7 Rekomendasi Film Pengusaha Terbaik yang Diadaptasi dari Kisah Nyata

Pengetahuan mengenai dunia bisnis bisa kamu dapatkan dengan menonton berbagai film pengusaha terbaik. Film yang mengangkat tema pengusaha merupakan satu dari sekian tema film yang inspiratif.

Film-film bertema pengusaha biasanya menyuguhkan pesan-pesan serta pelajaran yang bisa kita jadikan sebuah motivasi.

Motivasi untuk memulai sebuah usaha tidak hanya didapat dari buku, artikel, mentoring maupun seminar wirausaha.

Film-film tentang pengusaha juga bisa menjadi sumber inspirasi untuk memulai membuat sebuah usaha.

Kebanyakan film tentang pengusaha mengisahkan perjuangan serta jatuh bangun kehidupan para pengusaha dalam memulai bisnis mereka.

Hal ini bisa menjadi gambaran buat kalian para calon pengusaha maupun para pengusaha yang baru memulai bisnis baru.


Film Pengusaha Terbaik


Film tentang pengusaha biasanya juga menyuguhkan tentang pahit manisnya usaha yang mereka jalankan. Semua orang tahu kalau menjadi seorang pengusaha tidaklah mudah.

Berjuta rintangan harus mereka hadapi setiap harinya. Bagi sebagian orang dengan budget yang memadai pun bisa saja mengalami kegagalan.

Menonton film-film sejenis ini tentu akan membuat kalian semakin semangat untuk menjalankan atau memulai usaha kalian dan tetap bersemangat untuk menghadapi segala rintangan yang kalian temui dalam bisnis kalian.

Berikut ini beberapa film pengusaha terbaik yang wajib kalian tonton.

1. The Social Network

“The Social Network” merupakan sebuah film biografi drama yang dirilis tahun 2010.

Sesuai namanya “The Social Network” bercerita tentang penemu situs jejaring sosial yang banyak digunakan orang diseluruh dunia, apalagi kalau bukan Facebook.

Film ini menceritakan tentang perjalanan karir dari pencipta sekaligus CEO dari Facebook Mark Zuckerberg hingga akhirnya bisa sukses dengan Facebooknya.

“The Social Network” menceritakan Mark Zuckerberg yang seorang mahasiswa Harvard dalam menciptakan situs jejaring sosial yang sekarang dikenal sebagai Facebook.

Tetapi kemudian digugat oleh dua bersaudara yang mengaku kalau Mark telah mencuri ide mereka. Hingga salah satu pendiri Facebook yang juga keluar dari perusahaan yang dikelola Mark tersebut.

Film ini dibintangi oleh beberapa aktor tampan Hollywood, seperti Andrew Garfield dan Justin Timberlake. Aktor muda Jesse Elsenberg didapuk sebagai pemeran utama untuk memerankan tokoh Mark Zuckerberg.

Film ini dibuat berdasarkan novel biografi karya Ben Mezrich dan disutradarai oleh David Fincher.

Film yang meraup pendapatan hingga 224. 93 juta dollar Amerika di seluruh dunia ini telah membawa pulang 3 piala Oscar sekaligus untuk kategori adaptasi terbaik, film editing, serta musik.

2. The Pursuit of Happiness

Sebelum menonton film ini ada baiknya kalian menyiapkan sekotak tisu terlebih dulu.

Film yang dirilis tahun 2006 ini menampilkan akting dari pasangan bapak dan anak untuk pertama kalinya.

Will Smith yang didapuk sebagai pemeran utama mengajak serta anaknya, yaitu Jaden Smith untuk berakting dalam film berdurasi sekitar 117 menit ini.

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata tentang seorang pria bernama Christopher Gardner. Ia bekerja sebagai sales perangkat pemindai kepadatan tulang.

Alat tersebut tidak laku karena tidak lebih baik dari x-ray dan harganya pun lebih mahal.

Disaat seperti itu ia malah ditinggalkan oleh istrinya dan kehilangan tempat tinggalnya. Ia terpaksa menggelandang bersama putranya sambil bekerja menjadi sales dan pialang saham yang tidak dibayar.

3. Steve Jobs

Membaca judulnya saja kalian pasti tahu film ini menceritakan tentang perjalanan karir siapa? Tentu saja penemu sekaligus mantan CEO Apple Inc. Steven Paul Jobs atau yang lebih kita kenal dengan Steve Jobs.

Film yang dirilis pada tahun 2015 dengan arahan dari sutradara Danny Boyle ini mengungkap sisi lain dari sang pendiri perusahaan Apple.

Produk elektronik nomor satu di dunia dengan pangsa pasar masyarakat dengan ekonomi ke atas.

Film yang bercerita tentang Steve Jobs sebenarnya sudah pernah dibuat di tahun 2013 dibintangi oleh Ashton Kutcher sebagai pemeran utamanya dengan judul “Jobs”.

Tak bisa dipungkiri film “Steve Jobs” memang lebih baik secara keseluruhan dibanding film “Jobs”.

Film ini akan membawa kita ke belakang layar revolusi dunia digital yang dibawa oleh seorang pria, yaitu Steve Jobs yang menjadi pusat perhatian.

Kisah ini mengungkapkan di belakang panggung tiga peluncuran produk ikonik Apple.

Di balik kesuksesan Steve Jobs mendirikan Apple, ternyata banyak hal yang ia pertaruhkan. Salah satu hal yang mungkin menjadi penyesalan terdalamnya adalah tidak dapat mempertahankan rumah tangganya.

Selain itu film ini juga mengungkapkan sisi keegoisan Jobs dalam berbisnis. Bagaimana ia menuangkan ide briliannya untuk merintis sebuah perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Lewat film ini kita melihat bagaimana Jobs menjadi seorang pengusaha yang dicintai sekaligus juga dibenci. Terlepas dari semua itu sudut pandang tiap orang pasti berbeda-beda.

Tentu juga banyak hal positif yang diajarkan Steve Jobs kepada kita. Yang paling utama adalah sikap pantang menyerah dan berpikir out of the box untuk memiliki ide yang brilian.

4. Top Secret the Billionaire

Film tentang pengusaha selanjutnya datang dari negara Asia Tenggara, tepatnya Thailand. Negeri Gajah Putih tersebut memang unik termasuk orang-orangnya.

Kalau biasanya kalian menonton film komedi romantis atau horor Thailand kalian pasti sudah familiar dong dengan gambaran Thailand dan orang-orangnya seperti apa.

Nah, film “Top Secret the Billionaire” mengenai salah satu pengusaha muda asal Thailand yang berkecimpung dalam usaha kuliner lebih tepatnya makanan ringan yang mungkin banyak dari kalian sering mengkonsumsinya.

Film yang dirilis tahun 2011 ini dibuka dengan seorang anak muda yang bernama Top Ittipat berada dalam sebuah bank untuk meminjam uang sebesar 10 juta bath untuk memulai bisnisnya.

Usianya yang masih muda membuat pegawai bank yang ditemuinya tidak percaya dan menganggapnya hanya bermain, tapi keseriusan Top membuat si pegawai bank ingin mendengarkan kisahnya.

Awalnya ia hanyalah seorang anak SMA yang kecanduan game. Berawal dari percakapannya dengan sesama pengguna game ia berhasil mendapatkan uang dari permainan yang dimainkannya.

Semakin lama uang yang ia kumpulkan dari bermain game semakin banyak, namun hal tersebut tak berlangsung selamanya. Ia mulai jatuh dan kehilangan semuanya karena bermain game.

Saat kuliah ia mengambil jurusan bisnis dan mulai ingin membuka usaha. Ia memulainya dengan usaha kacang panggang dan membeli peralatan yang cukup mahal untuk usahanya tersebut.

Sempat sukses dengan usahanya tersebut pada akhirnya ia jatuh kembali.

Sampai suatu saat ia menemukan ide untuk membuat camilan rumput laut setelah mencicipi jajanan dari pacarnya yang ternyata jarang ada yang menjualnya.

Ia menjual segalanya untuk usahanya tersebut dan ditinggalkan orang tuanya.

Ia hanya tinggal berdua dengan paman yang mengasuhnya sejak kecil. Ditengah usahanya paman pengasuhnya mengalami kecelakaan dan ia harus berusaha sendiri melanjutkan usahanya.

Motivasi yang tak pernah padam

Kegagalan demi kegagalan terus ia alami termasuk orang tuanya yang terlilit hutang sangat besar, sampai pada akhirnya ia menemukan cara untuk memulai bisnisnya dan berhasil mendapat pinjaman uang dari bank.

Setelah usaha kerasnya dia juga bisa memasarkan produknya lewat waralaba minimarket terkenal, Seven Eleven.

Kini setelah usahanya semakin berkembang tidak hanya Seven Eleven, tapi juga minimarket dan pasar modern lainnya kita bisa menjumpai makanan ringan, Tao Ke Noi.

Saat ini top telah memiliki lebih dari 2500 karyawan dan pabrik rumput laut di Korea Selatan. Ia juga telah memasarkan camilan rumput lautnya ke 27 negara.

Pokoknya bagi kalian anak muda yang baru akan memulai usaha, film ini wajib banget kalian tonton sebagai inspirasi dan motivasi.

5. Chef

Film yang dirilis tahun 2014 ini menceritakan tentang seorang kepala koki berbakat yang berhenti dari pekerjaannya di restoran ternama dan membeli sebuah truk makanan.

Ia bangkit kembali dengan segala kreativitasnya lewat usaha baru yang dijalankannya.

Film ini wajib banget ditonton bagi kalian yang ingin mencoba membuka usaha kuliner agar kalian bisa bersaing ditengah bisnis kuliner yang sekarang sedang menjamur.

6. The Founder

Ingin tau bagaimana kisah dibalik berdirinya salah satu restoran fast food terbesar di dunia, McDonald?
Kamu akan temukan jawabannya di film pengusaha terbaik berjudul “The Founder” ini.

Kisah inspiratif tentang bagaimana McDonald yang outletnya ada hampir di seluruh dunia, ternyata bermula dari usaha burger.

Berlatarkan tahun 1950-an film ini diawali dengan kisah Ray Kroc (Michael Keaton) seorang salesman asal Illinois.

Secara tidak sengaja Kroc bertemu dengan Mac and Dick McDonald, dua bersaudara yang menjalankan usaha burger di California Selatan.

Sebagai seorang sales Kroc melihat potensi omset miliaran pada usaha yang dijalankan McDonald bersaudara tersebut.

Kroc terinspirasi dari kecepatan mereka dalam menyajikan makanan. Potensi yang sangat bisa dikembangkan untuk menciptakan peluang waralaba di dalamnya.

Dengan taktik yang jeli Kroc mencari posisi agar bisa masuk dan mengambil alih perusahaan dari dua bersaudara tersebut.

Berbagai rencana disusun oleh Kroc, mulai dari proses penyajian hamburger, mengembangkan menu restauran, hingga membangun waralaba di kota-kota lainnya.

Bagaimana kesanmu setelah menyaksikan film ini? Yang penting ambil pelajaran yang positif-positif saja ya.

7. The Greatest Showman

Bergenre drama musikal, The Greatest Showman berhasil menyihir banyak penonton lewat alur ceritanya. Bahkan semua lagu yang dimainkan dalam film ini juga masuk dalam chart berbagai tangga lagu di dunia.

Film ini diangkat dari kisah nyata tentang sejarah berdirinya salah satu sirkus terbesar di Amerika. Tentang bagaimana Phineas Taylor Barnum bisa menjadi orang Amerika yang paling dikenal yang pernah ada.

Barnum kecil adalah seorang anak yang hidup sebagai pelayan salah satu keluarga bangsawan. Ia jatuh cinta dengan salah seorang putri bangsawan yang kemudian kelak menjadi pendamping hidupnya.

Dengan motivasi ingin mendapatkan wanita pujaannya, Barnum tumbuh dengan banyak perubahan. Barnum memulai karir menjadi seorang akuntan di sebuah perusahaan ekspedisi.

Hal itu ia gapai dengan perjuangan panjang demi mendapat pengakuan dari keluarga Charity, wanita yang ia cintai sejak lahir.

Waktu bergulir Barnum diterpa masalah, ia dipecat dari perusahaannya karena mengalami kerugian. Tak ingin mengecewakan istri dan kedua putrinya Barnum mengembangkan ide gila yang saat itu tak terpikirkan oleh orang-orang.

Ia memilih bangkit dengan mengangkat derajat orang-orang yang dianggap ‘aneh’, baik dari segi fisik hingga sifat.

Mereka dikumpulkan menjadi satu dan diajak Barnum untuk membuka usaha sirkus yang menampilkan pertunjukan-pertunjukan spektakuler.

Tentu hal yang masih tabu ini tidak mudah diterima begitu saja oleh masyarakat. Namun semangat Barnum tak pernah padam, segala caci makian dan hampir kehilangan keluarga kecilnya adalah resiko yang ia hadapi.

Pada akhirnya Barnum berhasil menjadi salah satu orang ternama di Amerika dan hidup berbahagia bersama istri dan kedua putri kesayangannya.


Itu tadi beberapa film pengusaha terbaik yang bisa banget jadi referensi kalian. Beberapa tokoh di atas bahkan menjadi jajaran orang terkaya di dunia.

Semoga setelah menonton film-film di atas kalian mendapat pencerahan maupun inspirasi untuk bisnis kalian atau bahkan memotivasi kalian untuk memulai sebuah usaha.

Baca Juga: Film Pengacara Terbaik

Leave a Comment