Jenis Bunga Matahari | Beberapa Fakta dan Varietasnya

Jenis bunga matahari merupakan jenis bunga yang berukuran besar. Ukuran bunganya bisa mencapai 30 cm. Tumbuhan semusim ini tidak hanya memiliki bentuk dan warna seperti matahari, tapi juga arah tumbuhnya yang mengikuti matahari.

Jenis Bunga Matahari

Bunga matahari banyak manfaatnya dan digemari banyak orang. Tidak hanya diambil bijinya nyatanya bunga matahari banyak dibudidayakan untuk keperluan komersial lainnya. Mulai dari bahan bouqet hingga obyek pariwisata. Warnanya yang cerah membuat mood orang yang melihatnya ikut tersihir menjadi cerah.

Ukraina menjadikan sunflower sebagai bunga nasional mereka. Tak hanya Ukraina, negara bagian Amerika Serikat, yaitu Kansas juga meresmikan sunflower sebagai bunga mereka. Berikut ini beberapa jenis dan fakta mengenai bunga matahari.

1. Habitat Jenis Bunga Matahari

Jika kalian ingin membudidayakan bunga ini pastikan bunga mendapat cahaya matahari yang cukup. Mereka sangat suka tanah yang subur sekaligus hangat. Asal tanaman ini dari negara beriklim subtropik jadi bila di Indonesia akan cocok bila dtanam di daerah dataran tinggi.

2. Budidaya

Budidaya bunga matahariberdasarkan kegunaannya dibagi dalam empat kategori, yaitu kelompok penghasil minyak, pakan ternak, tanaman hias, dan kuaci panen. Pada kelompok bunga penghasil minyak para petani lebih memperhatikan bagian bijinya. Biji pada kelompok ini harus memiliki cangkang yang tipis.

Kandungan minyaknya biasanya berkisar antara 48% hingga 52 %. Agar dapat menghasilkan satu liter minyak biji bunga matahari diperlukan biji dari 60 tandan bunga mejemuk.

3. Karakteristik Jenis Bunga Matahari

Berasal dari benua Amerika tepatnya Meksiko. Tinggi tanaman sun flower biasanya antara 3 – 5 meter tergantung pada varietasnya. Berdaun tunggal lebar dengan batang yang ditumbuhi rambut-rambut tipis yang kasar.
Biji kuaci sebenarnya merupakan buah dari bunga matahari. Sedangkan isi dari kuaci baru bisa kita sebut dengan biji.

4. Pemanfaatan

Bunga matahari dulunya hanya dimanfaatkan biji atau kuacinya sebagai bahan pangan. Lama kelamaan biji bunga matahari mulai diekstrak dan diambil minyaknya. Kandungan dari minya kuaci diantaranya asam linoleat dan asam oleat. Kandungan lemak tak jenuh tersebut membuat minyak kuaci digemari sebagai dressing salad atau untuk menggoreng. Tidak hanya itu kini minyaknya juga dimanfaatkan dalam bahan baku pembuatan kosmetik.

Selain dipanen tumbuhan ini juga dibudidayakan untuk mempercantik pekarangan. Bahkan banyak petani matahari yang kini beralih dari menjualnya menjadi peluang obyek wisata.

5. Macam-Macam Jenis Bunga Matahari

Berdasarkan ukurannya jenis bunga matahari dibagi menjadi tiga, yaitu sunflower tinggi, kerdil, dan yang berwarna-warni.

– Jenis yang tinggi termasuk bunga matahari berukuran besar yang bisa tumbuh hingga beberapa meter. Pada jenis ini bunganya merupakan jenis yang paling sering kita temui. Umumnya memeliki kelopak berwarna kuning cerah dengan warna coklat dibagian tengahnya.

travel.trubus.id

Spesiesnya antara lain:

Pencakar langit
Sunforest mix
Amerika
Mammoth Rusia
Schweintnitz

– Varietas kerdil biasanya kurang diminati karena dianggap tidak seperti sunflower. Ukuran yang paling tinggi dari jenis kerdil bahkan hanya mencapai 1,2 meter. Kebanyakan dari mereka malah kurang dari 1 meter. Spesies dwarf yang populer diantaranya adalah:

bekker.com

Sundance Kid
Beka kecil
Pacino
Kuning Suntastic
Sunny Smile

– Terakhir ada varietas yang memiliki keragaman warna. Mungkin sebagian dari kita hanya tahu bunga matahari yang berwarna kuning. Sebenarnya mereka juga memiliki varietas dengan warna-warna selain kuning, diantaranya:

rhobins-garden.com

Terracota yang berwarna seperti tanah liat
Earthwalker yang warnanya campuran antara warna merah, coklat, dan emas.
Chianti yang berwarna seperti wine
Moulin Rouge yang berwarna burgundi kemerahan.

Leave a Comment