jenis ikan cichlid

7 Jenis Ikan Cichlid dengan Pola Warna Indah Mempesona

Sudah kenal dengan jenis ikan cichlid belum? Jangan-jangan selama ini kamu memelihara ikan ini tanpa tahu nama aslinya.

Cichlid merupakan salah satu ikan hias yang mempunyai spesies lebih dari 2.000 macam. Kamu dapat dengan mudah menemukan ikan cichlid di toko-toko ikan hias terdekat.

Macam ikan cichlid pun beragam, memiliki berbagai bentuk tubuh yang berbeda pada setiap spesies. Baik dari segi ukuran, warna, dan pola kombinasi warna yang terdapat pada tubuh.

Keragaman pola warna tersebut menjadikan ikan cichlid diburu oleh banyak pecinta ikan hias. Rupa warna-warni dari ini tentu akan mempercantik warna akuarium di rumah kamu.


Jenis Ikan Cichlid


Tahukah kalian kalau ikan louhan dan kerabatnya termasuk dalam jenis ikan cichlid? Faktanya ikan louhan yang memiliki nama ilmiah cichlasoma maculicauda ini memang merupakan jenis ikan dari family cichlidae.

Banyak ikan yang memiliki kemiripan bentuk dengan louhan termasuk dalam famili cichlidae. Kebanyakan varietas ikan cichlid berasal dari daerah Amerika bagian selatan dan tengah.

Jenis ikan cichlid sangat banyak macamnya.dan tersebar di perairan Amerika Tengah, Selatan dan Tenggara. Ada juga variasi ikan cichlid yang berasal dari daerah afrika, tapi bentuknya tentu tidak sama dengan kebanyakan ikan cichlid yang berasal dari Amerika.

Ikan cichlid merupakan jenis ikan yang dikembangbiakkan untuk dijadikan ikan hias dan bukan untuk dikonsumsi. Meskipun ikan jenis ini aman untuk dikonsumsi, tapi sangat jarang yang mengonsumsi ikan cichlid karena corak dan warna mereka yang bagus untuk dijadikan ikan hias.

Nah, itulah fakta mengenai jenis ikan cichlid dan beberapa spesies yang termasuk dalam famili cichlidae. Cukup banyak dan beragam bukan? Spesies diatas baru sebaagian kecilnya masih banyak lagi jenis ikan cichlid di dunia ini.

Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan kalian ya sobat rahasia belajar. Bagi yang ingin memelihara show fish, jenis ikan cichlid bisa menjadi alternatif pilihan kalian nih.

Bagi yang senang memelihara show fish nih, kamu harus kenal dulu dengan tipe-tipe jenis ikan cichlid.

Supaya nanti bisa tahu akan mengkombinasikan warna ikan cichlid yang seperti apa di akuarium nanti.

1. Jenis Ikan Cichlid Venustus (Nimbochromis venustus)

jenis ikan cichlid
image source: pinterest.com

Jenis ikan cichliid yang pertama ini memili warna kuning dengan bercak coklat pada tubuhnya.

Khusus venustus jantan kepalanya berwarna biru. Dapat tumbuh sepanjang 8-12 inci (20-30 cm) di akuarium

Venustus merupakan cichlid jenis predator yang senang memburu ikan cichlid remaja.

Jadi jika kamu ingin memelihara venustus ini, ada baiknya jangan dicampur dengan ikan cichlid yang masih kecil maupun remaja.

2. Trewavas Red-Finned Cichlid (Labeotropheus trewavasae)

Jenis ikan cichlid yang kedua ini memiliki tubuh berwarna biru dengan corak garis-garis hitam yang terdapat di sirip ekornya.

Ikan cichlid ini mampu tumbuh dengan panjang maksimal 4,6 inci (11,7 cm).

3. Jenis Ikan Cichlid Red Empress (Protomelas taeniolatus)

jenis ikan cichlid
image source: aquariumsource.com

Kamu pasti sudah tidak asing dengan jenis ikan cichlid yang satu ini. Banyak ditemukan di toko-toko ikan hias terdekat.

Dalam dunia ikan hias biasa disebut dengan nama Haplochromis Red Empress atau Spindle Hap.

Red Empress memiliki warna yang sangat cantik menyerupai pelangi. Makanya ikan ini juga disering disebut sebagai ikan rainbow.

4. Malawi Eye Biter (Dimidiochromis compressiceps)

Malawi Eye Biter memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan cichlid yang lainnya, yaitu memiliki bentuk mulut yang lebar dengan panjang rahang sepertiga dari panjang tubuhnya.

Ikan cichlid dengan panjang tubuh 9,1 inci (23 cm) ini juga termasuk ke dalam golongan predator. Oleh karena itu hanya boleh dicampur dengan ikan cichlid dewasa saja di dalam akuarium.

Ciri tubuh dari Eye Biter ini adalah berwarna putih keperakan serta terdapat garis horizontal kecoklatan di sepanjang sisi tubuhnya mulai dari ujung moncong hingga ekor.

5. Jenis Ikan Cichlid Ikan Lemon (Labidochromis caeruleus)

Dikenal juga dengan nama electric yellow cichlid, lemon yellow lab, blue shark hap, dan yellow prince. Memiliki tubuh berwarna kuning dengan pola warna hitam horizontal di bagian sisi siripnya.

Ikan lemon ini sangat populer di Indonesia, bahkan banyak yang membudidayakannya.

Kamu sendiri pasti sangat suka dengan jenis ikan cichlid yang satu ini, karena warna tubuhnya yang memancarkan aura keceriaan.

6. Jenis Ikan Cichlid Blue Moorii (Cyrtocara moorii)

jenis ikan cichlid
image source: cichlidtips.com

Memiliki tubuh berwarna biru. ikan cichlid keenam ini berkepala jenong menyerupai ikan louhan.

Ikan dengan panjang tubuh kurang lebih 20 cm ini hanya dapat tumbuh optimum pada suhu 75-78ºF.

7. Livingstonii Cichlid (Nimbochromis livingstonii)

Livingstonii yang biasa disebut dengan nama ‘kalingono’ oleh warga lokal Malawi ini memiliki kemampuan berkamuflase.

Yaitu merubah wujud menyerupai lingkungan sekitar ketika lingkungan memaksanya.

Warnanya coklat dengan bintik-bintik putih di sekujur tubuh. Memiliki sirip berwarna biru dan orange dan terkadang terdapat garis putihnya.

8. Cipopthalmotilapia / Opthalmotilapia ventralis

Berasal dari daerah barat daya Danau Tanganyika, Afrika. Ukuran maksimal cichlid yang satu ini bisa mencapai 60 cm atau 16 inci. Biasanya mereka hidup diperairan dengan suhu sekitar 23 – 27˚C dengan pH 7,5 – 9,0 dan dH 8 – 25.

Tingkah laku dari ikan ini biasanya hidup di daerah dangkal dengan bebatuan. Warna ikan jantan lebih cerah dengan sirip di bagian perutnya yang lebih panjang daripada yang dimiliki oleh betinanya.

Walaupun ikan jenis ini hidup dengan damai, tapi pejantan mereka cukup agresif dan teritorial terutama pada saat memijah untuk memperebutkan betina. Makanan utama dari spesies ini adalah plankton, tapi bisa juga diberi makan pakan buatan.

Termasuk jenis mouthbrooder atau jenis ikan yang mengerami telurnya di dalam mulut mereka. Para ikan betina mengerami telurnya selama kurang lebih 3 – 4 minggu hingga larva dikeluarkan.

Setiap indukan bisa mengeluarkan 15 – 25 ekor larva dan selama mereka mengerami terlurnya, betina tidak akan makan. Setelah larva dikeluarkan mereka diberi pakan artemia sampai cukup besar untuk bisa memakan makanan buatan.

9. Cishlasoma timensis

Golden Tunucare, Timensis Cichlid, dan spotline peacock merupakan spesies ikan yang termasuk dalam anggota cichlasoma timensis. Asalnya dari Amazon utara dan barat, Amerika Selatan.

Bentuknya tidak seperti kebanyakan cichlid yang merupakan saudara dari ikan louhan. Bisa mencapai ukuran maksimal sekitar 80 cm atau 16 inci dan hidup di perairan bersuhu 24 – 26˚C dengan pH 6,5 – 7,0.

Morfologi atau tingkah laku dari jenis ini adalah warnanya yang cikelat kehitaman. Terdapat tiga buat strip metalik di bagian badannya. Sifatnya agresif. Meskipun tergolong ikan hias, tapi tak jarang ikan yang berukuran besar menjadi ikan konsumsi.

Toleranssi ikan jenis ini sangat besar terhadap kualitas air, tapi sangat sensitif terhadap nitrit. Pakannya berupa ikan-ikan kecil karena mereka jenis ikan yang sangat karnivora.

Mereka memijah dengan cara membuat lubang di dasar dan meletakkan telurnya di tempat tersebut. Jika kalian memelihara ikan ini, bisa juga diberi pot kecil untuk substrat di akuarium. Induk ikan akan sangat merawat anaknya terutama yang jantan.

Leave a Comment