20 Daftar Lagu Lawas Indonesia Terbaik dan Terpopuler

Di zaman yang serba maju ini, pemikiran kita sebagai manusia juga diajak untuk ikut untuk bergerak cepat.

Terkhusus dalam dunia musik semakin hari tanpa disadari semakin banyak musisi-musisi berbakat yang lahir.

Musisi-musisi ini banyak menelurkan lagu-lagu berkualitas tinggi. Namun bukan berarti keberadaan lagu-lagu lawas tergeser begitu saja.

Musisi-musisi muda kini membawakan musik dengan segala genre sesuai dengan keahlian dan daya tarik masing-masing.

Persaingan tidak sebatas hanya dengan orang lain, bahkan sekarang mereka terang-terangan untuk mengadopsi dari budaya luar agar tidak terkalahkan.

Namun, meski semua seakan bergerak cepat berbagai lagu-lagu dengan berbagai genre dan dengan wajah-wajah baru ini tidak menyurutkan minat kita para pendengar untuk mendengarkan ribuan lagu-lagu lawas.

Masih begitu banyak lagi dari tahun 80-an dan 90-an, bahkan karena saking banyaknya, lagu keluaran tahun 2000-an juga sudah bisa dihitung lawas ya, namun tetap masih sering kita dengarkan hingga sekarang.

Seakan lagu-lagu lawas ini memiliki tempat tersendiri di hati para pendengarnya. Kita dibawa ke alam kenangan yang ikut berputar dan seakan terulang-ulang saat lagu-lagu ini diperdengarkan.


Lagu Lawas Indonesia yang Masih Eksis


Berikut deretan lagu lawas yang masih eksis di tanah air dan akan menemani kamu untuk menikmati jam-jam santaimu.

Apakah masih ada diantara lagu-lagu ini yang menjadi andalanmu atau bahkan kamu belum mengenal sama sekali? Yuk disimak!

1. Kolam Susu – Koes Plus (1973)

“Orang bilang tanah kita tanah surga”, begitulah kurang lebih potongan dari lirik lagu lawas ini. Lagu ini diciptakan pada tahun 1973 oleh Yon Koeswoyo.

Namun masih dipopulerkan oleh banyak penyanyi sampai sekarang ini.

2. Yogyakarta – Kla Project (1990)

“Yogyakarta” merupakan lagu andalan yang diusung dari album kedua dari grup yang menyanyikan lagu dengan genre pop ini dengan nama album sama yaitu “Kedua”.

3. Lilin-lilin Kecil – Chrisye (1977)

Lagu ini merupakan hasil Lomba Cipta Lagu Remaja atau disingkat LCLR , tahun 1977 yang diselanggarakan oleh siaran radio Prambors.

Dengan penulis aslinya yaitu James F Sundah dan dinyanyikan oleh Chrisye. Yang lebih hebatnya lagi lagu ini sudah dirilis lebih dari lima puluh versi loh.

4. Bengawan Solo – Husein & Taruna Ria (1964)

Lagu legendaris ini merupakan karya dari Gesang Martohatono, lalu dinyayikan lagi oleh Oslan Husain dengan band orkes bernama Teruna Ria yang dikenalkan temannya saat awal ia memulai karier.

Dengan pembawaan yang berbeda yaitu dalam versi rock ‘n roll, lagu ini dinobatkan menjadi satu dari seratus lima puluh lagu terbaik Indonesia sepanjang masa versi majalah Rolling Stone Indonesia pada kala itu.

5. Panggung Sandiwara – Nike Ardilla (1997)

Lagu ini berisikan lirik yang mengambarkan kehidupan manusia di muka bumi. Bahwa kebanyakan dari kita selama ini hanya berpura-pura dengan perannya masing-masing.

Seakan-akan kita sedang berasa di atas panggung yang disaksikan oleh khalayak ramai.

Dimana para penonton akan menangis jika alurnya sedih, akan tertawa jika alurnya lucu dan akan mabuk ketika kisah percintaan.

Seakan semuanya sudah diatur oleh orang-orang di balik layar. Cocok dijadikan lagu di atas pentas saat kamu memerankan drama musikal.

6. Dan – Sheila On 7 (1999)

“Dan” adalah lagu dari album pertama pahlawan musik generasi muda ini saat beralih ke masa millenium.

Album yang berjudul “Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki” ini dirilis pada tahun 1999 yang sekaligus juga merupakan debut album Sheila on 7 di blantika musik tanah air.

Dengan judul lagu hits lain dalam album ini yaitu “Kita”, “J.A.P”, dan “Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki”.

Lagu ini memang andalan anak muda banget, dan kamu yang pernah menjadai anak muda dan akan menjadi anak muda pasti akan mendengarkan lagu-lagu band satu ini karena memang masih terbilang eksis sampai sekarang.

7. Kupu-Kupu Malam – Titik Puspa (2014)

Siapa sih yang nggak kenal dengan Titiek Puspa? Mulai dari dunia tarik suara hingga perfilman ia lakoni.

Wanita yang kini sudah dipanggil Eyang Titik ini masih eksis menunjukan minat dan bakatnya yang ia persembahkan untuk keluarga serta penggemar-penggemar sejatinya.

Lagu ini bukan satu-satunya lagu lantunan Eyang Titiek. Banyak lagi lagu-lagu yang melambungkan namanya di tanah air, mulai dari hasil karya penulis-penulis profesional sampai yang ditulis oleh beliau sendiri.

Jadi kalian bisa cek karya-karyanya ya.

8. Janji – Gigi (1995)

Kamu bisa lihat ya, tenyata band satu ini yang nama dan karya-karya barunya masih terdengar oleh telinga kita ternyata memiliki album di era 90-an.

Lagu yang berjudul “Janji” ini merupakan salah satu lagu dari albumnya yang berjudul “Dunia”.

Lagu “Janji” ini merupakan salah satu hits single bersamaan dengan judul lagu lainya yaitu “Nirwana”.

Dengan penjualan 400.000 copy sehingga band yang bisa dibilang lagu-lagunya hampir dikategorikan lagu-lagu religi ini mampu memperoleh penghargaan sebagai kelompok musik terbaik.

9. Yang Terlupakan – Iwan Fals (1981)

Bagaimanapun kita sama-sama mengetahui bahwa pelantun lagu satu ini merupakan pelantun yang memiliki jiwa nasional yang tinggi ya.

Meski lagu-lagunya bisa dibilang berisikan kritikan untuk Sang Penguasa, namun secara tidak langsung ingin memperjuangkan negaranya untuk bisa menjadi lebih baik.

10. Camellia – Ebiet G Ade (1980)

Lagu ini diakui oleh sang pelantun lagu balada, bahwa lagu ini merupakan salah satu faktor yang menjadi penunjang dalam karirnya bermusik lo, udah lama banget kan?

Nggak sabar kan lagu-lagu hebat apa lagi yang akan diciptakannya.

11. Mahadewi – Padi (1999)

Tahukah kamu bahwa lagu yang berjudul “Mahadewi” ini merupakan salah satu lagu dari album perdananya Padi.

Lagu yang berdurasi kurang lebih empat menit ini memilliki lirik yang mengandung makna mendalam.

12. Sarjana Muda – Iwan Fals (1981)

13. Senandung Maaf – White Shoes & The Couples Company (2005)

Lagu ini meski sudah masuk dalam kategori lagu tahun 2000-an, namun masih dengan gayanya sendiri dan mungkin memiliki latar dalam video klip yang klasik namun elegan.

Namun jangan salah lagu ini tetap akan menghibur kamu karena daya tarik musik serta suara sang vokalis yang unik.

14. Welcome to My Paradise – Steven & Coconut Treez (2005)

Lagu ini cukup populer meski mungki banyak dari kita yang nggak kenal siapa penyanyinya. Tapi cukup enak dinikmati dimana saja dan kapan saja.

15. Melompat Lebih Tinggi – Sheila On 7 (2003)

Lain halnya dengan lagu yang satu ini. Band yang digandrungi banyak anak muda ini cukup dikenal baik oleh masyarakat.

Tidak salah lagi lagu-lagu mereka akan selalu masuk daftar playlist favorit kamu.

16. Kebyar-Kebyar – Gombloh (1979)

Lagu ini bisa dikategorikan sebagai lagu nasional, karena lirik-liriknya juga mengandung kalimat-kalimat nasionalisme.

Saat mendengarkan lagu ini, kamu seakan-akan dibawa untuk hormat di bawah tiang bendera.

17. Bis Sekolah – Koes Bersaudara (1964)

Jika dilihat dari tahunnya, lagu ini terbilang sangat lawas. Kamu yang mungkin pernah mendengarkan mereka mengeluarkan album ini pertama kalinya pasti bukan lagi kalangan muda.

18. Bendera – Cokelat (2001)

Satu lagu lawas yang berisikan tentang nasionalisme. Memang benar kalau lagu-lagu yang berlirikan jiwa nasional tidak akan pernah hengkang dari zaman. Kenapa? Kamu pasti tahu sendiri deh jawabanya.

19. Demi Waktu – Ungu (2005)

Band yang hampir selalu menduduki posisi teratas di berbagai tangga lagu ini pada masanya juga sudah termasuk lagu lawas yang nggak akan hengkang dari zaman juga.

Meski sekarang band mereka tidak lagi seperti yang dulu, namun karya-karya mereka akan tetap membekas di hati para penggemarnya.

20. Ada Apa Denganmu – Peterpan (2004)

Salah satu lagu Peterpan yang masih hits hingga kini. Itulah daftar deretan lagu-lagu lawas yang bisa kalian simak.

Semoga kalian bisa terhibur dengan lagu-lagu ini dan menjadi inspirasi untuk menambah playlist favorit kalian ya.

Leave a Comment