7 Jenis Bunga Mawar Yang Digolongkan Menurut Habitat Tumbuhnya

Bunga mawar sering menjadi simbol berbagai hal, terutama cinta. Berbagai jenis bunga mawar sering dijadikan sebagai media menyampaikan rasa suka kepada seseorang.

Tak hanya dalam urusan cinta, perihal lain seperti ungkapan selamat atas kelulusan kepada teman dan orang terkasih lainnya.

Banyak pasangan muda mudi hingga yang sudah tua memberi hadiah mawar kepada orang terkasih di hari spesial mereka.

Mawar adalah bunga yang indah, meskipun begitu mereka juga memiliki duri yang tajam. Namun tak mengalahkan pamor mawar,selalu menjadi pilihan nomor satu dalam setiap momen-momen berharga.


Berbagai Jenis Bunga Mawar


Duri mawar merupakan bentuk perlindungan dari tumbuhan mawar. Tahukah kalian kalau mawar termasuk jenis tumbuhan semak? Tinggi mereka saja hanya 2 sampai 5 meter.

Meskipun ada jenis merambat yang bisa mencapai hingga 20 meter, tapi sangat jarang. Tak hanya duri mawar juga memiliki daun yang ujung-ujungnya tajam meskipun tidak menyakiti.

Daunnya termasuk daun majemuk dengan bentuk tulang menyirip. Selain menjadi tanaman hias mawar juga kerap diekstrak yang kemudian minyaknya dijadikan bahan baku kosmetik hingga makanan.

Berikut macam-macam jenis mawar yang ada di dunia.

1. Mawar Grandiflora

jenis bunga mawar
amazon.co.uk

Dikenal juga dengan nama Rosa Grandiflora salah satu jenis yang terkenal adalah mawar “about face rose”. Warna khas dari bunga jenis ini adalah oranye dengan warna keemasan di bagian dalamnya.

Bisa dibilang warnanya adalah bicolor (dua warna). Daunnya cukup lebat dengan tangkai yang panjang. Bagian belakang kelopaknya berwarna oranye kemerahan.

Banyak yang menganggap wangi dari mawar ini bisa mencegah penyakit ringan. Wanginya mirip dengan bau apel segar.

Ada juga jenis bunga mawar Grandiflora yang berwarna putih namun dengan gradasi merah pada ujung-ujung kelopak. Terlihat cantik dan menawan saat mekar, menyegarkan setiap mata yang memandang.

Memiliki siklus perkembangan berulang, Grandiflora adalah hasil persilangan antara Hybrid Tea dan Mawar Floribunda. Menjadi mawar berkelas yang diciptakan pada abad termutakhir.

Kelopaknya yang besar dan mekar terlihat mencolok pada bagian ujung batang yang panjang. Bisa mekar secara tunggal maupun secara berkelompok, kurang lebih 3-5 bunga per tangkai.

Secara fisik semak Rosa Grandiflora lebih tegak, lebih besar dan lebih kuat dibandingkan dari Hybrid Tea. Akan tetapi kepopulerannya masih kalah dibandingkan kedua jenis bunga mawar induknya.

2. Mawar Floribunda

jcbakker.com

Berikutnya jenis mawar berdasarkan tempat tumbuhnya yaitu Mawar Floribunda atau dikenal juga dengan nama Rosa Floribunda.

Merupakan hasil perkawinan silang antara Hybrid Tea dengan Polyantha mawar. Mawar Floribunda dan Grandiflora adalah jenis tanaman hias yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Dalam tingkatannya kedua jenis bunga mawar ini merupakan golongan Old Garden Roses. Yaitu spesies modern atau termutakhir yang mulai diperkenalkan kira-kira sejak tahun 1867.

Floribunda dikenal memiliki semak yang kaku dimana setiap batangnya menghasilkan sekelompok bunga berjumlah 10 atau lebih. Mawar ini tumbuh dengan rimbun cocok untuk menghiasi luar ruangan.

Floribunda dapat ditemukan dalam berbagai warna seperti oranye, kuning, ungu, putih, dan lain sebagainya.
Adapun beberapa spesies yang termasuk ke dalam golongan mawar Risa Floribunda adalah sebagai berikut:

– Bonica

Jenis mawar semak yang menghasilkan bunga berwarna cantik pink muda. Akan mekar pada musim panas hingga musim gugur di negara empat musim.

Aroma wanginya bisa kita cium dari jarak 10 cm. Sangat cocok ditanam di negara beriklim dingin.

Mawar pink muda biasanya dijadikan sebagai simbol rasa hormat, kelembutan, kebahagiaan, dan sebagai ungkapan pujian terhadap seseorang.

– Cherry Parfait

Seperti jenis floribunda sebelumnya yang satu ini juga memiliki kelopak dua warna. Merah adalah warna yang dominan, tapi di bagian pinggirannya terdapat warna putih.

Bila dilihat dari jauh warnanya akan terlihat merah secara keseluruhan dengan daun berwarna hijau gelap.

– Easy Does It

Floribunda yang satu ini termasuk mawar yang berukuran sedang. Bila musim mekar ukuran bunganya memiliki ukuran sekitar 4 sampai 5 inci. Aromanya seperti wangi buah. Termasuk yang tahan akan penyakit tanaman.

Warna kelopaknya campuran antara oranye, merah muda, dengan aprikot. Jumlah bunganya di tiap tangkai ada dua dengan bentuk kelopak yang merenda.

– Julia Child

Dalam kontes mawar, jenis ini memenangkan penghargaan karena warna kuning keemasannya. Tak hanya itu daunnya pun terlihat berkilau. Baunya sangat manis mirip dengan gula-gula.

3. Mawar Hybrid Tea

jenis bunga mawar
weeksroses.com

Mawar Hybrid Tea merupakan mawar terpopuler dan paling banyak dikenal orang. Memiliki batang yang panjang, tegak, tinggi, serta daun besar pada bagian atas setiap batang.

Per batang mampu memproduksi 5-6 tangkai bunga dengan aroma yang wangi menggoda. Spesies Hybrid Tea juga dikenal memiliki bentuk bunga yang besar dengan bentuk sempurna.

Dibandingkan dengan kedua jenis mawar modern sebelumnya, Hybrid Tea adalah jenis mawar yang membutuhkan pemeliharaan tinggi.

Tersedia dalam berbagai warna, ukuran diameter bunga jenis ini bisa mencapai 5 inci. Salah satu spesies yang termasuk ke dalam golongan mawar Hybrid Tea adalah “sunset Tahiti”.

Namanya sudah bisa menggambarkan warna dari mawar jenis ini. Bunga mawar ini memiliki dua warna yang menyihir, yaitu aprikot pink. Daunnya hijau gelap dan agak glossy. Tinggi tanamannya berkisar antara 5 – 6 inci.

4. Teasing Georgia

allessciafarm.com

Mawar ini sebenarnya berwarna kuning tapi jika dari jauh akan terlihat berwarna aprikot. Dikenal juga dengan nama David Austin Roses, seusai dengan nama penemunya.

Menurut sejarahnya mawar ini diperkenalkan sejak tahun 1998. Diberi nama Georgia oleh Tuan Ulrich Meyer, seorang tokoh media terkenal di Jerman, mengikuti nama istrinya Nyonya Georgia.

Teasing Georgia adalah jenis bunga mawar dengan segudang penghargaan. Terkenal sebagai varietas mawar dengan aroma terbaik, memperoleh medal pada tahun 2000 di Inggris.

Merupakan hasil perkawinan English Rose dengan Old Rose. Teasing Georgia menerima penghargaan bergengsi dari Royal Holticultural Society kala itu.

Golden roses ini memiliki aroma yang kuat namun terasa lembut. Kelopaknya berbentuk cangkir dengan nuansa warna kuning dan putih yang tipis.

Saat mekar kelopaknya akan tumbuh bertumpuk dari yang kecil di dalam hingga ke kelopak yang berukuran besar dibagian luarnya.

Semakin ke tengah kelopak didominasi oleh warna kuning keemasan dan dibingkai oleh warna kuning pucat pada kelopak bagian luar.

Beberapa sumber menyebutkan kelopak bunga Teasing Georgia berjumlah 100 per tangkai. Mawar ini tidak gampang terkena hama ataupun penyakit alias mudah tumbuh.

5. Falstaff

jenis bunga mawar
pinterest.com

Masih bersaudara dengan Teasing Georgia, tapi jenis ini asalnya dari Inggris. Merah gelap adalah warna khasnya. Bila kalian suka jenis mawar seperti ini mereka adalah yang terbaik untuk dipilih.

Selain warna, wanginya yang cukup kuat kerap menjadi pilihan.

6. Rainbow Knockout

greenheartfarms.com

Termasuk jenis yang paling umum dengan bunga tunggal. Mereka tidak seperti kebanyakan mawar dengan warna koral dan kuning dibagian tengahnya.

Meskipun tahan terhadap beberapa penyakit tanaman nyatanya perawatannya cukup sulit.

7. Mawar Old Garden

jenis bunga mawar
beautiful-roses.com

Baca Juga : Jenis Bunga Melati

Merupakan jenis mawar yang sudah ada sejak zaman dahulu kala, hasil persilangan paling awal sebelum Hybrid Tea. Konon katanya mawar jenis ini sering digunakan sebagai penghias kebun kerajaan.

Tersedia dalam berbagai warna mulai dari putih, pink muda, pink tua, ungu muda, merah hingga kombinasi.

Salah satu spesies yang paling cantik adalah “bermuda mysterious rose”. Disebut misterius karena jenis dan nama aslinya sudah tidak diketahui kejelasannya.

Kelopak bunga berwarna pink muda di bagian ujung dan berwarna putih pada bagian pangkal kelopak. Sekilas dari jauh terlihat seperti kumpulan bunga sakura namun dengan gradasi warna putih pada kelopak bagian dalam.

Demikian penjelasan kami mengenai jenis bunga mawar. Semoga informasi ini dapat memperluas wawasan kita semua.

1 thought on “7 Jenis Bunga Mawar Yang Digolongkan Menurut Habitat Tumbuhnya”

Leave a Comment