12 Jenis Buah Pir dengan Nama-Nama yang Unik dan Menarik

Buah pir merupakan saah satu buah yang banyak dijual baik disupermarket maupun di pasar tradisional. Jenis buah pir ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi yang cocok untuk menhilangkan dahaga.

Buah yang berasal dari pohon genus phyrus ini memilik banyak sekali varietas yang memiliki ciri-ciri berbeda yang mungkin kalian belum ketahui sama sekali


Keunikan Nama-Nama Berbagai Jenis Buah Pir


Beberapa jenis buah pir di bawah ini mungkin saja cocok untuk dijadikan nama anakmu nanti:

1. Pir Red Blush

Pir red blush banyak ditemukan di Afika Selatan. Warna kulit pir red blush berwarna kuning, dinamakan blush karena terdapat bintik-bintik merah pada kulitnya.

Daging buah pir red blush manis berais dan sangat lembut sehingga cocok untuk diberikan pada bayi yang memasuki masa mpasi.

2. Pir Packham

Kulit buah pir packham berwarna hijau dengan tekstur kulit keras dan terdapat bitnik-bintik coklat. Buah naga ini terkenal di kalangan ibu hamil karena kandungan asam folatnya yang tinggi.

3. Pir Forelle

Pir forelle merupakan pir berbentuk lonceng dengan ukuran yang kecil yaitu sekitar 5-7 centimeter.

Forelle memiliki kulit berwarna kuning cerah dengan bintik merah, daging buah berwarna putih dengan kandungan air yang tinggi, dan biji berada disentral buah.

Kandugan gizi pir ini adalah potassium, serat, kalsium, dan vitamin C.

4. Pir Williams

Bentuk dari pir williams seperti buah pir pada umumnya yaitu sempit di bagian atas dan lebar di bagian bawah.

Kulit pir williams bewarna kuning ketika matang dengan daging putih yang tinggi antioksidan seperti vitamin C dan asam klorogenat.

5. Pir Seckel

Pir seckel merupakan verietas pir dengan ukuran yang kecil, berbentuk bulat, leher kecil, dan berbatang pendek yang cocok dimanfaatkan sebagai kudapan.

Warna kulit dari pir ini adalah maroon. Walaupun ukruannya yang kecil, ternyata rasa pir ini sangat manis sehingga pir seckel sering disebut “pir gula” karena ukurannya yang kecil.

6. Pir Bosc

Pir bosc merupakan pir dengan kultivar eropa yang berasal dari Belgia dan Prancis. Mempunyai kulit kecoklatan dengan bentuk yang ramping dan leher panjang.

Bentuknya yang indah membuah pir bosc sering dijadikan bahan lukisan dan fotografi. Pir ini juga mengandung vitamin C yang tinggi.

7. Pir Anjou

Pir Anjou kadang disebut Beurré d’Anjou. Kulit pir anjou bewarna hijau dan akan menjadi kuning ketika matang. Bentuk pir ini seperti telur dengan leher yang pendek.

8. Pir Conference

Pir conference merupakan kultivar pir Eropa di musim gugur dengan bentuk lonjong berwarna hijau. Tekstur pir conference lembut dan berasa manis.

9. Pir Asian

Pir Asian ini paling sering kita temui di pasar karena merupakan pir asli Asia Timur sehingga sering juga disebut pir Cina, pir Jepang, pir Taiwan, pir zodiac, dan pir Pasir.

Jenis pir ini kaya akan vitamin C, potassium, dan magnesium, berbentuk bulat kekuningan, dan rasanya manis nan crunchy.

10. Pir Taylor’s Gold

Pir yang berasal dari Selandia baru ini memiliki warna kulit coklat kayu manis dengan daging buah creamy-white.

Rasanya manis dan aromatik dengan tekstur yang lembut, sangat cocok untuk campuran salad.

11. Pir Comice

Pir comice memiliki tubuh gemuk berleher sangat pendek dengan warna kulit hijau berlapis kemerahan dengan daging buah yang manis seperti mentega, sehingga cocok disajikan bersama keju.

12. Pir Bartlett

Pir bartlett merupakan varietas Amerika klasik, berbentuk lonceng dengan ukuran yang besar dengan daging buah putih bertekstur lembut yang sangat cocok untuk salad.

Ada dua jenis barlett berdasarkan warna kulitnya yaitu bartlett kuning dan bartlett merah.

Gimana teman-teman, banyak banget ya ternyata varietas dari buah pir.

Selain nama-namanya yang keren, ternyata setiap jenis buah pir memiiki kandungan gizi yang sangat tinggi yang baik untuk kesehatan.

So, terinspirasi memberi nama anak dari nama varietas buah pir?

Leave a Comment