jenis anjing

7 Jenis Anjing yang Mirip Dengan Serigala dan Anjing Liar

Jenis Anjing – Siapa sih yang tidak suka anjing. Hewan mamalia menggemaskan yang sering disebut sebagai sahabat manusia dan sangat setia. Tidak hanya setia, tapi mereka juga pintar dan bisa dilatih.

Anjing merupakan salah satu binatang yang dijadikan sebagai hewan peliharaan. Bisa dibilang anjing merupakan hewan peliharaan favorit.

Selain tingkahnya yang menggemaskan kecerdasannya membuat binatang yang satu ini menjadi populer.

Apalagi anjing dengan badan besar dan berbulu lebat. Sudah dipastikan menjadi bintang baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Hal itu terbukti dari banyaknya ras anjing yang diangkat dalam cerita film Hollywood.

Tahukah kalian kalau anjing dan serigala masih satu keluarga, yaitu family canidae.

Mereka juga masuk dalam jenis yang sama, yaitu genus canis dari suku canini. Itulah mengapa antara anjing dan serigala memiliki banyak persamaan.

Serigala dan anjing terbagi lagi dalam beberapa subspesies.


Jenis Anjing


Seperti yang kita ketahui anjing domestik mempunyai banyak spesies didalamnya. Berikut ini beberapa jenis anjing yang populer dan masih kerabat dekat serigala dan anjing liar.

1. Siberian Husky

jenis anjing
image source: akc.org

Anjing yang penampakannya mirip serigala ini berasal dari Rusia. Nama lain dari siberian husky adalah chukcha.

Berat untuk pejantan biasanya berkisar antara 16 – 29 kg dan betina 14 – 27 kg. Tinggi mereka sekitar 51 hingga 61 cm untuk pejantan dan 48 – 58 cm untuk betinanya.

Siberian husky bisa hidup hingga 12 sampai 14 tahun lamanya. Bulu mereka lebat berguna untuk melindungi dari udara dingin dan cuaca extreme.

Jika kalian ingin memelihara anjing jenis ini hendaknya kalian memiliki pendingin udara di rumah karena temperatur di Indonesia cenderung hangat.

2. Alaskan Malamute

Siapa bilang anjing yang menyerupai serigala itu menakutkan. Tidak bagi alaskan malamute yang justru menggemaskan.

Motif bulu mereka mirip dengan serigala, tapi bagian kepala dan muka mereka berbeda.

Jika kepala serigala cenderung berbentuk segitiga dengan moncong yang lebih panjang.

Maka alaskan malamute mempunyai bentuk muka yang lebih membulat dan pipi yang chubby. Itu membuat mereka terlihat lucu dan bersahabat.

3. Jenis Anjing Tamaskan

jenis anjing
image source: allthingsdogs.com

Tamaskan merupakan anjing penarik kereta sama seperti alaskan malamute dan siberian husky. Tamaskan memiliki tubuh yang lebih atletis dibanding dua anjing sebelumnya.

Anjing ini merupakan hasil persilangan dari wolfdog dengan alaskan malamute maupun siberian husky. Bahkan anjing ini juga dipersilangkan dengan Sheprhed Jerman.

4. Saarloos Wolfdog

jenis anjing
image source: 101dogbreeds.com

Saarloos wolfdog merupakan anjing yang paling mirip dengan serigala. Itu dikarenakan mereka merupakan anjing hasil persilangan antara anjing Shepherd Jerman dengan serigala Eropa.

Meskipun begitu anjing ini bukanlah anjing pemburu maupun anjing penarik kereta seperti tiga anjing sebelumnya.

5. Jenis Anjing Dingo

Anjing yang satu ini sebenarnya merupakan anjing liar atau nondomestik. Mereka adalah anjing asli dari daerah Australia. Mereka hidup di alam liar dan masih kerabat dari anjing hutan Papua.

Dingo memiliki perilaku yang mirip dengan serigala karena mereka sama-sama hidup di alam liar.

Meskipun dingo memiliki tubuh yang lebih kecil dari serigala, tapi kemampuan berburunya tak kalah dari serigala.

6. Anjing Papua

image source: akurat.co

New Guinea singing dog atau anjing Papua merupakan kerabat dekat dingo. Mereka sama-sama anjing yang hidup di alam liar hanya berbeda daerah saja. Jenis ini sedikit lebih pendek dari dingo Australia.

7. Jenis Anjing Utonagan

Secara fisik utonagan mirip dengan alaskan malamute, siberian husky, dan shepherd Jerman.

Kemiripan itu wajar karena utoganan dikembangbiakkan dari persilangan anjing-anjing tersebut.

Mereka juga mirip dengan serigala sama halnya dengan gen indukannya.

Itulah sedikit informasi mengenai anjing-anjing yang mirip dengan serigala. Nah, anjing serigala mana yang paling kalian favoritkan.

Jenis Anjing Peliharaan

Dikenal sebagai hewan yang pintar dan setia menjadikan anjing banyak dipelihara oleh manusia. Minat pemeliharaan terhadap anjing juga semakin meningkat terutama di kota-kota besar.

Mereka yang hidup di kota-kota besar memilih anjing sebagai teman pendamping mereka untuk menghilangkan stress.

Tak hanya sekedar sebagai hewan peliharaan terkadang anjing juga menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Apalagi ketika harga anjingnya mahal atau anjingnya pintar dan bisa melakukan trik-trik tertentu.

Sejarah anjing sebagai teman pendamping manusia juga cukup panjang. Perlu diingat bahwa keberadaan anjing tidak hanya sebatas sebagai pemuas kebutuhan kita, tapi juga memberikan pelajaran tentang arti tanggung jawab kepada sesama mahkluk Tuhan.

Wujud pertanggungjawaban kepada anjing peliharaan meliputi manajemen dan kesehatan anjing. Berhubung kita sudah berkomitmen untuk memelihara mereka jadi, kita harus bertanggung jawab atas kehidupan mereka.

Untuk itu, jika memelihara anjing untuk sekedar coba-coba atau untuk bersenang-senang saja lebih baik tidak usah memelihara mereka. Sebagai tuan mereka kita harus memberi rasa aman bagi mereka dan juga manusia di sekitarnya.

Jangan sampai kehadiran anjing peliharaan justru membawa kerugian dalam kehidupan manusia karena kelalaian pemiliknya. Hal yang paling utama dari hubungan ini adalah simbiosis mutualisme antara anjing dengan manusia.

Memilih Anjing Kesayangan

Ketika akan memelihara anjing hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih anjing yang nantinya menjadi teman kita. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memilih anjing yang tepat untuk kita pelihara.

Pertama adalah jenis anjing.

Saat menseleksinya kita harus melihat ras apa yang sesuai dengan kita juga kekhususan fisik dan perilaku mereka. Hal ini meliputi ukuran, warna, rambut, tempramen, dan aktivitas mereka.

Perlu dikatahui bahwa ukuran seekor anjing juga dapat mempengaruhi lama hidup seekor anjing. Masa hidup anjing ras besar lebih singkat daripada masa hidup ras kecil.

Kedua adalah kebutuhan khusus seekor anjing.

Beberapa jenis anjing mungkin memiliki resiko lebih besar terhadap kondisi kesehatan tertentu. Adapula anjing yang membutuhkan latihan dan kesabaran yang lebih untuk bisa menjadi teman yang baik bagi manusia.

Ketiga adalah bersiap diri untuk merawat anjing peliharan.

Ini tentu menjadi hal yang paling penting dan mendasar bagi setiap calon pemilik anjing dan hewan peliharaan lainnya.

Sebagai pemilik anjing kita harus bertanggung jawab atas pakan mereka, perlindungan, perawatan, serta kesehatan mereka.

Apabila ingin melibatkan anak-anak dalam pemeliharaan anjing pastika mereka saling mengenal terlebih dahulu dan harus dibawah pengawasan orang yang lebih dewasa. Bisa juga anak yang lebih tua membantu anak yang lebih muda dalam memelihara anjing keluarga.

Keempat adalah memilih anak anjing atau anjing yang sudah dewasa.

Kebanyakan orang lebih memilih puppy untuk anjing peliharaan pertama mereka. Perlu kalian tahu, anak anjing membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk latihan, sosialisasi, pengawasan, dan pemberian pakan yang lebih sering.

Sementara anjing besar mungkin sudah terbiasa dengan manusia dan mungkin memiliki pengetahuan dasar tentang ketrampilan anjing. Namu, anjing besar tentu membutuhkan lebih banyak ruang daripada anak anjing.

Kelima adalah kemampuan finanasial dalam merawat anjing.

Harga seekor anjing bervariasi tergantung ras dan asalnya bahkan juga ketrampilan mereka. Setiap anjing juga membutuhkan pakan, mainan, tempat tinggal, dan juga pemeriksaan rutin ke dokter hewan.

Biaya-biaya lain yang mungkin dibutuhkan meliputi pengobatan darurat, grooming, lisensi, sterilisasi, latihan, dan aksesoris. Hal-hal tersebut harus sudah dipikirkan matang-matang oleh calon pemilik anjing. Jangan sampai nantinya anjing peliharaan malah ditelantarkan.

Leave a Comment