8 Rekomendasi Film Perjalanan Waktu Terbaik Bertema Sci-Fi

Film perjalanan waktu biasanya merupakan film dengan genre fantasi atau science fiction (sci-fi). Isi dari ceritanya merupakan segala hal yang selalu tidak masuk akal di logika sehari-hari.

Membayangkan bisa kembali ke masa lalu tentu masih menjadi hal yang tabu hingga zaman millenial ini.

Namun, seiring berjalannya waktu para sineas justru tertarik untuk menuangkan ide perjalanan waktu menjadi tema dari sebuah cerita film.

Biasa dikenal dengan istilah time traveler dan mesin waktunya, film dengan genre fantasi tersebut akan menyuguhkan cerita dengan plot alur yang maju-mundur.

Tidak hanya menggunakan media mesin waktu, kemampuan untuk menjelajah waktu juga bisa dialami oleh seseorang karena sebuah kelainan genetik yang dimilikinya atau berupa kemampuan khusus yang turun temurun.

Berbagai konsep film perjalanan waktu telah banyak diusung oleh banyak sineas dan menjadi film box office di layar kaca.


Film Perjalanan Waktu Terbaik


Kali ini, rahasiabelajar.com akan fokus membahas film perjalanan waktu terbaik bertemakan percintaan. Dimana dibalik cerita seorang time traveler, terdapat kisah cinta romantis yang mengikutinya.

Berikut film perjalanan waktu terbaik disertai kisah romantis nan menyentuh hati.

1. The Time Traveler’s Wife (2009)

Sebuah kisah cinta yang menguras air mata hadir pada film ini.

Bertemakan time travel, “The Time Traveler’s Wife” mengisahkan kesetiaan Claire menjadi istri dari Henry, seorang pustakawan yang memiliki kelainan genetik.

Henry bisa saja sewaktu-waktu berpindah ke masa atau waktu yang lain ketika sedang berada dalam kondisi tertekan.

Claire yang merasa yakin bahwa Henry adalah pasangan hidup yang ditakdirkan untuknya berjanji tidak akan meninggalkan Henry bagaimanapun kondisinya.

Apapun yang terjadi Calire berjanji untuk setia menanti Henry kembali dari setiap perjalanan lintas waktunya.

Keanehan demi keanehan terus menguji kehidupan pasangan ini. Henry tidak bisa menjalani kehidupan normalnya bersama sang istri layaknya pasangan lain.

Claire yang seringkali merasakan kesepian dan hidup sendiri karena sang suami bisa tiba-tiba saja hilang dan muncul di lain waktu tanpa diprediksi.

Robert Schwentke terbilang berhasil menggarap secara apik film science fiction dengan bumbu drama cinta yang terselip di dalamnya.

Banyak pesan mendalam yang dapat dipetik dari setiap kejadian yang dialami Henry dan Claire.

Dan tentunya alur kisah cinta yang menguras air mata tersaji sempurna pada salah satu film perjalanan waktu terbaik ini.

2. Source Code (2011)

Walaupun tidak menghadirkan kisah cinta yang memilukan seperti film sebelumnya, namun film ini layak diberi predikat sebagai film perjalanan waktu terbaik.

Sebuah cerita dengan alur yang cukup rumit dan sulit dimengerti akan membuat kamu ketagihan untuk mengupas film ini sampai habis.

“Source Code” adalah sebuah mesin eksperimental milik Air Force AS yang mampu menghantarkan jiwa seseorang ke masa lampau.

Mesin ini yang mengantarkan jiwa seorang pilot Angkatan Darat AS bernama Captain Colter untuk menghentikan ledakan bom di Chicago, AS.

Bersama mesin waktu tersebut ia harus kembali ke masa lalu untuk menangkap pelaku pengeboman dalam waktu 8 menit.

Diawali dengan kondisi terbangun di sebuah kereta yang sedang melaju, Colter terkejut mendapati dirinya berada dalam tubuh orang lain dengan seorang wanita cantik tersenyum manis di hadapannya.

Anehnya, Colter yang sedang berada dalam sebuah percobaan dimana pikirannya bisa berpindah ke tubuh orang lain tersebut justru bingung dengan siapa dirinya dan apa yang harus ia lakukan.

Colter berusaha mencari jati dirinya dengan bolak balik menggunakan mesin waktu hingga ia kembali terlempar ke raga yang sama secara berulang.

Hingga akhirnya ia terperangkap di sebuah kapsul dan mendengar komando dari Kapten Goodwin dari sebuah layar yang membuat ia semakin bingung. Lalu dimanakah sebenarnya tubuh asli Colter berada?

3. About Time (2013)

Bayangkan jika kamu bisa mengulang kembali masa lalu dan memperbaiki segala kesalahan yang pernah kamu buat.

Tentu hidupmu akan dipenuhi kebahagian lebih, karena dapat menebus semua penyesalan yang menghantui hidupmu.

Tim Lake, seorang pria berusia 21 tahun terkejut saat diberitahu oleh Ayahnya bahwa laki-laki di seluruh keluarganya mempunyai kemampuan spesial untuk melakukan perjalanan waktu kembali ke masa lalu.

Kembali ke tempat dan waktu dimana ia pernah alami sebelumnya.

Mengetahui kemampuan tersebut, Tim berniat untuk kembali ke masa lalu agar bisa mengubah segala sesuatu dalam hidupnya yang telah terlewati menjadi lebih baik.

Alih-alih untuk mencari kekayaan atau kekuasaan lebih, Tim justru menggunakan kesempatan itu untuk mencari cinta sejati dalam hidupnya.

Perjuangan Tim untuk merancang dengan baik kisah asmaranya tentu tidak berjalan dengan mulus begitu saja. Ia harus melakukan perjalanan waktu berulang kali hingga pada akhirnya ia menemukan belahan jiwanya.

“About Time” adalah sebuah kisah cinta yang dikemas dengan sederhana namun memiliki kesan yang mendalam bagi kehidupan kita sehari-hari.

Hubungan antara orang tua dan anak, hubungan antar pertemanan, serta hubungan percintaan yang tak semuanya berjalan mulus.

Karena hidup tak selamanya indah, selalu ada hal buruk yang mewarnai hari-hari kita.

4. The Lake House (2006)

Film perjalanan waktu terbaik yang diperankan oleh Keanu Reeves dan Sandra Bullock ini diadaptasi dari film Korea berjudul “II Mare (2000)”.

Menceritakan tentang kisah jalinan cinta antara seorang dokter dan arsitek melalui sebuah surat. Bedanya di versi Korea dokternya adalah tokoh laki-laki dan yang menjadi arsitek adalah tokoh utama perempuan.

Di film “The Lake House”, tokoh dokter diperankan oleh wanita. Seorang dokter yang hidupnya kesepian menjalin hubungan dengan seorang arsitek dengan cara saling berkirim surat.

Sebuah kotak pos yang misterius menyatukan kedua insan ini, yang tanpa mereka sadari bahwa mereka saling berkirim surat dari tempat tinggal yang sama namun dalam kurun waktu yang berbeda.

5. Midnight in Paris (2011)

Sebuah karya terbaik dari Woody Allen, dimana ia menunjukkan keahliannya sebagai penulis skenario dan sutradara film sekaligus.

“Midnight in Paris” mengantarkan Allen memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Writing dan Original Screenplay di ajang Academy Awards AS pada tahun 2012 silam.

Film perjalanan waktu ini menceritakan tentang Gil Pender (Owen Wilson), seorang penulis yang bercita-cita ingin menjadi novelis ternama. Sayangnya mimpi tersebut dianggap tak logis oleh Inez sang istri serta orang tuanya.

Gil kemudian mengubur impiannya tersebut sejak lama.

Hingga pada suatu malam saat ia dan keluarga besarnya berlibur ke kota Paris, Gil bertemu dengan beberapa orang yang membawanya kembali ke masa lalu di era 1920-an.

Meski merasa janggal, namun Gil untuk pertama kalinya merasakan kenyamanan di kota Paris. Ia bertemu banyak seniman dan penulis legendaris yang ia idolakan, seperti Salvadir Dali.

Disana ia juga memiliki kesempatan untuk menunjukkan karyanya yang belum selesai dan memperoleh apresiasi.

Seperti menuntaskan kekesalannya kepada keluarga yang tak mendukung impiannya, Gil semakin terjatuh dalam keindahan kota Paris di masa lalu.

Hingga ia bertemu dengan dua wanita cantik yang membuatnya semakin menjauhkan diri dari istri dan keluarganya.

Disinilah kesetiaan Gil diuji.

6. Predestination (2014)

Film yang berasal dari Australia ini merupakan salah satu karya terbaik dari Spierig bersaudara, yaitu Michael Spierig dan Peter Spierig.

Berkat jerih payah mereka film ini berhasil meraih penghargaan Special Award untuk kategori Best Sci-Fi Film dan Best Screenplay.

Menceritakan tentang seorang agen pemerintah bernama John (Ethan Hawke) yang menjabat sebagai polisi mesin waktu. Ia memperoleh tugas untuk pergi kembali ke masa lalu ke tahun 1970.

John menuntaskan kasus pengeboman yang sudah berkali-kali dilakukan oleh teroris berinisial The Fizzle Bomber.

Dari sekian banyak peristiwa pengeboman yang dilakukannya, Fizzler Bomer selalu berhasil lolos dari kejaran pihak berwajib.

Oleh karena itu John diminta untuk menuntaskan kasus ini dengan cara menjelajahi masa lalu agar agar aksi pengeboman yang dilakukan Fizzle Bomber dapat dibatalkan.

John berhasil membatalkan aksi pengeboman besar di kota New York yang terjadi pada tahun 1970. Namun naasnya John terkena ledakan bom tepat pada mukanya sehingga ia harus kembali ke masa kini (1920) untuk dirawat.

Setelah sembuh dan menjalani rekonstruksi wajah John kembali menjalankan tugasnya dan kali ini menyamar menjadi seorang bartender.

Tujuan utamanya masih sama yaitu menangkap Fizzle Bomber yang bertahun-tahun berhasil lolos.

Namun perjalanan waktu kali ini cukup penuh lika-liku sejak ia bertemu dengan seorang pria transgender yang ternyata menjadi kunci utama dalam misi John.

7. Avengers: Endgame (2019)

Kelanjutan dari sekuel Avengers Infinity War ini menjadi salah satu film perjalanan waktu yang paling dinanti-nanti kehadirannya.

Setelah Thanos berhasil memusnahkan 50% populasi manusia di bumi ia kemudian mendapatkan semua infinity stones.

Para Avengers harus membentuk siasat baru untuk bisa mengalahkan Thanos. Jika tidak maka populasi manusia di alam semesta ini akan habis hanya dengan satu jentikan jari saja.

Yup, setelah menonton Avenger Infinity War tentu kamu sudah tidak asing dengan jentikan jari Thanos yang mematikan setengah populasi bumi.

Dalam sekuel terakhir ini hampir semua Avengers berkumpul untuk mengalahkan Thanos. Dimulai dari Captain America, Black Widow, Thor, Captain Marvel, Ant-Man, Iron Man dan para Avengers lainnya.

Avengers: Endgame diawali dengan potret kehancuran yang terjadi di bumi. Suasana kesedihan dan ketidakberdayaan mengudara seolah para Avengers sudah berputus asa untuk melawan Thanos.

Para Avengers yang tersisa kemudian mencari tahu keberadaan Thanos. Selain mengalahkannya, mereka juga akan mencuri Infinity Stones untuk mengembalikan orang–orang yang telah dilenyapkan Thanos.

Singkat cerita para Avengers berhasil membunuh Thanos, namun sayang infinity stones ternyata sudah dihancurkan terlebih dahulu oleh Thanos.

Lalu bagaimana kelanjutannya, apakah para avengers bisa menuntaskan semua misi mereka? Langsung saja yuk bagi yang belum menonton film ini, mari dituntaskan.

8. Interstellar (2014)

Film perjalanan waktu terbaik berikutnya merupakan karya dari sutradara kondang Christopher Nolan. Sebagai film sci-fi banyak yang berpendapat jika film ini sangat masuk akal dan mungkin saja menjadi kenyataan.

Hal ini dikarenakan alur ceritanya yang cerdas dan didasarkan pada pendekatan ilmu pengetahuan.

Bercerita tentang para astronot yang melakukan misi ke luar angkasa untuk menemukan tempat hunian baru. Digambarkan jika bumi yang manusia tempati saat ini sudah hancur karena dilanda bencana alam yang dahsyat.

Suatu hal yang unik dari film ini adalah para astronot berangkat menjelajahi waktu melalui lubang cacing (wormhole).

Para astronot tersebut melakukan perjalanan dari satu planet ke planet lainnya. Dimana planet-planet tersebut memiliki relativitas waktu yang jauh berbeda dengan bumi.

Lalu akankah mereka kembali dalam keadaan normal dan membawa kabar baru kepada penduduk bumi?


Menonton film bertemakan perjalanan waktu tentu sangat menyenangkan bukan. Teka-teki yang sulit untuk ditebak membuat kita semakin penasaran bagaimana dengan ending ceritnya.

Sejauh ini kedelapan film perjalanan waktu terbaik dengan tema sci-fi di atas merupakan pilihan terbaik yang rahasiabelajar.com bisa rekomendasikan.

Any idea again?

Baca Juga: Film Perang Terbaik

Leave a Comment