10 Jenis Ikan Laut yang Bergizi dan Banyak Dikonsumsi Manusia

10 Jenis Ikan Laut yang Bergizi dan Banyak Dikonsumsi Manusia

Jenis ikan laut apa yang sering kamu makan? Seperti yang diketahui ikan memiliki habitat berbeda-beda, ada yang dapat hidup di perairan yang tawar, payau, dan juga asin.

Nah ikan laut merupakan macam-macam ikan yang hidup di laut, dan terbiasa dengan air laut yang asin.

Sangat berbeda dengan jenis ikan air tawar yang lebih senang hidup di air yang memiliki kadar garam yang lebih rendah dari kadar garam dalam cairan tubuhnya.

Jenis ikan laut dapat beradaptasi dengan kondisi tersebut meskipun mereka memiliki cairan tubuh berkadar garam lebih rendah daripada habitatnya.

Setidaknya terdapat lebih dari 20000 spesies ikan air laut di dunia. Ikan di laut sangat beragam jenisnya, dari segi bentuk, ukuran, hingga warna mereka berbeda-beda.

Ikan laut termasuk bahan makanan yang digemari manusia. Selain rasa yang enak kandungan gizi dari ikan laut juga baik untuk tubuh manusia.

Teman-teman bisa menemukan segala macam jenis ikan laut yang dapat dikonsumsi dengan mudah. Di pasaran harga ikan laut dibandrol dengan harga yang beragam tergantung pada jenisnya.

Yuk simak penjelasan tentang jenis ikan laut di bawah ini, supaya kalian bisa memilih ikan laut yang tepat.


Jenis Ikan Laut


10 Jenis Ikan Laut yang Bergizi dan Banyak Dikonsumsi Manusia
infoikan.com

Disebut dengan ikan laut karena mereka hidup di perairan yang memiliki kadar garam 3-5%. Dan kita tahu bahwa Indonesia merupakan Negara maritime yang artinya terdapat banyak sekali daerah lautan atau pantai.

Maka tak heran jika jumlah ikan laut melimpah, dan karena itulah meskipun manusia terus mengambilnya sebagai bahan makanan, ikan di laut tidak pernah habis.

Ikan laut yang bagus di konsumsi adalah ikan yang masih segar. Berikut ini beberapa jenis ikan laut yang menjadi favorit dan umum dikonsumsi manusia.

1. Jenis Ikan Laut Salmon

10 Jenis Ikan Laut yang Bergizi dan Banyak Dikonsumsi Manusia
bululengkab.go.id

Ikan salmon berasal dari perairan Atlantic bagian utara dan samudra pasifik. Jenis salmon Altlantic merupakan spesies ikan salmon terbesar dengan ukuran mencapai 150 cm dengan berat hingga 47 kg.

Sedangkan untuk jenis salmon pasifik, setidaknya terdapat 6 macam spesies ikan salmon dengan berbagai ukuran.

Ada salmon chinook, chum, coho, masu, salmon merah muda, dan sockeye. Ukuran meraka berbeda-beda mulai dari 50 cm hingga yang terpanjang 150cm. beratnya pun berbeda-beda pula mulai dari 6 kg hingga 60 kg.

Meskipun berminyak kandungan gizi salmon sangat baik. Daging salmon kaya akan protein, omega 3, dan tinggi kandungan vitamin D.

2. Jenis Ikan Laut Tuna

10 Jenis Ikan Laut yang Bergizi dan Banyak Dikonsumsi Manusia
bobo.grid.id

Tuna merupakan jenis ikan laut favorit orang Jepang. Ikan ini masih kerabat dengan dengan ikan makarel.

Tuna adalah ikan dengan tubuh yang ramping disesuaikan untuk kecepatannya dalam berenang. Terdapat dua sirip pada punggung ikan tuna.

Punggung tuna umumnya berwarna biru gelap metalik, sedangkan bagian perut atau bagian bawahnya berwarna perak metalik atau keputihan.

Ukuran tuna berbeda beda yang terkecil adalah 65 cm dengan berat 1,7 kg dan yang terbesar mencapai 1,2 m dengan berat hingga lebih dari 30 kg.

Nutrisi yang terkandung dalam ikan tuna, diantaranya protein, lemak, Vitamin A dan D, serta berbagai mineral.

3. Ikan Kod

10 Jenis Ikan Laut yang Bergizi dan Banyak Dikonsumsi Manusia
bernas.id

Jenis ikan yang minyak hatinya paling sering dikonsumsi manusia. Ikan kod juga merupakan ikan perairan dalam.

Mereka hidup di samudra Pasifik dan Atlantik. Hati mereka banyak dicari untuk diambil minyaknya karena mengandung vitamin A, Vitamin D, Vitamin E, dan Omega 3.

Kod dari perairan samudra Atlantik memiliki panjang berkisar 1 m dan yang terpanjang 2 m dengan berat maksimal 96 kg.

Sedangkan ikan kod dari perairan samudra Pasifik memiliki panjang maksimal hingga 119 cm dengan berat 23 kg.

4. Makarel

food.detik.com

Kebanyakan spesies makarel memiliki corak garis vertikal dan ekor menyerupai garpu. Makarel digemari dan dikonsumsi manusia karena mengandung omega 3 yang tinggi.

Mereka juga merupakan jenis ikan yang banyak digunakan sebagai ikan sarden kalengan. Mereka hidup di perairan dangkal yang denkat dengan pantai. Terdapat 21 macam spesies makarel di lautan lepas. Mereka merupakan kerabat dari ikan tuna.

5. Ikan Teri

Teri juga merupakan jenis ikan laut. Mereka tersebar di samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Pasifik, serta Laut Mediterania dan Laut HItam. Setidaknya ada 140 macam spesies ikan teri di lautan.

6. Ikan Cakalang

fambos.com

Ikan laut dikenal dengan rasa dagingnya yang gurih alami, tak terkecuali ikan cakalang. Bentuk ikan tersebut hampir sama dengan ikan tongkol.

Perbedaannya terletak pada ukuran cakalang yang lebih gemuk dibanding tongkol. Warna ikan tersbeut pun lebih terang, sehingga beberapa orang menyebut cakalang dengan nama tongkol putih.

Teman-teman akan mudah menemukan ikan berwarna biru keunguan gelap ini di daerah Sulawesi dan Maluku. Di sana banyak ragam hidangan yang menggunakan bahan utama ikan cakalang.

7. Ikan Tongkol

Berbeda dengan cakalang, meskipun tongkol tersebar hampir pada semua pantai Indonesia, tetapi masyarakat Jawa dan Sumatera lah yang banyak mengkonsumsi ikan ini.

Tongkol adalah jenis ikan scombried (ikan pelagis) yang hidup dengan membuat kawanan atau gerombolan, sehingga untuk mennagkapnya mudah saja.

Warna tubuh keseluruhannya agak gelap dan terdapat pola garis-garis berwarna biru gelap pada bagian pungggungnya.

Untuk ukuran ikan tongkol sendiri sangat beragam ada yang sangat besar, tetapi rata-rata mereka memiliki panjang 60 cm.

8. Ikan Kembung

Tentu banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan ikan laut yang satu ini, ya ikan kembung, ikan yang masih sekerabat dengan ikan tongkol, tuna, dan makarel.

Dibanding dengan kerabatnya, ikan kembung memiliki tubuh yang lebih kecil dan harganya tergolong lebih murah, karenanya ikan laut ini menjadi salah satu makanan favorit di kalangan masyarakat umum.

Kembung mempunyai bentuk pipih dengan sisik-sisik yang memenuhi tubuhnya. Terdapat pula deret bintik gelap yang berada di bagian dekat pangkal sirip punggung.

9. Ikan Baronang

grosirpancing.com

Jenis ikan laut yang dikenal dengan nama baronang ini memakan tumbuh-tumbuhan dan hidup di perairan yang dangkal.

Di daerah Maluku Baronang juga disebut dengan nama Samadar, sedangkan di Jawa Tengah lebih dikenal dengan sebutan Biawas.

Memiliki bentuk tubuh yang pipih melebar dengan sisik-sisik kecil yang memenuhi tubuhnya. Uniknya pada punggung ikan ini terdapat duri tajam yang cukup beracun, sehingga ketika memegangnya kita perlu hati-hati.

Meskipun begitu, daging ikan baronang tetap aman untuk dikonsumsi kok, bahkan menurut beberapa pemancing daging ikan ini lebih lezat dibanding dengan daging ikan kakap.

Kamu bisa memasak baronang menjadi berbagai macam hidangan mulai dari pepes, rica, saus asam manis, bumbu kuning, bakaran, atau bahkan diolah menjadi naget.

10. Jenis Ikan Laut: Tenggiri

10 Jenis Ikan Laut yang Bergizi dan Banyak Dikonsumsi Manusia
sayuroke.com

Tenggiri merupakan jenis ikan yang masih berkerabat dengan ikan tuna dan kembung. Memmpunyai bentuk tubuh yang memanjang meskipun ukuran terpanjangnya tidak ada yang mencapai 1 m.

Ikan yang sering digunakan pada olahan pempek, kerupuk, tekwan, siomay, dan otak-otak ini menjadi salah satu komoditas ekspor yang bernilai tinggi.

Dikenal karena rasanya yang lezat dan sangat fleksibel untuk dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya.

Kalau teman-teman bosan dengan olahan tenggiri pada pempek, bakso ikan, dan semacamnya, coba deh dimasak dengan bumbu khas Bangka, atau bisa juga digulai, dipindang, tauco, saos asam manis, dan sebagainya.

Leave a Comment