22 Contoh Surat Niaga Untuk Para Pelaku Bisnis

Contoh Surat Niaga – Menjadi pengusaha/pelaku bisnis tak bisa dilepaskan dari urusan persuratan penawaran kerjasama atau distribusi.

Hal ini membutuhkan satu medium resmi yang bernama surat. Surat resmi tentu saja.

Karena jika perusahaan atau usaha tidak melakukan pelebaran, efisiensi produksi atau sasaran pasar yang hal tersebut harus menggunakan surat resmi maka bisa jadi bisnis atau usaha tidak bisa berkembang baik atau justru malah mengalami penurunan di tengah persaingan bisnis atau usaha yang hari ini semakin ketat.


Pengertian Surat Niaga


Surat niaga adalah surat yang dibuat oleh perorangan, perusahaan, maupun bentuk badan usaha lainnya untuk kepentingan perdagangan atau bisnis. Karenanya sering disebut juga sebagai surat dagang.

Berdasarkan sifatnya surat niaga terbagi ke dalam dua jenis, yaitu surat niaga intern dan surat niaga ekstern. Perbedaan keduanya terletak pada situasi transaksi jual belinya.

Jika jual beli dilakukan antar pihak di dalam perusahaan yang sama maka disebut dengan surat niaga intern.

Namun jika transaksi tersebut terjadi antar perusahaan yang berbeda maka disebut dengan surat niaga ekstern.
Dalam hal kegunaannya surat niaga memiliki banyak fungsi.

Fungsi utama yaitu sebagai bukti perjanjian antara penjual dan pembeli dalam bentuk fisik. Selain itu surat niaga juga dapat digunakan sekaligus sebagai sarana promosi produk yang dijual.


Contoh Surat Niaga


Perdagangan atau perniagaan yang menuntut banyak ketrampilan tentu saja jangan sampai mengesampingkan surat resmi yang harus dikuasai oleh tim atau perorangan terkait.

Boleh dibilang karena pentingnya persuratan ini, divisi atau departemen pengarsipan di perusahaan benar-benar menjaga dan mendokumentasikannya dengan tertib.

Hal ini dilakukan agar pola perjalanan bisnis dan jaringan yang menyertai perusahaan bisa diakses kapanpun jika dibutuhkan.

Lebih lanjut, surat niaga ini tak lain tak bukan adalah semacam pengantar resmi dari kesepakatan yang akan diperoleh selanjutnya.

Surat tersebut berisi rincian, syarat, harga, detail, dan hal lain yang menyertai dalam mempermudah proses transaksi.

Hal ini juga tentu memudahkan usaha lembaga, instansi, atau perorangan untuk memperluas konsumen dari produk yang ditawarkan.

Jadi, mari kita simak beberapa contoh surat berikut. Harapannya, gambaran di bawah ini bisa membantu rekan-rekan dalam menyusun surat niaga yang akan dipergunakan sesuai dengan sasaran yang dituju.

1. Contoh Surat Niaga Penawaran Harga

Surat niaga penawaran harga ini dimaksudkan untuk merespon informasi yang beredar, baik melalui surat masuk atau rilis umum yang bisa diakses publik dari media terkait produk tertentu.

Melalui surat akan dijelaskan secara singkat tentang rincian penawaran yang kemudian diperjelas pada lampiran yang disertakan. Contohnya adalah sebagai berikut ini:

PT. UNTUNG TERUS
Jl. Onta No. 34 Makassar

Nomor : 102/28/SPH/IX/2018
Lampiran : 1 Berkas
Perihal : Penawaran Harga

Kepada Yth:
Pejabat Pembuat Komitmen (P2K)
Di
Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ilham Hidayat
Jabatan : Kepala Cabang
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 12 Makassar

Dengan ini menyatakan bahwa setelah mempelajari dokumen Pelelangan Pengadaan Peralatan Komputer untuk Sekretariat Pengadilan Pajak, Departemen Keuangan dan setelah mengikuti acara Penjelasan Lelang (Aanwijzing) sebagaimana keterangan pada Berita Acara Penjelasan Lelang, dengan ini kami mengajukan penawaran harga peralatan komputer dengan feature sesuai dengan penawaran yang kami ajukan pada sampul 1 dengan rincian harga sebagai berikut:

Dekstor User Merk/ Type Samsung 15 Unit @Rp. 4.000.000 Rp. 60.000.000
Printer User Merk/ Type Canon 5 Unit @Rp. 3.000.000 Rp. 15.000.000
Rp. 75.000.000
PPN 10% Rp. 7.500.000
Jumlah Rp. 82.500.000

Terbilang: Delapan Puluh Dua Juta Limat Ratus Ribu Rupiah.

– Penawaran harga berlaku sampai dengan tanggal [28 Oktober 2018]
– Waktu penyelesaian pekerjaan selambat-lambatnya : 8 (Delapan) hari kerja setelah tanggal Kontrak.

Kami berjanji dan sanggup melaksanakan pekerjaan tersebut di atas dan tunduk kepada ketentuan-ketentuan yang berlaku dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Sebagai kelengkapan penawaran, bersama ini kami lampirkan surat-surat yang diperlukan.

Makassar, 05 Oktober 2018

PT. Untung Terus
Ilham Hidayat

Kepala Cabang

2. Contoh Surat Niaga Penawaran Lelang

Surat niaga penawaran lelang ini boleh dibilang hampir sama dengan surat niaga penawaran harga. Bedanya, surat ini khusus ditujukan untuk merespon lelang yang sedang diadakan.

Adapun harga yang disiapkan dibuat sedetail mungkin untuk menyesuaikan harga awal yang ditawarkan. Contohnya adalah sebagai berikut ini:

Nomor : 12/82/SPL/IX/2018
Lampiran : 4 Eksamplar
Perihal : Penawaran Lelang

Kepada Yth.
Pejabat Pembuat Komitmen (P2K)

Di
Makassar

Dengan hormat,

Setelah mempelajari Dokumen Pekerjaan Pengadaan alat berat pada dinas pekerjaan umum serta telah mengikuti Rapat Penjelasan Pekerjaan pada tanggal 28 September 2018, kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ilham Hidayat
Jabatan : Kadiv Pemasaran
Bertindak untuk dan atas nama,
Perusahaan : PT. Sukses Selalu
NPWP : 1090219330184912
Alamat : Jl. Tupai No. 23 Makassar

Bersama ini mengajukan Dokumen Penawaran pekerjaan dimaksud dengan uraian sebagai berikut :
Dokumen Administrasi terdiri dari Surat Penawaran, Jaminan Penawaran, Referensi Bank, Surat Pernyataan Bukan Pegawai Negri Sipil/TNI/POLRI dan Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen sesuai dengan Dokumen Pelelangan;

1. Dokumen Teknis terdiri dari daftar merk dan spesifikasi barang/peralatan, gambar/brosur barang/peralatan jangka waktu pelaksanaan pekerjaan. dan time schedule pengiriman, Surat Dukungan, Jaminan Ketersediaan dan Jaminan Purna Jual dari Pabrikan/Agen/Distributor, sesuai dengan Dokumen Pelelangan;

2. Dokumen Penawaran Harga terdiri dari Daftar Kuantitas dan Harga dengan mencantumkan rincian harga satuan dan keseluruhan barang/peralatan yang ditawarkan;

3. Masa berlakunya Surat Penawaran ini adalah selama 60 (enam puluh) hari kalender, sejak tanggal Surat Penawaran;

4. Jangka Waktu pelaksanaan pekerjaan yaitu selama 30 (tiga puluh hari) hari kalender, sesuai dengan ketentuan dalam dokumen Pelelangan.

Bersama ini kami mengajukan penawaran harga pekerjaan tersebut dengan nilai total penawaran sebesar Rp 20.000.000.000

Sesuai dengan Daftar Kuantitas dan Harga

Apabila penawaran ini diluluskan, maka kami akan melaksanakan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

1. Sejak ditandatanganinya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK), Maka kami sangup dan bersedia melaksanakan pekerjaan dengan baik sesuai dengan surat Perjanjian Pekerjaan/Kontrak.

2. Bahwa kami akan senantiasa tunduk terhadap ketentuan – ketentuan dan Pengarahan Pejabat Pembuat Komitmen (P2K), Keppres Nomor 80/2003, serta Perubahan-perubahannya.

3. Sampai saat penandatanganan Surat Perjanjian Pekerjaan/Kontrak, maka surat penawaran ini selama masa berlakunya adalah merupakan perjanjian yang mengikat.

Demikianlah surat penawaran harga ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Makassar, 30 September 2018
Hormat kami,
PT. Sukses Terus

(Ilham Hidayat)

3. Contoh Surat Niaga Penawaran Makanan

Hari ini sudah tidak asing lagi usaha yang bergerak di bidang kuliner.

Rekan-rekan bisa membangun kerjasama dengan berbagai perusahaan untuk mengembangkan usaha yang sedang dirintis tersebut.

Usaha kuliner itu bisa berupa bahan makanan mentah, makanan setengah matang, atau makanan yang sudah jadi.

Surat niaga penawaran makanannya bisa menyertakan foto, keunggulan, harga, dan komposisi. Contohnya adalah sebagai berikut ini:

PT SEGAR ALAM ABADI
Jl. Singa No. 23 Makassar
Telp. 0411 332769/ Fax. 0411 332766

Kepada
Manager Pemasaran
PT Karya Gemilang Sentosa
Up. Bapak Ilham Hidayat
Jl. Kanguru No. 45 Makassar
Makassar

SURAT PENAWARAN
No. 005/PTSAB/60/X/2018

Dengan hormat,

Melalui surat ini kami bermaksud untuk memperkenalkan perusahaan kami, PT. Segar Alam Abadi kepada perusahaan Bapak PT Karya Gemilang Sentosa. Kami juga mengajukan penawaran kepada PT Karya Gemilang Sentosa atas produk yang kami hasilkan sebagai produk unggulan kami.

PT. Segar Alam Abadi adalah perusahaan yang memproduksi berbagai macam makanan ringan. Makanan ringan yang kami produksi adalah makanan yang mengandung banyak gizi dan diproduksi secara higienis.

Seperti informasi yang saya peroleh, PT Karya Gemilang Sentosa adalah perusahaan retail yang sedang berkembang pesat. Jadi disarankan menggunakan produk kami omset perusahaan dapat bertambah. Kami juga telah menyiapkan potongan harga khusus kepada PT Karya Gemilang Sentosa sebesar 20%.

Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan perbandingan, silahkan Bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga produk makanan ringan yang kami sediakan. Jika perusahaan Bapak berminat, kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama PT Karya Gemilang Sentosa, kami ucapkan terima kasih.

Makassar, 05 Oktober 2018

Hormat kami,
Manager Marketing

PT Segar Alam Abadi

4. Contoh Surat Niaga Penawaran Produk

Surat niaga penawaran produk ini biasanya dilakukan antara produk penyedia bahan mentah atau barang setengah jadi untuk menjadi produk siap konsumsi di masyarakat.

Produknya bisa berupa bahan untuk kelengkapan sandang, pangan, atau papan –yang dilengkapi dengan produk lain atau diproses melalui mesin.

Bisa ditambahkan keuntungan produk, spesifikasinya, dan kualitas yang bisa bersaing dengan yang lain. Contohnya adalah sebagai berikut ini:

PT SUKSES TERUS
Jl. Setapak No. 23 Makassar

Kepada
Manager Pemasaran
PT. Maju Bersama
Up. Bapak Ilham Hidayat
Jl. Ahmad Yani No. 12 Makassar

SURAT PENAWARAN
No. 004/PTSAB/40/X/2018

Dengan hormat,

Melalui surat ini kami bermaksud untuk memperkenalkan perusahaan kami, PT. Sukses Terus kepada perusahaan Bapak PT Maju Bersama. Kami juga mengajukan penawaran kepada PT Maju Bersama atas produk yang kami hasilkan sebagai produk unggulan kami.

PT. Sukses Terus adalah perusahaan yang memproduksi berbagai macam makanan ringan. Makanan ringan yang kami produksi adalah makanan yang mengandung banyak gizi dan diproduksi secara higienis.

Seperti informasi yang saya peroleh, PT Maju Bersama adalah perusahaan retail yang sedang berkembang pesat. Jadi disarankan menggunakan produk kami omset perusahaan dapat bertambah. Kami juga telah menyiapkan potongan harga khusus kepada PT Maju Bersama sebesar 20%.

Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan perbandingan, silahkan Bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga produk makanan ringan yang kami sediakan. Jika perusahaan Bapak berminat, kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama PT Maju Bersama, kami ucapkan terima kasih.

Makassar, 05 Oktober 2018
Hormat kami,
Manager Marketing

PT Sukses Terus

5. Contoh Surat Niaga Penawaran Barang

Surat niaga penawaran barang ini biasanya ditujukan untuk retail, toko besar, atau instansi yang cocok untuk barang yang sedang ditawarkan tersebut.

Barang yang ditawarkan bisa beraneka rupa untuk disesuaikan pada sasaran yang dituju. Penyertaan harga dan detail barang juga disiapkan untuk mempermudah penerima surat memahami barang yang sedang ditawarkan. Contohnya adalah sebagai berikut ini:

PT. SUKA MUJU MAKASSAR
Jl. Setapak No. 34 Makassar

Makassar, 05 Oktober 2018

Kepada Yth
CV. Untung Terus
Di-
Kabupaten Gowa

Nomor : 045/LTR/2018
Hal : Penawaran Barang
Lampiran : 1 Berkas

Dengan Hormat,

Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Suka Mujur, dengan alamat di Jl. Setapak No. 34 Makassar. Kami adalah perusahaan yang bergerak dibidang distributor properti rumah tangga dan telah bekerja sama dengan berbagai toko dan perusahaan yang bergerak dibidang properti.

Karena itu sesuai informasi yang kami peroleh, CV. Untung Terus adalah perusahaan yang menjual berbagai macam properti yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan properti dengan harga yang bersaing.

Sehubungan hal itu, kami mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok properti untuk perusahaan dan toko-toko yang bapak kelola. Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan perbandingan, silahkan bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga produk properti yang kami sediakan. Jika perusahaan bapak berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan banyak terima kasih.

Hormat kami,
PT. Suka Mujur

Ilham Hidayat
Manager Marketing

6. Contoh Surat Niaga Penawaran Kerjasama

Surat niaga penawaran kerjasama ini ditujukan untuk instansi atau perusahaan yang berencana memperluas kinerjanya dengan menjalin persatuan atau kerja sama dengan instansi atau perusahaan lain.

Hal ini boleh dibilang sudah jamak kita saksikan dimana-mana sekarang.

Alasannya bisa berupa untuk menguatkan sumber daya, mengefektifkan kinerja, juga menghindari resiko berlebih dari persaingan dengan perusahaan yang lain.

Contohnya adalah sebagai berikut ini:

PT. Maju Bersama
Jl. Setapak No. 23 Makassar

Kepada Yth,
Pimpinan CV. Untung Terus
Jl. Macan No. 23 Makassar
Bpk. Ilham Hidayat

Di
Tempat

Hal : Penawaran Kerjasama
Lamp. : –

Dengan hormat,

Kami dari PT. Maju Bersama. bermaksud untuk menawarkan kerjasama dengan CV. Untung Terus untuk menjadi distributor dalam produk-produk yang perusahaan anda distribusikan yang berupa: Produk alat berat dan spare partnya.

Kami telah berpengalaman menjadi distributor berbagai produk sejenis yang saat ini ingin menambah jenis produk yang kami pasarkan. Kami memiliki sistem distribusi yang cukup baik sehingga dapat memberikan kontribusi positif pada perkembangan produk anda.

Bentuk mekanisme kerjasamanya kami dapat jelaskan lebih lanjut lagi bila CV. Untung Terus tertarik dengan tawaran kerjasama yang kami sampaikan.

Demikianlah surat penawaran kerjasama ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Nb: Kami akan menunggu balasan dari Bpk. Ilham Hidayat pimpinan CV. Untung Terus paling lambat 10 hari sesudah surat ini Bapak terima.

Makassar, 01 April 2017

Hormat kami,
PT. Maju Bersama, Tbk

Nelma Kharisma, SE
MANAJER PEMASARAN

7. Contoh Surat Niaga Penawaran Barang Elektronik

Surat niaga penawaran barang elektronik ini ditujukan kepada instansi, toko elektronik, dan unit usaha atau lembaga yang membutuhkan barang-barang seperti itu.

Paket barangnya bisa berbeda-beda atau satu jenis yang bertemakan elektronik.

Contohnya: seperangkat laptop, handphone, komputer, dan lain-lainnya. Jangan lupa sertakan merk, jenis, dan harganya.

Contoh suratnya adalah sebagai berikut ini:

CV. SURYA PERKASA UTAMA
Jl. Ahmad Yani (0411) 562787

Makassar, 2 Oktober 2018

Nomor : 15 / BJE / X / 2018
Lampiran : –
Hal : Penawaran Barang Elektronik

Yth Ibu.
Nelma Kharisma (Merapi Apartment)
Di Makassar
Dengan hormat,

Kami dari CV. SURYA PERKASA UTAMA, bermaksud untuk mengajukan penawaran barang kepada Bapak Nanang Suhendra selaku pemilik Merapi Apartment. Beberapa barang elektronik yang kami tawarkan diantaranya sebagai berikut:

Nama Barang Merk Harga (Rp)
PC All in One Lenovo Rp. 7.200.000
Speaker 10.000 Watt Sony Rp. 2.850.000
AC LG Rp. 3.500.000
Mesin cuci SHARP Rp. 2.890.000
Home Theatre LG Rp. 8.500.000

Adapun cara untuk pembayarannya dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Pembayaran juga dapat dicicil dengan ketentuan dengan adanya uang muka DP, pembayaran dapat dilakukan dengan 5 kali cicilan.

2. Pembayaran dapat melalui kartu kredit (Danamon,BNI).

3. Pembayaran dengan cash (langsung)

Sekian surat penawaran ini kami buat, kami berharap agar Bapak bisa bekerjasama dengan perusahaan kami.

Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Ilham Hidayat, S.E.
Marketing Manager

8. Contoh Surat Niaga Penawaran Alat Tulis Kantor

Surat niaga penawaran alat tulis kantor atau ATK ini biasanya ditujukan kepada instansi perusahaan yang membutuhkan alat tulis, tempat photo copy, sekolah, atau kantor lainnya yang membutuhkan peralatan tersebut.

Surat ini juga disertai jenis, merk, harga, dan keunggulan tersendiri seandainya perlu ditambahkan. Contoh suratnya adalah sebagai berikut ini:

PT. TULIS TANGAN
Jl. Melati Putih No. 10 Telp.(0411) 218 31
Makassar
===========================================
Nomor : 002/BS.4300/EE/x/2018

Makassar, 04 Oktober 2018

Kepada
Yth. Pimpinan PT Fadel Medika
Jl. Anggrek Merah No. 21 Makassar

Hal : Penawaran Barang

Dengan hormat,

Dengan ini kami selaku salah satu distributor di Indonesia untuk berbagi produk keperluan kantor antara lain:

No Jenis Barang Merk Harga Satuan

1 Bulpen, Ari Pen, Paper Cutter Uchida Rp 15.000
2 Stapler, Staples, Numerator, Perforator Max Rp 8.000
3 Pensil, Penghapus, Marker Staedler Rp 5.000
4 Pena Koreksi, Blinder Clip, Book End Lion Rp 10.000

Mengajukan penawaran kepada Bapak/ Ibu untuk menggunakan produk kami. Sebagian besar produk-produk kami tersebut sudah dikenal di berbagai perusahaan besar di Indonesia karena kualitasnya yang sudah dipercaya.

Kami dapat melayani segala keperluan Bapak/ Ibu dengan menawarkan harga yang kompetetif, dan mengantar pesanan tersebut sampai ke tempat Bapak/ Ibu.

Terima kasih terhadap perhatian Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ilham Hidayat
Manager Marketing

9. Contoh Surat Niaga Penawaran Buku

Surat niaga penawaran buku ini biasanya ditujukan kepada toko penjual buku, sekolah, atau tempat lain yang bisa menerima penawaran produk tersebut.

Buku ini biasanya bisa berupa buku bacaan, buku pelajaran, atau buku tulis. Contoh suratnya adalah sebagai berikut ini:

CV. MEMBCA CERDAS
Jalan Anggrek Putih No.103 Telp.(0411) 223 81
Makassar
==========================================
Nomor :004/BS.4300/X/2018

Makassar, 5 Oktober 2018

Kepada
Kepala SMK N 2 Makassar
Jalan Gatot Kaca No.210
Makassar

Hal : Penawaran Barang

Dengan hormat,

Dengan ini kami selaku salah satu distributor di Indonesia untuk berbagi produk keperluan buku pelajaran:

No Jenis Barang Penerbit Harga Satuan

1 Buku Belajar Bahasa Indonesia Kelas X, XI, XII Ganesha Rp 75.000
2 Buku Belajar Matematika Kelas X, XI, XII Ganesha Rp 75.000
3 Buku Belajar Bahasa Inggris Kelas X, XI, XII Ganesha Rp 75.000
4 Buku Belajar Fisiki Kelas X, XI, XII Citra Media Rp 75.000

Mengajukan penawaran kepada Bapak/ Ibu untuk menggunakan produk kami. Sebagian besar produk-produk kami tersebut sudah dikenal di berbagai sekolah-sekolah di Indonesia karena kualitasnya yang sudah dipercaya.

Kami dapat melayani segala keperluan Bapak/ Ibu dengan menawarkan harga yang kompetitif, dan mengantar pesanan tersebut sampai ke tempat Bapak/ Ibu. Terima kasih terhadap perhatian Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Nelma Kharisma
Manager Marketing

10. Contoh Surat Niaga Penawaran Produk Kosmetik

Surat niaga penawaran produk kosmetik ini biasanya ditujukan kepada toko kosmetik, salon kecantikan, dan retail atau supermarket besar yang biasanya menjual produk tersebut.

Terlebih, produk kosmetik boleh dibilang hari ini mudah untuk dijumpai dan diakses. Baik produk import, lokal, atau yang terbuat dari cara alami.

Contoh suratnya adalah sebagai berikut ini:

Makassar, 05 Oktober 2018

Kepada Yth.
Pimpinan Salon Cantik Alami
Di,-
Tempat

No. : 032/PNWRN/2013
Hal : Penawaran Barang
Lamp. : 1 Berkas

Dengan Hormat,

Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Maju Bersama, dengan alamat di Jl. Mahmud No. 45 Makassar. Kami adalah perusahaan yang bergerak dibidang distributor kosmetik dan telah bekerja sama dengan berbagai toko dan perusahaan yang bergerak dibidang kosmetik.

Karena itu sesuai informasi yang kami peroleh, Salon Cantik Alami adalah perusahaan yang menjual berbagai produk kosmetik yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan kosmetik dengan harga yang bersaing.

Sehubungan hal itu, kami mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok bagi kosmetik untuk perusahaan dan toko-toko yang bapak kelola. Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Sebagai bahan perbandingan, silahkan bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga produk kosmetik yang kami sediakan. Jika perusahaan bapak berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan banyak terima kasih.

Hormat kami,

PT. Maju Bersama

11. Contoh Surat Niaga Penawaran Rumah

Surat niaga penawaran rumah ini biasanya ditujukan apabila ingin menjual rumah yang dimiliki tanpa perantara.

Rumah tersebut bisa ditawarkan kepada orang yang dikenal dan kemungkinan tertarik dengan rumah tersebut.

Bisa juga membuat surat penawaran dengan memberikan gambaran singkat dan jelas kepada calon pembelinya. Contoh suratnya adalah sebagai berikut ini:

Kepada Yth.
Bapak Ilham Hidayat
Di
Tempat

Dengan Hormat,

Dengan ini saya mengajukan penawaran sebuah rumah dengan kondisi sebagai berikut:

Type : RS.D36/102
Kelebihan Tanah : 26 meter persegi
Harga : 275 juta rupiah
Lokasi : Green Praya Land Blok E no 4, Kelurahan Turikale Kecamatan Turikale, Maros

Bersama ini kami lampirkan beberapa Foto dan Foto copy sertifikatnya agar bisa melakukan pengecekan ke dinas pertahanan terlebih dahulu sebelum mengecek kondisi rumahnya.

Demikianlah surat penawaran ini saya buat. Semoga menjadi pertimbangan Bapak.

Hormat Saya

Nelma Kharisma

12. Contoh Surat Niaga Penawaran Proyek

Surat niaga penawaran proyek ini ditulis dari orang yang memiliki atau menjadi pimpinan pada perusahaan kontraktor. Teknis lanjutannya, bisa mengajukan surat penawaran ke berbagai perusahaan untuk mengerjakan jenis proyek tertentu.

Surat yang dikirim dibuat dengan menyertakan detail, volume, harga, dan spesifikasi yang lain. Contoh suratnya adalah sebagai berikut ini:

PT. Sukses Terus
Jl. Macan No. 17, Makassar
No Telp. 0411 385 1234
============================================

Makassar, 05 oktober 2018

No : 12/PTKL/SPP/X/2018
Lampiran : –
Hal : Penawaran harga pengadaan dan pemasangan Granit Alam

Yth. PT Alam Indah Group
Makassar

Up : Bapak Ilham Hidayat

Dengan Hormat
Bersama ini kami kirimkan penawaran harga untuk Proyek Kantor di Makassar sebagai berikut:

Harga Material : Rp. 441.847.000,-
Harga Pasang lantai : Rp 277.732.400,-
Harga sudah termasuk :

1. Untuk lantai berikut Ongkos potong, semen ,pasir, grouting, coating, polesh,proteksi
2. Untuk wastafel berikut bullnose, doubelan, lubang wastafel, semen , pasir, grouting, coating, polesh.

• Harga belum termasuk :

1. Ppn 10%
2. Scaffolding, bobokan , air kerja, listrik kerja, allomax .
3. Preman, kuli, pungli dan yang diluar koridor pekerjaan

Demikian penawaran harga kami. Atas kesempatannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Nelma Kharisma
Marketing General Manager
PT. Maju Bersama

13. Contoh Surat Niaga Penawaran Tanah

Surat niaga penawaran tanah ini biasanya dibuat untuk menawarkan tanah kepada calon pembeli. Terlebih, bisnis properti sendiri selalu ramai di kalangan bisnis yang berkembang dari dulu sampai sekarang.

Sangat menjanjikan tentu saja. Jangan lupa disertakan ukuran luas, panjang, dan harga sebagai deskripsi tanah yang ditawarkan. Contoh suratnya adalah sebagai berikut ini:

Kepada
Pimpinan PT Anugerah Karya Putra
Jl. Wahid Hasyim No. 172
Makassar

Perihal : Penawaran Harga Tanah
Lamp : (12) Berkas fotokopi sertifikat (SHM)

Perkenankanlah terlebih dahulu kami ucapkan terimakasih atas kesempatan yang di berikan kepada kami untuk menawarkan penjualan tanah kepada PT Anugerah Karya Putra. Adapun data-data tanah yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:

Letak/ Lokasi : Jl. Urip Sumoharjo No. 43 Makassar
Luas Tanah : +- 8 Hektar
Status Tanah : Sertifikat Hak Milik (Copy Terlampir)
Harga Penawaran : 1.000.000/m2 (Nego)

Lahan cocok untuk:

Pengembang property
Universitas/sekolah
Wisata
Ruko

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

1. No. Handphone: Ilham Hidayat (081555333426)
2. Email: [email protected]

Dari uraian di atas, jika gambaran proposal masih terdapat kekurangan tentang informasi lain yang tidak termuat dalam proposal ini. Anda dapat menghubungi kami untuk mempresentasikan semua gambaran tanah lahan secara menyeluruh. Peminat/pembeli juga dapat mengadakan survey ke lokasi yang sampai mekanisme proses akhir transaksi.

Demikian proposal ini di buat agar yang berkepentingan bisa memberikan alternatif bisnis dalam proses terlaksananya pembelian dengan harga terjangkau serta bermanfaat atas peruntukan tanah yang di maksud oleh calon pembeli, Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terimakasih.

Makassar, 3 Oktober 2018

PT. Green Home Property
Hormat Kami,

(Ilham Hidayat)

14. Contoh Surat Niaga Penawaran Dalam Bahasa Inggris

Surat niaga penawaran dalam bahasa inggris ini biasanya dibuat untuk menawarkan kerjasama dengan perusahaan asing. Produk yang ditawarkan bisa berupa barang atau jasa.

Selain bahasa inggris yang dibuat baik, deskripsi produk jangan lupa disertakan. Contoh suratnya adalah sebagai berikut ini:

CV. Makmur Abadi
Jl. Mawar Hitam No. 08, Makassar
Phone. +62 88 878 878 878
email: [email protected]
========================================================

October 4th 2018

To: Big Square Organizer,
Show and EO Dept.,
Makassar, Indonesia

Dear Sir,

We thank you for your interest with our show with Two Direction which shown in your email dated October 20th 2018.

We have a vast variety of show, and the group will available from date January until March 2019. We would like to discuss the show with your company.

We earnestly feel that it shall be good for both the companies if you or any authorized person from your Show and EO Dept visit our company for an on-the-spot assessment.

We shall be glad to receive him to view our schedule and production show method.

Yours faithfully,
Ilham Hidayat
Overseas Show Manager

15. Contoh Surat Niaga Tenggat Waktu Pembayaran

Surat ini biasanya akan dikeluarkan oleh perusahaan jika Anda membeli suatu barang atau jasa dengan cara kredit. Perusahaan akan memberikan tenggat waktu pembayaran.

Surat niaga berupa tagihan akan dikirimkan biasanya 3 hari menjelang masa tenggat.

Ketika waktu pembayaran telah lewat, biasanya Anda akan diberikan kelonggaran beberapa hari hingga Anda membayar tagihan tersebut.

16. Contoh Surat Niaga Penangguhan Pembayaran

Seperti yang dibahas sebelumnya, saat Anda tidak dapat melunasi tagihan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, maka Anda akan memperoleh surat niaga penangguhan masa tenggat.

Waktu yang diberikan biasanya berkisar antara 3 hari hingga 1 minggu. Jika Anda tidak mampu juga melunasi tagihan tersebut, biasanya pihak perusahaan akan memutuskan kontrak niaga dan mengambil kembali barang atau jasa yang telah Anda beli.

17. Surat Niaga Pesanan Barang

Surat niaga tidak hanya terkait penawaran barang saja. Jika ada penawaran tentu saja ada pemesanan. Biasanya pemesanan akan dilakukan oleh pihak pembeli sesuai dengan jenis produk yang ditawarkan.

Berikut beberapa contoh surat pemesanan barang:

  • Contoh Surat Pesanan Barang Furniture Rumah Tangga

Furniture rumah tangga seperti kursi, lemari, kasur, sofa, hingga peralatan dapur menjadi kebutuhan yang tak terhindar setelah sembako.

Kebutuhan sekunder ini banyak tersedia di toko-toko furniture seperti ikea, ace hardware, dan toko-toko furniture lainnya.

Dalam hal ini toko-toko tersebut berperan sebagai distributor, dimana mereka membutuhkan suplier sebagai pemasok barang. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pihak distributor akan mengajukan pesanan lewat surat kepada produsen.

Tak hanya toko-toko besar Anda secara pribadi juga bisa mengajukan surat pemesanan barang langsung kepada produsen jika membutuhkan.

Berikut kami berikan contoh sebagai referensi.

  • Contoh Surat Pesanan Laptop

Semakin berkembangnya teknologi, peralatan elektronik seolah kini menjadi kebutuhan sekunder yang diprimerkan. Salah satunya yaitu kebutuhan akan laptop.

Hampir 90% populasi manusia di muka bumi ini adalah pengguna laptop. Mulai dari penggunaan individu hingga perusahaan.

Bedanya individu membutuhkan laptop untuk kepentingan pribadi sedangkan perusahaan membutuhkan laptop untuk kebutuhan pekerjaan.

Nah jika perusahaan Anda saat ini sedang membutuhkan laptop dalam jumlah banyak, Anda dapat langsung memesannya ke suplier dengan mengajukan surat pemesanan.

18. Contoh Surat Niaga Penawaran Jasa

Di Indonesia perusahaan yang bergerak dalam penawaran jasa semakin menjamur.

Khususnya di bidang penawaran jasa via online, mulai dari ojek online, cleaning service online, hingga penawaran jasa anter jemput makanan.

Tidak hanya menawarkan jasa, namun melalui surat niaga penawaran jasa Anda sekaligus juga dapat mempromosikan produk dari perusahaan Anda.

Jangan lupa mencantumkan daftar harga jasa yang Anda tawarkan ketika membuat surat penawaran.

19. Contoh Surat Niaga Pesanan Jasa

Sebaliknya saat perusahaan menerima penawaran jasa biasanya perusahaan tersebut akan mengirimkan balasan dalam bentuk surat pesanan.

Pesanan jasa beragam jenisnya, mulai dari perawatan interior, kebersihan kantor, renovasi gedung, pemasangan jaringan internet, telepon, dan lain sebagainya.

Sebagai pihak yang memesan jasa Anda bisa langsung mengirimkan surat kepada pihak penyedia jasa baik via email maupun via kurir surat.

20. Contoh Surat Niaga Klaim Kerusakan Barang

Pengajuan klaim kerusakan barang termasuk ke dalam jenis surat niaga. Klaim kerusakan dapat diajukan jika barang yang Anda belu masih dalam masa garansi.

Biasanya suatu barang memiliki masa garansi 1-3 tahun, tergantung jenis barangnya.

Cara pengajuan klaim adalah dengan mengirimkan surat kepada perusahaan yang memproduksi barang. Surat dapat dikirimkan dalam bentuk fisik atau juga via email ke alamat email perusahaan asal tersebut.

21. Contoh Surat Niaga Pengiriman Barang

Jika Anda mengirimkan surat pesanan barang ke sebuah perusahaan, maka Anda akan mendapatkan balasan dalam bentuk surat pengiriman barang.

Surat ini biasanya dikirimkan bersamaan dengan datangnya barang pesanan.

22. Contoh Surat Niaga Keterlambatan Pengiriman Barang

Ada kalanya proses pengiriman barang pesanan mengalami keterlambatan disebabkan beberapa hal. Bisa jadi karena memang ketersediaan stok barang yang habis atau bisa jadi karena ada kendala di perjalanan.

Jika hal tersebut terjadi pihak penjual akan mengirimkan surat permohonan maaf atas keterlambatan tersebut. Dan surat tersebut juga termasuk ke dalam salah satu jenis surat niaga.


Demikian beberapa contoh surat niaga yang bisa dijadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment