4 Jenis Ikan Terapi yang Digunakan untuk Perawatan Spa

Jenis ikan terapi saat ini banyak sekali dicari dan dibudidayakan, karena memiliki khasiat bagi kesehatan manusia.

Hal ini tidak mengherankan sebenarnya, karena memang banyak orang yang pada akhirnya ingin menyembuhkan atau mencegah penyakit dengan cara yang alami dan tidak melulu mengkonsumsi bahan kimia.

Seperti yang diketahui kesehatan adalah hal berharga dan modal utama seseorang hidup di dunia ini. Karenanya manusia melakukan segala cara untuk mendapatkan kesehatan tersebut.

Nah ikan terapi sendiri merupakan jenis ikan yang biasa dipergunakan manusia untuk terapi. Terapi ini biasanya berhubungan dengan kulit, entah itu untuk penyembuhan atau peremajaan.

Terapi ikan seperti ini sudah banyak diterapkan di beberapa tempat spa. Pelayanan spa atau terapi ikan termasuk dalam kategori pedicure atau perawatan kaki.

Biasanya ikan-ikan yang dipergunakan untuk terapi tersebut akan memakan kuli-kulit mati pada kaki. Sehingga setelah terapi kaki menjadi lebih sehat dan lebih indah. Meskipun terapi ikan sedang trend tapi ada beberapa hal yang perlu diwaspadai.

Pertama, sehubungan dengan sanitasi dan kehigienisan air dan juga ikan yang digunakan karena bisa saja menularkan penyakit.

Kedua adalah kekerasan terhadap ikan karena biasanya ikan tidak diberi makan sehingga mereka terpaksa memakan kulit-kulit mati dari kaki-kaki pelanggan.

Artinya kita harus sama-sama menjaga keseimbangan dan saling memberi manfaat baik untuk sang ikan dan juga diri kita sendiri.

Apakah kamu pernah mendengar jenis ikan apa saja yang bisa dijadikan terapi? Kalau belum, pada kesempatan yang baik ini penulis akan membagikan informasi mengenai jenis ikan terapi tersebut.

Barangkali nantinya kamu bisa memeliharanya di rumah dan menjadikannya sebagai terapi secara gratis tanpa harus membayar di salon. Kalau begitu yuk langsung saja simak uraian berikut:


Jenis Ikan Terapi


Jenis ikan terapi kecil garra merupakan jenis ikan yang suka menyedot makanannya termasuk dalam penggunaannya untuk bidang kecantikan.

Berikut ini beberapa jenis ikan terapi yang banyak digunakan untuk spa.

1. Ikan Garra Merah

4 Jenis Ikan Terapi yang Digunakan untuk Perawatan Spa
iddepositphotos.com

Garra rufa atau ikan garra merah sering juga disebut sebagai ikan terapi atau ikan dokter. Mereka adalah spesies ikan kecil dalam keluarga Cyprinidae.

Banyak ditemukan di perairan air tawar, seperti sungai, kolam, danau, atau anak sungai.

Pada awal abad 21 ikan ini banyak diambil untuk digunakan sebagai ikan perawatan spa.

Cara kerja mereka adalah dengan memakan lapisan kulit mati pasien atau jaringan kulit ari. Pengobatan seperti ini dipercaya meringankan peradangan pada kulit pasien.

Treatment ini tidak benar-benar menyembuhkan masalah penyakit kulit karena pada dasarnya si ikan hanya menyedot apa yang dianggap makanan mereka.

Hal itu juga yang menjadi perdebatan penggunaan ikan ini sebagai salah satu terapi di perawatan spa. Validitas akan kemanjuran terapi ini belum benar-benar diteliti secara profesional dan menyeluruh.

Mereka tidak bisa dipelihara layaknya ikan hias akuarium karena ikan ini hanya bisa dijadikan ikan spa saat mereka kelaparan. Kullit mati pada kaki pasien akan menjadi makanan mereka.

Di habitat aslinya mereka memakan alga dan crustacea kecil. Untuk jenis yang ditemukan di air tawar mereka juga suka memakan larva serangga.

2. Ikan Garra Panda

4 Jenis Ikan Terapi yang Digunakan untuk Perawatan Spa
youtube.com

Dinamakan panda karena warna mereka yang hitam putih seperti panda. corak hitam putihnya berselang seling di sekujur tubuhnya.

Ukuran maksimum mereka sekitar 9 cm. spesies ini tidak hanya dijadikan sebagai ikan terapi, tapi juga ikan hias akuarium.

Jika ingin memelihara garra panda pastikan untuk menyiapkan akuarium berukuran 80 liter.

Parameter airnya dengan pH netral, airnya tenang, dengan temperatur 22 – 27˚C. pastikan juga memberi mereka peralatan oksigen.

Nama ilmiah dari garra panda ialah Garra flavatra. Mereka merupakan ikan yang menarik dan aktif. Banyak ditemukan di sungai-sungai beraliran deras.

Sebenarnya spesies ini lebih umum dijadikan sebagai ikan hias akuarium daripada ikan terapi. Saat tidak ada ikan sapu-sapu garra ini bisa menggantikan keberadaan mereka di akuarium.

Mereka adalah jenis panda yang berasal dari Rakhine di barat Myanmar.

Semua jenis garra memiliki bibir bawah yang berbentuk mirip cakram, termasuk juga garra panda. bentuknya sesui dengan kebiasaan mereka makan, yaitu menyedot seperti penyedot debu.

3. Garra Ruffa Turcica

en.wikipedia.org

Spesies ini sebenarnya merupakan subspesies dari garra merah, tapi ada juga yang menyatakan spesies ini sebagai spesies sendiri.

Sekilas garra ini memiliki kesamaan secara fisik dengan gara merah. Hanya saja tubuh mereka lebih ramping dengan moncong yang lebih tumpul.

Kebanyakan dari spesies gara ini ditemukan di perairan Teluk Persia.

4. Ikan Terapi Nilem Mangut

4 Jenis Ikan Terapi yang Digunakan untuk Perawatan Spa
id.wikipedia.com

Jenis ikan selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai terapi dapat ditemukan dengan mudah di perairan Indonesia.

Spesies Nilem mangut banyak tersebar di daerah Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Anatomi yang menonjol dari ikan ini adalah tulangnya yang bercabang, dan bibirnya yang tertutup oleh lipatan kulit.

Selain itu bagian moncong atau mulut ikan tidak memiliki tekstur yang keras, lalu panjang bagian sirip punggungnya mencapai 12-18,5 cm.

Ikan nilem bertahan hidup dengan memakan tumbuhan. Kalau kamu tidak suka terapi dengan menggunakan ikan ini, kamu juga bisa mengkonsumsinya loh.

Sebab ikan nilem dikenal juga dengan rasanya yang sangat gurih dan mempunyai banyak kandungan telur pada tubuhnya.


Manfaat Terapi Ikan untuk Kesehatan


Apa saja khasiat yang bisa diperoleh dengan menggunakan ikan-ikan yang telah disebutkan di atas sebagai terapi? Yuk simak ulasannya di bawah ini:

Melancarkan Sirkulasi Darah

Darah adalah bagian vital dalam tubuh manusia. Karenanya jika alirannya tersumbat, menggumpal, atau tidak lancar maka bagian tubuh vital lainnya akan turut terganggu.

Nah gigitan dari ikan Gara rufa ini bisa membuat pembuluh darahmu menjadi terbuka lebar khususnya di area kaki, sehingga darah dapat mengalir dengan lancar.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Ikan terapi pada umumnya senang menggigit dan memakan kulit-kulit rusak di area kaki, dan bukan kulit sehat.

Tersebab itu sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan kerusakan pada kulit dapat hilang dan teratasi.

Mengatasi Stres

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu peroleh adalah berkurangnya beban atau rasa stress yang mengganggu pikiranmu.

Gigitan dari ikan terapi dapat membuat kita lebih rileks dan tenang, meski waktu maksimal untuk melakukan terapi adalah 15 menit saja.

Pengobatan untuk Psoriasis Alami

Apa sih psoriasis itu? Jadi bisa dibilang psoriasis merupakan kondisi yang menimbulkan penebalan pada kulit. Tak hanya itu psoriasis juga bisa menyebabkan kulit menjadi merah dan bersisik.

Beberapa penderita psoriasis kemudian menggunakan ikan Garra Rufa sebagai terapi. Sebab ikan tersebut dipercaya dapat mengurangi tingkat keparahan lesi psoriasis.

Karena ikan garra akan memakan sisik-sisik kulit yang mengganggu dibanding memakan kulit yang sehat.

Khasiat ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang pernah dimuat dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

Pada penelitian tersebut, 67 orang penderita psoriasis kronis diminta untuk berendam pada bak yang telah dipenuhi dengan 250-400 ikan gara rufa.

Dan hasilnya menunjukkan bahwa tingkat keparahan penyakit berkurang drastic yakni sebaganyak 72 persen.

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, terdapat kahsiat lainnya seperti membuat tidur lebih nyenyak, terhindar dari panu, menghilangkan bakteri, dan menghilangkan bekas luka.


Itulah beberapa spesies dari jenis ikan yang banyak digunakan untuk terapi. Semoga informasi diatas bisa membantu kalian jika ingin memelihara ikan gara untuk akuarium atau spa di rumah.

Leave a Comment