1, maka output akan menjadi 1. Sedangkan jika semua input adalah bilangan biner (berlogika) 0, maka output akan berlogika 0.
  3. Gerbang NOT : Fungsi Gerbang NOT adalah sebagai Inverter (pembalik). Nilai output akan berlawanan dengan inputnya.
  4. Gerbang NAND : Apabila semua / salah satu input bilangan biner (berlogika) 0, maka outputnya akan berlogika 1. Sedangkan jika semua input adalah bilangan biner (berlogika) 1, maka output akan berlogika 0.
  5. Gerbang NOR : Apabila semua / salah satu input bilangan biner (berlogika) 1, maka outputnya akan berlogika 0. Sedangkan jika semua input adalah bilangan biner (berlogika) 0, maka output akan berlogika 1.
  6. Gerbang XOR : Apabila input berbeda (contoh : input A=1, input B=0) maka output akan berlogika 1. Sedangakan jika input adalah sama, maka output akan berlogika 0.
  7. Gerbang XNOR : Apabila input berbeda (contoh : input A=1, input B=0) maka output akan berlogika 0. Sedangakan jika input adalah sama, maka output akan berlogika 1.

Leave a Comment