jenis burung kolibri

5 Jenis Burung Kolibri Unik, Lucu, dan Terkecil Di Dunia

Burung kolibri merupakan salah satu jenis burung terkecil di dunia. Selain ukurannya yang kecil keunikan lain yang dimiliki kolibri adalah paruhnya.

Paruh burung kolibri berbeda dengan paruh burung pada umumnya.

Mereka memiliki paruh yang kecil namun panjang. Kegunaan dari bentuk paruhnya adalah untuk mencari makan.

Makanan utama burung ini adalah nektar dan madu, tapi terkadang mereka juga memakan serangga yang lebih kecil.

Berhubung makanan utamanya adalah nektar makan paruh kecil dan panjang sangat cocok untuk burung kolibri.

Burung yang satu ini juga menjadi salah satu binatang peliharaan favorit karena ukurannya serta warna bulunya yang cantik.


Jenis Burung Kolibri


Setidaknya ada 300 spesies kolibri yang ada di dunia. Rata-rata mereka berasal dari daerah Amerika bagian Utara.

Kolibri selalu menarik perhatian karena tampil dengan warna bulu mereka yang beraneka ragam. Berikut ini beberapa jenis kolibri yang ada di dunia.

1. Kolibri Lebah

jenis burung kolibri
image source: pinterest.com

Mereka hanya sedikit lebih besar daripada lebah. Ukuran spesies ini hanya sekitar 2 – 2,4 inci dengan berat hanya 0,056 – 0,07 ons saja.

Bahkan berat mereka lebih ringan dari pada uang logam. Jenis ini merupakan kolibri asli tanah Cuba.

Sayangnya kolibri lebah sudah hanpir punah keberadaannya. Perubahan lahan menjadikan mereka kehilangan habitat aslinya.

Untuk meningkatkan populasi mereka dibutuhkan usaha konservasi yang benar-benar matang.

2. Kolibri Costa

jenis burung kolibri
image source: ebird.org

Satu lagi burung kolibri yang menarik perhatian, yaitu kolibri kosta. Mereka tidak hanya kecil, tapi warna bulu mereka sangat cantik.

Pejantan burung ini memiliki bulu berwarna ungu di sekitar kepala mereka. Warna unguunya telihat mengkilap seperti kilau permata ditengah habitat aslinya.

Berhabitat asal di daerah padang pasir Amerika bagian Utara membuat keberadaan burung ini sangat mencolok.

Berat kolibri kosta hanya sekitar 0,1 ons dengan panjang 3 – 3,5 inci saja.

3. Anthreptes Singalensis (Kolibri Wulung)

Burung kolibri yang satu ini juga dikenal dengan nama lain kolibri kaca. Jenis ini juga dikenal sebagai pemakan nektar yang memiliki suara yang bagus.

Suara kicauannya khas dan bagus mereka juga memiliki warna bulu yang eksotis.

Warna bulunya biru kehitaman pada bagian belakang serta sayapnya dengan warna coklat dibagian dada hingga perut.

Jenis ini bisa bertelur sebanyak 1 – 2 butir sekali bertelur saat masa kawin. Pesebaran kolibri wulung tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatra.

4. Aethopyga Siparaja (Kolibri Sepah Raja)

Sepah raja merupakan jenis kolibri dengan suara kicauan yang terindah. Para pecinta burung banyak yang mengidolakan mereka sebagai burung peliharaan.

Tak hanya suaranya, kolibri ini juga banyak diminati karena bulunya yang memiliki kombinasi warna yang unik.

Kepala mereka memiliki warna merah hingga ke dada, warna hitam bercampur kuning pada bagian badan, dengan ekor berwarna biru.

Sebaran jenis ini berada di daerah Sumatra, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan.

5. Nectarinia Calcostetha (Kolibri Ninja)

jenis burung kolibri
image source: flickriver.com

Jenis kolibri yang satu ini juga dikenal dengan nama konin. Mereka juga memiliki suara kicau yang unik dan populer.

Kolibri ninja ada dua jenis, yaitu kolibri dada hitam dan king konin. Makanan mereka selain madu dan nektar adalah serangga kecil.

Pulau jawa, Kalimantan, dan Sumatra merupakan daerah persebaran burung konin. Konin memiliki warna bulu yang tak kalah bagus daripada kolibri wulung.

Nah itu tadi beberapa jenis burung kolibri yang umum dijadikan hewan peliharaan. Tidak hanya berjuluk sebagi burung terkecil, mereka juga terkenal dengan suara kicauannya yang bagus.

Fakta tentang Jenis Burung Kolibri

Tahukah kalian kalau burung kolibri bisa berjalan atau terbang mundur? Sebelum membahas hal itu ada fakta=fakta menarik lain yang harus kalian tahu mengenai burung mungil yang stau ini.

Mereka termasuk spesies burung bertubuh mungil yang berasal dari Benua Amerika. Hingga saat ini keberadaan burung koliberi sudah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk juga negara kita Indonesia.

Meskipun makanan utama kolibri adalah nektar atau sari bunga, tapi kolibri juga memakan serangga-serangga kecil karena mereka omnivora. Nektar merupakan cairan manis yang terdapat pada bunga.

Binatang yang biasanya memakan sari bunga atau nektar adalah lebah yang menghisapnya sebagai bahan pembuat madu. Kenapa burung kolibri memakan nektar? Itu dikarenakan bentuk paruh kolibri yang ramping dan panjang.

Fungsi dari bentuk paruh kolibri yang ramping dan panjang tersebut tak lain untuk menghisap nektar bunga. Jika kita melihat film dokumenter burung kolibri paasti akan kita dapati kelincahan dari burung ini.

Bisa dibilang kalau burung kolibri sangatlah lincah dan energik karena dapat terbang dengan cepat dari satu bunga ke bunga lainnya. Dalam sehari kolibri sanggup mendatangi 1000 bunga untuk menghisap nektar bunga.

Burung kolibri memang banyak bergerak oleh karena itu mereka harus sering-sering makan untuk mengisi energi mereka. Itulah sebabnya dalam satu jam mereka bahkan bisa makan 4 – 15 kali. wow, banyak sekali ya.

Selain bisa bergerak cepat dan banyak makan ada keunikan lain yang dimiliki oleh burung kolibri. Kepakan sayap mereka bisa mencapai 60 – 70 kali per detik. Itu juga yang menjadikan mereka bisa terbang dengan cepat.

Energi yang mereka miliki sebenarnya juga digunakan untuk mengepakkan sayap mereka dengan sangat cepat. Bahkan kepakan sayap mereka nyaris tidak terlihat karena saking cepatnya. Jika kalian ingin melihatnya harus dari gerakan slow motion video yang terekam.

Keunikan Jenis Burung Kolibri

Tahukan kalian, jika saat kolibri mengepakkan sayapnya akan terdengar suara dengungan. Sebenarnya bunyi berdengung itu berasal dari kepakan sayap mereka. Itulah sebabnya dalam bahasa Inggris mereka disebut hummingbird.

Suara dengungan yang berasal dari kepakan sayap kolibri tidak terdengar bising. Malahan suaranya mirip seperti orang yang sedang bersenandung. Betul-betul unik ya.

Hal unik lain yang ada pada burung kolibri adalah detak jantung mereka sangatlah cepat. Ketika beraktivitas, detak jantungnya mencapat 1.200 kali per menit dan saat istirahat detaknya sekitar 600 kali per menit.

Kelebihan lain yang unik dari burung kolibri adalah selain dapat terbang melayang, mereka juga dapat terbang mundur. Tidak hanya terbang mundur mereka bahkan bisa terbang secara vertikal ke atas dan kebawah dan bahkan terbang terbalik.

Keren yah burung kolibri, gerakannya sudah seperti gerakan dancer di atas tali sling. Bedanya mereka benar-benar terbang dengan sayapnya sendiri. hal kerena lain yang dimiliki kolibri adalah saat terbang mereka menggerakkan sayapnya dengaan membuat pola angka 8.

Hebatnya lagi, burung mungil ini merupakan satu-satunya burung yang dapat terbang mundur. Untuk bisa terbang mundur, mereka mengepakkan sayap hingga membentuk pola seperti lingkaran.

Gerakannya hampir sama dengan saat kita mendayung sampan. Berkat keahlian terbang mundurnya humming bird dijuluki penerbang ulung diantara para burung.

Fakta-fakta menarik lainnya seputar kolibri, antara lain kolibri lebah merupakan burung kolibri terkecil dengan panjang maksimal hanya 7,5 cm. lidah kolibri bercabang dua dan berbentuk huruf w dimana fungsinya untuk menyerap sari bunga.

Kaki kolibri sangat lemah sehingga tidak bisa dipakai untuk berjalan atau hinggap terlalu lama. Pada musim dingin mereka berhibernasi.

Saat itu suhu tubuhnya turun menjadi 20 detrajat dan detak jantungnya menjadi 36 kali per menit.
Hebat bukan bagaimana burung sekecil kolibri bisa terbang seperti itu

Leave a Comment