Jenis Bunga Bangkai | Hayati Langka Berbau Tak Sedap Namun Dilindungi

Bunga bangkai adalah bunga yang memiliki bau seperti namanya, yaitu bau bangkai. Berbagai jenis bunga bangkai kini makin banyak ditemukan di berbagai wilayah hutan hujan tropis di Indonesia.

Selain baunya, yang spesial dari bunga bangkai adalah bentuk dan ukurannya. Bentuknya tidak indah seperti kebanyakan bunga dengan ukuran yang sangat besar.


Sejarah Bunga Bangkai


panennews.com

Berdasarkan catatan sejarah bunga bangkai pertama kali ditemukan oleh Dr. Odoardo Beccar pada tahun 1878. Peneliti asal Italia ini menemukan Amorphophallus di sekitar air terjun Lembah Anai, Sumatera Barat.

Sejak saat itu bunga ini dijadikan sebagai tanaman endemik asli Sumatera oleh para peneliti. Banyak peneliti dari berbagai belahan tertarik untuk terus mengupas karakteristik berbagai spesies tentang bunga bangkai.

Keunikan bunga bangkai sampai di mancanegara, meliputi ukuran, bentuk, dan aromanya. Sebagai tanaman langka tumbuhan ini dimasukan ke dalam sumber daya alam Indonesia yang dilindungi.

Kini sudah banyak jenis bunga bangkai yang ditemukan di Pulau Sumatera. Bahkan di daerah terpelosok sekalipun di Sumatera Barat baru-baru ini ditemukan jenis baru yang diduga kuat adalah bunga bangkai.

Hingga kini beberapa hal terkait bunga bangkai masih menjadi topik menarik yang dikaji oleh para botanis. Mulai dari tempat tumbuh, morfologi, dan segala data karakteristik lainnya.

Mengingat semakin banyaknya jenis bunga bangkai yang ditemukan, maka perlu informasi yang komprehensif tentang karakteristik bunga bangkai dari spesies yang berbeda.

Selain melakukan pengambilan data di habitat aslinya, penelitian juga dilakukan di Pusat Konservasi Kebun Raya Bogor – LIPI. Karena bunga bangkai juga tumbuh di daerah tersebut.

Sebagai tanaman endemik, di beberapa daerah di Sumatera menjadikan bunga bangkai sebagai ikon pariwisata.

Salah satunya di Provinsi Bengkulu, dimana bunga bangkai dijadikan sebagai maskot daya tarik wisata. Tujuannya sebagai edukasi dalam mengenalkan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Beberapa jenis tanaman endemik Sumatera ini juga mulai ditemukan di Pulau Sulawesi, Jawa, dan Kalimantan.

Jenis Bunga Bangkai

Memiliki nama latin Amorphophallus titanium becc bunga bangkai juga dikenal dengan sebutan suweg raksasa.
Dinamakan seperti itu karena memang dikenal sebagai tumbuhan dengan ukuran kembang yang terbesar di dunia.

Ukurannya juga yang menjadikan bunga endemik Sumatera ini dinobatkan sebagai padma raksasa bersama dengan Rafflesia arnoldi.

Jenis-jenis tanaman Amorphophallus juga dapat kita jumpai di daerah hutan hujan tropis. Tumbuhan bunga ini dapat kita kenali bahkan dari jauh karena baunya yang seperti bangkai.

Baunya yang tidak enak tersebut bertujuan untuk menarik lalat dan kumbang agar menyerbuki bunganya.

Amorphophallus paeoniifolius

jenis bunga bangkai
nparks.gov.sg

Salah satu spesies bunga bangkai yang tak hanya ditemukan di Pulau Sumatera namun juga di Sulawesi dan Jawa. Mahkota dengan warna yang berubah dari merah jambu hingga ungu menjadi ciri khas bunga ini.

Saat mekar kandungan antosianin pada mahkotanya akan membuat perubahan warna yang menakjubkan setiap orang.

Memiliki ketinggian sekitar 1,5 meter, bunga ini tumbuh optimal di daerah yang minim cahaya matahari seperti hutan tropis yang lembab.

Tekstur bunga Amorphophallus paeoniifolius tergolong kasar namun daunnya lunak dengan warna hijau. Meski begitu tumbuhan langka ini dipercaya dapat dimakan dan menjadi sumber obat tradisional.

Amorphophallus titanum

powo.science.kew.org

Khusus spesies yang satu ini hanya dapat ditemukan di Pulau Sumatera, tepatnya di daerah hutan hujan tropis di Bengkulu.

Merupakan salah satu bunga bangkai raksasa karena memiliki bunga yang sangat besar saat mekar. Kelopak bunga berwarna merah maroon kecoklatan dengan mahkota tinggi besar menjulang berwarna kuning.

Amorphophallus hewittii

jenis bunga bangkai
bukitbakabukitraya.org

Habitat asli spesies bunga bangkai yang satu ini adalah daerah Singkawang, Kalimantan Barat. Tumbuh optimal di daerah dengan ketinggian 101-200 mdpl.

Syarat tumbuhnya yaitu di tanah yang kaya akan humus dan minim cahaya matahari. Amorphophallus hewittii dewasa dapat tumbuh hingga tinggi mencapai 180 cm.

Termasuk kecil jika dibandingkan dengan ukuran bunga bangkai lainnya. Ciri fisik bunga ini memiliki batang berwarna hijau dengan bercak putih, dan bunga berwarna kuning saat sudah matang.

Amorphophallus gigas

bukalapak.com

Sama dengan A. titanium, Amorphophallus gigas juga berasal dari habitat hutan hujan tropis di Bengkulu.
Sebagai cagar alam tumbuhan ini juga dinobatkan sebagai bunga majemuk tertinggi di dunia.

Dalam perkembangannya bunga dengan kelopak dan tangkai yang relatif pendek ini hanya mekar satu kali selama 3 tahun. Sehingga dikenal juga sebagai bunga dengan periode mekar terlama.

Informasi Umum Terkait Amorphophallus sp.

jenis bunga bangkai
indiamart.com

Berikut ini informasi mengenai berbagai jenis bunga bangkai secara umum:

1. Ciri-ciri Bunga Bangkai

  • Warna kelopak dari bunga ini adalah merah hati di bagian dalam jingga hingga kehijauan di bagian luar.
  • Bonggolnya berwarna keunguan serta kuning.
  • Bau yang dikeluarkan sangat busuk seperti bangkai.
  • Tingginya bisa mencapai 5 meter dengan diameter 1,5 meter.
  • Biji atau bibitnya berwarna merah dengan masa mekar hanya 7 hari saja.

2. Habitat

Banyak ditemukan di hutan hujan wilayah tropis sebagai habitatnya. Di Indonesia jenis bunga ini paling banyak ditemukan di hutan hujan daerah Pulau Sumatera.

Mereka biasanya tumbuh di bawah kanopi hutan di ketinggian 120-365 mdpl. Jenis tanah tempat mereka tumbuh adalah tanah berkapur.

3. Perkembangbiakan

Amorphophallus memiliki dua fase selama hidupnya yang terjadi secara bergantian, yaitu fase vegetatif dan generatif. Saat fase vegetatif diatas umbi bunga tumbuh batang tunggal dan daun yang mirip daun pepaya.

Lama kelamaan keduanya layu dan menyisakan umbi di dalam tanah. Saat fase generatif akan muncul bunga majemuk.

Siklus vegetatif berlangsung pada awal musim hujan yang berlangsung selama 6-12 bulan. Dilanjutkan dengan tahap berikutnya selama 1-4 tahun sebelum memasuki siklus perbungaan.

Cukup lama kan waktu yang dibutuhkan untuk satu bunga raksasa ini. Di alam liar burung rangkong sering membantu perkembangbiakan bunga bangkai.

Seiring berkurangnya populasi burung rangkong di alam liar maka populasi bunga bangkai di alam liar pun semakin berkurang.

4. Perbedaan Bunga Bangkai dengan Rafflesia Arnoldii

Rafflesia Arnoldii merupakan salah satu bunga raksasa yang juga mengeluarkan bau busuk layaknya bangkai. Hal itu juga yang membuat beberapa awam sering salah mengartikan kalau keduanya merupakan satu bunga yang sama.

Padahal dari nama latinnya saja sudah berbeda.

Jika bunga bangkai memiliki nama Amorphophallus sedangkan nama latin Rafflesia Arnoldii adalah Rafflesia.

Bentuk kedua bunga tersebut juga berbeda jauh, jika bunga bangkai menjulang ke atas maka Rafflesia melebar ke samping.

Bahkan Rafflesia termasuk golongan tumbuhan parasit sedangkan bunga bangkai tidak karena memiliki umbi, batang, dan akar sendiri.

Di dalam satu bunga Rafflesia terdapat dua jenis kelamin sedangkan bunga bangkai hanya memiliki satu. Bila ia jantan maka tidak ada kelamin betinanya begitu pula sebaliknya.

5. Bunga Bangkai Tertinggi

Di Taman Konservasi Puspa Langka yang terdapat di daerah Bengkulu dibudidayakan jenis bunga bangkai tertinggi di dunia. Jenis bunga bangkai tersebut adalah Amorphophallus titanium becc.

Mereka termasuk tumbuhan endemik dari Pulau Sumatra dan termasuk bunga terbesar di dunia. Tentu saja hal tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia karena memiliki jenis bunga langka yang unik.

Semakin banyak hal menarik yang dapat dijadikan sebagai objek penelitian dari bunga bangkai. Salah satunya adalah mengenai perbanyakan spesies baik secara generatif maupun vegetatif.

Selain itu secara alami bunga bangkai adalah tanaman yang membutuhkan waktu lama untuk berbunga. Sekitar 20-40 tahun sejak ditanam.

Nah, untuk memangkas waktu yang panjang ini para ahli sedang melakukan penelitian terkait bagaimana menjadikan bunga bisa cepat muncul tanpa harus menunggu berpuluh-puluh tahun lamanya.

Demikian penjelasan kami mengenai jenis bunga bangkai. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment