12 Film Korea Terbaru Dan Terbaik Yang Wajib Ditonton

Perkembangan film Korea terbaru terbaik Selama satu dekade ini terus meningkat. Trend k-pop, k-drama, k-movie, hingga k-food terus berkembang begitu pesat hampir di seluruh bagian dunia tak terkecuali Indonesia.

Trend tersebut mendominasi pada hampir semua aspek, mulai dari produk kecantikan, model fashion, makanan, serta kebudayaan Korea lainnya.

Maka tak heran kalau kita akan mudah menemukan makanan Korea di Indonesia, atau juga model-model pakaian yang sering dipakai oleh artis korea di drakor, dan lain-lain.

Bahkan kemudian banyak sekali produk dalam negeri yang iklannya dibintangi oleh artis korea dan berharap masyarakat juga menjadi lebih tertarik dengan produk tersebut.

Perkembangan trend ini tidak bisa terlepas dari K-pop dan Drakor (Drama Korea) yang memang dalam satu dekade ini mencuri perhatian masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan anak mudanya.

Ya melalui Industri musik dan industri kreatif, Korea berhasil memperkenalkan budayanya dan produk dari berbagai industrinya.

Pada mulanya memang trend kekoreaan yang berkembang saat ini dibawa oleh industri K-pop dan Drakor.

Kedua hal ini mempengaruhi banyak orang untuk melirik lebih dalam lagi hal apa saja yang menarik dari Negeri Ginseng tersebut.

Salah satu hal tersebut adalah kemajuan industri film layar lebar yang ternyata tak kalah menarik dari film hollywood.

Saat ini film layar lebar korea turut bersaing dan diperhitungkan di kancah Internasional. Baik drama dan film layar lebarnya selalu ditunggu-tunggu oleh para pecinta budaya korea.


Rekomendasi Film Korea Terbaru Terbaik


Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi film korea terbaru dan terbaik.

Yuk langsung saja simak selengkapnya pada tulisan di bawah ini:

1. Kim Ji-Young, Born 1982

Film yang diadaptasi dari Novel dengan judul sama ini merupakan film yang menurut kami sangat layak untuk berada di top 5 list film yang wajib kamu tonton.

Pada dasarnya alur dan cerita dalam film ini sangat sederhana, tetapi yang menarik adalah isu kesetaraan gender yang dalam film ini ditampilkan dengan sangat baik.

Kim Ji Young (Jung Yu Mi) adalah seorang ibu rumah tangga yang mengurus anak dan suaminya dengan sangat baik.

Tetapi siapa sangka pekerjaan yang dipandang sebelah mata oleh banyak orang ini cukup membebani Kim Ji Young, dan membuatnya terkadang berubah menjadi orang lain (psikologis Terganggu), hal ini tentu membuat sang suami (Gong Yoo) khawatir.

Pada kisah yang sederhana ini terdapat kritik terhadap budaya patriarki bahwa masih banyak pekerjaan yang mendiskriminasikan perempuan.

Bahwa Ibu Rumah Tangga yang bekerja dianggap perempuan yang tidak baik, dan perlakuan diskriminasi lainnya.

2. Extreme Job

Kursi sutradara dalam film ini diduduki oleh Lee Byung Hun. Dirinya berhasil membawa Extreme Job pada penghargaan Blue Dragon Film Award Audience Choice Award sebagai Most Popular Movie.

Film komedi laga korea ini menceritakan tentang tim detektif narkotika yang ditugaskan untuk mengintai sebuah geng atau organisasi yang kejahatannya telah terorganisir.

Lalu tim tersebut melakukan penyamaran di restoran ayam goreng. Ternyata dalam penyamaran tersebut terdapat hal-hal yang tak terduga setelah mereka membuat resep ayam goreng.

3. Parasite

Tentu banyak dari kita yang sudah tidak asing lagi dengan film korea yang baru-baru ini mencuri perhatian dunia perfilman internasional. Film karya Bong Joon Ho sekali lagi layak untuk diacungi jempol.

Film ini berhasil masuk dalam nominasi ajang penghargaan film bergengsi seperti Festival Film Cannes, Academy Award, Grand Prix, dan masih banyak lainnya.

Parasite secara garis besar menyoroti kehidupan si kaya dan si miskin. Dalam film ini seorang pemuda miskin mendapatkan kesempatan untuk menjadi tutor belajar dari seorang anak orang kaya.

Melihat kesempatan yang ada dirinya mengajak serta keluarganya untuk bisa bekerja di rumah tersebut. Lalu terjadilah beberapa tragedi.

4. E.X.I.T

Film besutan Lee Sang Geun berjudul E.X.I.T menceritakan tentang seorang pemuda yang merupakan pemanjat tebing terbaik di perguruan tingginya.

Sayangnya ketika lulus kuliah dirinya tidak memiliki keberuntungan yang baik. Selama bertahun-tahun dirinya harus bergantung hidup kepada orangtuanya.

Lalu pada suatu ketika kota Seol dilanda bencana yang membuat pemuda tersebut akhirnya bisa merasa berguna, karena melalui keterampilan panjat tebingnya, dirinya mampu menyelamatkan semua orang.

Film yang dibintangi oleh Cho Jung Seok dan Lim Yoona ini berhasil meraih penghargaan Blue Dragon Film Award for Best New Director.

E.X.I.T rilis pada 21 Agustus 2019, jadi untuk kamu yang ingin mencari film tersebut bisa mengunjungi situs film online gratis.

5. Memories Of Murder

Sebenarnya Memories of Murder merupakan film yang sudah lama rilis yakni pada tahun 2003. Tetapi kami tetap merekomendasikannya karena film ini adalah salah satu film korea terbaik sepanjang masa.

Lagi-lagi sutradara kondang asal Korea Selatan, Bong Joon-Ho berhasil menghidupkan setiap adegan dalam film ini sehingga segalanya tampak nyata.

Karena memang film bergenre thriller ini diambil dari kisah nyata pembunuhan berantai pertama di Korea, yang kemudian peristiwa tersebut diselidiki oleh dua orang detektif.

Memories of Murder mendapat beberapa penghargaan seperti Blue Dragon Film Award sebagai sinematografi terbaik, Penghargaan Grand Bell untuk Aktor Terbaik, sutradara terbaik, film terbaik, dan lain-lain.

6. The Odd Family: Zombie On Sale

The Odd Family bercerita tentang adanya obat-obatan misterius yang memiliki efek samping.

Lalu pada suatu waktu terdapat seseorang yang telah terdampak efek samping dari obat tersebut, kemudian dirinya lari ke sebuah desa tempat dimana seseorang bernama Man Deok tinggal.

Lalu seseorang tersebut berubah menjadi Zombie dan menyerang Man Doek. Nah untuk lebih detailnya silahkan tonton film tersebut secara lengkap ya hehe.

7. Hit and Run Squad

Film yang dirilis pada 30 Januari 2019 ini menceritakan tentang Satgas polisi tabrak lari yang bertugas mengejar seorang pengusaha yang liar, tidak terkendali, dan suka berkendaraan ugal-ugalan di jalanan.

Hit and Run Squad dibintangi oleh aktor dan aktris besar seperti Gong Hyo-Jin, Jo Jung-Suk, Ryu Jun-Yeol, dan lain sebagainya.

Dan film berdurasi 133 menit ini disutradari oleh Han Jun Hee. Dalam penghargaan Baeksang Arts Awards yang ke 55 pemeran dalam film ini, Seon Seok Goo, berhasil menjadi nominasi dengan kategori Aktor Pendatang Baru Terbaik.

Jadi menurut kami film ini bisa menjadi salah satu list tontonan film koreamu deh.

8. Inseparable Bros

Untuk para pecinta Running Man (acara ragam Korea) barangkali harus menonton Inseparable Bros, karena Lee Kwang Soo akan menjadi salah satu aktor utama dalam film tersebut.

Film yang disutradarai oleh Yuk Sang-Hyo ini mengisahkan tentang persahabatan yang saling melengkapi. Se-ha (Shin Ha-Kyun) dan Dong goo (Lee Kwang-soo) sudah bersahabat sejak lama bahkan seperti saudara dekat.

Keduanya seperti dua mata uang yang berbeda tetapi saling melengkapi. Se-ha adalah seorang yang pintar tetapi dirinya memiliki kekurangan fisik.

Sedangkan Dong goo sebaliknya, seorang yang baik atau normal secara fisik, namun memiliki kecerdasan yang kurang.

Lalu suatu ketika mereka bertemu dengan perempuan yang memperlakukan keduanya seperti manusia pada umumnya. Bagaimana detail ceritanya? Silahkan tonton sendiri ya.

9. Tune In For Love

Pecinta film romansa mana suaranya….!

Kami akan merekomendasikan Tune In For Love untuk teman-teman yang suka dengan film bergenre romansa.

Film yang rilis pada Agustus 2019 ini bercerita tentang kisah cinta Mi-Soo (Kim Go-Eun) pemilik toko roti dan Hyun Woo (Jung Hae-in) seorang lelaki yang baru saja dibebaskan dari pusat penahanan remaja.

Kemudian suatu waktu Hyun Woo bekerja paruh waktu di toko roti tersebut.

Dari situlah keduanya sering bertemu dan seiring berjalannya waktu tumbuh perasaan di antara mereka, meskipun awalnya Mi-soo merasa takut berada di dekat Hyun Woo.

10. The Gangster, The Cop, The Devil

Dari judul tersebut sudah bisa ditebak dong ya jenis film apa ini. Ya film bergenre action dan thriller ini disutradarai oleh Lee Won Tae dan sudah rilis pada 23 Mei 2019 lalu.

Kisah dalam film ini tentu akan berhubungan dengan kelompok gangster, dimana bos geng Zeus bernama Jang Dong-soo diserang oleh pembunuh berantai Kang Kyung-ho hingga luka parah.

Untuk membalaskan dendamnya Jang Dong-soo tentu perlu menemukan dan menangkap sang pembunuh berantai. Di sisi lain seorang detektif Jung Tae-Suk juga sedang memburu Kang Kyung-ho.

Karena kepentingan tersebut dengan terpaksa mereka melakukan kerja sama. Pada film ini kamu akan menemukan beberapa aktor laga seperti Ma Dong-Seok, Kim Mu-yeol, Kim Sung-kyu, dan lain sebagainya.

11. The Divine Fury

Film yang rilis pada 14 Agustus 2019 sedikit berbau mistis. Yong-hoo (Park Seo-joon) seorang yang ahli dalam seni bela diri, ia ditinggalkan ayahnya sejak masih kecil.

Ayahnya meninggal karena kecelakaan, dan sejak saat itu ia membenci orang-orang. Lalu pada suatu ketika dirinya bertemu dengan seorang pendeta bernama An (Ahn Sung-ji) yang bekerja sebagai seorang pengusir setan.

Keduanya kemudian terlibat dalam sebuah kasus yang mengharuskannya melawan sebuah kejahatan yang sangat kuat.

Kim Joo Hwan sang sutradara merangkum kisah tersebut dalam film dengan durasi 2 jam 9 menit.

12. Juror 8

Rekomendasi terakhir film korea terbaru yang wajib kamu tonton adalah film dengan judul Juror 8. Sang sutradara Hong Seung-wan yang juga merangkap sebagai penulis skenario.

Mengisahkan tentang partisipasi masyarakat sipil pertama dalam pengadilan kriminal di Korea Selatan.

Adalah 8 orang-orang biasa yang berasal dari berbagai latar belakang lalu kemudian dipilih menjadi juri untuk pengadilan kriminal.

Film ini cukup membuahkan hasil yang memuaskan, sebab Juror 8 berhasil memenangkan penghargaan Istanbul International Crime And Punishment Film Festival 2019 sebagai Haberturk Audience Award.

Selain itu Park Hyung-Sing juga berhasil menjadi Best New Actor dalam penghargaan Korean Association of Film Critics Awards yang ke 39, serta memenangkan Popular Star Award pada ajang Blue Dragon Film Awards yang ke 40.

13. Pawn

Sejak resmi dirilis tanggal 29 September 2020 lalu film ini memperoleh tempat di hati penonton. Dirilis dari Korean Film Council Pawn memperoleh 1,71 juta penonton selama pemutarannya.

Bercerita tentang anak kecil yang dijadikan jaminan oleh debt collector karena hutang piutang Ibunya.

Alih-alih diperlakukan secara tidak layak, si anak kecil ini justru dirawat layaknya anak sendiri oleh si penagih hutang tersebut.

Lee Seung-yi adalah anak dari imigran gelap yang datang ke Korea bersama ibunya. Karena keterbatasan biaya dan tidak diakui secara resmi oleh negara, ia harus hidup berpindah-pindah dan berhutang sana sini.

Sampai lewat tempo pembayaran hutang Seung-yi dan ibunya hidup dalam kejaran debt collector. Hingga akhirnya Seung-yi yang kala itu masih kecil dibawa lari oleh debt collector untuk dijadikan jaminan.

Debt collector tersebut berjanji ia akan memperlakukan Seung yi dengan baik sampai esok hari ibunya membawa uang untuk melunasi hutang.

Namun Ibu Seung yi tak kunjung datang menjemput anaknya, karena terkena deportasi oleh pemerintah ke negara asalnya.

Singkat cerita Seung Yi akhirnya tinggal bersama dua orang laki-laki yang selama ini ia sangka jahat. Justru kedua debt collector ini merawat Seung Yi dengan sangat baik hingga menyekolahkannya.

Waktu bergulir hingga Seung Yi beranjak dewasa, ia kini sudah masuk di salah satu universitas ternama di Korea.

Kenyataan pahit menghampiri hidup Seung Yi saat mengetahui ibunya sudah lama tak mencarinya sakit keras dan hampir sekarat.

Di lain sisi sosok Ayah yang selama ini ia duga sudah tiada ternyata masih hidup dan kini mencarinya.

Perjalanan kisah hidup Seung Yi yang selama ini dijadikan “jaminan” hutang diwarnai kisah haru yang yang siap membanjiri matamu. Untuk itu jangan lupa sediakan tisyu sebelum menonton ya.

14. On Your Wedding Day

Film bergenre romantis ini akan kembali mengingatkanmu pada cinta pertama termanis yang sulit untuk dilupakan.

Kisah romantis tentang perjalanan cinta yang terjalin sejak masa belia hingga dewasa selalu menarik untuk diikuti.
Berawal dari teman sekolah, teman dekat, hingga menjadi sepasang kekasih.

Begitulah cerita cinta yang dijalani oleh Woo Yeon (Kim Young-kwang) dan Seung Hee (Park Bo-young). Keduanya pertama kali bertemu di bangku SMA dan kemudian menjadi teman dekat.

Seolah terjebak friendzone, Woo Yeon yang menyadari perasaannya terhadap Seung Hee tidak berani mengambil langkah maju.

Seperti alasan kebanyakan, ia takut jika menyatakan cinta maka hubungan pertemanan mereka yang sudah sangat kental akan merenggang.

Hingga keduanya terpisah setelah lulus, Woo Yeon tetap memilih memendam perasaannya. Takdir mempertemukan mereka kembali saat kuliah, pertemuan berdebar bagi Woo Yeon ini disambut hangat oleh Seung Hee.

Hingga kembali Woo Yeon memilih untuk memendam isi hatinya. Sampai waktu bergulir, Seung Hee akan menikahi pria pilihannya dan itu bukan Woo Yeon.

Lalu apa ia akan merelakan sahabat terkasihnya kepada pria lain begitu saja. Apakah Woo Yoen tetap memilih tidak akan mengungkapkan perasaannya?

Yup, sesuai dengan judulnya sesuatu terjadi pada hari pernikahan Seung Hee. Penasaran, film Korea terbaru terbaik ini bisa disaksikan di beberapa situs movie resmi secara daring.

15. Start Up

Bukan membahas tentang drama terbaru Suzy dan Nam Jo-hyuk, melainkan film terbaru dari Park Jung-min dan Jung Hae-in.

Film Korea terbaru terbaik ini diadaptasi dari webtoon karya Jo Geum-san. Cerita tentang masa transisi pertumbuhan pemuda berusia 18 tahun dalam menari jati diri dan pekerjaan.

Taek Il (park Jung-min) selalu saja menentang setiap perkataan ibunya hingga ia putus sekolah.

Dalam pencarian jati diri ia dan sahabatnya Sang Pil (Jung Hae-in) memutuskan untuk meninggalkan rumah dan pergi ke Wonju, Gangwon.

Start Up adalah cerita tentang cara bertahan hidup di dunia yang semakin kejam ini. bagaimana memulai sesuatu yang baru hingga dalam hidup kamu tidak dianggap sebagai pecundang.

Bagi penggemar Jung Hae-in Oppa jangan mau ketinggalan dong untuk menyaksikan film yang satu ini.

Bagaimana beberapa rekomendasi film korea terbaru terbaik di atas? Apakah teman-teman sepakat bahwa beberapa film tersebut memang layak untuk dijadikan list film yang harus ditonton? Semoga saja iya hehe.


Bagaimana beberapa rekomendasi film korea terbaru terbaik di atas? Apakah teman-teman sepakat bahwa beberapa film tersebut memang layak untuk dijadikan list film yang harus ditonton? Semoga saja iya hehe.

Baiklah, mungkin cukup sekian artikel tentang film korea terbaru terbaik yang bisa kami sajikan, sekali lagi semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Mari menonton film dan selamat berbahagia!

Baca Juga: Film Korea Terbaru

Leave a Comment