Bentuk dan Jenis Swivel Pancing yang Umum Digunakan

Bentuk dan Jenis Swivel Pancing yang Umum Digunakan

Bentuk dan jenis swivel pancing – Para angler pasti sudah tidak asing lagi dengan rangkaian pancing satu ini, terlebih bagi pemancing yang sering menggunakan teknik casting, jigging, dan popping.

Sebab swivel adalah benda yang sangat berguna untuk melengkapi peralatan pancing lainnya, sehingga masing-masing dapat bekerja dengan baik.

Swivel memiliki banyak kegunaan di antaranya adalah untuk membuat senar tidak tergulung dan kusut ketika memancing.

Selain itu benda ini dapat memudahkan pemancing ketika memasang senar ke rangkaian mata kail sekaligus dapat menyeimbangkan mata kail ketika berputar.

Karena ia dapat berputar dengan bebas maka kemungkinan senar untuk begulung-gulung dan kusut dapat diminimalisir.

Bentuknya juga mudah dikenali, ia berbentuk seperti dua buah cincin yang saling berkaitan dan terbuat dari logam.

Ukurannya cukup kecil, tetapi masih mudah dilihat oleh mata. Swivel pancing dibuat dengan beragam jenis yang menyesuaikan kebutuhan pemancing.

Oleh karenanya bagi angler yang masih pemula tentu terkadang bisa kebingungan dalam memilih swivel yang tepat.

Supaya swivel yang teman-teman beli nantinya tepat guna dan tidak sia-sia, di bawah ini kami sajikan beberapa informasi mengenai bentuk dan jenis swivel pancing.


Bentuk dan Jenis Swivel Pancing


Kami juga akan menambahkan gambar dari jenis swivel agar pembaca dapat mudah mengenalu dan membedakan tiap jenis-jenisnya.

Kami berharap dengan informasi tersebut, teman-teman dapat sedikit terbantu dalam mempertimbangkan jenis swivel seperti apa yang dibutuhkan. Jadi simak sampai habis yaa.

Three-Way Swivel

Terdapat beberapa jenis swivel yang memiliki bentuk berbeda-beda, salah satunya adalah 3 way swivel.

Sebagaimana namanya, bentuk dari swivel ini cukup unik, mempunyai tiga jalur atau simpulan untuk mengikat senar beserta rangkaiannya dengan snap.

Masing-masing simpulan tersebut disatukan atau diikat dengan cincin. Adapun fungsi dari simpulannya yakni sebagai pemisah umpan dari batu pemberat.

Jenis swivel ini bisa dipakai untuk 2 sampai 3 rangkaian mata kail, dan cocok untuk memancing dengan menggunakan teknik dasaran sebab teknik tersebut tidak menyebabkan banyak gerakan, sehingga rangkaian pancing tidak akan menyatu dan membuat senar kusut.

Jika teman-teman masih bingung bagaimana bentuk dari jenis ini, silahkan perhatikan gambar di atas.

Ball Bearing Swivel

Selanjutnya adalah jenis yang paling kuat di antara jenis swivel yang lain yakni ball bearing swivel.

Sangat cocok digunakan untuk memancing dengan teknik trolling dengan sasaran ikan-ikan yang ganas dan besar.

Pada jenis ini terdapat semacam ball bearing atau kacang-kacang yang bisa berputar dengan sangat baik.

Bagi pemancing berat kami sarankan untuk menggunakan swivel ini, meskipun harganya memang dua kali lipat lebih mahal dibanding barrel swiver.

Bentuk dan Jenis Swivel Pancing: Snap Swivel

Ada juga yang disebut dengan snap swivel, fungsinya sama dengan jenis lain yakni sebagai penyambung umpan dengan tali utama sekaligus mencegah senar terbelit ketika memancing.

Pada jenis ini terdapat baja anti karat supaya karat tidak mudah muncul, sehingga cocok untuk dipakai pada area pemancingan laut juga.

Harga di pasaran dibandrol dengan kisaran Rp. 300 hingga Rp. 10.000 bergantung pada ukuran, dan bahan yang digunakan.

Barrel Swivel

Barangkali beberapa pemnacing sudah tidak asing dengan jenis barrel, sebab memang jenis ini lah yang sering digunakan oleh para pemancing. Memiliki dua jenis yakni straight ( lurus) dan twisted eye.

Cocok digunakan untu teknik memancing casting atau dasaran, dan tidak dianjurkan untuk memancing dengan sasaran yang memiliki beban terlalu berat.

Crane Swivel

Memiliki bentuk bolong pada bagian atas dan bawah. Material yang digunakan pada swivel ini beragam, tetapi biasanya berbahan kuningan, stainless steel, dan nikel. Cocok dipakai pada area pemancingan di air tawar dan laut.

Leave a Comment