14 Film Zombie Terbaik yang Harus Ditonton (Bikin Tegang)

Penggemar film fiksi, thriller, ataupun horror tidak boleh melewatkan film-film zombie terbaik berikut ini.

Kalian pecinta film zombie pasti tahu dong serunya menonton para mayat hidup yang menjadi kanibal setelah tak lagi menjadi manusia.

Kebanyakan film zombie menggambarkan sosok zombie sebagai manusia yang mati terkena virus mematikan dan kemudian menjadi mayat hidup yang memakan manusia lainnya.

Tidak semua zombie berasal dari manusia yang kemudian mati dan menjadi mayat hidup karena terjangkit virus atau hal-hal ilmiah lainnya.

Terkadang pada beberapa film zombie sosok tersebut juga ada yang dibuat menggunakan sihir. Mereka menjadi mayat hidup dan memangsa manusia sesuai perintah pemberi mantra.

Terlepas dari bagaimana zombie itu berasal, film zombie selalu menghadirkan sensasi tersendiri bagi penikmat filmnya.

Berbeda dengan film horror yang selalu membuat kita tegang sekaligus merinding ataupun film thriller yang membuat kita deg-degan dan berkeringat dingin.


Film Zombie Terbaik


Film zombie menghadirkan sensasi menegangkan yang berbeda dari kedua genre film tersebut. Rasanya saat menonton film zombie kita akan dibuat tegang sekaligus gemas karena ingin memusnahkan para zombienya.

Nah berikut ini rekomendasi film-film zombie yang enggak bakal bikin kalian nyesel kalau menontonnya.

1. Resident Evil dan sekuelnya

Bagi para pecinta film zombie maupun gamers pasti sudah tidak asing lagi dengan film yang satu ini, Resident Evil.

Film yang sudah mempunyai banyak sekuel ini diadaptasi dari sebuah video game berjudul sama. Tokoh utama dalam Fil Resident Evit adalah seorang wanita bernama Alice.

Berhubung film ini diadaptasi dari sebuah game maka adegan-adegan yang ada didalam game juga ada di dalam film. Game Resident Evil sendiri merupakan game jenis shmup atau tembak-tembakan.

Tak heran bila pada filmnya banyak adegan dimana para zombie dimusnahkan dengan cara ditembaki. Hampir pada semua poster filmnya Resident Evil selalu menampilkan tokoh alice yang membawa senjata terutama pistol.

Sejak film pertamanya pada tahun 2002 hingga kini Resident Evil memiliki lima sekuel, jadi total dari semua filmnya sejauh ini sudah ada enam film.

Film pertamanya berjudul Resident Evil bercerita tentang awal permulaan tokoh Alice bergabung dengan kelompok rahasia dan menemukan sarang zombie.

Alice sendiri merupakan petarung yang handal meski diawal filmnya ia sempat mengawali amnesia. Pada film pertamanya juga diceritakan bagaimana zombie-zombie tersebut tercipta.

Selain Resident Evil masih ada sekuel lainnya yang tak kalah seru, yaitu Resident Evil: Apocalypse, Resident Evil: Extinction, Resident Evil: Afterlife, Resident Evil: Retribution, Resident Evil: The Final Chapter.

Selain menyuguhkan ketegangan dari genre horror fantasinya film ini juga menyuguhkan action para laganya dengan apik.

2. Dawn of the Dead

Film yang dirilis pada tahun 2004 ini merupakan sebuah film remake dari sebuah film karya George A Romero ditahun 1978. Dawn of the Dead bercerita tentang pertahanan hidup sekelompok manusia terhadap zombie.

Latar belakang tempatnya ada disebuah pusat perbelanjaan di sebuah kota bernama Everett, Winconsin. Tokoh utama dari film ini adalah Ana Clark yang diperankan oleh Sarah polley.

3. Dead Rising Watchover dan sekuelnya

Film Dead Rising: Watchover dan sekuelnya Dead rising: Endgame merupakan film yang juga diadaptasi dari sebuah video game berjudul Dead Rising.

Sama halnya dengan Film Resident Evil Film ini juga mengisahkan tentang pertarungan melawan para zombie.

Tokoh utama dalam film ini adalah seorang reporter online bernama Chase.

Pada film pertamanya diceritakan perjuangan Chase sang reporter online bersama teman-temannya yang dikenalnya secara kebetulan berusaha meloloskan diri dari kota yang terinfeksi wabah zombie.

Pada film pertamanya juga diceritakan tentang Chase yang berusaha mengungkap keterlibatan angkatan darat dalam upaya mencegah pendistibusian Vaksin Zombrex.

Vaksin Zombrex sendiri merupakan sebuah vaksin untuk menghentikan penyebaran wabah zombie.

Sedangkan pada sekuel filmnya menceritakan tentang misi penyelamatan dan pengungkapan sebuah konspirasi yang digagas oleh Chase beserta kekasih dan teman-temannya.

Penyebaran virus zombie pada film pertamanya melibatkan angkatan darat juga pemerintah dan pada film ini Chase ingin mengungkapkan kebenarannya sambil berjuang melawan para zombie.

4. Dead Snow dan sekuelnya

Film zombie yang satu ini berasal dari Norwegia.

Film besutan sutradara Tommy Wirkola ini bercerita tentang petualangan sekelompok mahasiswa yang menemukan harta karun Nazi berupa sekotak perhiasan emas saat berlibur di pegunungan pada musim dingin.

Peninggalan Nazi tersebut dijaga oleh pasukan zombie yang berseragam Nazi pada perang dunia ke II. Siapapun yang menggambil harta karun tersebut akan dihantui oleh para pasukan zombie Nazi.

Pada film pertamanya hanya ada satu Mahasiswa bernama Martin yang berhasil selamat dari kejaran zombie. Ia pun berhasil mengembalikan kotak berisi perhiasan peninggalan Nazi kepada pimpinan zombie, yaitu Herzog.

Di sekuel filmnya, yaitu Dead Snow: Red vs Dead masih menceritakan tentang Martin salah satu mahasiswa yang berhasil selamat.

Di sekuelnya Martin yang tidak sengaja masih mengantongi satu koin emas Nazi terus dikejar-kejar oleh Hezorg.

Martin sempat memotong tangannya yang tergigit zombie di sekuel sebelumnya. Saat dikejar-kejar Hezorg Martin yang akan masuk ke mobil tak sengaja menjepit tangan Hezorg hingga patah.

Kemudian cerita berlanjut dengan pembantaian yang dilakukan oleh tangan Hezorg yang tidak sengaja dipasang ke lengan Martin saat ia tak sadarkan diri di rumah sakit.

5. I Am Legend

Para penggemar aktor Will Smith tak boleh melewatkan filmnya yang satu ini. Ayah dari Jaden dan Willow smith ini berhasil memerankan karakternya sebagai Robert Neville.

Karakter Smith di film ini adalah seorang virologis tentara US. Ia menjadi satu-satunya manusia di New York yang masih hidup.

Anak dan istrinya meninggal saat proses evakuasi. Ia juga mengembangkan vaksin antivirus sendirian. Sekuel dari film I Am Legend yang juga dibintangi oleh Will Smith akan rilis pada tahun 2018 ini.

6. Land of the Dead

Penggemar aktor Simon Baker pasti penasaran dengan perannya di Film ini. Simon telah berperan sebagai Patrick Jane di serial The Mentalist dalam 7 season.

Karakternya sebagai Riley Denbo di Film ini berbeda dengan perannya sebagai Jane. Penasaran seperti apa aktingnya? Buruan tonton film ini.

7. Survival of The Dead

Film yang dirilis pada tahun 2009 ini sempat masuk nominasi pada Festival Film Venice. Film ini bercerita tentang perlawanan penduduk di sebuah pulau di Amerika bagian Utara terhadap zombie.

Dalam misinya mereka berharap keluarga mereka yang telah menjadi zombie bisa diobati.

8. World War Z

Film yang berdurasi 2 jam 3 menit ini dirilis pada tahun 2013. Pada film ini kalian akan menyaksikan akting yang apik dari Brad Pitt.

Pitt berperan sebagai Garry Lane, seorang pegawai PBB yang mengemban misi untuk menghentikan penyebaran pandemic zombie.

9. ZombieLand

Film ZombieLand merupakan film horror komedi petualangan. Film zombie yang satu ini tidak membosankan dan melulu menegangkan.

Aktris Emma Stone juga ambil peran dalam film ini sebagai Wichita, seorang gadis pemberani yang bergabung dengan kelompok pembasmi zombie.

10. House of the Dead dan sekuelnya

Film yang satu ini juga merupakan film yang diadaptasi dari sebuah game arcade dengan judul yang sama. Film ini bercerita tentang sekelompok mahasiswa yang mengadakan perjalanan ke sebuah pulau misterius.

Pada akhirnya mereka harus menghadapi kawanan zombie yang haus darah. Film ini termasuk kategori film untuk 18+ karena ada beberapa adegan vulgar.

Pada sekuelnya virus zombie menyebar di seluruh universitas dan orang-orang mulai berubah menjadi zombie.

Kejadian menjadi tambah buruk dari waktu ke waktu. Penasaran kan gimana ending dari kedua film ini. Buruan tonton deh biar ga penasaran.

11. Wild Zero 

image source: imdb.com

Wild Zero merupakan salah satu film zombie terbaik Jepang yang bergenre horor komedi dengan sutradara Tetsuro Takeuchi. Filmnya dibintangi oleh Masashi Endo yang berperan sebagai Ace, seorang fans fanatik dari band rock Guitar Wolf.

Meski cerita film ini merupakan sebuah cerita fiksi, tapi Band Guitar Wolf benar-benar sebuah Band Rock asal Jepang yang sangat populer di tahun 80 – 90an. Salah satu single terbaiknya adalah Planet of the Wolves yang juga menjadi salah satu soundtrack film ini.

Wild Zero menceritakan tentang invansi alien yang menyerang bumi. Dimana para alien dapat mengubah manusia menjadi zombie. Ace diangkat menjadi saudara oleh idolanya, yakni Guitar Wolf setelah menyelamatkannya dari sang manajer.

Berkat hal tersebut Guitar Wolf berjanji akan selalu membantu Ace jika ia membutuhkan bantuannya. Siapa sangka jika ternyata Ace membutuhkan bantuan idolanya begitu cepat karena ia terjebak di dalam gerombolan Zombie di pom bensin.

12. Train to Busan 

film zombie terbaik
image source: about.vidio.com

Train To Busan atau yang dalam Bahasa Koreanya berjudul Busanhaeng merupakan salah satu film zombie terbaik Korea. Aktor kenamaan Gong Yoo didapuk sebagai peran utama dan disini ia kembali dipertemukan dengan aktris Jung Yu Mi.

Sebelumnya Gong Yoo dan Jung Yu-mi pernah beradu akting dalam film The Crucible. Aktor kawakan seperti Ma Dong Seok serta aktris cilik Kim Su An juga ikut meramaikan film ini. Sutradara dari Train to Busan adalah Yeon Sangho.

Bercerita tentang seorang ayah bernama Seo Seok Woo.dengan anak perempuannya, Su An yang pergi ke daerah Busan menggunakan kereta. Mereka pergi ke Busan dalam rangkan ulang tahun Su-an dan ingin merayakan bersama ibunya yang sudah bercerai dari Seok Woo.

Singkat cerita, sebuah kebocoran bahan kimmia dari pabrik biotek menyebabkan munculnya virus zombie. Virus itu dengan cepat menyebar ke seluruh Korea Selatan, termasuk juga di stasiun Seoul. Bahkan virusnya juga masuk ke dalam KTX 101 jurusan Busan.

13. One Cut Of The Dead 

film zombie terbaik
image source: rogerebert.com

One Cut of The Dead merupakan judul internasional dari film Kamera O Tomeru Na yang berarti Don’t Stop the Camera. Sekali lagi Jepang memberikan suguhan film zombie terbaik dengan genre horor komedi.

FYI, film ini merupakan film low budget dengan biaya produksi sekitar 3 juta Yen saja atau sekitar 135 jutaan rupiah. Disutradarai oleh Shinichiro Ueda dan turut dibintangi oleh Takayuki Hamatsu, Mao, Harumi Shuhama, Yuzuki Akiyama, Kazuaki Nagaya, dan Manabu Hosoi.

14. Peninsula

image source: pinterest.com

Peninsula merupakan kisah kelanjutan dari film Train to Busan yang rilis pada tahun 2016. Disini pemeran utamanya adalah Kang Dong Won yang berperan sebagai Jung Seok.

Jika kalian sudah melihat film Train to Busan, pasti tau dong kenapa Gong Yoo oppa tidak bermain lagi di sekuel film ini.

Alur dalam film Peninsula menceritakan keadaan setelah empat tahun wabah zombie dalam film Train to Busan sebelumnya. Disini Semenangjung Korea atau Korea Selatan sudah seperti wilayah mati yang hancur.

Kang Dong Wong yang berperan sebagai Jung Seok menjadi salah satu dari sedikit orang yang berhasil selamat dari wabah zombie tersebut. Ia adalah mantan tentara Korea yang berhasil melarikan diri dari virus ke luar negeri.

Jung Seok diberi misi untuk kembali ke Korea dan secara tidak terduga bertemu dengan para penyitas yang juga selamat dari virus zombie. Turut dibintangi oleh Lee ujng Hyun sebagai Min Jeong dan Lee Re sebagai Joon-i serta disutradarai oleh Yeon Sang Ho.

Leave a Comment