7 Jenis Bunga Matahari | Varietas yang Unik dan Berbeda dari Biasanya

Jenis bunga matahari merupakan jenis bunga yang berukuran besar. Ukuran bunganya bisa mencapai 30 cm.

Tumbuhan semusim ini tidak hanya memiliki bentuk dan warna seperti matahari, tapi juga arah tumbuhnya yang mengikuti matahari.


Mengenal Berbagai Jenis Bunga Matahari


dreamstime.com

Bunga matahari banyak manfaatnya dan digemari banyak orang. Tidak hanya diambil bijinya nyatanya bunga matahari banyak dibudidayakan untuk keperluan komersial lainnya.

Mulai dari bahan buket hingga obyek pariwisata. Warnanya yang cerah membuat mood orang yang melihatnya ikut tersihir menjadi cerah.

Ukraina menjadikan bunga matahari (sunflower) sebagai bunga nasional mereka. Tak hanya Ukraina, negara bagian Amerika Serikat, yaitu Kansas juga meresmikan bunga matahari sebagai bunga nasional mereka.

Berikut ini beberapa jenis dan fakta mengenai bunga matahari.

1. Habitat Jenis Bunga Matahari

Jika kalian ingin membudidayakan bunga ini pastikan bunga mendapat cahaya matahari yang cukup. Mereka sangat suka tanah yang subur sekaligus hangat.

Asal tanaman ini dari negara beriklim subtropik jadi bila di Indonesia akan cocok jika ditanam di daerah dataran tinggi.

2. Budidaya Bunga Matahari

Budidaya bunga matahari berdasarkan kegunaannya dibagi dalam empat kategori, yaitu kelompok penghasil minyak, pakan ternak, tanaman hias, dan kuaci panen.

Pada kelompok bunga penghasil minyak para petani lebih memperhatikan bagian bijinya. Biji pada kelompok ini harus memiliki cangkang yang tipis.

Kandungan minyaknya biasanya berkisar antara 48% hingga 52 %. Agar dapat menghasilkan satu liter minyak biji bunga matahari diperlukan biji dari 60 tandan bunga majemuk.

3. Karakteristik

Berasal dari benua Amerika tepatnya Meksiko. Tinggi tanaman ini biasanya antara 3 – 5 meter tergantung pada varietasnya. Berdaun tunggal lebar dengan batang yang ditumbuhi rambut-rambut tipis yang kasar.

Biji kuaci sebenarnya merupakan buah dari bunga matahari. Sedangkan isi dari kuaci baru bisa kita sebut dengan biji.

4. Pemanfaatan

Bunga matahari dulunya hanya dimanfaatkan biji atau kuacinya sebagai bahan pangan. Lama kelamaan biji bunga matahari mulai diekstrak dan diambil minyaknya.

Kandungan dari minyak kuaci diantaranya asam linoleat dan asam oleat. Kandungan lemak tak jenuh tersebut membuat minyak kuaci digemari sebagai dressing salad atau untuk menggoreng.

Tidak hanya itu kini minyaknya juga dimanfaatkan dalam bahan baku pembuatan kosmetik.

Selain dipanen tumbuhan ini juga dibudidayakan untuk mempercantik pekarangan. Bahkan banyak petani matahari yang kini beralih dari menjualnya menjadi peluang obyek wisata.

5. Pengelompokan Tipe Bunga Matahari

Berdasarkan ukurannya jenis bunga matahari dibagi menjadi tiga, yaitu sunflower tinggi, kerdil, dan yang berwarna-warni.

Jenis yang tinggi termasuk bunga matahari berukuran besar yang bisa tumbuh hingga beberapa meter. Pada jenis ini bunganya merupakan jenis yang paling sering kita temui.

Umumnya memiliki kelopak berwarna kuning cerah dengan warna coklat di bagian tengahnya. Spesiesnya antara lain adalah:

  • Pencakar langit
  • Sunforest mix
  • Amerika
  • Mammoth Rusia
  • Schweintnitz

Varietas kerdil (dwarf) biasanya kurang diminati karena dianggap tidak seperti bunga matahari seperti kebanyakan.

Ukuran yang paling tinggi dari jenis kerdil bahkan hanya mencapai 1,2 meter. Kebanyakan dari mereka justru memiliki tinggi kurang dari 1 meter. Spesies dwarf yang populer diantaranya adalah:

  • Sundance Kid
  • Beka kecil
  • Pacino
  • Kuning Suntastic
  • Sunny Smile

Terakhir ada varietas yang memiliki keragaman warna. Mungkin sebagian dari kita hanya tahu bunga matahari yang berwarna kuning. Sebenarnya mereka juga memiliki varietas dengan warna-warna selain kuning, diantaranya:

  • Terracota yang berwarna seperti tanah liat
  • Earthwalker yang warnanya campuran antara warna merah, coklat, dan emas.
  • Chianti yang berwarna seperti wine
  • Moulin Rouge yang berwarna burgundi kemerahan.

Jenis Bunga Matahari Berdasarkan Varietas

Cherry Rose

bobvila.com

Terlihat berbeda dari bunga matahari pada umumnya, cherry rose adalah jenis bunga matahari dengan perpaduan warna yang unik.

Bunga-bunga kecilnya terdiri dari warna coklat kehitaman, bagian kelopak bunga terdiri dari dari gradasi warna merah dan ungu. Sedangkan bagian ujung kelopak bunga berwarna putih atau kuning.

Sungguh sangat cantik bukan? Degradasi warna pada bunga matahari ini membentuk lingkaran di sekeliling kelopaknya.

Meski tak menunjukkan warna khas dalam merepresentasikan warna matahari yaitu kuning. Cherry rose tetap indah dipandang dengan karakteristik dan ciri khasnya tersendiri.

Velvet Queen

jenis bunga matahari
etsy.com

Keunikan bunga matahari velvet queen yaitu berwarna cokelat kemerah-merahan. Bagian biji bunga berwarna kehitaman yang dikelilingi oleh lingkaran berwarna kuning pada pangkal kelopak.

Seperti membentuk gerhana matahari cincin, berwarna gelap di bagian tengah. Dan dikelilingi sisi yang memancarkan warna terang seperti cahaya matahari.

Pohon bunga matahari jenis velvet queen dapat tumbuh hingga setinggi 1,5 meter. Ukuran diameter kelopak bunga ini terhitung lebar bisa mencapai 15 cm.

Dalam satu bunga biasanya terdiri dari 5-8 kelopak bunga dalam satu tangkai yang bisa bertahan hingga 2 bulan lamanya.

Fiesta Del Sol

kuyahejo.com

Jenis bunga matahari fiesta del sol cocok dijadikan sebagai tanaman penghias pekarangan. Berwarna merah cerah (oranye) dan pekat, bagian biji bunga ini memancarkan warna kuning oranye.

Tinggi pohonnya berkisar pada 80 cm dengan ukuran diameter 5-10 cm. Tergolong jenis bunga matahari yang mungil dan bunga yang tak begitu besar.

Seperti bunga matahari lainnya, fiesta del sol terlihat sangat cantik dan menawan. Warnanya yang menawan menambah kesan aura feminim dari bunga tersebut.

Sunny Smile

takii.com

Keunikan bunga ini yaitu dapat ditanam di dalam wadah kecil dengan ketinggian 6 cm maupun diinduksikan pada tanah hingga tinggi pohon 12-20 cm.

Karena berbentuk mungil sunny smile sering dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Kelopak bunganya berwarna kuning oranye dengan bagian tengah berwarna hitam.

Uniknya lagi dapat berbunga sepanjang tahun tanpa harus memikirkan panjang hari.

Teddy Bear

etsy.com

Terlihat berbeda dengan bunga matahari lainnya, kelopak bunga teddy bear berbentuk kecil-kecil, mengembang, menyelimuti biji matahari.

Berwarna kuning oranye bunga ini terlihat cantik dengan ukuran diameter bisa mencapai 17 cm. Sementara pohonnya sendiri dapat tumbuh hingga ketinggian 60-90 cm saja.

Penamaannya mirip dengan nama boneka beruang yang terkenal. Bunga matahari yang satu ini termasuk kedalam daftar bunga matahari yang paling banyak dicari pecinta tanaman hias.

Early Russian

jenis bunga matahari
veseys.com

Dilihat dari bentuknya early Russian adalah jenis bunga matahari seperti pada umumnya. Kelopak berwarna kuning hangat dan bagian tengah berwarna coklat kehitaman.

Keunikan bunga ini terletak pada ukurannya yang jumbo. Satu kelopak bunga matahari ini bisa mencapai diameter 30 cm dengan ketinggian pohon berkisar pada 2-3 meter.

Seringkali bunga ini dinamai bunga matahari raksasa. Meski tampak biasa-biasa saja namun kamu akan takjub jika melihat ukurannya secara langsung.

Red Sun

etsy.com

Seperti namanya kelopak bunga matahari yang satu ini berwarna merah kehitaman. Bagian tengah berwarna hitam gelap dengan tinggi pohon maksimal 150 cm.

Meskipun bernuansa gelap, justru disitulah letak keunikan bunga yang sangat cantik ini. Ukuran diameter bunga bisa mencapai 15 cm dengan waktu bertahan kurang lebih 2 bulan.

Itulah beberapa jenis bunga matahari yang unik dan berbeda dari yang kita ketahui pada umumnya. Pernahkan kamu menjumpai salah satu varietas di atas?

Jika kamu mengunjungi negeri Belanda ada kemungkinan kamu bisa menjumpai beberapa spesies di atas. Jangan lupa share momen berhargamu di media sosial ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment