10 Rekomendasi Film Alien Terbaik Sepanjang Sejarah

Film alien terbaik identik dengan sesuatu menyeramkan yang berusaha menguasai bumi dengan menyerang manusia.

Jangan salah duga dulu, tidak semua film alien bercerita tentang sosok yang menyeramkan berukuran kecil maupun raksasa.

Beberapa film animasi juga menghadirkan sosok alien yang lucu, imut, dan menggemaskan yang bisa menjadi sahabat manusia. Salah satu film alien terbaik bergenre animasi yaitu “Home”.

Home menceritakan tentang persahabatan antara manusia bernama Tip dan alien baik hati bernama Oh.

Selain itu ada pula kisah tentang manusia yang justru terjebak di planet berisi alien pada film alien terbaik berjudul “Planet 51”.


Film Alien Terbaik


Penasaran dengan kisah kelanjutannya, berikut sinopsis dari kedua film tersebut di atas serta beberapa daftar film alien terbaik lainnya sepanjang sejarah

1. E.T (1982)

Film jadul ini masih menarik untuk ditonton dan sempat menjadi film fiksi ilmiah pada masanya. Disutradarai oleh Steven Spielberg, film ini berhasil meraup banyak penonton sepanjang pemutarannya.

Bercerita tentang persahabatan alien dan manusia, film ini cocok dijadikan sebagai tontonan weekend bersama keluarga.

Menghadirkan kisah hangat mengenai perjuangan sebuah keluarga dalam merawat alien yang terdampar di pekarangan rumah mereka.

Diperankan oleh Henry Thomas, Drew Barrymore, dan Peter Couyote film ini memperoleh penilaian 7.8 bintang di situs IMDb.

E.T. adalah nama alien yang terdampar dan ditemukan oleh seorang bocah lelaki bernama Elliot (Thomas) dan kakaknya Michael yang berusia 15 tahun.

Elliot bersama kakak dan adiknya menyembunyikan keberadaan E.T. dari kedua orang tua mereka. E.T. menjadi sahabat yang lucu dan pintar karena perlahan-lahan bisa mulai belajar bahasa Inggris.

Ternyata E.T. meminta bantuan Elliot agar bisa kembali ke planet tempatnya berasal. E.T. membuat seperangkat alat yang bisa digunakan untuk menghubungi rumahnya yang jauh dari planet bumi.

Pada saat Halloween tiba Elliot dan saudaranya mengajak E.T . ke hutan untuk menghubungi kembali rumahnya. Namun pada suatu pagi Elliot dan E.T. menghilang dan ditemukan dalam keadaan sekarat.

Michael pun sedih dan membawa mereka kembali ke rumah. Berita ini terdengar oleh sekelompok agen ilmuwan pemerintah, hingga Elliot dan E.T. harus menjalani karantina.

Bagaimanakah perjuangan Elliot, mampukah ia membantu E.T. untuk kembali pulang ke rumahnya di luar angkasa?

2. Monster vs Aliens (2009)

Film animasi pertama Dreamworks Animation yang berhasil meraih penghargaan sebagai animasi film terbaik pada ajang “Saturn Awards” ini disutradarai oleh Conrad Vernon dan Rob Letterman.

Menceritakan pertarungan antara antara Susan (Reese Witherspoon) bersama teman-teman monsternya melawan para alien yang turun ke bumi.

Kisah dimulai saat Susan ditimpa sebuah asteroid tepat sesaat sebelum pernikahannya dengan presenter cuaca bernama Derek Dietl (Paul Rudd) dilangsungkan.

Saat Susan terbangun dari pingsannya ia telah berubah menjadi manusia raksasa layaknya monster.

Karena dianggap berbahaya Susan dibawa oleh pihak kepolisian ke tempat fasilitas khusus dan bertemu dengan para monster lainnya.

Sementara Susan diamankan, polisi tak mampu menghadapi para alien yang turun ke bumi untuk mencuri batu asteroid yang menimpa Susan tersebut.

Tidak sanggup melawan sang alien, pemerintah meminta bantuan Susan dan monster lainnya dengan imbalan kebebasan penuh jika mereka menang. Dari sinilah pertarungan sesungguhnya baru dimulai.

3. Men in Black (1997)

Nah, ciri khas dari film yang dibintangi Will Smith keseringan lucu dan penuh tawa. Berkolaborasi dengan Tommy Lee Jones yang kaku, Men in Black berhasil menghadirkan cerita komedi yang menghibur.

Siapa sih yang pernah menyangka jika alien sudah menyatu dengan kehidupan dan aktivitas sehari-hari manusia?

Dibalik setelan jas hitamnya, Will dan Tommy bertugas untuk melindungi orang-orang biasa agar tidak menyadari bahwa keberadaan alien sudah muncul di tengah-tengah mereka.

Beberapa sumber menyebutkan cerita di film ini terinspirasi dari teori konspirasi. Will dan Tomm harus menyelamatkan bumi dan galaksi dari ancaman spesies alien misterius di muka bumi.

Dipenuhi dengan aksi laga yang mengagumkan dan dibumbui kelakuan konyol kedua pasangan agen khusus ini. Dijamin kamu akan tertawa terpingkal-pingkal sepanjang pemutaran film.

Bagi generasi 90-an tentu sangat hafal dengan kelakuan kocak para pemainnya. Saking populernya film ini sudah berkali-kali di-remake namun tetap belum bisa mengalahkan versi aslinya.

Standing applause bagi Will Smith dan Tommy Lee Jones!

4. Home (2015)

Masih diproduksi oleh DreamWorks Animation namun film ini didistribusikan oleh 20th Century Fox. Film ini menggaet dua penyanyi kondang Hollywood Rihanna dan Jennifer Lopez.

Cerita pada film ini diadaptasi dari buku anak-anak berjudul Adam Rex The True Meaning of Smekday (2007). Menceritakan tentang persahabatan antara alien bernama Oh dan manusia bernama Gratuity “Tip” Tauci (Rihanna).

Pertemuan mereka bermula saat Tip berhasil ditangkap oleh para alien karena masih tinggal di daerah yang telah mereka invasi.

Tip berniat kabur untuk mencari Ibunya justru bertemu dengan Oh, alien yang diasingkan oleh teman-temannya.

Oh yang tidak memiliki niat jahat membantu Tip untuk mencari Ibunya, Lucy Tucci (Jennifer Lopez). Bersama-sama mereka melewati pertualangan yang seru saat dikejar-kejar oleh alien lainnya.

5. War of The Worlds (2005)

Satu lagi film Steven Spielberg yang bercerita tentang alien ini juga menjadi film alien terbaik sepanjang masa. Berkisah tentang perjuangan seorang Ayah dalam melindungi keluarganya dari serangan makhluk luar angkasa.

Bertabur bintang, sederet nama artis papan atas ikut dalam proyek film yang diadaptasi dari novel “The War of The Worlds” karangan H.G. Wells ini.

Adapun para mega bintang tersebut diantaranya Tom Cruise, Dakota Fanning, Justin Chatwin, Miranda Otto, dan Tim Robbins.

Film ini menyuguhkan duet yang mengagumkan antara Tom Cruise dan Dakota Fanning sebagai pasangan Ayah dan anak. Interaksi mereka mampu memberikan kesan yang tak terlupakan penonton.

Meski sudah bercerai, Ray Ferries (Tom Cruise) tetap berupaya sekuat tenaga melindungi keluarganya agar selamat. Disini juga kita emosi kita akan naik turun karena chemistry Tom Cruise sebagai seorang Ayah sangatlah mengharukan.

Bagi penggemar film garapan Steven Spielberg tentu tidak akan melewatkan film alien terbaik yang satu ini dong.

Bagi yang merindukan Dakota Fanning ketika masih belia, bisa kembali menonton ulang film box office yang satu ini.

6. Megamind (2010)

Film ketiga ini juga diproduksi oleh DreamWorks Animation namun didistribusikan oleh Paramount Pictures.

Disutradarai oleh Tom McGrath, kabarnya kisah dalam film ini terinspirasi dari perseteruan antara Lex Luthor dan Superman.

Menceritakan tentang kisah dua bayi alien kembar yang diturunkan ke bumi bernama Metroman (Brad Pitt) dan Megamind (Will Ferrel) namun memiliki nasib yang berbeda.

Metroman mendarat di kediaman keluarga kaya raya dan tumbuh di lingkungan yang baik dan penuh kasih sayang.

Sedangkan Megamind mendarat di lingkungan penjara hingga tumbuh menjadi alien yang penuh dengan kebencian. Setelah dewasa Metroman dikenal sebagai pahlawan dan Megamind adalah penjahatnya.

Megamind selalu membuat keonaran atas dasar rasa irinya pada Metroman sejak kecil, hingga pada suatu hari akibat ulah Megamind yang berlebihan Metromind meninggal.

Bukannya senang, Megamind justru merasakan kehampaan yang mendalam. Pada suatu ketika kejahatan yang besar menyerang warga kota, sehingga Megamind yang harus bertanggung jawab mengatasinya.

7. Planet 51 (2009)

“Planet 51” merupakan film pertama Dwaney Johnson sebagai pengisi suara memerankan karakter Kapten Charles “Chuck” T. Baker.

Film alien terbaik kali ini agak berbeda dengan kisah-kisah alien yang datang ke bumi pada umumnya, justru sebaliknya manusialah yang terdampar di suatu planet dimana para alien berada.

Planet tersebut berisikan makhluk-makhluk berwarna hijau yang hidup dengan teknologi serba canggih. Pada suatu hari planet itu kejatuhan meteor yang ternyata merupakan pesawat luar angkasa milik manusia.

Astronot yang terjebak di pesawat tersebut justru dianggap alien oleh warga planet yang tak mengerti dengan istilah manusia.

Sudah dapat dipastikan banyak kekocakan dan kekonyolan pada film ini. Manusia yang terjebak di dunia alien tersebut takut dirinya akan dijadikan sebagai bahan percobaan oleh penduduk planet.

Sedangkan para alien pun cemas dan khawatir jika manusia tersebut akan menginvasi planet mereka.

8. Escape from Planet Earth (2013)

Sesuai dengan judulnya film ini bercerita tentang sekumpulan alien yang berusaha kabur dari bumi saat menjalankan misi penyelamatan.

Biasanya alien turun ke bumi dengan tujuan menginvasi bumi, namun di film ini sekumpulan alien turun ke bumi untuk menjalankan misi yang sangat berat dan berbahaya lantaran jarang ada yang kembali dengan selamat.

Meskipun demikian sekumpulan alien tersebut tetap memberanikan diri dan mendarat di bumi. Sesampainya di bumi mereka terjebak dan ditangkap oleh para anggota militer dan dikurung.

Berusaha kabur, mereka harus menghadapi rintangan berbahaya karena dikejar dan diserang tiada hentinya.

9. CJ7 (2008)

Disutradarai dan dibintangi oleh Stephen Chow, film ini menjadi film alien terbaik dan pertama yang diperankannya.

Menceritakan tentang Dicky (Jiao Xu) yang tak sengaja menemukan sebuah benda bulat berwarna hijau yang ternyata adalah alien.

Dikcy adalah anak dari Ti Chow (Stephen Chow) seorang pemulung sampah yang miskin dan tinggal di rumah kumuh ukuran sepetak bersama anaknya.

Hidup miskin sejak kecil membuat Dicky dihina dan dikucilkan teman-temannya di sekolah. Ia tak punya seorang teman pun untuk diajak bermain.

Bahkan mainan anak-anak seperti mobil-mobilan datau boneka tak mampu untuk dibeli.

Kisah dimulai saat Dicky tak sengaja menemukan benda hijau bercahaya dan berdetak seperti bernapas di tong sampah. Alien yang disangka Dicky adalah mainan tersebut menjadi sahabat karibnya dan diberi nama CJ7.

10. Jimmy Neutron: Boy Genius (2001)

Terlihat dari judulnya film alien terbaik ketujuh ini menceritakan tentang seorang anak bernama Jimmy Neutron, seorang bocah kecil yang memiliki kepintaran luar biasa.

Otaknya yang cerdas melebihi kemampuan teman-teman sebayanya. Ketika yang lain disibukkan dengan bermain, Jimmy lebih memilih melakukan berbagai percobaan dan penelitian.

Salah satu penelitiannya yang berhasil adalah membuat sebuah anjing mekanik yang menjadi sahabat karibnya.

Di sisi lain, Jimmy merasa kesulitan dalam bergaul. Namun ia memiliki seorang teman perempuan yang awalnya sinis dengan kecerdasan Jimmy.

Tidak semua hasil percobaan Jimmy berefek sempurna. Ia pernah menciptakan sebuah helm yang dapat meningkatkan kecerdasan untuk membantu Sheen.

Alat tersebut ternyata memiliki efek samping yang membuat Sheen memiliki kekuatan telepati dan berubah menjadi jahat.

Tak berhenti disitu, permasalahan lain dihadapi Jimmy ketika salah satu alat penemuan Jimmy mengundang para alien untuk datang ke bumi.

Akibatnya para alien ingin memilikinya dengan cara menculik para orang tua dari tempat Jimmy tinggal.

Jimmy berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan mereka serta memperbaiki semua masalah akibat hasil penelitiannya tersebut.


Bagaimana, tidak semua alien itu menyeramkan bukan. Jika kamu sudah menonton kesepuluh film di atas pasti saat ini kamu akan bilang, “ya ampun, mau dong piara aliennya satu”! dudududduudu….

Baca Juga : Drama Korea Terbaru

Leave a Comment