9 Contoh Surat Domisili | Pengertian, Kegunaan, serta Susunannya

Contoh surat domisili menjadi banyak dicari belakangan ini. Kenapa? Karena semakin pendeknya jarak dalam ruang dan waktu.

Apalagi majunya sarana transportasi dan komunikasi membuat orang-orang tidak segan untuk pindah domisili.

Meski demikian haruslah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Harus ada bukti tertulis yang diakui oleh pihak terkait, misalnya RT, RW atau kelurahan. Selain itu, tentulah ada maksud lain dalam hal surat domisili.


Pengertian, Manfaat, dan Susunan Surat Domisili


Pengertian

finansialku.com

Dalam berbagai hal dan urusan, seringkali kita membutuhkan berbagai jenis surat resmi yang dikeluarkan oleh aparat dan pejabat terkait.

Surat ini biasanya diterbitkan oleh aparat atau pejabat tertentu, namun tujuannya dipergunakan oleh seseorang untuk suatu kegiatan tertentu pula.

Salah satu contoh surat yang dikeluarkan oleh aparat atau pejabat tertentu dan banyak dipergunakan sekarang ini adalah surat keterangan.

Surat keterangan ini memiliki banyak jenis-jenisnya. Seperti surat keterangan penghasilan, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan usaha, sampai dengan surat keterangan domisili.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas surat domisili dan contoh surat domisili. Surat keterangan domisili merupakan surat yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang untuk menerangkan keberadaan atau tempat tinggal seseorang dalam suatu wilayah atau daerah tertentu.

Adapun kegunaan dari surat domisili atau surat keterangan domisili ini adalah akan dipergunakan dalam urusan dan kepentigan pribadi, misalnya, seseorang yang baru tinggal di daerah tertentu dan belum memiliki KTP di tempat barunya.

Surat ini bisa juga dipergunakan oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di perusahaan, instansi atau mengikuti kegiatan (program) tertentu. Baik kegiatan yang diusung oleh pemerintah maupun kegiatan itu dilaksanakan oleh pihak swasta.

Anda ingin mengurus surat domisili, maka diperlukan tanda tangan dari pihak pejabat setempat dimana Anda tinggal dengan mengkomunikasikan kepada pihak terkait.

Manfaat

kosngosan.com

Terdapat dua jenis surat keterangan domisili. Domisili tetap (biasanya sesuai dengan alamat yang ada di KTP) dan domisili sementara. Kedua jenis surat domisili ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menerangkan asal-usul seseorang.

Surat keterangan domisili menjadi dokumen resmi dari kelurahan atau aparat berwenang. Selain sebagai bukti yang valid surat domisili juga dapat digunakan sebagai jaminan apabila sewaktu-waktu seseorang melakukan tindakan di luar hukum (kriminal). Surat ini akan membantu polisi untuk melacak asal-usul orang tersebut.

Sebagai tambahan surat domisili sementara adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa anda memang tinggal di sebuah daerah bukan asal (tidak sesuai dengan alamat KTP).

Biasanya surat keterangan domisili sementara ini berlaku jika anda sudah tinggal selama 6 bulan lamanya, tergantung kepentingan dan tujuan anda menetap di daerah tersebut. Ditambah jika anda berniat membeli rumah di daerah tersebut, anda diharuskan memiliki KTP sementara.

Selain sebagai bukti status tempat tinggal, surat domisili juga bermanfaat bagi penduduk untuk menerima bantuan sosial dari pemerintah. Dengan adanya surat keterangan domisili seseorang tersebut akan masuk ke dalam data penerima bantuan.

Susunan

zeus.co.id

1. Kop Surat

Layaknya surat keterangan pada umumnya, surat domisili merupakan catatan resmi yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Sebagai surat resmi, tentu saja surat ini harus memiliki kop surat.

Kop surat adalah kepala surat berisikan nama lembaga, instansi, atau perusahaan. Juga sisertai dengan logo dan alamat lengkap instansi tersebut.

2. Identitas Individu

Dalam membuat surat keterangan domisili profil dari individu yang menjadi objek harus dijelaskan sedetail mungkin.

Diantaranya mencakup nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), agama, pekerjaan, status perkawinan, dan alamat lengkap. Bagi yang membuat surat domisili sementara disertai alama asal dan lama berlaku surat tersebut.

3. Keterangan Isi Surat

Setelah menyebutkan identitas orang yang bersangkutan secara lengkap. Selanjutnya isi surat berisikan redaksi yang menerangkan bahwa seseorang benar adanya adalah penduduk setempat atau berdomisili di daerah tersebut.

4. Tanda Tangan Pihak Berwenang dan Stempel

Surat keterangan domisili tidak akan sah/ tidak berlaku jika tidak ditanda tangani oleh pejabat berwenang. Selain tanda tangan, seperti surat resmi lainnya di samping tanda tangan harus dibubuhi cap basah.

Biasanya pihak yang berwenang antara lain ketua RT, ketua RW, lurah, camat, dan lain sebagainya.

5. Gunakan EYD yang Baik dan Benar

Tak hanya surat keterangan domisili, dalam membuat surat resmi jenis apapun kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baku. Sesuai dengan kaidah-kaidah Ejaaan Yang Dibenarkan (EYD).


Contoh Surat Domisili


Agar lebih jelas dan gamblangnya akan kami paparkan contoh surat domisili berikut.

1. Contoh Surat Keterangan Domisili Penduduk Sementara

Tradisi merantau telah menjadi jamur yang bermunculan di sana sini. Jika Anda juga tertarik merantau ke kota lain, maka sebaiknya anda memiliki identitas diri di kota tersebut. Maka, anda bisa mengurus surat keterangan domisili penduduk sementara di tempat tinggal Anda. Ini adalah contoh surat domisili tersebut.

PEMERINTAH PROPINSI SUMATERA BARAT
KABUPATEN PASAMAN KECAMATAN PANTI
KELURAHAN PANTI SELATAN
DUSUN AMPANG GADANG

SURAT KTERANGAN DOMISILI
No: 234/SKD/Desember/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini Lurah Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman menerangkan bahwa:

Nama : Fauzan Aulia
Tempat/Tgl Lahir : Panti Selatan, 23 Mei 1993
Kewarganegaraan : Indonesia
Jenis Kelamin : Laki-laki
NIK : 8678384269347
Agama : Islam
Pekerjaan : Karyawan Swasta

Benar-benar telah melapor dan tercatat sebagai penduduk sementara di wilayah kelurahan kami, kelurahan Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman.
Demikianlah surat keterangan ini agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pasaman, 27 Desember 2018

Mengetahui Lurah Panti Selatan, Kecamatan Panti,

Sastra Nova, S.H

Contoh Surat Keterangan Domisili Sementara di Sumatera Barat (II)

(KOP SURAT)
(tuliskan nama lembaga atau instansi serta cantumkan logo dan alamat lengkap, misal)
PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
KECAMATAN AKABILURU
KANTOR WALINAGARI SARIEK LAWEH
Jl. Raya Payakumbuh-Suayan Km 6 Sariek Laweh – Kode Pos 26252

SURAT KETERANGAN PENDUDUK
(sertakan nomor surat)

(tuliskan isi surat), contoh: Yang bertanda tangan di bawah ini: Wali Nagari Sariek Laweh, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota, dengan ini menerangkan bahwa: (terangkan identitas yang bersangkutan)

Nama Lengkap : Raisa Saraswati
Jenis Kelamin : Perempuan
NIK : (tuliskan NIK yang bersangkutan dengan lengkap)
Tempat/ Tanggal Lahir : (isikan TTL lengkap sesuai dengan KTP)
Status Perkawinan : (diisi sesuai keterangan terkini)
Agama : (isikan sesuai dengan agama yang dianut)
Pekerjaan : (diisi sesuai dengan status terkini, misal “pelajar”)
Jorong : Niur Kapalo Koto
Nagari : Sariek Laweh
Kecamtan : Akabiluru
Berlaku sampai : (diisikan dengan tanggal berlaku KTP sementara)

Menurut sepengetahuan kami orang tersebut di atas adalah benar penduduk kami yang berdomisili di Jorong Niur Kapalo Koto, Nagari Sariek Laweh, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota.

(diisi dengan kalimat penutp) Demikianlah surat keterangan penduduk ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Sariek Laweh, 11 Agustus 2016
Wali Nagari Sariek Laweh

(tanda tangan wali nagari)
(sertakan cap resmi kantor)

Imelda Hanun

2. Contoh Surat Keterangan Domisili untuk Mengajukan Pinjaman

Anda ingin mengajukan pinjaman ke salah satu Bank atau lembaga simpan pinjam (KSP), maka Anda harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya surat keterangan domisili. Hal ini sangat penting untuk Anda penuhi. Karena memang sangat dibutuhkan oleh pihak Bank atau KSP.

PEMERINTAH PROPINSI SUMATERA BARAT
KABUPATEN PASAMAN KECAMATAN PANTI
KELURAHAN PANTI SELATAN DUSUN AMPANG GADANG

SURAT KTERANGAN DOMISILI
No: 234/SKD/Desember/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, lurah Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, menerangkan bahwa:

Nama : Onrizal Mc
Tempat/Tgl Lahir : Panti Selatan, 23 Januari 1987
Kewarganegaraan : Indonesia
Jenis Kelamin : Laki-laki
NIK : 867838556634367
Agama : Islam
Pekerjaan : Karyawan Swasta

Benar-benar berdomisili di Dusun Ampang Gadang, Kelurahan Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman dan akan mengajukan pinjaman di Bank BRI.

Demikianlah surat pengantar ini, saya buat dengan sebenar-benarnya.

Pasaman, 12 Desember 2018

Mengetahui Lurah Panti Selatan, Kecamatan Panti,

Sastra Nova, S.H

3. Contoh Surat Keterangan Domisili untuk Pembuatan KK

Dokumen penting kependudukan di negara kita ini adalah Kartu Keluarga atau disingkat dengan KK. KK ini merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap warna negara Republik Indonesia. Namun, dalam proses pembuatannya atau pengurusannya Anda membutuhkan surat keterangan domisili dari ketua RT atau RW atau pihak yang berwenang.

RT 06 RW 20 KELURAHAN DEMANGAN
KECAMATAN GONDOKUSUMAN
KOTA YOGYAKARTA-55221

SURAT KTERANGAN DOMISILI
No: 1003/SKD/XII/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, Ketua RT 06/RW 20, Kelurahan Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, menerangkan bahwa:

Nama : Doni Saputra
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat/Tgl Lahir : Yogyakarta, 23 September 1991
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Status : Menikah
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Sapen GK 1 354 RT 06 RW 20, Demangan, Gondokusuman

Nama tersebut di atas adalah benar-benar berdomisili di RT 06 RW 20 Kelurahan Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Demikianlah surat pengantar ini, saya buat dengan sebenar-benarnya. sebagai syarat untuk membuat Kartu Keluarga (KK).

Yogyakarta, 23 Desember 2018

Ketua RT 06,

Subandi Notogoro

4. Contoh Surat Keterangan Domisili untuk Pengurusan KTP

Tidak jauh dengan pembentuk KK baru, Anda juga harus melengkapi berbagai berkas untuk bisa mengurus KTP Anda. Anda ingin mengurus KTP atau pergantian KTP maka Anda harus membawa surat keterangan domisili dari pejabat setempat, berikut contoh surat domisili tersebut.

RT 06 RW 20 KELURAHAN DEMANGAN
KECAMATAN GONDOKUSUMAN
KOTA YOGYAKARTA-55221

SURAT KTERANGAN DOMISILI
No: 1003/SKD/XII/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, Ketua RT 06/RW 20, Kelurahan Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, menerangkan bahwa:

Nama : Ahmad Mirza G
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat/Tgl Lahir : Semarang, 20 September 1993
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Status : Menikah
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Sapen GK 1 354 RT 06 RW 20, Demangan, Gondokusuman

Nama tersebut di atas adalah benar-benar berdomisili di RT 06 RW 20 Kelurahan Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Demikianlah surat pengantar ini, saya buat dengan sebenar-benarnya. sebagai syarat untuk membuat KTP.

Yogyakarta, 23 Desember 2018

Ketua RT 06,

Subandi Notogoro

5. Format Surat Domisili dari RT/ RW

PEMERINTAH DESA ………………………………….
KETUA RT. ………….RW. …………………….
Desa ………………. Kecamatan ……………….. Kabupaten ………………
============================================================

SURAT KETERANGAN
(diisi dengan nomor surat)

Yang bertanda tangan di bawah ini Ketua RT/ RW …. (jelaskan secara spesifik RT/ RW berapa), Kecamatan … (nama kecamatan), Kabupaten … (tuliskan nama kabupaten), dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : ………………………………
Tempat/ Tanggal lahir : ………
Jenis Kelamin : ………………….
Pekerjaan : ………………………..
Agama : …………………………….
Status Perkawinan : ……………
Alamat : …………………………….

Yang bersangkutan di atas adalah benar-benar warga kami yagn berdomisili di …. (tuliskan alamat lengkap). Surat keterangan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan pengurusan ……. (misal membuat KTP atau Kartu Keluarga)

Demikian surat keterangan ini kami buat sebagai mana mestinya, dan agar dapat digunakan sebijak-bijaknya.

……………., …………………
Ketua RT. …… RW. ….

 

(nama terang dan cap)

7. Contoh Surat Keterangan Domisili untuk Melamar Pekerjaan

Dalam melamar pekerjaan selain dimintai surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian (SKCK), biasanya perusahaan akan meminta anda untuk menunjukkan surat keterangan domisili.

Surat ini berfungsi untuk meyakinkan perusahaan bahwa anda memang tinggal di daerah tersebut, terutama bagi pekerjaan yang mengharuskan anda berdomisili di daerah tertentu. Biasanya kasus ini terjadi pada pelamar yang alamat tinggalnya berbeda dengan alamat yang tertera di KTP.

contohsurat.co

8. Contoh Surat Keterangan Domisili untuk Mendaftar Beasiswa

Beberapa beasiswa meminta anda melengkapi persyratan berkas surat keterangan domisili. Terutama beasiswa yang ada kaitannya dengan daerah, misal beasiswa Bidik Misi, beasiswa bagi aktivis daerah, atau beasiswa bagi putra/i daerah.

Surat keterangan domisili ini sekaligus dapat difungsikan sebagai surat rekomendasi untuk beberapa beasiswa. Berikut contoh surat keterangan domisili sekaligus surat rekmondasi bagi pegiat sosial/ masyarakat.

PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
KECAMATAN AKABILURU
KANTOR WALI NAGARI SARIEK LAWEH
Jl. Raya Sariek Laweh-Suayan Km. 6 Sariek Laweh-Kode Pos 26252

SURAT KETERANGAN DOMISILI
(nomor surat)

Yang bertanda tangan di bawah ini Wali Nagari Sariek Laweh Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota dengan ini menerangkan:

Nama : Zainal Abidin
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat/ Tanggal Lahir : Sariek Laweh/ 27 Juni 1990
Status : Belum Kawin
Pekerjaan : Mahasiswa
Alamat : Jorong Niur Kapalo Koto Nagari Sariek Laweh

Sepengtahuan kami orang yang namanya disebut di atas benar penduduk kami yang berdomisili di Jorong Niur Kapalo Koto Nagari Sariek Laweh Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota.

Beliau telah melakukan kegiatan sosial sebagai pegiat sosial dengan menjadi pendamping kelompok tani, dan memberikan motivasi kepada petani kakao Nagari Sariek Laweh selama 5 (lima) bulan lamanya.

Demikianlah surat keterangan domisili ini kami buat dan diberikan kepada yang bersangkutan, digunakan untuk keperluan memenuhi persyaratan beasiswa.

Sariek Laweh, 11 September 2017
Wali Nagari Sariek Laweh

(cap dan tanda tangan)

(Imelda Hanum)

9. Contoh Surat Keterangan Domisili dari Kepala Desa

Selain dari ketua RT/RW, surat keterangan domisili juga bisa diapatkan dari kepala desa (kelurahan). Tergantung ketentuan yang ditetapkan oleh pihak pembuat syarat. Bentuk, redaksi dan isinya hampir sama. Yang membedakan yaitu pada kop surat dan tanda tangan serta capnya.

anekasurat.com

Nah, demikianlah contoh-contoh surat domisili terlengkap yang bisa kami paparkan. Sebenarnya masih ada kegunaan surat domisili yang lain yang belum bisa kami paparkan satu per satu.

Pada intinya surat keterangan domisili sama. Dapt dikeluarkan oleh ketua RT, ketua RW, Kepala Dusun, Kepala Desa, ataupun Camat. Fungsinya sama yaitu menjelaskan status tempat tinggal dan kependudukan seseorang.

Format kesemuanya sama, yang kami lampirkan telah bisa mewakili untuk contoh surat domisili tersebut. Jadi, Anda bisa mengedit sendiri surat domisili yang Anda butuhkan dengan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yang penting adalah format yang diketik dalam surat domisili disesuaikan seperti contoh di atas.

Jika anda berencana untuk tinggal di daerah yang berbeda dari alamat asal (KTP) anda, kami sarankan untuk segera mengurus surat keterangan domisili. Hal ini demi kemudahan anda sendiri dalam mengurus berbagai keperluan.

Misal untuk mengurus keperluan mendaftar asuransi, mendaftar bantuan sosial, ataupun untuk keperluan mencoblos disaat ada pemilihan umum (Pemilu).

Sekarang Anda telah memahami dengan baik tentang surat domisili, jenis-jenis kegunaan (fungsi) berikut contoh surat domisili. Selanjutnya, Anda bisa memperaktekkan sendiri di PC atau laptop Anda ya, selamat mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*