15 Contoh Ceramah Singkat dengan Berbagai Tema

Contoh ceramah seperti apa yang sedang kamu butuhkan? Membuat materi ceramah terkadang dianggap sulit bagi sebagian orang, terutama bagi seseorang yang tidak pernah membuatnya sama sekali.

Padahal pada saat tertentu hal tersebut adalah suatu keajiban. Sehingga mau tidak mau kamu harus membuat materi ceramah.

Kalau kamu sedang merasa kesusahan dan kebingungan untuk membuat isi ceramah simak terus artikel ini sampai habis ya.

Kata ceramah sudah tidak asing lagi di telinga kita. Seperti yang sudah kita tahu ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar mengenai ajakan, nasehat, pedoman, pengetahuan, dan lain sebagainya.

Setidaknya terdapat enam tujuan utama dari ceramah. Pertama, memberikan informasi kepada khalayak.

Kedua, mengajak pendengar agar mengikuti apa yang telah disampaikan oleh penceramah.

Ketiga, untuk meyakinkan pendengar terkait suatu hal. Keempat, untuk menggambarkan suatu keadaan.

Kelima, untuk menghibur dan menggembirakan pendengar. Dan terakhir yakni untuk menceritakan suatu hal kepada pendengar.

Terdapat lima unsur dalam ceramah di antaranya yaitu, penceramah, pendengar, metode ceramah, media ceramah, dan materi ceramah.

Kelima unsur tersebut haruslah ada dan menjadi hal penting dalam sebuah ceramah tak terkecuali materi ceramah.

Membuat materi ceramah tentu bukan hal mudah, seseorang harus tahu benar apa yang harus disampaikan.

Dan seperti yang kami sampaikan di atas, pada artikel ini akan kami sajikan berbagai materi ceramah dengan berbagai topik.

Semoga dapat membantu mengatasi kebimbanganmu, sehingga kamu memiliki gambaran tentang apa yang ingin kamu sampaikan pada ceramahmu.


Ciri Teks Ceramah


15 Contoh Ceramah Singkat dengan Berbagai Tema
ekopolitan.com

Pidato, ceramah, khutbah, dan semacamnya merupakan penyampaian infromasi di depan khalayak umum.

Semuanya itu mempunyai persamaan dan juga perbedaan. Nah untuk bisa mengetahui perbedaan tersebut, kamu perlu tahu karakteristik masing-masing.

Tetapi di bawah ini kami hanya akan menyajikan ciri-ciri ceramah supaya teman-teman bisa dengan mudah mengidentifikasi teks ceramah. Yuk langsung simak:

  • Terdapat informasi yang disampaikan untuk menambah dan memperluas pengetahuan pendengar
  • Memuat ajakan yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan tindakan dan mengubah sikap atas materi yang dibicarakan
  • Terdapat fakta dan data sehingga dapat memperkuat argumen
  • Disampaikan oleh seseoang yang ahli atau merupakan pakar dalam bidangnya (sesuai dengan topik yang disampaikan)
  • Memuat argumen yang dapat menguatkan materi
  • Tercipta komunikasi dua arah atau lebih berupa tanya jawab atau dialog, kolom komentar, dan lain sebagainya.

Langkah Menulis Teks Ceramah


Seperti yang telah dijelaskan menulis teks ceramah bukanlah perkara mudah, terutama bagi pemula yang masih baru memulai latihan.

Maka perlu adanya panduan yang jelas agar teman-teman pemula dapat menulisnya dengan lebih mudah dan terstruktur dengan baik.

Jika kamu membutuhkan panduan tersebut, coba deh pelajari uraian tentang langkah menulis teks ceramah berikut:

Menentukan Topik

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menulis ceramah adalah menentukan materi yang ingin disampaikan.

Hal ini sangat penting tentu saja, sebab akan berpengaruh pada atensi pendengar. Maka pilihlah topik atau materi yang relevan dengan pendengar.

Penting bagi perceramah untuk memahami terlebi dahulu bagaimana latar belakang pendengar. Adapun beberapa topik umum yang bisa dijadikan materi ceramah seperti minat khalayak, hobi, biografi tokoh, dll.

Merumuskan Tujuan Ceramah

Setelah teman-teman menentukan topik pembahasan, langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan dari ceramah yang disampaikan.

Apakah ceramah tersebut hanya ditujukan untuk berbagi infromasi atau ilmu, atau untuk mempengaruhi pendengar sehingga dapat mengubah perilaku dan melakuka sesuatu.

Menyusun Kerangka Ceramah

Teks ceramah harus disusun berdasarkan kerangka atau sitematika yang ada, sehingga nantinya teks tersebut dapat sistematis dan meyakinkan pendengar.

Adapun kerangka teks ceramah tersebut akan kami jelaskan lebih lanjut pada uraian di bawah ini.


Struktur Teks Ceramah


Melihat contoh di atas dapat disimpulkan bahwa struktur teks ceramah terdiri dari tiga hal yaitu:

Pendahuluan

Bagian ini berisi pembuka yang berupa salam pembuka, ucapan syukur, dan ucapan penghormatan. Dan juga terdapat pengantar yang berisi paragraf pengantar yang mengarah pada topik pembahasan.

Isi ceramah

Sedangkan isi ceramah terdapat bagian inti dan bagian gagasan. Bagian inti berisi pemaparan, pandangan umum, ilustrasi penceramah atas materi yang disampaikan. Dan gagasan yaitu bagian yang berisi tentang ide besar yang ingin disampaikan.

Penutup

Seperti yang telah diketahui bagian penutup bisa berupa simpulan, ucapan maaf, dan terakhir salam penutup.


Contoh Teks Ceramah


15 Contoh Ceramah Singkat dengan Berbagai Tema
stophoax.id

Untuk itu di bawah ini terdapat contoh ceramah dari berbagai sumber tentang beberapa hal yang bisa kamu jadikan referensi materi ceramah:

1. Contoh Ceramah Tentang Kematian

Ceramah dengan topic kematian bukanlah ide yang buruk. Justru ini menjadi pembahasan yang menarik.

Kematian adalah suatu hal yang pasti terjadi pada setiap yang bernyawa. Sayangnya kita tidak pernah tahu kapan tamu itu akan datang menjemput.

Oleh karenanya kematian haruslah diingatkan terus menerus agar kita senantiasa melakukan kebaikan.

Tak hanya itu mengingat kematian bisa menjadi alarm bagi kita untuk menghindari sifat sombong dan tamak, sebab pada akhirnya tak ada harta atau kekayaan yang dibawa mati.

Tetapi perlu diingat topik kematian ini perlu disampaikan dengan cara yang baik, sehingga tidak menimbulkan masalah baru dalam kehidupan dunianya.

Banyak sekali ceramah keagamaan tentang kematian yang bisa kita jadikan alarm. Di bawah ini terdapat salah satu contoh ceramah tentang kematian yang bisa dipelajari:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan banyak nikmat dan karuniaNya kepada kita. Mulai dari nikmat sehat, nikmat lapang hingga nikmat yang tiada tara nilainya yaitu berupa nikmat iman dan islam. Semoga kita senantiasa diberi hidayah oleh Allah SWT sehingga kita bisa mensyukuri semua nikmat yang Allah berikan kepada kita. Dan tak lupa sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi akhir jaman Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Saudara-saudara yang seiman.. disini saya akan menjelaskan sedikit tentang ‘’kematian’’. Sebagaimana firman Allah yang terdapat dalam QS. Ali Imran ayat 185 yang artinya “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan yang namanya mati. Sesungguhnya pada hari kiamatlah disempurnakan pahalamu. Barang siapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, Maka ia sungguh beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan” (QS. Ali Imran 3: 185).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa kematian itu pasti akan datang kepada setiap orang. tanpa kita sadari, saat ini kita sedang menunggu giliran untuk mati. Saat ini, kita berada di kehidupan yang fana dan tidak kekal. Kehidupan akhiratlah yang abadi.

Jika amalan kebaikan kita sangat berat, maka kita akan dimasukkan ke dalam surga. Tetapi, jika timbangan amal buruk lebih berat, maka kita akan masuk neraka. Maka beruntunglah ketika di dunia ini kita lebih berat dalam melakukan amalan keburukan. Karena tidak ada keberuntungan yang lebih besar, selain surga.

Sekian penjelasan yang bisa saya sampaikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi saudara sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh

2. Contoh Ceramah Tentang Sholat

Dalam agama Islam shalat disebut tiang agama. Shalat merupakan syariat yang diwajibkan. Shalat adalah amal ibadah yang pertama kali akan dihisab di hari akhir.

Rukun Islam yang kedua setelah sahadat ini memiliki segudang manfaat yang bisa diperoleh. Bacaan sholat berisi doa-doa kebaikan yang bisa membaa pikiranmu menjadi lebih positif.

Tak hanya itu, sholat menjadi bentuk istirahat dari kesibukan dunia yang tiada habisnya. Perbuatan tersebut dapat merelaksasikan tubh dan pikiran.

Jika dilakukan dan direfleksikan dengan benar, sholat menjadi pengingat kita untuk menjauhi perilaku yang buruk dan merugikan orang lain.

Oleh karenanya banyak sekali penceramah yang mengangkat materi ceramah tentang shalat.

Untuk kamu yang sedang bingung membuat materi ceramah tentang shalat, yuk simak salah satu contoh di bawah ini:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulilah,

Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan curahan nikmatnya hingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan yang berbahagia dan menyenangkan ini saya akan sedikit berceramah mengenai keutamaan sholat.

Saudaraku, kita semua tahu sholat merupakan tiang agama. Maka kita sebagai umat muslim yang beriman agaknya selalu dirikan lah sholat yang khusuk dan benar. Karena dengan kita khusuk saat menjalankan ibadah sholat, berarti kita telah menjalankan satu tiang kehidupan.

Sholat merupakan tiang agama. Hal tersebut bisa dianalogikan dengan sebuah tiang bangunan roboh maka seluruh bangunan pasti ikut hancur dan rusak. Begitu juga dengan kehidupan kita. Baik buruknya sholat kita merupakan cerminan perilaku kehidupan yang kita jalani.

Banyak orang yang berpendapat bahwa jika ingin melihat bagaimana seseorang maka cukup lihat cara sholat orang tersebut. Kalau Sholatnya baik, Insya Allah semua amalan yang dilakukan orang tersebut baik adanya.Karena kekhusukan sholat dapat mencerminkan bahwa seseorang telah dengan maksimal menjalankan perintah Allah dalam hal ini yaitu sholat.

Hal ini juga merupakan sebuah bukti ketakwaan kita terhadap Allah SWT.Lain halnya Saudaraku, jika kita selalu seenaknya dan tidak khusuk saat menjalankan sholat. Baik dalam soal waktu maupun bacaan sholat yang dilantunkan. Maka sudah dapat dipastikan amalan lain yang dilakukan orang tersebut akan tidak jauh berbeda.

Ada juga sebuah Hadist Nabi yang artinya bahwa sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Hal ini menjadi sebuah kesimpulan yaitu sholat yang dikerjakan dengan baik dan khusuk akan dapat mempengaruhi jiwa dan hati nurani kita. Khususnya dari penyakit hati dan hal buruk yang bisa merugikan orang lain.

Dan sampailah kita di bagian akhir dari ceramah untuk hari ini, semoga dapat memberi banyak manfaat bagi semua hadirin yang hadir disini. Mohon maaf tak lupa saya haturkan bila terdapat salah salah kata. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Contoh Ceramah Tentang Ibu

Pada pelajaran bahasa Indonesia, salah satu materi yang diajarkan adalah mengenai pidato dan juga ceramah.

Nah biasanya tugas yang diberikan ketika belajar materi ceramah adalah kita diharuskan berpraktik menjadi seorang penceramah.

Tentu hal itu bukan suatu hal mudah bagi semua siswa. Selain karena berbicara di depan banyak orang membutuhkan mental yang kuat, siswa juga harus memilih materi apa yang akan disampaikan dalam ceramah.

Contoh ceramah tentang ibu ini mungkin bisa kamu jadikan salah satu pilihan:

Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Bapak/Ibu,Saudara sekalian yang saya hormati. Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur pada kehadirat Allah SWT. Karena atas`limpahan rahmat dan karuniaNya kita semua masih diberi kesempatan untuk berkumpul untuk bersilahturrahmi di tempat ini. Tentunya dalam keadaan sehat wal-afiat.

Bapak/Ibu seta Saudara sekalian, pada hari ini saya akan sedikit memberikan ceramah singkat dengan tema “ibu”. Ibu merupakan orang tua kita selain ayah yang patut kita hormati sampai kapanpun. Tidak ada pengecualian karena hal itu merupakan ketentuan Allah SWT.Sesuai dengan salah satu firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Isra’.

Di mana artinya berbunyi “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah engkau berbuat baik kepada ibu-Bapak”. Dan lanjutan artinya adalah “Jika salah seorang diantara keduanya atau keduanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah menyebut kata ‘ah’.”

Selain itu dalam potongan ayat tersebut juga menjelaskan tentang larangan keras pada kita selaku anak-anak mereka untuk membentak keduanya.Berkata kata yang menyakitkan dan buruk. Juga perintah untuk hanya mengucapkan kalimat dan kata–kata yang baik kepada kedua orang tua kita.

Melalui ayat tersebut sudah sangat jelas menerangkan bahwa sebagai seorang anak sudah menjadi kewajiban kita agar menghormati orang tua khususnya ibu. Diharamkan kepada kita mengucap ‘ah’ apalagi sampai membentak kedua orang tua kita. Maka Allah SWT akan tidak segan memberikan azab yang berat.

Hal tersebut tentu sangat berhubungan dengan kehadiran kita di dunia. Ingatlah bahwa kita tidak akan bisa hidup di dunia ini tanpa perjuangan orang tua kita. Melalui mereka Allah SWT memberi amanat kita. Bahkan ada sebuah pepatah Ridho Allah adalah Ridho orang tua.Dan sebaliknya Murka Allah juga merupakan murka orang tua.

Khususnya bagi seorang ibu. Seseorang yang rela mengandung kita selama sembilan bulan lamanya. Setelah itu dengan susah payah beliau akhirnya melahirkan kita tanpa peduli rasa sakit yang dirasakannya. Perjuangan mulianya belum berakhir, kita juga dilimpahi segudang kasih sayang saat proses membesarkan kita selanjutnya hingga dewasa. Hingga ada sebuah kiasan “kasih Ibu sepanjang masa”.

Arti kiasan tersebut kurang lebih yaitu kasih sayang yang seorang ibu berikan memang tak terhingga. Bahkan seringkali tanpa pamrih sedikit pun dan tidak mengharap imbalan kembali. Ada juga istilah yang sangat dikenal oleh masyarakat yang berbunyi surga di telapak kaki ibu.

Semua kiasan,pepatah dan istilah yang selama ini kita kenal dan melekat dalam kehidupan masyarakat tersebut tentunya cukup menjelaskan seberapa berjasanya ibu. Sampai kita diwajibkan untuk selalu menaruh hormat pada beliau. Juga perintah Allah SWT untuk  senantiasa berbuat dan berkata baik pada ibu sampai akhir hayat kita nanti.

Sekian ceramah yang bisa saya berikan hari ini. Semoga dapat memberikan banyak manfaat untuk semua yang hadir hari ini. Untuk salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya. Akhir kata Wassalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Contoh Ceramah Tentang Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas adalah hal yang memiliki dampak negatif. Selain melanggar norma sosial dan agama, pergaulan bebas dapat memudahkan kita tertular sebuah enyakit mematikan, dan masih banyak lagi dampak negatif lainnya.

Oleh karena itu ceramah tentang pergaulan bebas juga menjadi ceramah yang cukup penting agar setiap orang khususnya kaum muda dapat menjauhi pergaulan bebas.

Berikut adalah salah satu contoh ceramah tersebut:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan banyak nikmat dan karunianya kepada kita. Mulai dari nikmat sehat, nikmat lapang hingga nikmat yang tiada tara nilainya berupa nikmat iman dan islam. Semoga kita senantiasa diberi hidayah oleh Allah SWT sehingga kita bisa mensyukuri semua nikmat yang Allah berikan kepada kita.

Tak lupa sholawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari jaman kegelapan menuju jaman yang terang benderang yaitu agama islam rahmatalill alamin.

Saudara sekalian yang saya cintai,

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan sedikit pengetahuan saya tentang pergaulan bebas yang telah menjadi momok paling menakutkan bagi masyarakat, khususnya kalangan remaja.

Sudah kita ketahui, jika dalam jaman yang seperti ini, orang tua kita sudah tidak bisa selalu mengawasi kita 100 %. Kebanyakan orang tua hanya bisa mengawasi anaknya ketika berada di rumah atau ketika kita masih kecil. Tetapi, semakin hari usia anak akan semakin besar dan akan lebih mengenal dunia luar yang sangat bebas, baik dari lingkungan sekolah atau lingkungan bermain. Apalagi jika seorang anak sudah bisa merasakan ketertarikan dengan lawan jenis, sehingga perhatian orang tua sangatlah dibutuhkan untuk menghindarkan pergaulan bebas.

Tanpa adanya fitrah tersebut, mungkin  kita tidak bisa berada disini. dari cinta inilah, muncul sebuah nafsu seksual. Nafsu seksual ini tidak akan menjadi masalah jika nafsu itu disalurkan ketika sudah halal / sudah menikah. Tapi jika nafsu itu disalurkan sebelum waktunya atau sebelum menikah, Maka kita akan dianggap negatif oleh lingkungan kita. Remaja saat ini, menyalurkan nafsu sudah dianggap biasa. Bahkan dianggap ketinggalan jaman jika tidak melakukannya, Naudzubillah.

Maka dari itu, mengikuti kajian seperti ini memang sangat diperlukan, agar kita selalu didekatkan dengan teman-teman yang bisa membawa kita ke hal-hal yang positif. Bagi para bapak-bapak dan ibu-ibu semoga selalu bisa menjaga anaknya dari pergaulan bebas.

Demikianlah penjelasan sedikit dari saya, semoga bisa memberikan manfaat bagi saudara sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh Ceramah Tentang Menuntut Ilmu

Di dalam agama Islam menuntut ilmu merupakan fardhu ‘ain. Karena seperti yang telah dikatakan bahwa agama tanpa ilmu adalah buta, dan ilmu tanpa agama adalah pincang.

Banyak sekali perintah-perintah yang menganjurkan kita untuk selalu menuntut ilmu.

Jika kamu ingin membuat materi menuntut ilmu sebagai materi ceramahmu di bawah ini terdapat salah satu contoh yang bisa kamu jadikan referensi:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan banyak nikmat dan karunianya kepada kita. Mulai dari nikmat sehat, nikmat lapang hingga nikmat yang tiada tara nilainya yaitu berupa nikmat iman dan islam.

Semoga kita senantiasa diberi hidayah oleh Allah SWT sehingga kita bisa mensyukuri semua nikmat yang Allah berikan kepada kita. Sholawat dan salam juga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang sudah membawa kita menuju agama kebenaran yakni agama Islam.

Bapak ibu dan saudara-saudara sekalian,

Disini saya akan menyampaikan sedikit ilmu saya mengenai menuntut ilmu. sebagaimana firman Allah dalam  QS. AL-Mujadalah ayat 11 yang artinya “Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat.”

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa orang yang menuntut ilmu baik itu ilmu dunia maupun akhirat sangatlah diutamakan. Karena dengan mempunyai ilmu,  kita bisa melihat segala sesuatu dari sudut pandang manapun. Selain itu, pikiran kita juga akan selalu jernih dan selalu bijak dalam mengambil segala keputusan.

Contoh kecilnya, ketika kecil hingga sekarang kita disekolahkan agar kita bisa membaca, menulis, berhitung, menganalisa, dan kita juga bisa mempelajari beraneka ragam ilmu akademik atau terapan seperti matematika, fisika, bioligi, sosiologi, akuntansi, pendidikan agama, dan lain sebagainnya.

Dengan kata lain, dengan kita memiliki ilmu, maka wawasan kita akan semakin beragam. Menanamkan ilmu agama juga sangat penting. karena dari ilmu agama kita bisa mengetahui sejarah islam, aqidah akhlak dan bagaimana seharusnya kita berhubungan dengan Allah dan sesama makhluk.

Jika kita hanya berdiam diri tanpa ada niatan untuk mencari ilmu, maka kita akan terlihat buta dari segalannya. Ilmu agama juga sangat penting untuk masa depan akhirat kita nanti. Mendapatkan ilmu agama sangat banyak caranya, kita tidak hanya belajar di sekolah dan kajian ilmu saja. Tetapi, kita juga belajar dari kehidupan sehari-hari kita. Baik itu ketika kita dengan ikhlas membantu orang, beramal, sedekah, sholat dan lain sebagainya.

Sekian  sedikit penjelasan dari saya, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

6. Contoh Ceramah Tentang Bersedekah

Berceramah tentang pentingnya bersedekah juga tak kalah penting mengingat banyak sekali manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain yang bisa dirasakan dari bersedekah tersebut.

Dengan adanya ceramah tentang bersedekah tersebut kita senantiasa diingatkan bahwa tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah.

Berikut ini terdapat salah satu contoh ceramah tentang bersedekah yang bisa dipelajari:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sebelumnya mari kita panjatkan puji dan syukur pada Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya yang senantiasa Allah berikan pada kita semua. Sehingga kita bisa berkumpul bersama di Majelis ini dalam keadaan sehat walaafiat. Sholawat serta salam kami haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta seluruh keluarga dan para sahabatnya. Agar kelak kita mendapat safaatnya di Yaumul Qiyamah.

Tahukah anda semua mengapa islam mewajibkan setiap umatnya untuk melakukan sedekah?

Ada banyak ulama yang menyebutkan bahwa, ada banyak keutamaan yang terdapat pada sedekah apalagi jika kita melakukannya dengan ikhlas dan tanpa pamrih atau mengharap imbalan apapun. Sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam surah Al-Baqarah ayat 261, yang bunyinya yaitu :

“ Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan) oleh orang-orang yang telah menafkahkan hartanya di jalan Allah. Akan serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, yang di mana ada seratus biji di setiap 1 bulir. Artinya Allah akan melipat gandakan (ganjaran) untuk siapapun yang Dia kehendaki. Dan Allah memang Maha Luas (yaitu karunia-Nya), dan Ia pun Maha Mengetahui.”

Dari firman Allah SWT tersebut, sudah jelas bahwa sedekah merupakan salah satu perintah Allah. Kita juga tidak akan jatuh miskin, setiap kali kita ikhlas dalam memberikan sedekah kepada setiap orang yang membutuhkan. Bahkan Allah akan melipat gandakan setiap sedekah yang anda keluarkan, baik dalam jumlah kecil maupun besar.

Tujuan utama dari diperintahkannya sedekah ini adalah, untuk mensucikan harta yang kita miliki dan agar diri dan batin kita merasa tenteram. Khususnya dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini. Hal – hal yang berkaitan dengan sedekah ini, terdapat juga pada sabda Nabi Muhammad SAW yang isinya “Sedekah itu akan menghapus dosa, sebagaimana air yang memadamkan api.”

Bukan hanya itu, tetapi ada banyak lagi keutamaan daru sedekah yang dilakukan dengan perasaan tulus dan ikhlas. Ada beberapa keutamaan yang terdapat dalam sedekah, yang pertama yaitu sedekah yang dilakukan dalam mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Sebagaimana yang juga dijelaskan di dalam Surah Al-Araf ayat 56.

“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di bumi, sesudah Allah memperbaikinya. Serta berdoalah kepada Allah SWT, dengan rasa takut. Yang artinya takut tidak akan diterima, dan berharap bahwa doanya akan dikabulkan. Sesungguhnya rahmat Allah amatlah dekat dengan orang – orang yang berbuat baik. Maka berbuat baiklah.”

Keutamaan sedekah berikutnya yaitu dapat memadamkan murka Allah SWT, sebagaimana yang disebutkan dalam hadist riwayat Thabrani dan Ibnu Asakir. Yang isinya, “Ada sedekah rahasia atau yang tersembunyi, yang akan memadamkan amarah Ilahi.”

Masih banyak lagi keutamaan dalam sedekah, yang membawa makna yang baik bagi kehidupan kita. Maka bersedekahlah dengan tulus dan juga ikhlas, kita juga bisa meningkatkan kepedulian kita pada para fakir miskin dan orang – orang yang tertindas. Selamat bersedekah, sekian yang bisa saya sampaikan tentang sedekah. Semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh

7. Contoh Ceramah Tentang Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah tugas dari semua manusia yang hidup di bumi ini. Dalam agama Islam menjaga kebersihan adalah sebuah anjuran. Kebersihan adalah sebagian dari iman.

Maka seorang yang beriman tidak hanya memperhatikan ibadah saja, tetapi tentu juga akan memperhatikan kebersihan.

Untuk itu tidak ada salahnya jika kamu membuat ceramah tentang menjaga kebersihan seperti contoh di bawah ini:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Alhamdulillahirabbilalami, segala puji bagi Allah SWT yang tak hentinya melimpahkan nikmat dan karunia-Nya pada kita semua. Semoga kita selalu diberi hidayah oleh-Nya, agar selalu bersyukur atas setiap hal yang diberikan oleh-Nya. Tak lupa sholawat dan salam kami curahkan pada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya.

Jamaah yang saya sayangi,

Di sini saya ingin menyampaikan pengetahuan saya mengenai kebersihan, atau bagaimana kita harus menjaga kebersihan. Sebagaimana yang tertulis dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang bunyinya yaitu, “Kebersihan adalah sebagian dari iman.” Hadist tersebut menyebutkan bahwa setiap orang yang menjaga kebersihan dalam hidupnya, maka ia termasuk pada orang yang beriman.

Bukan hanya itu, tetapi perintah Allah mengenai kesucian atau bersuci pun sudah jelas. Misalnya saja ketika kita selesai buang hajat, maka kita wajib membersihkannya. Ketika kita akan melaksanakan shalat, maka wajib bagi kita melakukan wudhu atau tayamum terlebih dahulu untuk membersihkan diri. Kita juga wajib mandi janabah, setelah selesai junub.

Dengan bersuci maka otomatis kita bisa menjaga kebersihan baik diri maupun lingkungan. Allah menciptakan segala hal di bumi pasti ada sebab dan fungsinya, misalnya saja air. Air diciptakan untuk membersihkan diri kita dari segala macam kotoran. Maka banyaknya bersyukur jika Anda hidup di lingkungan yang tidak kekurangan air, dengan begitu kita selalu tampak bersih.

Air juga menjadi salah satu nikmat dari Allah yang harus kita jaga dan lestarikan dengan baik. Sekian penjelasan dari saya mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri. Semoga semua yang saya sampaikan hari ini, dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh

8. Contoh Ceramah Tentang Bulan Ramadhan

Setiap kali menjelang ramadhan tau saat ramadhan akan banyak sekali ceramah-cerah yang berkaitan tentang hal tersebut.

Karena memang pembahasan yang bisa dikaji mengenai bulan ramadhan banyak sekali, dan tidak ada habisnya.

Mulai dari ketentuan-ketentuan syariat dalam pelaksanaan puasa ramadhan, keutamaan , manfaat, dan lain sebagainya.

Tetapi yang perlu diingat materi ceramah tentang bulan ramadhan tidak hanya satu, oleh karenanya kalau bisa jangan mengulang materi tersebut terlalu sering karena akn membuat pendengar bosan.

Di bawah ini terdapat salah satu contoh ceramah terkait bulan ramadhan yang bisa kamu jadikan tambahan materi:

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah, shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Besar Muhammad Shalallahu alaihi wasallam, kepada para sahabat, para tabiin, semoga sampai kepada kita semua sehingga kita semua mendapat pertolongannya di hari kiamat. Aamiin.

Dewan juri yang saya hormati,hadirin walhadirat yang dimuliakan Allah.

Dalam kesempatan ini ijinkanlah saya membawakan tema” Hikmah Shaum Ramadhan”

Allah memawajibkan umatnya untuk melaksanakan saum ramadhah sesuai dengan firmannya :

‘Audzubillahiminasyaithonirrojim bismillahirrahmanirrahim

Ya ayyuhaladziina aamanuu kutiba ‘alaikummshuyaamu kamaa kutiba ‘alaladziina minqablikum la’allakum tattaquun.

Kewajiban shaum telah Allah wajibkan sejak tahun ke 2 hijriyah, sesuai dengan namanya shaum ramadhan dilakukan tiap hari pada bulan ramadhan. Awal bulan ramadahan dapat diketahui dengan menyempurnakan bulan sya’ban 30 hari. Atau dengan Ru’yah hilal atau hisab.

Shaum berarti menahan(imsyak) sedangkan menurut syara shaum ialah menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkanya shaum  mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Shaum adalah menahan diri dari makanan dan minuman dan menaha hawa nafsu serta hal-hal yang dapat mengurangi pahala shaum.

Menurut kesehatan  shaum dapat menjadikan badan kita sehat sesuai dengan sabda Rasul “ bershauamlah maka kamu akan sehat”. Selain baik untuk kesehatan shaum mempunyai beberapa hikmah, diantaranya :

1.Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

2.Meningkatnya penghayatan dan pengamalan agama islam.

3.Meningkatkan kesehatan mental terhadap gangguan kejiwaan.

4.Mendidik dalam pengendalian diri terhadap hal-hal buruk dan keji.

5.Menumbuhkan rasa kasih sayang kepada faqir miskin.

6.Membiasakan diri memelihara amanah.

7.Melatih kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi ujian.

Demikian ceramah yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun. Akhirul kalam Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

9. Contoh Ceramah Tentang Sabar

Sabar adalah sikap yang tidak semua orang bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Di kehidupan ini banyak sekali hal-hal yang terjadi di luar rencana kita.

Jika hal itu terjadi yang harus kita lakukan adalah bersabar sembari merencanakan ulang. Oleh karenanya para penceramah bisa mengingatkan setiap orang untuk bersikap sabar dan harus menjalani hidup dengan penuh ikhtiar.

Karena bersabar bukan berarti menyerah. Sabar berarti memberikan jeda kepada diri sendiri untuk menerima apa yang telah terjadi.

Berikut adalah salah satu contoh materi ceramah tentang sabar yang bisa dipelajari:

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil Alamin, marilah kita ucapkan dan panjatkan rasa syukur pada Allah SWT. Yang telah memberi kita kesempatan, untuk bisa berkumpul di Masjid besar ini dan sama-sama mengkaji dan memahami isi ceramah yang akan disampaikan. Kita juga bisa saling bersilaturahim di tempat ini.

Di dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan dan menjelaskan sedikit tentang makna sabar. Serta sifat dan keutamaan sabar di dalam kehidupan kita sehari-hari. Pada dasarnya asal kata sabar ini berasal dari kata sobaru yasbiru yang artinya adalah menahan. Pengertian dari menahan ini sangat luas, dan pengertian dari sabar itu sendiri bisa diartikan seperti ketika kita puasa dalam menahan nafsu ini dan itu.

Atau bersabar pada saat kita menahan lapar, yang artinya kita harus bisa menahan diri untuk tidak makan dan minum sampai adzan maghrib tiba. Sabar juga dapat diartikan ketika kita harus bersikap sabar, saat menghadapi orang yang berperilaku buruk terhadap kita. Sehingga kita harus menghadapinya dengan sikap sabar, bukan dengan amarah atau membalasnya.

Yang perlu kita ingat adalah, tidak semua orang bisa mendapatkan suatu kenikmatan dari sikap sabar tersebut. karena memang sejak awal orang tersebut sudah bisa menahannya dengan baik. Sehingga penting bagi kita untuk selalu mendekatkan diri pada Allah SWT, dan meminta pada-Nya agar selalu diberikan kesabaran yang tidak ada batasnya.

Sehingga kita pun akan mendapat pahala sebanyak-banyaknya dari Allah SWT, ketika kita bersikap sabar terhadap segala sesuatu. Allah SWT berfirman di surat Al-Baqarah Ayat 153, yang di mana isinya yaitu tentang kesabaran. Di dalam ayat tersebut Allah menerangkan bahwa, Ia akan selalu memberi pertolongan kepada setiap hambanya yang menjalani perintahnya dengan baik.

Pertolongan akan diberikan oleh Allah SWT pada setiap hambanya yang sedang mengalami kesusahan, namun tetal melaksanakan shalat wajib serta bisa menahan diri dengan sikap sabar. Itulah keistimewaan dari sikap dan rasa sabar itu sendiri.

Semoga apa yang saya sampaikan hari ini, dapat memberi manfaat untuk kehidupan para jamaah sekalian. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warrahmatulohi Wabarakatuh

10. Contoh Ceramah Tentang Menjaga Kerukunan

Hidup di tengah keberagaman memang bukan hal yang mudah. Tapi itu sudah menjadi sunnatullah. Setiap orang berbeda.

Apalagi di Negara Indonesia yang ditinggali oleh bermacam-macam suku, budaya, agama, bahasa,dll, bisa sangat sulit menjaga kerukunan tersebut.

Oleh karena itu diperlukan banyak pihak untuk turut mengkampanyekan agar setiap orang bisa saling menghormati perbedaan dan hidup rukun berdampingan.

Salah satu cara untuk menyampaikan pesan tersebut adalah melalui ceramah.

Penceramah bisa mengajak dan memberikan gambaran tentang pentingnya menjaga kerukunan, bukan malah memprovokasi untuk bercerai-berai.

Di bawah ini terdapat salah satu contoh materi ceramah tentang kerukunan yang bisa dijadikan referensi:

Assalaamu’alaikum Wr. Wb

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayatNya kepada kita sehinga kita bisa berkumpul pada siang hari ini. Sholawat serta salam tidak lupa kita curahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW.

Kita umat manusia tahu bahwa kita diciptakan sebagai makhluk sosial. Kita selalu membutuhkan pertolongan orang lain. Kita tidak bisa melakukan segala sesuatu seorang diri, pasti ada campur tagan orang lain, meskipun pertolonga itu hanya sedikit.

Untuk itu, agar segalanya berjalan lancar dan kita bisa saling tolong menolong satu sama lain, kita harus menjaga kerukunan antarsesama. Baik terhadap saudara, tetangga maupun teman. Jangan sampai kita ini terbecah-belah hanya karena hal sepele.

Misalnya, dengan saudara sendiri jangan sampai kita ini memiliki rasa dendam, atau sampai bermusuhan. Karena sudah dijelaskan pada suatu hadis yang artinya : dari Abu Hurairah, dari Nabi. Nabi bersabda bahwa dibuka beberapa pintu surga setiap hari senin dan kamis, maka setiap hamba yang tidak syirik pada Allah akan diampuni, kecuali orang-orang dendam. Makamenunggulah kalian malaikat pada hal ini sehingga keduanya berdamai.

Dari hadis di atas, maka sudah jelas bahwa kita harus saling rukun, damai dan tidak saling bermusuhan karena pintu beberapa surga akan dibuka ketika hari senin dan kamis dan akan dimaafkan oleh Allah bagi mereka yang tidak syirik atau tidak saling bermusuhan.

Atau dengan tetangga sendiri, jangan sampai tidak saling sapa, apalagi tidak saling kenal. Kita harus menyambung tali silaturrahmi agar kerukunan tetap terjalin. Atau dengan teman sendiri saling bermusuhan, tawuran antar pelajar, menggunjing teman. Jangan sampai hal ini terjadi. Karena Allah telah menjelaskan dalam Al-Qur’an pada surat Al-Hijarat : 12, yang berbunyi

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman jauhilah pada persangkaan, karena sebagian dari persangkaan itu adalah dosa. Dan janganlah meneliti kesalahan dan menggunjing sebagian dari kalian. Apakah salah seorang dari kalian senang jika memakan daging bangkai saudara kalian?. Maka kalian akan benci dengan hal itu. Takutlah kalian pada Allah, sesungguhnya Allah maha menerima tobat lagi maha penyayang.

Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa menggunjing dan meneliti kesalahan orang lain itu dosa dan sama artinya dengan memakan bangkai saudara sendiri. Kita tahu bahwa memakan daging bangkai adalah haram dan itu dosa. Oleh karena itu, janganlah kita menggunjing atau mencari kesalahan orang lain. Tetapi, Allah maha menerima tobat dan maha penyayang, jadi kita harus meminta apmun kepada Allah dan tidak mengulanginya lagi.

Untuk itu, kita harus bisa mengintrospeksi diri sendiri. Atau saling menasehati satu sama lain dengan ikhlas, damai dan tanpa dendam dan rasa iri. Karena hal itu, dapat menghilangkan rasa dendam dan iri pada sesama, sehingga kerukunan antar sesama dapat terjalin.

Pada suatu hadis dijelaskan, yang artinya, Nabi bersabda : tidak masuk kalian di dalam surga sampai kalian iman, dan kalian tidak iman hingga saling mencintai. Apakah aku tidak menunjukkan atas perkara ketika kalian berbuat? Maka saling kasih sayanglah kalian dengan menyiarkan salam antar sesama.

Pada hadis tersebut Nabi menjelaskan bahwa kita tidak akan masuk surga jika belum saling mencintai. Dan Nabi menganjurkan untuk saling mengucapkan salam. Untuk itu, kita juga harus mengucapkan salam untuk menjaga kerukunan antar sesama.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

11. Contoh Ceramah tentang Menjaga Aib Sesama muslim

Setiap hinaan orang dan cacian orang, itu baru sedikit aib kita yang di buka oleh Allah SWT di dunia. Apabila aib kita di dunia ini dibuka semua oleh Allah, mungkin kita bisa mati karena Malu.

Namun tahukah kamu barang siapa yang membuka aib saudaranya sendiri, maka kelak di Yaumil akhir aib kita juga akan dibuka oleh Allah SWT.

Malunya kita besok di alam barzah ketika aib kita dibuka, sampai kulit badan kita ini meleleh. Na’udzubillah1

Oleh karena itu, kita harus saling menjaga aib saudara kita sesama muslim, karena kita semua keluarga.

Jika ada teman yang berbuat salah dan khilaf, maka sudah sepatutnya kita saling menasehati bukan malah menyebarkan aibnya tersebut.

Barangkali ia berbuat demikian karena ketidaktahuannya akan aturan agama. Sebelum kamu menjatuhkan nama baiknya, tanyalah terlebih dahulu titik permasalahannya.

Berikut contoh ceramah singkat mengenai keharusan menjaga aib saudara sendiri:

K E N T U T

Dikisahkan, bahwa suatu hari para sahabat sedang berkumpul di masjid. Lalu terciumlah bau kentut diantara mereka, sehingga membuat para sahabat tidak tahan dengan bau tersebut. Salah seorang dari mereka berdiri dan berkata:

“Barangsiapa yang kentut, silakan bangun”

Hening, tak seorang pun berdiri.

Ketika datang waktu Isya mereka berkata, Orang yang kentut pasti akan berwudhu setelah ini. Siapa yang berwudhu itu lah yang kentut”.

Setelah itu, para sahabat menoleh ke belakang untuk melihat siapa yang keluar.

Masih seperti tadi, tak seorang pun yang beranjak dari tempat duduknya (mungkin malu).

Lalu Bilal bangun untuk mengumandangkan adzan. Kemudian Nabi Muhammad ﷺ berkata: “Tunggu dulu, aku belum batal, tapi aku hendak berwudhu lagi”.

Lalu para sahabat pun ikut berwudhu dan tidak diketahui siapa yang kentut waktu itu.

Maka selamatlah dari aib sahabat nabi ﷺ yang kentut tadi.

Kisah Kentut di atas, menceritakan bagaimana seharusnya seorang muslim menjaga kehormatan saudaranya.
Bukan malah menertawakannya atau menyebarkan aib temannya.

Abu Hurairah berkata, bahwa Nabi ﷺ bersabda :

* ﻭَﻣَﻦْ ﺳَﺘَﺮَ ﻣُﺴْﻠِﻤﺎً ﺳَﺘَﺮَﻩُ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍﻵﺧِﺮَﺓِ ﻭَﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻲ ﻋَﻮْﻥِ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪِ ﻣَﺎ ﻛﺎَﻥَ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪُ ﻓِﻲ ﻋَﻮْﻥِ ﺃَﺧِﻴْﻪِ .*

“… siapa yang menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan tutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah ﷻ selalu menolong hamba-Nya selama hamba-Nya menolong saudaranya.”

Subhanallah sungguh mulia sekali akhlak rasulullah ﷺ, beliau mencontohkan kepada kita bahwa setiap muslim adalah saudara dan setiap saudara harus saling menjaga aib atau kehormatan saudaranya itulah yang dicontohkan oleh nabi kepada kita.

Semoga kisah tentang kentut di atas bisa memberikan kita pencerahan terhadap perilaku saling menjaga kehormatan setiap saudara sesama manusia.

Karena dengan kita menjaga kehormatan saudara kita, maka Allah ﷻ akan menjaga kehormatan kita. Lewat kisah sederhana di atas, semoga kita semua yang hadir di majlis ini bisa mencontoh kemuliaan akhlak Rasulullah SAW. Aamiin Aaamiin Ya Rabbal ‘Alamin.(Solid)

12. Contoh Ceramah Khutbah Jum’at

Setiap satu miggu sekali tapatnya pada hari Jum’at lelaki muslim akan mendengarkan ceramah atau khutbah sebelum sholat Jum’at.

Sholat ini merupakan kewajiban bagi laki-laki yang sudah baligh dan memenuhi syarat kewajiban melakukannya.

Khutbah pada shalat ini termasuk ke dalam rukun, sehingga wajib untuk mendengarkannya. Tak sekali, khutbah pada shalat Jum’at dilakukan sebanyak dua kali.

Adapun rangkaian rukun sholat Jumat yaitu khutbah dua kali, baru kemudian melakukan sholat dua rakaat berjamaah.

Dalam menyampaikan khutbah Jum’at khatib harus melakukan beberapa rukun berikut, yaitu: membaca hamdalah di setiap khutbah (baik khutbah pertama maupun khutbah kedua), membaca shalawat pada Rasulullah SAW, dan mengajak jamaah untuk selalu bertakwa kepada Allah.

Kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat Al-Qur’an pada salah satu dari dua khutbah, dan terakhir pada khutbah kedua khatib diharuskan membaca doa untuk seluruh umat muslim.

Berikut salah satu contoh khutbah Jum’at sebagai referensi:

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

الحمد لله رب العالمين القائل : وَوَصَّیۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ بِوَٰلِدَیۡهِ حَمَلَتۡهُ أُمُّهُۥ وَهۡنًا عَلَىٰ وَهۡنٍ وَفِصَـٰلُهُۥ فِی عَامَیۡنِ أَنِ ٱشۡكُرۡ لِی وَلِوَٰلِدَیۡكَ إِلَیَّ ٱلۡمَصِیرُ

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَافِ الأَنْبِيَاءِ وَالمرْسَلِيْنَ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

أما بعدُ فيا عباد الله أوصيكم وإيّاي نفسي بتقوى الله حقّ تقاته فقد فاز المتقون.

Amma ba’du …

Hadirin Jamaah Shalat Jumat yang insyaAllah selalu berada dalam naungan rahmat Allah SWT

Tak henti-hentinya kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita karunia iman dan Islam; nikmat yang teramat besar yang Allah karuniakan kepada hamba-Nya. Semoga kita selalu mendapatkan hidayah-Nya serta berada dalam keadaan Iman dan Islam hingga akhir hayat kita.

Sebuah pujian yang hanya layak dimiliki oleh Allah. Alhamdu lillah; segala puji hanya milik Allah. Tidak pantas bagi manusia untuk mengharapkan pujian, tidak pantas bagi manusia untuk merasa berjasa, karena sejatinya segala pujian hanya milik-Nya semata.

Dan khotib mengajak dirinya sendiri serta jamaah sekalian untuk terus menguatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (Al-Quran, Surat Ali Imran, ayat 102)

Dan tentunya, shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya dan para sahabatnya.

Sidang shalat Jumat yang dirahmati Allah SWT

Dalam khutbah Jumat yang singkat ini, mari kita merenung sejenak sejauh mana kita telah berbakti kepada orang tua kita, khususnya ibu kita.

Kehadiran kita di dunia ini, tidak dapat kita pungkiri, adalah dengan sebuah pengorbanan yang sangat besar dari ibu kita. Dalam Al-Quran, Allah SWT menggambarkan dalam surat Luqman ayat 14:

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.

Jamaah shalat Jumat yang dirahmati Allah SWT,

Dalam kesempatan khutbah Jumat ini, kita akan melihat tiga peristiwa dari sekian banyak peristiwa, yang menunjukkan betapa besar perhatian Islam terhadap ibu.

Yang pertama; adalah peristiwa saat Nabi Isa A.S. berbicara saat masih bayi.

Sungguh adalah sebuah peristiwa yang sangat besar saat Allah menciptakan Nabi Isa A.S. tanpa seorang ayah, untuk menunjukkan kebesaran Allah SWT.

Namun kelahiran Nabi Isa A.S. sempat mendatangkan tuduhan keji kepada Maryam. Digambarkan dalam surat Maryam ayat 27-28, yang artinya:

Kemudian dia (Maryam) membawa dia (bayi itu) kepada kaumnya dengan menggendongnya. Mereka (kaumnya) berkata, “Wahai Maryam! Sungguh, engkau telah membawa sesuatu yang sangat mungkar.

Wahai saudara perempuan Harun (Maryam)! Ayahmu bukan seorang yang buruk perangai dan ibumu bukan seorang perempuan pezina.”

Lalu apa yang dilakukan oleh siti Maryam? Ia menunjuk Nabi Isa A.S. yang kala itu masih bayi. Lalu Nabi Isa A.S. berkata, yang terekam dalam surat Maryam ayat 30-32

قَالَ اِنِّيْ عَبْدُ اللّٰهِ ۗاٰتٰنِيَ الْكِتٰبَ وَجَعَلَنِيْ نَبِيًّا ۙ

وَّجَعَلَنِيْ مُبٰرَكًا اَيْنَ مَا كُنْتُۖ وَاَوْصٰنِيْ بِالصَّلٰوةِ وَالزَّكٰوةِ مَا دُمْتُ حَيًّا ۖ

وَّبَرًّاۢ بِوَالِدَتِيْ وَلَمْ يَجْعَلْنِيْ جَبَّارًا شَقِيًّا

Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi.

Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (melaksanakan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;

dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.

Mari kita garis bawahi bahwa dalam peristiwa yang luar biasa tersebut, Allah menggerakkan lisan Nabi Isa A.S. untuk mendeskripsikan dirinya sebagai orang yang berbakti kepada ibuku. Dan penjelasan ini datang setelah penjelasan bahwa beliau adalah orang yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat.

Dari peristiwa tersebut, jelas bahwa berbakti kepada ibu adalah bukti dari kemuliaan seseorang dan keimanannya kepada Allah SWT.

Peristiwa yang kedua; saat Nabi Ismail A.S. ditinggal bersama ibunya di padang tandus.

Atas perintah Allah SWT, Nabi Ibrahim A.S. harus meninggalkan Nabi Ismail A.S. yang masih bayi bersama ibunya, siti Hajar di Mekkah yang saat itu begitu tandus.

Siti Hajar bertanya kepada Nabi Ibrahim, “Apakah ini adalah perintah Allah?” Ketika Nabi Ibrahim A.S. mengiyakan, maka siti Hajar menerima perintah tersebut dengan pasrah.

Dalam suasana haus dan terik, siti Hajar lalu berusaha mencari air dari Shafa ke Marwa, hingga 7 kali ulang-alik. Dan Alhamdulillah, dengan pertolongan Allah, akhirnya air Zamzam muncul di tanah dekat kaki Nabi Ismail.

Yang luar biasa adalah, peristiwa seorang ibu ini, yang berusaha untuk mencari air untuk putranya, diabadikan oleh Allah SWT sebagai salah satu ritual dalam ibadah Haji yang disebut sa’i.

Maka siapapun yang telah menunaikan ibadah umrah dan haji selayaknya selalu ingat kebesaran Allah dan kasih sayangnya pada Ibu dan anaknya, serta menghayati betapa besar perjuangan seorang ibu.

Peristiwa yang ketiga adalah: saat Ibu Nabi Musa A.S. mendapat Ilham dari Allah SWT

Saat Fir’aun sedang mencanangkan untuk menghabisi seluruh anak laki-laki di negerinya, ibu Nabi Musa A.S. teramat sedih dan khawatir bahwa putranya akan turut dihabisi.

Namun dengan kekuasaan Allah, Allah memberikan ilham kepada Ibu nabi Musa A.S.

وَاَوْحَيْنَآ اِلٰٓى اُمِّ مُوْسٰٓى اَنْ اَرْضِعِيْهِۚ فَاِذَا خِفْتِ عَلَيْهِ فَاَلْقِيْهِ فِى الْيَمِّ وَلَا تَخَافِيْ وَلَا تَحْزَنِيْ ۚاِنَّا رَاۤدُّوْهُ اِلَيْكِ وَجَاعِلُوْهُ مِنَ الْمُرْسَلِيْنَ

Dan Kami ilhamkan kepada ibunya Musa, “Susuilah dia (Musa), dan apabila engkau khawatir terhadapnya maka hanyutkanlah dia ke sungai (Nil). Dan janganlah engkau takut dan jangan (pula) bersedih hati, sesungguhnya Kami akan mengembalikannya kepadamu, dan menjadikannya salah seorang rasul.” (Al-Quran, Surat Al-Qasas ayat 7)

Akhirnya Nabi Musa A.S. dihanyutkan ke sungai Nil, lalu ia ditemukan oleh istri Fira’un. Dan karena bayi tersebut tidak mau menyusui kepada siapapun, akhirnya Allah mengembalikan bayi tersebut ke pangkuan ibunya untuk disusui oleh ibunya.

Kita lihat betapa sentral peranan Ibu dari Nabi Musa A.S. dalam peristiwa di atas. Bahkan hingga Allah memberikan ilham padanya.

Semua peristiwa di atas sangat jelas menunjukkan betapa besar perhatian Islam kepada seorang Ibu.

Ibu, begitu mulia kedudukannya, lebih berharga dari berlian. Dan dalam tingginya derajatnya itu, cinta Ibu pada kita, sungguh tak bertepi.

Demikianlah khutbah pertama ini. Semoga Allah selalu memberi kita taufiq dan hidayah-Nya.

أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ إِنَّهُ هُوَ السَمِيْعُ العَلِيْمُ

 

13. Contoh Ceramah tentang Pentingnya Pendidikan

Pendidikan kini diimani oleh hampir seluruh manusia di muka bumi sebagai faktor penentu keberhasilan seseorang. Manfaat langsung yang dapat dirasakan dari sebuah pendidikan adalah bertambahnya ilmu pengetahuan.

Selain itu pendidikan juga berpengaruh pada pola dan cara berpikir seseorang. Cara seseorang dalam menyelesaikan permasalahannya dapat dipengaruhi oleh pengetahuan yang diperolehnya.

Hal ini karena pendidikan membantu kita dalam membentuk sudut pandang yang berbeda terhadap kehidupan.

Pendidikan juga menjadikan seorang anak manusia berintelektual tinggi sehingga taraf hidupnya meningkat. Lalu bagaimana pandangan Islam dalam menilai pentingnya sebuah pendidikan,

berikut kami ulas lewat sebuah contoh ceramah:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Ibu guru wali kelas yang saya hormati dan teman-teman sekalian yang saya cintai dan saya banggakan.

Puji syukur Alhamdulillah mari kita ucapkan kepada Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa pula shalawat serta salam kita ucapkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw yang telah memberikan tuntunan kepada kita sehingga kita semua berada pada jalan yang benar.

Pada kesempatan kali ini saya akan berpidato mengenai pendidikan di Indonesia saat ini. Keadaan pendidikan saat ini masih menghadapi persoalan dan tantangan yang kompleks dan mendasar. Kegamangan pendidikan salah satunya disebabkan oleh keraguan menetapkan komitmen terhadap konsep pendidikan yang berkarakter Indonesia.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa selama ini, walaupun telah mengalami berbagai fase perubahan kurikulum yang bersamaan dengan berbagai macam peraturan perundangan, masih saja kualitas pendidikan belum seperti yang diharapkan, terutama jika dilihat dari prestasi yang dibandingkan dengan prestasi pendidikan bangsa-bangsa lain.

Berbicara mengenai hal itu, belum lama ini Indonesia melakukan perombakan kurikulum yang dikenal dengan Kurikulum 2013 atau K13. Apa sebenarnya K13 itu?

Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang merupakan lanjutan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dikembangkan pada tahun 2004 lalu, yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu.

Perubahan kurikulum ini tentu saja menimbulkan pro dan kontra. Beberapa diantaranya yaitu pendapat bahwa para guru di Indonesia masih belum siap menerapkan kurikulum baru tersebut, distribusi buku dengan kurikulum baru juga mengalami kendala, dan yang paling merasakan dampak kurikulum baru ini tentu saja para siswa.

Teknik belajar mereka diubah, tugas yang diberikan semakin banyak, dan kegiatan lain yang melelahkan siswa juga bertambah.

Pendidikan di Indonesia ini memang sesuatu yang kompleks untuk dibicarakan dan pada akhirnya menimbulkan banyak pertanyaan menggantung. Seperti, “Lantas apa yang dapat kita lakukan?”, “Bagaimana jalan keluarnya?”, dan masih banyak lagi.

Namun pada akhirnya hal itu kembali pada pribadi masing-masing. Seperti yang sudah saya baca dalam berita mengenai pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, yang menyatakan bahwa peningkatan mutu pendidikan didorong dari pelaku bukan dari aturan.

Maka dari itu, mulai dari sekarang marilah kita melihat diri kita sendiri, mari berusaha untuk memperbaiki perilaku, pandangan, dan pola pikir kita. Sehingga kita bisa lebih menerima apa yang terjadi sekarang maupun yang akan datang, dalam hal ini mengenai pendidikan itu sendiri.

Jika hal itu telah dilaksanakan, meskipun tidak menyelesaikan permasalahan pendidikan seutuhnya, setidaknya kita menjadi pribadi yang lebih baik dan pendidikan di Indonesia pun semakin lama terjalani dengan lebih baik pula.

Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Untuk kata-kata yang kurang berkenan dan kesalahan saya yang lainnya saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terimakasih atas perhatian para hadirin semua.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

14. Ceramah tentang Maulid Nabi

Bulan maulid adalah bulan kelahiran Rasulullah SAW tepatnya jatuh pada bulan Rabiul Awwal.

Banyak dari umat Islam di seluruh dunia tak sabar menanti datangnya bulan ini, karena pada bulan ini terdapat banyak keutamaan-keutamaan.

Pada bulan Rabiul Awal ini Nabi Muhammad SAW dilahirkan ke dunia yaitu pada tangga 12 Rabiul Awal.

Selain itu beliau juga diangkat menjadi Nabi pada bulan ini tepat disaat beliau berusia 40 tahun. Lahir pada 12 Rabiul Awal, beliau juga wafat tepat di tanggal dan bulan yang sama.

Itulah mengapa bulan Rabiul Awwal menjadi bulan yang memiliki keutamaan tersendiri daripada bulan-bulan lainnya dalam Islam.

Banyak umat Islam merayakan bulan maulid Nabi dengan mengadakan acara syukuran dan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Tujuan utamanya memperingati maulid Nabi adalah sebagai media penyampaian rasa cinta kepada Rasulullah SAW lewat shalawat kepada beliau.

Berharap nanti di yaumul akhir shalawat yang kita kirimkan kepada beliau dapat menjadi penolong.

Selain membaca shalawat, biasanya pada acara maulid ditutup dengan ceramah dari para guru. Ceramahnya tentu tidak lain dan tidak bukan berisi tentang sejarah kehidupan nabi dan keutamaan membaca shalawat.

Berikut contoh ceramah di bulan maulid:

15. Ceramah tentang Nasehat Pernikahan

Kini banyak majlis taklim yang mengadakan rubrik khusus tentang kajian berumah tangga.

Atau sering disebut juga dengan kajian pranikah, dimana ditujukan untuk bagi muda-mudi yang masih lajang dan berencana ingin menikah sesegera mungkin.

Pernikahan adalah komitmen sumur hidup, suatu perjanjian yang besar dimana terdapat tanggung jawab dunia akhirat di dalamnya.

Setelah menikah nanti status yang tadinya lajang akan berubah menjadi suami atau istri dari seseorang.

Ikatan suci ini memberanikan seorang laki-laki untuk mengambil seorang wanita dari kedua orang tuanya untuk hidup bersama selamanya.

Wanita yang sudah menikah kini berkewajiban mengedepankan suami dibandingkan kedua orang tuanya.

Disini suami bertugas sebagai seorang imam, menuntun dan membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warrohmah bersama wanita pilihannya.

Seorang suami adalah tumpuan bagi istrinya, kemana suami melangkah ke situlah istri akan ikut.

Nah, sebagai calon suami dan istri yang soleh dan solihah nih, kita tentu saja harus paham terlebih dahulu hakikat dari pernikahan itu sendiri.

Tujuan utama sebuah pernikahan tentu saja untuk beribadah kepada Allah SWT. Namun, saat mengarungi bahtera rumah tangga nanti tentu saja akan ada badai yang menghadang.

Seiring berjalannya waktu akan ada saja rintangan yang harus kalian hadapi dengan pikiran tenang dan hati lapang.

Berikut sebuah contoh ceramah tentang nasehat pernikahan, yang mungkin dapat menjadi penyejuk di kala layu atau penerang di kala gelap.


Demikian contoh-contoh ceramah yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat materi ceramah. Untuk yang masih pemula dalam berceramah tak usah terlalu takut.

Karena biasanya ketakutan tersebut akan membuat kita melupakan apa yang ingin disampaikan. Banyak-banyak berlatih saja dan berusaha serileks mungkin.

Selamat mengajak orang untuk berbuat kebaikan!!

1 thought on “15 Contoh Ceramah Singkat dengan Berbagai Tema”

Leave a Comment