6 Jenis Bunga Kamboja Si Cantik yang Dianggap Mistis

Jenis Bunga Kamboja – Bunga kamboja merupakan lambang dari meski terkadang sering diidentikkan dengan bunga kematian. Kamboja memang kerap kita temui di area pemakaman karena hal itu juga kamboja kerap diidentikkan dengan kematian.

Jenis Bunga Kamboja

Kamboja memiliki nama latin Plumeria yang diambil dari nama penemunya seorang botanis Perancis, yaitu Charles Plumier. Selain dikenal sebagai bunga kemaatian di Indonesia bunga ini identik dengan Pulau dewata, Bali. Ya, bunga kamboja memang kerap digunakan dalam acara peribadatan umat Hindu di Bali. Hal itu pula yang membuat bunga kamboja kerap diidentikkan dengan pulau Bali.

Salah satu youtuber Korea Selatan yang juga pernah tinggal di Bali, yakni Jang “Sunny” Dahye bahkan menjadikan bunga kamboja sebagai inspirasinya. Sunny yang berkolaborasi dengan salah satu brand perhiasan membuat beberapa item berbentuk bunga kamboja saat teringat Bali. Berikut ini beberapa jenis bunga kamboja yang aslinya berasal dari Amerika Tengah.

1. Plumeria Bali-Whirl (Jenis Bunga Kamboja Bali)

Mahkota dari bunga kamboja yang satu ini bentuknya unik karena bertumpuk. Keunikannya membuat bunga kamboja jenis ini semakin indah. Cara mengembangbiakkan jenis ini adalah dengan penyetekkan atau dengan menanam bagian batang yang sudah dipotong ke media tanam.

2. Plumeria Acuminata

satuharapan.com

Bentuk mahkota dari kamboja yang satu ini juga cukup unik. Bagian ujung dari mahkotanya menggulung serta bentuknya yang lebih membulat daripada jenis lainnya.

3. Plumeria Acutifolla

Selain bau bunganya yang sangat harum, jenis ini juga dipercaya sebagai obat yang berkhasiat. Mereka dipakai sebagai obat kencing nanah, bisul serta bengkak. Orang Hindu Bali juga kerap menggunakan kamboja jenis ini disetiap acara peribadatan lho. Banyak sekali manfaatnya kan? Tidak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga sebagai obat dan bunga sakral.

4. Plumeria Cendana (Jenis Bunga Kamboja Beracun)

pinterest.com

Jika jenis kamboja sebelumnya dikenal sebagai bunga yang berkhasiat sebagai obat, kamboja yang satu ini justru sebaliknya. getahnya mengandung racun sehingga akan menyebabkan rasa gatal bila terkena kulit. Meskipun begitu bau bunganya sangatlah harum. Itu juga yang menjadikan jenis ini sering disebut kamboja cendana karena bau harumnya.

5. Plumeria Kok Putih

Keunikan dari jenis kamboja kok putih adalah pada mahkotanya. Meskipun sudah mekar, mahkota dari jenis kamboja ini tetap terlihat agak menguncup.

6. Adenium Obesum (Jenis Bunga Kamboja Afrika)

gardeningexpress.co.uk

Kebanyakan orang menyebut jenis ini sebagai kembang kamboja Jepang. Padahal bunga ini tidak berasal dari negeri sakura tersebut melainkan dari Benua Afrika. Jauh sekali bukan? Tumbuhan ini juga sering disebut sebagai the rose of desert karena kemampuan bertahan hidupnya di padang pasir. Negara-negara seperti Tanzania, Kenya, dan Uganda adalah tempat dimana jenis ini banyak ditemukan.

Itulah beberapa jenis kembang kamboja baik yang ada di Indonesia maupun dibelahan dunia lainnya. Setelah membaca informasi diatas kalian jadi tahu kan kalau bunga kamboja tak melulu berkaitan dengan hal-hal yang berbau spiritual. Tidak hanya sebagai hiassan bunga yang bernama latin plumeria ini juga kerap dijadikan obat hingga makanan.

Dibeberapa negara di Asia kamboja kerap dijadikan camilan berupa tempura bunga. Cara membuatnya sama seperti saat membuat tempura lainnya. Cukup dengan melumuri kamboja segar dengan tepung yang dibumbui bawang putih, merica, dan garam. Kebayang rasanya kan? Ga kalah deh dengan rempeyek yang biasa kalian santap bersama dengan lauk pauk lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*