Cara Menjinakan Kucing Kesayangan Paling Ampuh

Cara Menjinakan Kucing – Kucing adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia karena kelucuan dan sifat manjanya.

Tetapi sebelum menjadi jinak dan patuh ada beberapa yang kondisinya liar dan tidak terawat ketika ditemukan di jalan atau di pasar.

Permasalahan dalam menjinakkan ini bisa menjadi kendala yang banyak di hadapi oleh sebagian orang ketika mau memelihara kucing liar.

Oleh karena itu pada ulasan ini kita akan memberikan beberapa tips atau cara untuk menjinakkan kucing agar menjadi jinak dan patuh pada kita.

Simak penjelasan berikut ini.


Cara Menjinakan Kucing


Sebelum memulai untuk menjinakkan kucing, sebaiknya kita mengetahui dimana tingkatan kucing tersebut dan seberapa sulit atau mudah dalam menjinakkannya.

Berikut ini adalah tingkatan pengelompokkan kucing dalam menjinakkannya.

1. Easy Mode : tipe ini adalah tingkatan kucing yang paling mudah, karena keadaan kucing masih berumur kurang dari 2 bulan atau dibawah 2 bulan. Biasanya kucing yang ditemukan pada umur seperti ini adalah yang dibuang atau terpisah dengan induknya.

2. Normal Mode : yang tergolong tipe normal yaitu kucing yang berumur sekitar 2-5 bulan.

3. Hard Mode : yang masuk pada tipe ini adalah kucing dengan umur diatas 5 bulan. Untuk menjinakkan kucing yang sudah berumur diatas 5 bulan ini sedikit lebih sulit dan harus lebih sabar.

4. God Mode : kucing yang masuk dalam tipe ini adalah yang sudah berumur di atas 1 tahun dan mempunyai pengalaman pernah diperlakukan kasar atau tidak ramah oleh manusia. Dalam menjinakkan kucing tipe ini harus ekstra sabar dan penuh kasih sayang untuk kembali membangun kepercayaan dengan manusia.

Setelah melihat tipe-tipe kelompok kucing diatas, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjinakkan kucing-kucing tersebut yaitu sebagai berikut :

a. Kenali karakter kucing

Sebelum memulai menjinakkan seperti yang sudah dijelaskan diatas kita harus mengenali seperti apa kucing yang akan kita jinakan.

Bisa dilihat dari umurnya dan karakternya seperti apa.

Apakah sedang stress atau gelisah dan lain-lain. Jadi lihat kondisi dan situasi dulu sebelum mendekat dan memulai menjinakkan.

Setelah kondisi tenang dan kondusif, kalian bisa memulai untuk mendekatinya.

b. Merayu si kucing

Untuk memulai menjinakkan kucing, bisa dengan merayu kucing lewat kata-kata yang manis dan dalam.

Tetapi perlu diingat dalam beberapa kasus saat menjinakkan kucing untuk tidak menatap matanya secara terus-terusan karena bisa dianggap menantang kucing tersebut bukan malah dianggap menatap dengan tatapan dalam.

c. Berikan tempat yang tidak bising dan tersembunyi

Hal yang tak kalah penting adalah menyediakan tempat yang nyaman dan tersembunyi atau tidak bising agar kucing merasa aman dahulu.

d. Jangan membentak dan memarahi

Selain sesekali merayu kucing dengan kata-kata manis, hal lain yang perlu diingat adalah jangan pernah membentaknya disaat kucing tersebut menggeram.

Perlakuan tersebut membuat mereka semakin takut dan menggeram sebagai bentuk perlindungan dirinya. Jadi tetaplah berbicara lemah lembut selama proses menjinakkannya.

e. Memberikan makanan dan minuman

Setelah kucing telah mendekat, kalian bisa memberikan makan dan minum.

Jangan memberikan makan dan minum terlalu sering agar kucing tersebut merasa butuh dengan kita.

Biasanya kucing yang lapar akan mendekat dan mulai mengeong pada kita untuk meminta makan lagi.

f. Memegang dan mengelusnya

Setelah kucing mulai mengenali kita, hal selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk menjinakkannya adalah dengan memegangnya dengan hati-hati.

Memegang dan mengelus kucing merupakan cara yang dirasa ampuh dalam menjinakkan kucing liar.

Mereka akan mulai merasakan bahwa kita sayang pada mereka. Setelah tahapan ini berhasil, kalian bisa mulai untuk menggendongnya.


Nah, itu tadi semua adalah beberapa tips yang bisa digunakan oleh kalian saat kalian ingin menjinakkan kucing liar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat keberhasilan dalam menjinakkan kucing tergantung dari kondisi kucing serta konsistensi kalian dalam prosesnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Keyword: Cara Menjinakan Kucing

Leave a Comment