20 Contoh Surat Resmi (Pengertian, Ciri, Langkah Membuat)

Contoh surat resmi yang terbaik dan triknya mudah, bisa anda temukan pada artikel kali ini.

Menulis surat apalagi yang tergolong resmi terkadang bisa membuat Anda galau bukan? Galau karena bagaimana susunan atau sistematikanya, bagaimana bahasanya, dan juga aturan lainnya.

Ditambah lagi beberapa contoh dan cara membuatnya sangat rumit. Sehingga kegalauan Anda dalam membuat surat resmi semakin menjadi-jadi.

Nah, kalau demikian yang tengah Anda rasakan, maka kami hadir untuk mengusir jauh-jauh kegalauan Anda tersebut. Kami akan berikan trik dan contoh surat resmi terbaik.

Di era internet yang semakin canggih, kegalauan tersebut bisa teratasi dengan mudah, karena banyak sekali contoh surat resmi tersebut bertebaran di situs-situs tertentu.

Tak hanya itu, contoh tersebut biasanya akan dilengkapi dengan berbagai penjelasan lengkapnya. Misalnya seperti informasi mengenai formatnya, ciri-cirinya, dan lain sebagainya.

Jadi sekarang anda tak perlu galau lagi ya. Tenangkan pikiranmu dan simak baik-baik penjelasan berikut.

Seperti yang diketahui banyak sekali kepentingan yang membutuhkan surat resmi, baik itu untuk kepentingan pribadi atau kolektif.

Pada umumnya penggunaan surat resmi berkaitan erat dengan sebuah lembaga, instansi, organisasi, perusahaan, dan semacamnya.

Dan di bawah ini, akan kami sajikan contoh surat resmi dengan berbagai kepentingan.


Pengertian Surat Resmi


20 Contoh Surat Resmi (Pengertian, Ciri, Langkah Membuat)
abundancethebook.com

Sebelum kita masuk contoh surat resmi, mari berkenalan dulu dengan surat resmi. Surat sebenarnya memiliki dua ragam yaitu surat tidak resmi dan surat resmi.

Apa itu surat resmi? Surat resmi adalah surat yang dibuat suatu instansi, organisasi atau lembaga perusahaan tertentu yang ditujukan kepada seseorang atau lembaga tertentu lainnya.

Adapun keberadaan instansi, lembaga, organisasi dan perusahaan tersebut disahkan secara hukum. Misalnya, surat dinas, surat niaga dan surat sosial.

Dalam kehidupan sehari-hari misalnya seorang siswa yang mendapat surat dari sekolah berupa pengumuman juga bisa dikatakan sebagai ragam dari surat resmi.


Ciri-ciri Surat Resmi


Lalu, bagaimanakah perbedaan surat resmi dan tidak resmi? Untuk lebih memahami dari ragam surat resmi ini, Anda harus mengenali ciri-ciri surat resmi berikut:

  • Surat resmi menggunakan kalimat yang efektif. Efektif yang dimaksudkan disini adalah sederhana, ringkas, jelas dan sopan santun.
  • Surat resmi menggunakan bahasa formal atau baku yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan atau EYD. Mulai dari ejaan, kosakata dan tata bahasa.
  • Dalam penyajiannya surat resmi menggunakan bentuk full block, semi block atau indented block
  • Surat resmi memuat nomor surat, lampiran dan perihal. Selin itu surat resmi juga menyertakan cap atau stempel

Dalam surat yang anda terima atau yang dibaca terangkum ciri-ciri di atas, maka itulah yang dinamakan dengan surat resmi.

Sedangkan surat tidak resmi (surat biasa) belum merangkum ciri-ciri di atas. Jadi, sekarang sudah jelas perbedaan antara surat resmi dengan surat tidak resmi (surat pribadi/ biasa).


Langkah-langkah Membuat Surat Resmi


20 Contoh Surat Resmi (Pengertian, Ciri, Langkah Membuat)
popbela.com

Bagaimanakah trik membuat surat resmi terbaik. Hal ini bukanlah sesuatu yang sulit sebenarnya.

Untuk lebih memudahkan memahami trik membuat surat resmi, kami akan jelaskan langkah-langkah per bagiannya.

1. Kepala atau Kop Surat Resmi

Apakah Anda telah mengetahui apa itu kepala atau kop surat? Kalau sudah tahu harus kami tekankan bahwa dalam surat resmi kepala surat atau kop surat disini posisinya sangatlah penting.

Adanya kop surat menunjukkan dari lembaga mana surat tersebut berasal. Keberadaan kepala surat merupakan suatu penegasan bahwa surat yang dikeluarkan merupakan surat resmi dari lembaga yang terkait.

Lalu apa saja yang harus Anda tuliskan atau ketik dalam kepala surat? Setidaknya dalam kepala surat Anda harus mencantumkan beberapa hal secara jelas yaitu,

• Nama lembaga, instansi atau perusahaan
• Alamat lengkap perusahaan, lembaga atau instansi
• Kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telpon, fax dan email
• Kode pos
• Logo dari lembaga, perusahaan atau instansi

Selain itu ada haru memberikan garis pemisah antara kepala surat dengan isi surat. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah menggunakan font bold untuk setiap hurufnya dengan format tulisan rata tengah.

2. Nomor Surat Resmi

Nomor surat pada surat resmi merupakan salah satu bagian yang memiliki fungsi yang sangat vital dan tentu saja memiliki arti, sehingga tidak bisa dibuat asal-asalan. Lalu apa saja yang ditulis pada bagian nomor surat ini?

Kita berikan contoh nomor surat seperti ini;

nomor : B.004/Pan-Pem/YABN/12/2018 maksudnya adalah

• B merupakan kode untuk surat keluar dari yayasan. Kalau kode A adalah surat kedalam (surat untuk anggota) dan seterusnya.

• 004 merupakan nomor arsip surat yang telah dikeluarkan.

• Pan-Pemb berarti panitia pembangunan atau bisa juga diganti dengan singkatan lain untuk jenis kegiatan yang lain yang mana hal ini adalah kaidah yang ada di lembaga terkait.

• YABN adalah identitas lembaga atau yayasan yang umumnya diambil dari singkatan dari lembaga atau yayasan tersebut.

• 12 adalah bulan dibuatnya surat yaitu bulan ke-12 yakni bulan Desember

• 2015 adalah tahun surat resmi itu dikeluarkan atau dibuat.

3. Tempat dan tanggal surat resmi

Tempat dan tanggal surat merupakan keterangan yang menjelaskan lokasi kapan ditulisnya surat tersebut. Misalnya, Yogyakarta, 29 Desember 2018

4. Lampiran surat

Lampiran surat berkaitan dengan dokumen tambahan yang dilampirkan pada surat. Misalnya dokumen pendukung seperti proposal, laporan keuangan dan laporan suatu kegiatan.

5. Alamat surat

Alamat surat terdapat pada dua tempat yaitu di bagian sampul dan di awal surat. Alamat surat yang ditulis pada bagian sampul harus berisi alamat lengkap, sedangkan pada bagian awal surat tidak harus selengkap sampul atau amplop surat.

6. Salam pembuka dan penutup

Dalam surat resmi salam sebaiknya menggunakan kata-kata yang umum yang biasa digunakan dalam percakapan resmi seperti salam sejahtera, dengan hormat atau salam yang berhubungan dengan keyakinan atau agama tertentu.

7. Isi Surat Resmi

Isi surat resmi adalah bagian pokok surat yang mana isinya di letakkan pada tengah surat. Adapun isi dari surat resmi berisi tentang penjelasan maksud dan tujuan dari dikirimkannya surat tersebut.

Pada isi surat resmi wajib menggunakan bahasa yang baku serta kalimat yang ringkas dan mudah dipahami oleh penerima surat.

Pemilihan diksi serta kalimat yang digunakan merupakan faktor yang sangat penting dalam suatu isi surat resmi.

8. Penutup surat resmi

Tidak hanya pada bagian isi, pada bagian penutup wajib menggunakan bahasa resmi. Ada beberapa contoh penggunaan kalimat penutup sebagai berikut;

• Demikianlah agar menjadi maklum, atas perhatian serta kerja samanya kami haturkan terima kasih.

• Demikianlah agar menjadi maklum, atas perhatian serta kerja samanya kami ucapkankan terima kasih.

• Demikianlah agar menjadi maklum, atas perhatian serta kerja sama saudara kami haturkan terima kasih.

Selain itu dalam penutup surat resmi biasanya juga dilengkapi dengan jabatan, nama dan nomor identitas.

Selanjutnya adalah tanda tangan pembuat surat. Beberapa hal lain, biasanya juga ditambahkan dengan tembusan surat berupa siapa saja surat ini ditujukan dalam satu lembaga atau yayasan tersebut.


Contoh Surat Resmi


20 Contoh Surat Resmi (Pengertian, Ciri, Langkah Membuat)
yuksinau.id

Contoh surat resmi dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya banyak ditemukan, yang dipakai untuk keperluan instansi, organisasi, keperluan dinas atau kepentingan perusahaan.

Surat resmi juga bisa ditemukan dalam bentuk perorangan atau pribadi (individu), misalnya surat lamaran kerja, surat pengunduran diri atau hal-hal lain yang berkaitan dengan lembaga tertentu.

Karena dalam surat lamaran kerja dan pengunduran diri yang sejenis itu menggunakan format surat resmi dan menggunakan bahasa Indonesia baku yang baik dan benar.

Tapi berbeda dengan surat pribadi, surat resmi bersifat formal dan memiliki format tertentu. Penyusuanannya harus tertata sebaik mungkin serta menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Agar Anda semakin paham dalam trik dan langkah membuat surat resmi, berikut beberapa contoh surat resmi.

1. Surat Mohon Bantuan Dana

Pendanaan atau pembiayaan adalah hal yang penting bagi sebuah organisasi, lembaga, komunitas, yayasan, instansi, dan semacamnya.

Sebab banyak sekali program yang membutuhkan biaya besar. Karenanya penting bagi suatu organisasi untuk mempunyai kemandirian ekonomi.

Sehingga berjalannya organisasi tidak bergantung pada donator. Namun untuk organisasi yang baru memulai usaha terkadang hasil dari kemandirian ekonomi tersebut masih belum mampu untuk memenuhi biaya yang dibutuhkan.

Oleh karena itu jalan yang diambil adalah dengan meminta bantuan kepada pihak yang berhubungan erat dengan organisasi atau program tertentu.

Nah untuk mengajukan permohonan dana perlu dibuat surat pengajuan dana seperti contoh berikut ini:

Yayasan Amal Bakti Nasional
Jalan Diponegoro no 153, Godean, Sleman, D.I Yogyakarta
Telp. (0274) 566567, Fax. (0274) 566567, Email: [email protected]

No : B.004/Pan-Pem/YABN/12/2018 Yogyakarta, 29 Desember 2018
Hal: Mohon bantuan Dana
Lampiran : Proposal

Yth: Kepala Dinas Sosial Pemkot Yogyakarta
Jalan janti, kec. Banguntapan, Modalan, Bantul
D.I Yogyakarta

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan ini saya mendo’akan agar Bapak/Ibu senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT, selalu sehat wal afiat dan sejahtera.

Kami bermaksud mendirikan bangunan untuk gedung sekolah yayasan amal bakti nusantara (YABN), hanya saja kami mengalami kendala dana sehingga pembangunan gedung sekolah tersebut tidak terlaksana sebagaimana yang telah direncanakan.

Untuk itu, kami mengharapkan bantuan dana kepada Bapak Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta demi kelancaran proses pembangunan gedung, sehingga proses belajar mengajar bisa secepatnya dimulai.

Demikianlah agar menjadi maklum, atas perhatian serta kerja samanya kami haturkan terima kasih.

Yogyakarta, 29 Desember 2018
Ketua Yayasan Sekretaris

(Dinul Faidzin) (Fajri Saputra)
NIK. 103.75657.08864.002 NIK.109.75657.08864.102

2. Contoh Surat Resmi Undangan Rapat

Berbeda dengan undangan pernikahan, surat undangan resmi biasa digunakan oleh lembaga-lembaga pemerintahan maupun instansi lain.

Surat menjadi alat komunikasi resmi baik antar orang-orang di suatu perusahaan/lembaga atau antar satu lembaga dengan lembaga lain.

Banyak sekali kepentingan lembaga yang membutuhkan surat undangan misal untuk kepentingan rapat.

Dengan adanya surat ini diharapkan orang yang bersangkutan akan menghadirinya, sebab undangan tersebut bersifat resmi.

Rapat yang membutuhkan surat undangan biasanya bersifat eksternal antar suatu lembaga. Adapun contoh dari surat tersebut dapat dilihat berikut ini.

PT. JAYA UTAMA

Perumahan Cahaya Indah Blok K No. 02 Jl Raya Pelita Harapan Km. 5 Gorontalo 60112

Telp 021 224998 Fax 024445487 Mobile : 082776436788

Website: www.jayautama.com Email: [email protected]

 

Nomor: 022/UR/V/2020

Hal: Undangan Rapat

Lampiran: –

Yth.

Bapak Gusrizal, Manager Marketing, PT. SUMBER TANI MAKMUR

Di Tempat

Dengan Hormat

Sehubungan dengan diselenggarakannya acara peresmian perusahaan, maka bersama dengan surat ini kami mengundang seluruh Manager PT. Jaya Utama untuk turut hadir dalam acara rapat persiapan yang akan diadakan pada:

Hari/ Tanggal : Senin 25 Juni 2020

Waktu: 14.00 – 16.00 WIB.

Tempat: Ruang Pertemuan

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, mengingat kegiatan tersebut maka dimohon kehadirannya tepat pada waktunya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 22 Juni 2020

Hormat kami,

Manager Jaringan Kerja PT. Cahaya Mandiri

Subegjo Sutejo

3. Contoh Surat Permohonan Bantuan

Seperti yang telah disebutkan di atas, surat permohonan bantuan tergolong ke dalam surat resmi. Seperti permohonan bantuan pengadaan air bersih atau pengadaan fasilitas sekolah.

Surat ini biasanya ditujukan kepada dinas-dinas terkait. Pengadaan air bersih diajukan kepada Dinas Pekerjaan Umum, sedangkan pengadaan fasilitas sekolah diajukan kepada Dinas Pendidikan.

Al Ihya Ulumuddin

Kebon Kayu, No. 22 Jakarta

Tlp.0218478887
________________________________

Bandung, 02 Januari 2020
Muharram 1441 H

Nomor: 768/RE/YJM/DFG-IK-LOJMIO/XI/19
Hal: Permohonan
Lampiran: 1 Proposal

Kepada Yth
CEO PT. Cahaya Abadi
Di tempat

Assalamualaikum .wr.wb

Sehubungan dengan diadakannya acara seminar keagamaan di pondok pesantren Al Ihya Ulumuddin Bandung, yang diselenggarakan pada:

  • Hari/ Tanggal : Selasa, 17 Januari 2020
  • Waktu : 07.30 s/d selesai
  • Tempat: Aula Ponpes Al Ihya Ulumuddin

Untuk ini kami mewakili dari perwakilan pondok pesantren untuk bantuan dana untuk kegiatan seminar keagamaan yang diselenggarakan setahun sekali. Sebagai pertimbangan kami juga turut melampirkan satu berkas proposal terkait seminar yang akan dilangsungkan.

Demikian surat permohonan dari kami, atas partisipasinya kami ucapkan terima kasih.

Wali Ponpes

Setia Gunawan

4. Surat Perizinan Cuti

Cuti adalah hak pekerja. Hampir semua perusahaan atau lembaga pasti memberikan hak cuti tersebut pada aktu-aktu tertentu, misal cuti hamil ketika hamil, cuti akhir tahun, dan lain sebagainya.

Pada prinsipnya setiap pekerja memiliki jatah cuti tersebut, tak terkecuali seorang guru loh ya.

Tetapi untuk mengajukan cuti tentu terdapat syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah Anda perlu mengajukan surat permohonan cuti terlebih dahulu.

Setelah disetujui atasan, barulah Anda dapat cuti ditandai dengan keluarnya surat perizinan cuti dari perusahaan. Begitulah etika dan tata cara pengajuan cuti secara resmi.

SURAT PERMINTAAN CUTI TAHUNAN

Makassar, 10 Oktober 2018

Kepada Yth.
Kepala SMK N 4 Makassar

di –
Makassar
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Nelma Kharisma
NIP : 1293791319731
Pangkat Gol.ruang : III/B
Jabatan : Guru Seni
Satuan Organisasi : SMK N 4 Makassar

Dengan ini mengajukan permintaan Cuti Tahunan untuk tahun 2018 selama 5 hari kerja, Terhitung mulai tanggal 12 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 28 Oktober 2018.
Demikianlah permintaan ini saya buat untuk dapat dipertimbangkan sebagaimana mestinya.
Hormat Saya,

Nelma Kharisma
NIP. 1293791319731

5. Surat Perniagaan

Surat perniagaan biasanya berupa surat dagang berbentuk penawaran barang. Perusaahaan yang memproduksi barang tertentu akan menawarkan produk yang dimilikinya ke perusahaan-perusahaan retail.

Isi dari surat perniagaan adalah menawarkan berbagai bentuk jasa, baik dalam bentuk makanan, minumana, pakaian maupun perabotan rumah tangga.

Redaksi surat disertai dengan kelebihan produk yang ditawarkan dibandingkan dengan produk perusahaan lain. Kata-kata dalam surat dibuat sepersuasif mungkin agar produk mereka dapat diterima dan dipasarkan.

PT ABADI SELALU
Jl. Pangeran Diponegoro No. 23
JAKARTA SELATAN

Jakarta, 13 Maret 2018

Nomer : 11/12/XII/2018
Hal : Penawaran Barang
Lamp : 1 lembar brosur AP/DG

Kepada
Manager PT Surya Jaya
Jl. Pattimura No. 3
Bandung

Dengan hormat,

Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara sekarang sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan sesuai dengan masa kini.

Dalam kesempatan yang baik ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Kami meyakini jika Anda memakai produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, maka pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.

Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 September 2016. Garansi dari produk kami adalah 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 40 % dari harga total dan cicilannya dapat diangsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.

Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memesan produk kami, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Abadi Selalu,

 

Budi Kurniawan

6. Surat Perjanjian Kontrak Kerja

Perjanjian kontrak kerja biasanya dilakukan antar perorangan dan perusahaan. Berisikan pasal-pasal terkait yang dijadikan landasan hukum antar kedua pihak.

Berbeda dengan jenis surat resmi lainnya, surat ini lebih panjang dari biasanya. Segala hal terkait kontrak kerja dan penyelesaian masalah tercantum dan dituliskan secara lengkap.

Surat Kontrak Perjanjian Kerja

Oleh

Akasia Enterprise

Jl. Sudirman Raya Tower Pacific 9 Nomor 12 Lantai 3, Jakarta Pusat

 

Nomor Kontrak: ACCE1-12092020-WEL

Bahwa saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama        : Ronald Stevanus

Alamat       : Jl. Puri Indah Nomor 19, Jakarta Barat

Jabatan     : HR PT Akasia Enterprise

Akan disebut sebagai pihak pertama.

Nama                                            : Monica Damayanti

Alamat                                           : Jl. Kebagusan Timur No.18, Jakarta Timur

Tempat dan Tanggal Lahir           : Manado, 17 September 1990

Jenis Kelamin                               : Wanita

Agama                                           : Kristen

Nomor KTP                                   : 345899283922

Nomor Telepon                             : 0813-0049-7522

Akan disebut sebagai pihak kedua.

Pasal 1

Saya sebagai pihak pertama menyatakan bahwa pihak kedua telah diangkat untuk bekerja sebagai karyawan di PT. Akasia Enterprise sebagai bagian IT Front End. Oleh sebab itulah dengan ditandatanganinya surat kontrak perjanjian kerja ini membuat ketentuan akan terus berlaku selama pihak kedua masih bekerja di perusahaan ini.

Pasal 2

Pihak kedua memiliki kewajiban untuk hadir mulai dari hari Senin hingga Jumat dan diharapkan kehadirannya paling lambat pukul 10.00 pagi hari dan akan bekerja hingga pukul 17.00 di sore hari.

Pasal 3

Pihak kedua akan bertanggung jawab untuk mengurus dan melakukan maintenance atau perawatan komponen server yang ada pada PT. Akasia Enterprise. Pihak kedua juga bekerja sama dengan IT Back End untuk mengurus pengembangan aplikasi dari perusahaan

Pasal 4

Pihak kedua terlebih dahulu akan melewati masa uji coba selama satu bulan dan perusahaan akan menentukan diangkat secara penuh atau tidak sebagai karyawan tetap setelah pihak kedua melewati masa uji coba tersebut. Apabila karyawan mengundurkan diri selama masa uji coba sedang berlangsung maka akan dikenakan denda sebesar Rp10.000.000 untuk membayar biaya pelatihan yang sudah dilakukan.

Pasal 5

Selama pihak kedua bekerja di perusahaan akan berhak mendapatkan gaji sebesar Rp10.000.000 yang akan dibayarkan melalui nomor rekening yang sudah diberikan oleh perusahaan selambat-lambatnya pada tanggal 30 setiap bulannya. Selain itu juga pihak kedua akan menerima tunjangan transportasi dan makan setiap bulannya sebesar Rp500.000 yang akan dibayarkan bersama gaji.

Demikianlah surat perjanjian kontrak kerja ini dibuat dan harap untuk diikuti sebaik-baiknya.

 

Jakarta, 21 Agustus 2020

 

Pihak Pertama                                                                                    Pihak Kedua

 

Ronald Stevanus                                                                                Monica Damayanti

7. Contoh Surat Kuasa

Surat kuasa ada peralihan beban tugas individu kepada individu lainnya. Isi surat terdiri dari identitas si pemberi tugas kepada si penerima tugas.

Redaksi surat ditulis sedetail mungkin namun tidak menggunakan bahasa yang bertele-tele. Tugas yang dibebankan dijelaskan dengan lengkap serta dibubuhi tanda tangan si pemberi tugas. Jangan lupa pakai materai ya!

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                       : Ikhsan Muhammad

Umur                                       : 27 Tahun

Tempat Tanggal Lahir         : Wonogiri, 02 Juni 1995

Alamat                                     : Jl. Ahmad Yani No. 13 Wonogiri

Yang selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa.
Dengan ini memberi kuasa terhadap:

Nama                                       : Akhmad Yamin, SH

Umur                                       : 33 tahun

Tempat Tanggal Lahir          : Bantul, 5 Mei 1985

Alamat                                     : Jl. Berkarya No. 12 Bantul

Yang kemudian disebut sebagai Penerima Kuasa.

—————————KHUSUS————————–

Atas nama serta untuk pemberi kuasa mewakili dan mengurus dan juga menjual Kendaraan bermotor merk: Honda, Type: 10, warna: Putih, tahun: 2017, No. Pol.: AA-3171-PI, No. Rangka: va121432, No. BPKB: 2112121, atas nama: Setyo.

Untuk keperluan yang tertera di atas maka, penerima kuasa dapat melaksanakan aksi sebagai berikut:

1. Menandatangani surat perjanjian jual beli, pesan statement kepada pembebasan hak dari kendaraan bermotor tersebut dan juga surat – surat terkait iktikad dan tujuan pelepasan hak kepemilikan atas kendaraan bermotor tersebut.

2. Menerima uang serta bisa menandatangani kwitansi hasil dari penjualan kendaraan bermotor dan mengerjakan aksi lainnya yang sekiranya diperlukan.

Demikian surat kuasa ini terbuat agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Wonogiri, 27 Juli 2020

8. Surat Perintah Kerja

Surat resmi yang berisikan sebuah perintah tertentu dari suatu lembaga atau instansi terkait kepada karyawannya.

Banyak kita temukan pada berbagai organisasi, perusahaan, kantor dinas, ataupun sekolah dan perguruan tinggi. Seperti contoh surat perintah tugas ke luar kota, surat perintah lembur, dan surat tugas mewakili perusahaan.

PT. KERJA CEPAT
Jln. Melati No. 55 Banda Aceh
Telp. (0651) 123456 Fax. (0651) 123456

SURAT PERINTAH KERJA
Nomor : 1345/ST/KC/V/2018

Sehubungan dengan telah dimulainya Pembangunan Jembatan yang berada di Jalan Banda Aceh-Medan Luengbata Kota Banda Aceh Provinsi Aceh, maka dengan ini menugaskan kepada :

Nama : Budi Santoso
Jabatan : Pengawas Lapangan

untuk melakukan pengawasan terhadap pekerjaan pembangunan Jembatan, terhitung mulai tanggal 21 Maret 2018 s/d 21 Juni 2018.

Segala biaya yang ditimbulkan dari pelaksanaan tugas ini akan dibebankan kepada biaya proyek pembangunan yang bersangkutan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Demikianlah surat tugas ini diberikan agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Banda Aceh, 18 Maret 2018,
PT. Kerja Cepat,

 

Ahmad Kurniawan

9. Contoh Surat Resmi OSIS

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan organisasi resmi siswa/i tingkat SLTP dan SLTA. Organisasi ini resmi berada di bawah naungan sekolah dan Kepala Sekolah sendiri yang menjadi penangung jawabnya.

Sebagai organisasi yang bersifat formal tentu saja OSIS memiliki format surat yang resmi berserta pembukuannya. Pendataan surat masuk dan keluar selalu tercatat dengan rapih di log book milik sekretaris OSIS.

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
SMA Negeri 19 Kota Purwokerto
Jl. Abdul Hamim No. 07 Kota Purwokerto

Purwokerto, 07 Desember 2019

No: 008/OSIS/AR EE/II/2019
Lampiran: –
Hal: Undangan Pekan Olahraga

Kepada Yth,
Ketua Kelas
SMA Negeri 19 Kota Purwokerto

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya libur semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Maka kami dari selaku pengurus OSIS SMA 19 Kota Purwokerto mengundang seluruh ketua kelas dalam menghadiri undangan rapat OSIS yang akan membahas dalam pembentukan panitia pekan olahraga yang akan diselenggarakan pada:

Hari/ Tanggal Sabtu /05 Januari 2020
Pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB
Tempat Aula Pertemuan SMA Negeri 19 Kota Purwokerto
Acara Pekan Olahraga

Mengingat pentingnya acara tersebut. Maka kami mengharapkan kedatangan seluruh pimpinan kelas maupun yang mewakili untuk dapat mendatangi undangan rapat tersebut. Atas kerjasama teman – teman kami ucapkan terimakasih.

Mengetahui,
Ketua OSIS SMA Negeri 19 Kota Purwokerto,

Anika Putri

10. Contoh Surat Resmi Rapat DPR

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merupakan lembaga perwakilan rakyat yang bertugas untuk mendengarkan apresiasi rakyat.

Karena tugasnya itu, anggota DPR sering sekali mengadakan rapat untuk mendiskusikan masa depan rakyat ke depannya. Untuk perubahan yang lebih baik tentunya.

Secara resmi surat undangan rapat selalu diedarkan ke setiap angogota jika rapat akan diadakan.

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN BANJARNEGARA
Jl. Nusantara No 12 ABanjarnegara 54431

Banjarnegara, 22 Februari 2018

Nomor             : 123/DPPK/2018
Lampiran         : –
Perihal             : Undangan

Yth. Sdr. Abdullah Manaf
Jl. Ahmad YaniNo 45
Banjarnegara

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akandilaksanakannyarapat internal, dengan surat ini kami bermaksud untuk mengundang Bapak agar bisa hadir pada :

Hari : Senin
Tanggal : 26 Februari 2018
Tempat : Gedung Aula Kabupaten Banjarnegara
Acara : Pembahasan Kegiatan Bersama Anggota DPRD Banjarnegara

Demikianlah suratundangan ini kami buat dengan harapan Bapak dapat berpartisipasi. Atas perhatian dan waktunya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Kepala Dinas Pendidikan Pariwisata Dan Kebudayaan,

 

Sutan Nugroho

11. Contoh Surat Resmi Sekolah

Sekolah adalah lembaga resmi yang menjadi wadah anak-anak menuntut ilmu. Sebagai lembaga resmi tentu saja sekolah memiliki aturan dan etika tertentu dalam membuat keputusan.

Misalnya saja dalam menghadapi siswa yang sering melanggar aturan. Biasanya langkah pertama yang diambil sekolah adalah melayangkan surat pemberitahuan kepada orang tua secara resmi.

Surat tersebut berfungsi sebagai undangan secara halus agara orang tua datang ke sekolah. Dan berdikusi lebih lanjut dengan pihak sekolah terkait permasalahan anak mereka.

SMA NEGERI 25 BANJAR
Jl. Loeksomawe. No. 21 Kota Banjar
No. Telp. (122) 062949

Bandung, 20 Februari 2020

No               : 001/SMAN 25 Banjar/04/2020
Lampiran  : –
Perihal       : Undangan

Kepada Yth.
Orang tua/ Wali Murid
Kelas IX SMA Negeri 25
Banjar

Dengan hormat,

Dalam rangka guna meningkatkan karakter kecerdasan para siswa siswi SMAN 25 Banjar terutama untuk kelas IX. Maka dengan surat resmi ini, kami selaku badan pendidikan sekolah, bermaksud untuk menggelar studi lapangan untuk siswa siswi kelas IX di luar sekolah.

Adapun kegiatan itu akan kami selenggarakan pada:

Kategori Keterangan
Hari/ Tanggal Sabtu /24 Februari 2020
Pukul 07.30 – 17.30
Tempat Banjar
Acara Meningkatkan Karakter Kecerdasan

Demikian surat resmi ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan juga kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala SMA Negeri 25 Banjar,

Bambang Susanto, M.Pd

12. Contoh Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi banyak kita jumpai saat mendaftar sekolah atau mendaftar beasiswa tertentu. Rekomendasi adaah pernyataan dari perorangan/ lembaga resmi yang mengenal kita dengan sangat baik.

Berisikan penjelasan mengenai potendisi diri seseorang dan diakui oleh si pemberi rekomendasi ditandai dengan adanya tanda tangan dan logo resmi.

Selain itu surat rekomendasi biasanya juga dijumpai saat seseorang resign dari perkerjaannya. Saat kamu mengundurkan diri surat rekomendasi bersifat penting untuk memudahkanmu mencari pekerjaan selanjutnya.

PT. Pejuang Aksara
Jl. Karet Belakang No: 12, Jakarta Selatan
Telp: 081122334455
email : [email protected]

Surat Rekomendasi Kerja
No. : 121/HRD/XXI/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : Adrian Darmawan
  • Jabatan : Direktur Utama PT. Pejuang Aksara
  • Alamat : Jl. Karet Belakang III No: 12, Setiabudi-Kuningan Jakarta Selatan

Atas nama PT Pejuang Aksara, memberikan rekomendasi kepada bekas karyawan dengan keterangan biodata sebagai berikut :

  • Nama : Desi Rismawati
  • Alamat : Jl. Karet Belakang II No: 14, Setiabudi-Kuningan Jakarta Selatan

Kepada perusahaan tempat Saudara/i Desi bekerja. Surat rekomendasi ini kami keluarkan berdasarkan penilaian terhadap kinerja, kedisplinan, sifat dan sikap yang baik serta loyalitas Saudara/i Desi selama 7 tahun bekerja di PT. Pejuang Aksara dengan jabatan terakhir Manager Resource And Development.

Surat ini diterbitkan sebagai bahan pertimbangan kepada yang bersangkutan untuk melamar di perusahaan pilihan. Kami yakin bahwa Saudara/i Desi akan memberikan hal yang sama, atau bahkan lebih baik lagi, kepada perusahaan tempat Saudara/i Desi bekerja nantinya.

Demikian surat keterangan rekomendasi ini dibuat agar dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 12 Januari 2018

Adrian Darmawan

Direktur Utama

13. Contoh Surat Negosiasi

Hampir mirip dengan surat perjanjian niaga, surat negosisasi juga merupakan surat penawaran suatu barang atau jasa.

Bedanya surat ini lebih banyak digunakan oleh perusahaan jasa yang menawarkan produknya kepada perorangan maupun perusahaan lain. Surat ini biasanya disertai satu bundek proposal di lampirannya.

KOP SURAT

Nomor :
Lampiran :
Hal :

Kepada Yth.
Toko Maju Makmur
Di Jln. Madu No.7, Bandung

Dengan hormat,

Kami dari PT Sanjaya bermaksud untuk menawarkan barang kepada Anda, dengan memberikan penawaran harga yang menarik. Adapun daftar harga yang kami tawarkan yaitu :

Nama Barang Merek Harga (Rp)
TV LED 40 Inci Panasonic 5.000.000
Laptop 15 Inci Dell 5.500.000
DVD Player Samsung 3.500.000
AC LG 3.000.000

Adapun metode pembayaran yang kami tawarkan yaitu:

  1. Pembayaran cash, pada saat kami mengantar barang ke toko
  2. Menggunakan kartu kredit via BCA atau Mandiri
  3. Menggunakan sistem cicilan selama 4 bulan, dengan DP 50%

Demikian surat penawaran harga ini. Sangat besar harapan kami, jika Anda berminat dengan harga yang kami tawarkan. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

14. Contoh Surat Perusahaan Swasta

Surat resmi perusahaan swasta hampir sama dengan perusahaan lain pada umumnya.

Dapat berupa surat perjanjian kontrak antar perusahaan, surat perjanjian niaga, surat undangan rapat, surat tugas kerja, dan surat-surat resmi lainnya.

PT. JAYA SEDERHANA
Jl. Sugeng Utara No. 210 Malang
Telp. 031xxxxxx7 Fax. 031xxxxx33 Email. [email protected]

Malang, 22 Februari 2018

No.      : 005/SU-SS/II/2018
Lampiran : –
Perihal : Undangan Sosialisasi

Kepada Yth,
Pimpian PT. ASURANSI PINTAR
Jl. Merdeka Jaya No. 123 Malang
Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya klien baru di perusahaan kami, kami akan menambah perserta Asuransi jiwa atas tenaga kerja baru sebanyak 200 (Dua Ratus) personil yang akan didaftarkan dibulan Februari 2018. Maka dengan ini kami mengundang perwakilan dari PT. ASURANSI PINTAR untuk melakukan sosialisasi terhadap calon peserta tersebut.

Adapun waktu dan tempat adalah sebagai berikut :

Hari/Tanggal : Senin/26 Februari 2018
Waktu : 08.00 – 11. 00
Tempat : Ruang Meeting PT. Jaya Sederhana

Demikian surat undangan ini, kami sampaikan Mohon kedirannya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

PT Jaya Sederhana,

 

Sutan Nugroho

15. Contoh Surat Memorandum

Memorandum adalah memo yang biasa dijadikan sebagai nota atau catatan sigkat kedinasan. Memo ini berfungsi sebagai pengingat yang bersifat resmi di suatu lembaga atau instansi.

Memorandum adalah jenis surat resmi yang paling singkat dibandingkan beberapa jenis surat resmi lainnya. Benar-benar hanya mencantumkan kalimat yang diperlukan, yang biasanya berupa kalimat perintah atau ajakan.

PT KHALITA PUTRA

Jalan Samratulangi No.45

Jakarta Selatan

                                                                                             Jakarta Selatan, 15 Agustus 2015

 

SURAT MEMO

Nomor: 154/SKR/XVII/2015

Dari       : Kepala Divisi Umum

Kepada  : Luciana Fataya ,S

Mohon disiapkan dokumen rapat untuk pemenang tender proyek pembangunan cabang baru. Dokumen tersebut diserahkan paling lambat tanggal 18 Agustus 2015.

Mohon segera dikerjakan dengan baik dan tepat waktu.

Kepala Divisi Umum

                                                                                               


                                                                                       Hasta Gunawan,SE,MM

16. Contoh Surat Pemberitahuan

Dapat dikatakan surat ini berupa sebuah pengumuman. Namun berbeda dari pengumuman yang ditempel di papan, pengumuman ini bersifat resmi lewat sebuah surat.

Surat pemberitahuan ditujukan kepada seluruh pegawai atau karyawan di suatu lembaga atau instansi terkait.

Biasanya berupa pengumuman tentang perubahan aturan atau kebijakan di lembaga atau instansi atau pemberitahuan dadakan terkait even perusahaan.

Karena bersifat resmi pemberitahuan ini langsung dikirim ke setiap individu tanpa pengecualian. Pemberitahuan tersebut wajib ditaati oleh setiap individu karena bersifat mengikat.

Selain kelima belas contoh surat resmi di atas, ada lagi contoh surat resmi yang disebut dengan surat panggilan.

Surat tersebut banyak digunakan oleh lembaga atau instansi tertentu. Seperti contoh surat panggilan kerja, surat kenaikan gaji, surat Pemutusan Hak Kerja (PHK), surat panggilan penerimaan beasiswa dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan surat lamaran kerja, surat edaran, surat keputusan, surat penugasan karyawan, dan surat peringatan juga termasuk ke dalam jenis surat resmi.

SMA SWASTA TANAH TIMUR

Jln. Gerbong Tanah Timur No. 123, Kota Timur, Sumatera Timur

 

Timur, 01 Agustus 2019

 

No: 011/SMAS TT/VIII/2019

Lampiran: 1 (satu) lembar proposal

Perihal: Pemberitahuan

 

Kepada Yth.

Orang Tua/Wali Murid

Kelas 3A SMA Swasta Tanah Timur

Kota Timur

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 pada 17 Agustus 2019, kami selaku badan pendidikan SMA Swasta Tanah Timur akan menyelenggarakan kegiatan perkemahan (camping) yang bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai kebangsaan siswa serta mempererat hubungan persaudaraan satu sama lain.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Minggu/18 Agustus 2019

Pukul: 07.30 – 18.00 WIB

Tempat: Pusat Perkemahan Tanah Timur, Kota Timur, Sumatera Timur

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu orang tua/wali murid, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Kepala SMA Swasta Tanah Timur,

 

Budiono Dwi Halim, S.Pd

17. Contoh Surat Pemerintahan

Surat resmi pemerintahan biasanya berupa surat dinas. Berfungsi sebagai pengantar yang ditujukan kepada perorangan atau instansi terkait.

Seperti contoh surat bantuan penyuluhan pertanian, irigasi sawah, pengadaan air bersih, maupun bantuan fasilitas sekolah dari Dinas Pendidikan setempat.

Intinya surat ini adalah jenis surat yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintahan. Memiliki kop dan cap surat yang resmi dari lembaga terkait.

Sebagai masyarakat yang aktif, tentu kamu sudah pernah melihat surat resmi pemerintahan doang sebelumnya?

PEMERINTAH KOTA MAGELANG
SMA N 7 MAGELANG
MUNTILAN, MAGELANG
Telp: (021) 333 xxx Email: [email protected]

Magelang, 08 Desember 2019

Nomor: 002/III/ 10 Desember 2019
Lampiran: –
Hal: Permohonan Izin

Yth. Kepala Dinas Pendidikan
Kota Wonosobo

Dengan hormat

Assallamu’alaikum Wr.Wb

Kami selaku dewan sekolah SMA N 1 Wonosobo memberitahukan sehubung dengan kegiatan lomba antar sekolah yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 Januari dalam memperingati hari jadi sekolah. Yang akan diselenggarakan pada:

Hari/ Tanggal: Rabu, 10 Januari 2020
Waktu: 08.00 s/d 17.00
Tempat: Halaman SMA Negeri 1 Wonosobo

Sehubungan dengan dibuatnya surat resmi ini, kami mengajukan permohonan izin guna menyelenggarakan acara kegiatan tersebut. Atas perhatian Bapak/ ibu kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat kami,

Dela Karolin M. Kom

18. Contoh Surat Kegiatan 17 Agustus

17 agustus adalah momen bersejarah bagi rakyat Indonesia. Berpuluh-puluh tahun silam tepat di tanggal itu Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya.

Dimana secara administrasi Indonesia terbebas dari penjajah, meski pada praktiknya masih ada penjajah yang mencoba merebut Indonesia kembali.

Tetapi hal tersebut merupakan langkah taktis yang bisa dilakukan Indonesia untuk menekan negara yang berusaha menguasai negeri ini.

Oleh karena itu ajar bagi bangsa Indonesia untuk bersuka cita, merefleksikan ulang kemerdekaan pada setiap tanggal 17 agustus.

Biasanya terdapat banyak pihak yang akan mengadakan kegiatan hari kemerdekaan tersebut. Untuk itu berikut akan kami sajikan contoh surat untuk kegiatan 17 Agustus.

Kop Surat berupa logo sekolah beserta nama sekolah dan alamat lengkap

 

Nomor    : 001/A/OSIM/MTsNS/XI/2016
Lampiran :  –
Perihal    :Undangan

    Kepada Yth
Bapak /Ibu Dewan Guru
Di-
Tempat

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Dengan Hormat,
Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, pengurus OSIS SMPN 01 Mataram akan mengadakan kegiatan perayaan “Hari Kemerdekaan Indonesia” yang bertepatan pada tanggal 17 Agustus. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada siswa betapa pentingnya peran seorang guru dalam mendidik, agar siswa lebih menghargai jasa para guru sehingga peserta didik lebih beretika dan berakhlak mulia dalam pergaulan sehari-hari, baik sesama guru maupun kepada peserta didik lainnya.

Dengan ini kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu Guru sekalian, yang insyaAllah dilaksanakan pada

Hari : Jum’at
Tanggal : 25 November 2020
Waktu : 08.00 WITA
Tempat : Aula SMPN 01 Mataram

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Wanasabaa,  22 November 2016

Ketua OSIS Sekretaris
Sri Rahmawati Aldi Asyari
Mengetahui,
Kepala Sekolah Pembina OSIS
Nur Nabila M.Pd. M. Budianto, S.Pd.
NIP. 012345678910 NIP. 012345678910

19. Contoh Surat Panggilan Kerja

Pernahkah kamu mendapatkan surat panggilan kerja? Surat ini akan kamu dapatkan setelah perusahaan atau lembaga tempat kamu mengajukan lamaran kerja memutuskan kelayakanmu.

Artinya jika kamu adalah orang yang dibutuhkan pada perushaan tersebut maka biasanya pemberitahuan tersebut akan dikirim melalui surat panggilan kerja.

Dengan adanya surat ini maka secara resmi kamu dapat bekerja di tempat yang diinginkan. Di baah ini adalah salah satu contoh surat tersebut, yuk simak:

PT. Ikhsan Bangkit 
Jln. Meuligoe No. 100 Telp (0651) 545657
Banda Aceh

=================================================================

Surat Panggilan Kerja

Banda Aceh, 20 Juni 2016

Nomor      : 109/IB/06/2016
Perihal      : Panggilan Tes
Lampiran  : –

Yth. Sdr. Abdul Rahman
Desa Meunasah Baro Kec. Maju Jaya
Aceh Besar

Menyikapi surat lamaran kerja Saudara, dengan ini kami mengharap kehadiran Saudara pada:

Hari, Tanggal    : Rabu, 22 Juni 2016
Waktu               : Pukul 08. 00 s/d Selesai
Kepentingan     : Tes Tulis serta Tes Wawancara
Tempat              : PT. Ikhsan Bangkit, Jln Meuligoe No. 100 Banda Aceh

Pada kesempatan itu, kami mengharap Saudara:

  1. Membawa Ijazah sarjana yang asli;
  2. Membawa Transkrip Nilai asli serta salinannya;
  3. Membawa pensil 2B serta penghapus;
  4. Mengenakan pakaian rapi serta formal.

Demikian surat panggilan ini di buat. Atas perhatian Saudara, saya ucapkan terima kasih.

Manager Personalia,

Andika putra, S. Psi

20. Contoh Surat Resmi Memperingati Pendidikan Nasional

Seperti memperingati acara kemerdekaan, memperingati hari pendidikan nasional juga hal yang ghalib di Indonesia.

Tanggal 2 Mei menjadi momentum untuk merefleksikan ulang bagaimana perjalanan pendidikan di Indonesia serta bagaimana perkembangannya saat ini.

Untuk mengajak pihak lain agar turut meramaikan acara tersebut, biasanya terdapt surat yang dibuat seperti contoh surat berikut:

Kop Surat berupa logo sekolah beserta nama sekolah dan alamat lengkap

 

Nomor    : 001/A/OSIM/MTsNS/XI/2016
Lampiran :  –
Perihal    :Undangan

    Kepada Yth
Bapak /Ibu Dewan Guru
Di-
Tempat

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Dengan Hormat,
Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, pengurus OSIS SMPN 01 Mataram akan mengadakan kegiatan perayaan “Hari Pendidikan Nasional” yang bertepatan pada tanggal 25 November. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada siswa betapa pentingnya peran seorang guru dalam mendidik, agar siswa lebih menghargai jasa para guru sehingga peserta didik lebih beretika dan berakhlak mulia dalam pergaulan sehari-hari, baik sesama guru maupun kepada peserta didik lainnya.

Dengan ini kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu Guru sekalian, yang insyaAllah dilaksanakan pada

Hari : Jum’at
Tanggal : 25 November 2020
Waktu : 08.00 WITA
Tempat : Aula SMPN 01 Mataram

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Wanasabaa,  22 November 2016

Ketua OSIS Sekretaris
Sri Rahmawati Aldi Asyari
Mengetahui,
Kepala Sekolah Pembina OSIS
Nur Nabila M.Pd. M. Budianto, S.Pd.
NIP. 012345678910 NIP. 012345678910

Demikianlah pengertian, fungsi, ciri-ciri dan contoh surat resmi. Ternyata membuat surat resmi itu gampang sekali bukan?

Menjadi gampang kalo sudah memahami trik cara membuatnya. Sekian dulu ya penjelasan contoh surat resmi dari kami, selamat mencoba!

Leave a Comment