20 Daftar Lagu Minang Terbaik dan Paling Populer

Indonesia kaya akan adat dan budaya, salah satunya di bidang seni khususnya musik. Kekayaan ini ditandai dengan bermunculannya beragam lagu daerah dari sabang sampai merauke.

Salah satu lagu daerah yang eksitensinya masih bertahan hingga kini yaitu lagu-lagu minang terbaik dari negeri Sumatera Barat.

Musik menyatukan semua perbedaan, karena ia bersifat universal. Musik memiliki ragam bahasa, memiliki ragam irama, dan memiliki ragam perasaan.

Dari banyak ragam dan gaya yang dibawakan oleh sebuah musik ia memiliki caranya sendiri untuk menyatukan dan memikat para pendengarnya.

Kali ini kita akan membahas musik daerah yang berasal dari pulau Sumaetra tepatnya di Sumatera Barat yang sering dikenal dengan lagu Minang.

Disebut dengan lagu minang karna lagu ini berlirikan bahasa khas dari Sumatera Barat.


Lagu Minang Terbaik Sepanjang Masa


Berikut lagu-lagu minang terbaik yang sering didengarkan atau juga lagi ngehits. Pokoknya jangan ketinggalan deh yuk disimak:

1. Cinto Bapusarokan – Ucok Sumbara

Mungkin diantara kalian ada yang masih ingat dengan lagu yang satu ini ya.

Saat ini lagu “Cinto Bapusarokan” ini sudah banyak dinyanyikan ulang oleh artis-artis daerah, bahkan di zaman yang sudah cangih ini selain artis juga banyak yang sudah menyanyikan ulang dan ditonton oleh banyak orang di youtube.

Menurut penulis lagu ini tiada habisnya, dari beberapa tahun yang silam sampai sekarang kita masih bisa menikmatinya dan sering mendengarkannya.

2. Ayam Den Lapeh – Elly Kasim

Lagu yang satu ini merupakan salah satu lagu yang dipilih menjadi lagu nasional daerah.

Sudah tak heran lagi ya, lagu-lagu daerah seringkali bait-baitnya seperti pantun atau kiasan-kiasan.

Dalam lagu ini pada lirik “ayam den lapeh” terdengar seperti pantun jenaka.

Sudah tidak heran lagi lagu ini tidak hanya dihafal oleh orang dari daerah Minang saja, tetapi juga disenangi oleh orang-orang selain dari luar daerah Minang.

3. Nasib Bak Cando Roda Padati – Elly Kasim

Salah satu lagu recommended dari penulis, karena lagu ini termasuk lagu lama yang akan membuat kamu rindu kampung halaman setiap kali mendengarnya.

Meski kamu bukan asli orang Minang kamu akan tetap merasakan nuansanya jika dihayati dengan seksama.

4. Mudiak Arau – Ria Amelia

Satu yang menjadi keunikan dari penyanyi lagu ini adalah berdarah Minang yang lahir di Jakarta. Sudah bukan hal yang tabu lagi kalau orang Minang suka merantau.

5. Dindin Ba Dindin – Elly Kasim

Mungkin bagi kamu yang bukan berdarahkan Minang akan tetap familiar dengan lagu yang satu ini ya.

Karena lagu ini memang menjadi salah satu lagu daerah yang akan disebut-sebut namanya dalam sebuah kegiatan budaya nasional.

6. Risaulai – Tiar Ramon

Lagu ini dipopulerkan oleh Tiar Ramon sebagai orang yang membawakan lagu-lagu Minang dan Melayu.

Diawali dengan syair yang panjang, agak berat memang kalau bagi kamu yang tidak mengerti sama sekali bahasa Minang.

Lagu ini penuh dengan kiasan-kiasan dalam menceritakan kehidupan sosial masyarakat.

7. Hujan – Tiar Ramon

Lagu yang satu ini liriknya berceritakan kenangan-kenangan tentang masa lalu seseorang yang teringat kembali saat hujan.

Kenangan semasa ia harus merelakan kekasihnya untuk dipinang oleh orang lain.

Namun dia sekarang ikhlas karena dia percaya bahwa itu kehendak dari Yang Maha Kuasa. Maka hujan diartikannya akan menghapus jejak yang lama.

8. Malam Bainai – Baniqno

Lagu “Malam Bainai” ini mungkin tidak akan hanyut dimakan zaman ya.

Selama masih ada kaum Adam dan Hawa yang akan melangsung pernikan di muka bumi ini, lagu ini akan tergiang-ngiang di kepala pengemarnya.

9. Usah Dikana Juo – Yan Junet

Kebanyakan lagu Minang banyak menceritakan kesedihan ya. Mulai pergi berpisah karna merantau, putus cinta, kematian, ratapan kesalahan, dan banyak lagi yang lain.

Lagu ini juga termasuk lagu yang mungkin sedih kalau dihayati. Karena lagu ini menceritakan tentang perceraian sepasang kekasih.

10. Anak Salido – Betharia Sonata

Lagu ini juga menambah list lagu kamu yang mungkin sedang mencari referensi tambahan lagu Minang terbaik.

11. Jawinar – Nedi Gampo

Lagu ini mungkin tidak terlalu familiar sekarang ini, namun pernah hits di masanya.

Dahulu kala demi bisa menyaksikan lagu ini penulis bela-belain nonton TV di rumah tetangga karena belum punya TV pada zaman itu, jadi nostalgia sekali.

12. Kampuang Nan Jauh Dimato – Chiqita Meidy

Lagu ini merupakan lagu yang jika kamu putar akan teringat kampung halaman.

Meski musiknya bisa dikatakan musik yang gembira, namun jika kamu hayati dengan seksama lagu ini akan membuat kamu sedih karena merindukan kampung halaman.

13. Simpang Ampek – Baniqno

“Simpang Ampek” berlatarkan lintasan jalan di salah satu kota di Sumatera Barat. Dimana orang-orang yang akan pergi merantau akan berdiri disana menanti mobilnya datang.

Lagu ini berkisahkan sebuah persimpangan jalan sebagai saksi dimana sepasang kekasih mengikat janji karna sang pria akan pergi merantau dan wanita akan menunggunya sampai ia kembali.

14. Kambanglah Bungo Parawitan – Tiar Ramon

Lagu ini diangkat menjadi lagu nasional. Memiliki nuansa rasa kecintaan tanah Minang yang tinggi yang digambarkan dengan rasa cinta yang tak bisa lepas dari budaya yang tumbuh di lingkunganya.

Sebuah lagu bernuansa Minang dari pedalaman belahan barat dari pulau Sumatera.

15. Rantau Den Pajauah – Ipank Ft. Rayola

Merupakan salah satu lagu paling hits dari Ipank, karena telah didengar berjuta kali oleh pengunjung di Youtube.

Berkolaborasi dengan penyanyi asli berdarah Minang, Rayola, mereka membuat suatu duet yang banyak memikat hati para pengemar.

Tidak heran banyak yang suka dengan lagu ini disamping lirik lagu ini yang mengisahkan bagaimana cinta jarak jauh.

Menceritakan kisah kebiasan orang Minang yang suka merantau ke negeri orang dengan berdagang, harus merelakan kekasihnya dijodohkan oleh pihak keluarga kekasihnya.

16. Harok Di Rantau Urang – Ipank

Sama dengan lagu “Rantau Den Pajauah” lagu Ipank yang berjudul “Harok Di Rantau Urang” ini juga berlirikan tentang budaya orang Minang yang suka merantau.

Bedanya lagu ini merupakan perkembangan atau kelanjutan dari lagu “Harok Di Rantau Urang”, bagaimana sang pria mengenang masa-masa yang indah dengan kekasih yang sudah lama ditinggalkanya di kampung halamannya.

Dan merasakan perjuangan kerasnya hidup sebagai pedagang di negeri orang.

17. Sakit Dalam Bercinta – Ipank

Masih dalam lingkup penyanyi yang sama. Kali ini lagu yang berjudul “Sakit Dalam Bercinta” ini belirikan tentang kenangan seorang pria yang mengenang kekasih pujaannya yang pergi meninggalkanya.

Bagaimana sang pria mencoba untuk melupakanya, akan tetapi tak bisa, karena ia selalu teringat kenangan manis manjanya dengan sang mantan kekasih.

18. Kandak Rang Tuo – Ipank

Mungkin sebagian kamu semua sangat dan amat familiar dengan lagu yang satu ini. Lagu ini memang enak didengar dan tidak heran menjadi lagu hits dan juga dicintai oleh para pengemarnya.

Dibalik itu lagu “Kandak Rang Tuo” ini memiliki makna yang mungkin sedikit memilukan alias pedih.

Diceritakan seorang pria bagaimana merelakan kekasihnya yang dijodohkan dengan orang lain karena sang pria hanyalah orang biasa yang tak memiliki harta.

Dia lebih memilih mengalah karena tidak ingin kekasihnya menderita karena dirinya yang tak punya apa-apa

19. Cinto Apo Adonyo – Ipank

Berbeda dari lagu-lagu Ipank sebelum-sebelumnya yang mengisahkan tentang kisah cinta yang harus dalam jarak jauh bahkan memilih berpisah karna belum ada kepastian, lagu ini menceritakan tentang seorang wanita yang mencoba untuk setia terhadap kekasihnya.

Walaupun banyak pria yang menggodanya, akan tetapi wanita tetap teguh untuk memilih setia.

Sebelum bahas lagu kalian semua tentu harus tahu judul dalam lagu ini merupakan nama sebuah lembah curam yang terletak di salah satu kota di provinsi Sumatra Barat.

Lembah ini memanjang dan berkelok sebagai garis batas antar kota.

20. Ngarai Sianok – Kenangan Fitri

Selanjutnya tentang lagu “Ngarai Sianok” ini menceritakan tentang bentang keindahan ciptaan Sang Maha Kuasa yang menjadi saksi setiap insan yang berpijak di atasnya.

Sekian 20 deretan lagu Minang terbaik versi rahasiabelajar.com. Semoga bermanafaat dan bisa menemani kamu dikala santai atau aktivitas sekaligus.

Dan bagi kamu dalam perantauan lagu-lagu ini akan membuat kamu-kamu semua sangat rindu untuk pulang kampung.

Leave a Comment