13 Contoh Surat Dokter untuk Berbagai Keperluan Lengkap

Contoh surat dokter banyak dicari untuk memudahkan dalam mendapatkan izin kerja, melengkapi berkas lamaran dan lain sebagainya.

Seperti yang diketahui terdapat banyak sekali kepentingan yang mengharuskan seseorang mengantongi surat dari dokter.

Misalnya saja seperti izin kerja, izin sekolah, izin untuk tidak mengikuti kegiatan, atau untuk keterangan sehat ketika akan masuk kerja, dan keperluan lainnya.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Tentu surat ini pada umumnya akan dibuat oleh seorang dokter dengan format yang telah tersedia. Tetapi taka da salahnya pula jika teman-teman ingin mempelajarinya.

Sebagaimana yang telah disinggung di atas bahwa surat dokter beberapa kliknik dan rumah sakit telah menyediakan format tersendiri. Hanya saja kalau itu berkaitan dengan izin kerja.

Lalu bagaimana kalau itu adalah untuk keperluan lainnya. Apakah format dan konten isinya juga sama? Jawabannya adalah bisa jadi iya, bisa jadi kurang lebih sama. Untuk lebih jelasnya, yuk lanjutin baca!


Pengertian Surat Keterangan Dokter


13 Contoh Surat Dokter untuk Berbagai Keperluan Lengkap
gawecv.com

Dalam berbagai urusan dan keperluan surat dokter atau dikenal juga dengan sebutan surat keterangan dari dokter atau surat keterangan sehat sangatlah penting dan diperlukann.

Biasanya surat dokter ini dipergunakan oleh perseorangan atas nama pribadi dan untuk kepentingan pribadi.

Surat ini merupakan bagian dari surat resmi. Kenapa? Karena penulisan dan penggunaan bahasa yang digunakan harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan atau EYD.

Sehingga tidak salah kiranya, kalau dibutuhkan contoh surat dokter demi penulisan yang baik dan benar.

Contoh surat dokter biasanya dapat kita lihat pada siswa, karyawan ataupun pegawai yang berisi keterangan dari kondisi kesehatan dari orang yang namanya dicantumkan dari surat dokter tersebut.

Surat keterangan dari dokter juga memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Misalnya untuk keperluan izin ataupun keperluan melamar pekerjaan di instansi tertentu.

Contoh surat dokter merupakan surat keterangan dari dokter yang dipergunakan untuk menerangkan kondisi seseorang.

Kondisi disini adalah kondisi sakit maupun kondisi sehat atas nama seseorang dengan keperluan tertentu.

Jadi surat dokter tidak hanya berisikan surat sakit tapi juga surat keterangan sehat sesuai yang tercantum pada surat keterangan dokter.


Cara Membuat Surat Keterangan Dokter


Bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan surat keterangan sehat untuk melamar kerja, surat keterangan sakit dan tidak bisa masuk kerja/ kuliah, anda dapat mendtangi rumah sakit, puskesmas, ataupun klinik terdekat.

Sesampainya di rumah sakit, puskesmas, atau klinik ambil nomor antrian untuk berobat.

Setelah nomor antrian mu dipanggil, masuk keruang periksa dan sampaikan kepada dokter jika anda ingin meminta surat keterangan sehat/ sakit.

Biasanya doker akan langsung memeriksa anda dengan menyuruh anda berbaring di kasur yang telah disediakan.

Dokter akan melakukan chek up ringan biasa dilanjutkan dengan mengajukan beberapa pertanyaan ringan terkait keluhan kesehatan anda.

Jika anda memiliki riwayat penyakit tertentu, anda akan diminta untuk melakukan beberapa tes pemriksaan terlebih dahulu.

Setelah hasil tersebut keluar baru kemudian anda dibuatkan surat keterangan sehat/ sakit.

Namun bagi anda yang memang tidak memiliki riwayat penyakit khusus, surat keterangan sehat/ sakit bisa langsuang anda dapatkan setelah dokter selesai melakukan pemeriksaan biasa.


Contoh Surat Keterangan Sehat/ Sakit


13 Contoh Surat Dokter untuk Berbagai Keperluan Lengkap
bisapintar.com

Tentu belajar dengan disertai contoh bisa membantu teman-teman untuk memahami sesuatu, tak terkecuali dalam mempelajari penulisan surat dokter ini.

Oleh karena itu agar lebih mudah dipahami berikut kami akan lampirkan contoh surat dokter yang dimaksud, silahkan cermati baik-baik ya dan semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

1. Contoh Surat Dokter Untuk Siswa

Pada contoh yang pertama kami akan lampirkan surat dokter untuk siswa.

Dengan surat keterangan sakit dari dokter ini siswa bisa meminta izin untuk tidak berangkat sekolah dengan alasan yang kuat yaitu karena ada surat keterangan agar beristirahat dari dokter.

Hal ini dilakukan agar untuk meyakinkan pihak sekolah bahwa kondisi siswa/I tersebut memang sedang tidak baik-baik saja.

Sehingga siswa tersebut pun bisa istirahat dengan nyaman tanpa mengkhawatirkan perizinan sekolahnya.

Berikut ini adalah salah satu contoh yang bisa dijadikan sebagai surat dokter untuk siswa yang sedang sakit.

UPT PUSKESMAS MELATI
KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa:
Nama : Soni Kuncoro
Pekerjaan : Pelajar

Pada pemeriksaan kesehatan yang sudah dilakukan pada hari ini maka dengan ini menyatakan yang bersangkutan dalam kondisi tidak sehat, sehingga perlu beristirahat selama 3 hati, dari tanggal 24-26 Desember 2018. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diharapkan agar pihak sekolah SMA Negeri 08 Magelang bisa memberikan izin kepada yang bersangkutan.
Demikian surat ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Magelang, 25 Desember 2018

Dokter Pemeriksa

dr. Sojati Nugroho

2. Contoh Untuk Mahasiswa

Dunia kampus sekarang ini berbeda dengan dunia kampus zaman dahulu. Kalau dahulu kehadiran tidak menjadi persoalan serius.

Berbeda dengan dunia kampus sekarang yang mengharuskan mahasiswanya hadir diatas 75%.

Jika Anda seorang mahasiswa sudah menjadi kewajiban anda untuk memberikan penjelasan apabila Anda tidak bisa mengikuti perkuliahan. Mungkin karena Anda sakit. Untuk hal itu Anda wajib mengirimkan surat dokter.

Mungkin karena Anda sakit. Untuk hal itu Anda wajib mengirimkan surat dokter. Berikut kami lampirkan contoh surat keterang sakit dari dokter sebagai bukti jika Anda memang benar-benar sakit.

Meski tentu tidak semua kampus mengharuskan adanya surat dokter untuk perizinan sakit yang tergolong ringan seperti flu atau batuk biasa.

Tetapi pada penyakit tertentu yang penyembuhannya memakan waktu cukup lama, surat dokter akan sangat membantu mahasiswa dalam mendapatkan keringanan dalam hal yang berkaitan dengan urusan perkuliahan.

Yuk simak bagaimana contoh surat dokter yang digunakan mahasiswa pada umumnya:

KLINIK SEHAT SEJATERA
Jl. Imogiri Timur, Yogyakarta

SURAT KETERANGAN SAKIT
Yang bertanda tangan di bawah ini, dr. Cipto Baskoro menerangkan bahwa:
Nama : Suci Putri
Umur : 18 Tahun
Pekerjaan : Mahasiswa

Berhubung dengan sakitnya perlu diberi istirahat selama 2 hari pada tanggal 27-28 Desember 2018. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diharapkan agar pihak kampus dari Universitas Negeri Yogyakarta bisa memberikan izin kepada yang bersangkutan.

Yogyakarta, 26 Desember 2018
Dokter Pemeriksa,

dr. Cipto Baskoro

3. Contoh Untuk Mengikuti Kegiatan Tertentu

Selain untuk surat izin baik di sekolah maupun di kampus. Surat dokter juga dipergunakan untuk mengikuti suatu kegiatan. Misalnya kegiatan ekstrakurikuler, misalnya kegiatan Pramuka.

Dalam kasus ini surat dokter yang dimaksud tidak menyatakan seseorang sakit sehingga diperbolehkan untuk tidak mengikuti suatu kegiatan.

Sebaliknya, surat yang biasa digunakan untuk mengikuti suatu kegiatan akan memuat pernyataan sehat, sehingga kemungkinan resiko kesehatan yang timbul ketika mengikuti kegiatan sangat kecil. Berikut adalah contoh suratnya:

RUMAH SAKIT DAERAH YOGYAKARTA
Jl. Pramuka No. 22, Yogyakarta
Telp. 344565, Fax. 344565

SURAT KETERANGAN SEHAT
Yang bertanda tangan di bawah ini, dr. Isyana Raisa, menerangkan bahwa:
Nama : Siska Wulandari
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta, 30 November 2002
Jenis Kelamin : Perempuan
Umur : 16 Tahun
Tinggi/Berat badan : 162/52
Golongan Darah : B
Buta Warna : Tidak

Telah diperiksa dengan teliti dan dinyatakan:
SEHAT
Surat Keterangan Sehat ini dipergunakan untuk mengikuti kegiatan pramuka di Sekolah.

Dokter Pemeriksa,

dr. Fathin Sidqia Lubis

4. Contoh Surat Dokter Untuk Karyawan

Anda seorang karyawan di suatu perusahaan dan tengan menderita suatu sakit tertentu.

Maka tentu anda membutuhkan perawatan dan tidak bisa masuk kerja sebagaimana biasanya. Sebagai alasan untuk meminta izin.

Maka Anda bisa meminta surat keterangan sakit dari dokter yang memeriksa Anda.

Hampir pada setiap perusahaan mengharuskan karyawan atau pegawainya yang izin dengan alasan sakit melampirkan surat sakit dari dokter.

Meminta surat tersebut pun tergolong mudah, terlebih jika perusahaan tempat kamu bekerja membangun kerja sama dengan klinik tertentu khusus diperuntukkan bagi para pegawainya.

Di bawah ini kami lampirkan contoh surat tersebut, barangkali dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

RUMAH SAKIT CINTA SEHAT
Jl. Cinta Sejati no. 190, Lampung
Telp. 365935. Fax. 365935

SURAT KETERANGAN SAKIT
Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa:
Nama : Surya Permana
Tempat/Tgl Lahir : Lampung, 29 Desember 1996
Pekerjaan : Karyawan Swasta

Pada pemeriksaan kesehatan yang sudah dilakukan pada hari ini maka dengan ini menyatakan yang bersangkutan dalam kondisi tidak sehat. Sehingga perlu beristirahat selama 4 hari, dari tanggal 26-30 Desember 2018.
Untuk itu, saudara dengan nama di atas tidak bisa bekerja sebagaimana biasanya.

Demikian surat keterangan ini dibuat dan diberikan untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.
Bandar Lampung, 26 Desember 2018

Dokter Pemeriksa,

dr. Purnomo Sebastian

5. Contoh Surat Dokter Untuk Melamar Pekerjaan

13 Contoh Surat Dokter untuk Berbagai Keperluan Lengkap
pasiensehat.com

Dalam melamar pekerjaan umumnya juga dibutuhkan surat dokter. Hanya saja bukan untu izin kerja karena sakit, melainkan untuk menerangkan bahwa yang tercantum namanya dalam surat tersebut dalam keadaan sehat.

Surat ini fungsi dan tujuannya sama dengan surat dokter untuk mengikuti suatu kegiatan, yakni menyatakan bahwa seseorang tersebut sehat dan terbebas dari penyakit.

Berikut contoh surat dokter dalam rangka melamar pekerjaan.

DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANTUL
PTD PUSKEMAS BANTUL
Jl. Parang Teritis No. 09 Bantul

SURAT KETERANGAN SEHAT
Dengan ini menyatakan bahwa:
Nama : Dendi Purnama
Umur : 22 tahun
Alamat : Jagalan, Banguntapan, Bantul, D.I Yogyakarta
Setelah dilakukan pemeriksaan:
TB : 176 cm
BB : 60 kg
Dinyatakan dalam keadaan SEHAT, untuk keperluan Melamar Pekerjaan.

Bantul, 26 Desember 2018
Dokter Pemeriksa

dr. Sarjono Utama

6. Contoh Surat Keterangan Dokter dalam Dua Bahasa

Sacara umum saat anda meminta dibuatkan surat keterangan sehat di rumah sakit, anda akan mendapat sutar keterangan sehat berbahasa Indonesia.

Namun untuk keperluan tertentu, misalnya untuk medaftar kerja di luar negeri tentu anda harus meminta surat keterangan sehat berbahasa Inggris. Berikut contohnya:

RUMAH SAKIT Permata Cibubur
Jl. Alternatif Cibubur – Cileungsi No. 6A, Bekasi 17435
Telp. : 845-8806 (hunting) Fax. : 845-92146

HEALTH CENTIFICATE

This is certily that, the result of the General physical examination performed today, date :

Name : Anton Sanjaya
Age : 17 Tahun
Sex ; Male
Occupation : Student

Proves the above to be in good physical health.

Bekasi, May 16, 2018.

Attending Physician,

 

dr. Ahmad Subarjo.

7. Contoh Surat Keterangan Sehat untuk Perpanjangan SIM

Seperti yang kita tahu SIM adalah surat penting yang harus dimiliki oleh setiap orang yang mengendarai motor atau mobil.

Dengan mempunyai SIM berarti menunjukkan bahwa seseorang telah mampu dan layak mengendarai kendaraan dengan aman dan benar.

Nah untuk mendapatkan SIM ini terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi misalnya surat keterangan sehat dari dokter.

Surat keterangan sehat dari dokter tidak hanya digunakan untuk keperluan mendaftar kerja.

Keperluan lain yang membutuhkan syarat sehat saat anda akan membuat atau memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM).

Surat ini sebagai bukti kepada pihak polisi bahwa yang bersangkutan dalam kondisi sehaat dan siap untuk melakukan tes mengemudi.

RUMAH BALAI PENGOBATAN UMUM
MULIA HUSADA
Jl. Nogosoro 22-24, Perumnas BUMI TLOGOSARI, Semarang
Telephone : 024 – 6719050

SURAT KETERANGAN BERBADAN SEHAT

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa :

Nama : Anton Sanjaya
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Umur : 23 Tahun

Pada pemeriksaan kami saat ini

Berbadan Sehat Untuk melanjutkan pengurusan perpanjangan SIM.

Demikian agar yang berkepentingan maklum adanya.

Semarang, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

8. Contoh Surat Keterangan Sehat dari Klinik

Untuk melamar kerja biasanya anda diminta untuk membuat surat keterangan sehat yang berasal dari rumah sakit pemerintah.

Namun beberapa perusahaan mengizinkan anda untuk membuat surat keterangan sehat dari rumah sakit swasta ataupun klinik terdekat.

Membuat surat keterangan sehat di klinik berbeda dengan rumah sakit biasa.

Di klinik anda benar-benar haru menjalani pemeriksaan kesehatan dengan dokter yang ada di klinik tersebut, dengan kata lain anda memang telah berlangganan di klinik tersebut.

KLINIK SEHAT SELALU
Jl. Perjuangan No. 123, Medan
Telp. 12345678. Fax. 12345678

SURAT KETERANGAN
Nomor: 005/K-LD/SK/V/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, Dokter Kepala Klinik Sehat Selalu, menerangkan :

Nama : Intan Permatasari
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Medan
Pekerjaan : Karyawan Swasta

berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh tenaga medis Klinik Sehat Selalu, bahwa yang bersangkutan dengan nama tersebut diatas sedang dalam kondisi sakit dan membutuhkan istirahat selama 3 hari, mulai dari 16 – 18 Mei 2018.

Demikian surat keterangan ini dibuat, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 16 Mei 2018.

Mengetahui,
Kepala Klinik Sehat Selalu,

 

dr. Ahmad Subari.

9. Contoh Surat Keterangan Dokter untuk Rawat Inap

Jika anda sedang sakit dan tidak bisa masuk kerja, maka anda akan diminta perusahaan untuk melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Biasanya di surat tersebut dituliskan bahwa anda diharuskan istirahat (bed rest) selama 2-3 hari lamanya.

Berbeda lagi jika anda dalam kondisi sakit yan cukup parah sehingga mengharuskan anda untuk rawat inap.

Anda harus meminta kepada pihak rumah sakit untuk dibuatkan surat keterangan rawat inap.

Rawat inap tentu saja membutuhan waktu lebih lama dibandingkan hanya istirahat di rumah, biasanya 4-7 hari lamanya.

Pada umumnya format dari surat dokter yang menyatakan seseorang untuk rawat inap adalah sebagai berikut.

PEMERINTAH KABUPATEN TAPANULI UTARA
DINAS KESEHATAN
UPT PUSKESMAS KECAMATAN TARUTUNG
Alamat : Jalan Cempaka Putih No. 5 Kec. Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangan bahwa :

Nama : Anton Sanjaya
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Umur : 20 Tahun
Pekerjaan : Mahasiswa

Pada pemeriksaan yang bersangkutan dalam keadaan sakit, sehingga perlu istirahat selama 5 (lima) hari dari tanggal 16 – 20 Mei 2018. Selama 5 hari tersebut, pasien dengan nama diatas juga harus menjalani rawat inap di Puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih intensif.

Demikianlah surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Tarutung, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

10. Contoh Surat Keterangan Sakit dari Puskesmas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya beberapa lembaga/ instansi mengharuskan para calon karyawan yang mendaftar untuk membuat surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah.

Kebanyakan dari para pendaftar akan meminta surat tersebut dari puskesmas terdekat.

Membuat surat keterangan sehat di rumah sakit membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan di puskesmas.

Yuk coba lihat bagaimana contoh dari penulisan surat tersebut.

PEMERINTAH KABUPATEN MALANG
DINAS KESEHATAN
UPT PUSKESMAS KECAMATAN MAWAR UNGU
Alamat : Jalan Cempaka Putih No. 5 Kec. Mawar Ungu Kab. Malang xxxxx

SURAT KETERANGAN SAKIT
No.: 123/SKD/Mei/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangan bahwa :

Nama : Anton Sanjaya
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Umur : 16 Tahun
Pekerjaan : Pelajar SMA

Pada pemeriksaan yang bersangkutan dalam keadaan sakit, sehingga perlu istirahat selama 3 (tiga) hari dari tanggal 16 – 18 Mei 2018.

Demikianlah surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

11. Contoh Surat Keterangan Dokter dan Diagnosa Penyakit

Surat keterangan sakit pada umumnya hanya mencantumkan bahwa seseorang tersebut sehat. Namun berbeda halnya jika orang teresebut menderita penyakit tertentu dan diharuskan untuk istirahat yang lama.

RUMAH SAKIT SEHAT SELALU
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

SURAT KETERANGAN DOKTER

Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan bahwa :

Nama : Intan Permatasari
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : Mahasiswa
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Berdasar hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, pasien tersebut dalam keadaan sakit, sehingga perlu beristirahat selama 3 hari, dari tanggal 16 – 18 Mei 2018.

Diagnosa : Demam Berdarah

Demikian surat keterangan ini diberikan, untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya

 

Medan, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

12. Pernyataan Sakit dari Dokter

Surat keterangan sakit pada umumnya dapat dikeluarkan oleh semua rumah sakit, puskesmas, maupun klinik.

Surat ini dibutuhkan oleh orang-orang yang memang tidak bisa masuk kerja, sekolah, atau pun kuliah karena sakit yang dideritanya.

Terkadang untuk mendapatkan surat ini kita harus membayar dokter, tetapi pada umumnya surat ini dikeluarkan secara gratis oleh dokter yang memeriksa kesehatan kita.

Kalau kamu masih bingung bagaimana format surat sakit dari dokter, coba deh perhatikan contoh di bawah ini.

RUMAH SAKIT UMUM SUMBER WARAS
Jl. Pangeran Diponegoro No. 123, Bekasi
Telp. 12345678. Fax. 12345678

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan bahwa :

Nama : Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir : Bekasi/20/09/1994
Pekerjaan : Karyawan Swasta

Pada pemeriksaan kesehatan yang sudah dilakukan pada hari ini maka dengan ini menyatakan yang bersangkutan dalam kondisi tidak sehat,, sehingga perlu beristirahat selama 5 hari, dari tanggal 16 – 20 Mei 2018.

Untuk itu, saudara dengan nama diatas tidak  bisa bekerja sebagaimana biasanya.

Demikian surat keterangan ini ddibuat dan diberikan untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

13. Peryataan Sehat dari Dokter

Tak hanya surat keterangan sakit, dokter juga bisa mengeluarkan surat keterangan sehat. Surat ini banyak digunakan oleh para pencari kerja (job seeker).

Tak hanya itu beberapa lembaga tertentu juga terkadang mewajibkan seseorang untuk memiliki surat sehat.

Atau ketika kamu ingin mengikuti sebuah kegiatan, pernyataan sehat dari dokter juga terkadang diperlukan.

Terlebih akhir-akhir ini ketika dunia dilanda oleh corona virus, hamper setiap urusan yang berhubungan dengan banyak orang membutuhkan surat sehat bahkan surat negative covid.

Berikut ini merupakan contoh surat pernyataan sehat dari dokter yang bisa dipelajari, semoga membantu.

RUMAH SAKIT ANANDA PUTRA
Jl. Bengawan timur Blok G Jakarta-Pusat

No Surat    : IXX
Perihal       : Surat Keterangan Sehat
Lampiran    : –

Kami yang bertanda tangan dibawah ini, selaku pihak RS. ANANDA PUTRA. Menerangkan, Saudara :

Nama : Anton Sanjaya
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Telp. : 081234567890

Setelah melalui beberapa tahapan tes dan melihat hasil uji lab Urine. Kami selaku pihak dokter RS. ANANDA PUTRA menyatakan bahwa Saudara yang tersebutkan diatas dinyatakan terbebas dari penyakit dalam atau zat-zat yang berbahaya bagi tubuh atau dinyatakan SEHAT.

Sekian Surat Keterangan Sehat ini kami terbitkan sesuai dengan hasil uji kesehatan yang ada tanpa intervensi apapun. Kami harapkan surat keterangan sehat ini dapat digunakan sebijaknya dan semestinya.

Jakarta, 16 Mei 2018.

Mengetahui,
Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.


Demikianlah ulasan mengenai surat dokter, penjelasan, kegunaan beserta contoh surat dokter. Jadi, surat dokter memiliki peranan sangat penting untuk seseorang.

Salah satu contoh yang telah kita jelaskan diatas misalnya, ketika seseorang dalam keadaan sakit, sehingga tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah atau di kampus bahkan tidak bisa berangkat kerja.

Atau bisa juga karena dibutuhkan dalam melamar suatu pekerjaan. Disinilah peran dan penting surat keterang dokter.

Jadi, setelah mengenali dan memahami dengan baik tentang surat dokter. SelanjutnyaAnda bisa membuatnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Terima kasih!

1 thought on “13 Contoh Surat Dokter untuk Berbagai Keperluan Lengkap”

Leave a Comment