jenis kurma

15 Jenis Kurma, Buah yang Dianjurkan Rasul untuk Dikonsumsi

Tahukah kamu ada berapa jenis kurma di dunia? Kurma identik dengan bulan Ramadhan, karena disunnahkan menjadi menu berbuka bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Buah yang berasal dari Arab ini kini sudah banyak dikembangkan dan dibudidayakan di Indonesia, salah satunya di daerah Riau.

Di Arab Saudi sendiri terdapat kurang lebih ada 400 jenis kurma. Berbeda jenis kurma tentu saja beda sejarah dan kisahnya, beda khasiatnya, begitu pula berbeda perihal harganya.


Berbagai Jenis Kurma yang Populer


Agar lebih memahami mengenai tanaman kurma, mari kita bahas beberapa jenis kurma yang populer di dunia berikut ini:

1. Kurma Ajwa

jenis kurma
bobo.grid.id

Bisa juga disebut dengan kurma nabi, karena memang menjadi kurma favorit Nabi Muhammad SAW semasa beliau hidup.

Sebuah riwayat menyebutkan bahwa jika seseorang mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwa di pagi hari, maka ia akan terhindar dari racun maupun sihir selama seharian penuh.

Kurma yang dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit ini berwarna hitam gelap, teksturnya lembut, dengan rasa manis dan kadar air yang pas. Diberitakan bahwa kurma ajwa menjadi jenis kurma termahal dibanding kurma lainnya.

2. Kurma Amer Hajj

merahputih.com

Varietas kurma ini banyak tumbuh dan terkenal di Irak. Berwarna coklat tua dengan tekstur sangat lembut dan daging yang tebal. Biasanya kurma ini dijadikan sebagai hidangan untuk menyambut tamu, hingga dikenal dengan sebutan ”the visitor’s date”.

3. Kurma Sukkari

jenis kurma
cnnindonesia.com

Di Indonesia sukkari adalah jenis kurma yang paling banyak dikonsumsi, karena dipercaya dapat menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan gigi, dan membantu menghilangkan rasa penat.

Jika kurma ajwa dikenal sebagai kurma nabi, maka sukkari dikenal sebagai kurma raja. Sejarah mencatat bahwa para raja Arab dahulu kala lebih senang menyantap kurma basah ketimbang kurma kering seperti ajwa.

Kembali kepada selera masing-masing kalau begitu, kamu suka kurma basah atau kering nih?

4. Kurma Halawy

food.detik.com

Kurma berwarna kuning ini memiliki rasa yang manis dan teksturnya lembut. Sesuai dengan namanya “halawy” yang berarti manis, dapat dimakan langsung setelah dipetik dari pohonnya.

Para jamaah haji banyak yang membawa kurma ini pulang dalam keadaan segar, bukan olahan. Saat muda kurma ini diyakini berkhasiat dalam meningkatkan produksi ASI, melancarkan proses melahirkan, mencegah pendarahan rahim, serta dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita.

5. Kurma Medjool

jenis kurma
klikdokter.com

Medjool adalah jenis kurma yang populer di Amerika, karena memiliki rasa manis yang kuat dan sering dijadikan campuran dalam pembuatan minuman. Dikenal sebagai “Ratu Kurma” karena bentuknya yang besar dan teksturnya mirip bantal.

Beberapa sumber menyebutkan jika kurma ini kaya akan nutrisi. Diantaranya karbohidrat, kalsium, fosfor, kalium, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh.

6. Kurma Anbara

bukalapak.com

Satu lagi jenis kurma yang berukuran besar yaitu kurma anbara. Menjadi kurma favorit dengan harga yang cukup tinggi. Selain karena rasanya yang manis, kurma ini juga mengandung protein yang tinggi.

7. Kurma Zaghloul

jenis kurma
parenting.orami.co.id

Banyak dibudidayakan di Mesir, kurma ini memiliki warna merah tua dan bentuk panjang lonjong seperti melinjo. Karena kadar gulanya yang cukup tinggi, biasanya kurma zaghloul disajikan dalam bentuk kering, agar tidak lengket saat dimakan.

8. Kurma Ruthob

rohultoday.id

Disebut-sebut sebagai kurma istimewa pemberian Allah SWT kepada kaum hawa di dunia. Karena keistimewaannya inilah, kurma ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi di pasaran.

Berbeda dengan jenis kurma lainnya, kurma ruthob memiliki tekstur yang renyah saat digigit dan rasanya tidak terlalu manis.

Bagi yang tidak suka kurma, kurma ruthob dapat menjadi alternatif permulaanmu untuk mencicipi kurma, buah yang penuh khasiat ini.

9. Kurma Mazafati

jenis kurma
swafruits.com

Keistimewaan kurma ini yaitu memiliki masa simpan yang lama yakni hingga dua tahun lamanya pada suhu 5 °C. Ciri fisik kurma mazafati yaitu berwarna gelap dan sering dijuluki sebagai kurma bam.

Kurma jenis ini banyak tumbuh di Iran lebih tepatnya di daerah Kerman. Sudah pernah mencobanya? Rasanya manis dan cukup menyegarkan untuk camilan sehat lho.

10. Kurma Sekki

jenis kurma
bateel.com

Hal yang menarik dari kurma sekki adalah teksturnya yang agak keras namun tetap empuk ketika digigit. Selain itu warna dari kurma ini juga memikat yaitu kuning di bagian atas dan kecoklatan di bagian bawah.

11. Kurma Kholas

jenis kurma
amazon.co.uk

Sebagian orang banyak yang menyukai jenis kurma dengan tekstur lengket seperti kurma kholas. Saat menggigitnya ada sensasi kental terasa seperti mengunyah karamel.

Dengan melihat bentuk dan teksturnya saja sudah bisa ditebak bagaimana rasa kurma yang satu ini. Yup, rasanya manis memikat sangat cocok dijadikan sebagai teman minum teh di pagi maupun sore hari.

12. Kurma Palm Fruit

tokopedia.com

Di Indonesia kurma palm fruit banyak dicari terutama saat bulan Ramadhan tiba. Rasanya yang manis bercampur gurih menjadikan kurma asal Tunisia ini digemari banyak orang.

Selain rasanya yang enak kurma palm fruit juga diyakini dapat dijadikan sebagai obat. Dimana memiliki khasiat membersihkan perut dari sisa-sisa makanan secara maksimal.

13. Kurma Khudri

jenis kurma
snapshopy.com

Hampir sama dengan kurma kholas yaitu rasanya mirip dengan karamel. Namun dari segi tekstur sangat jauh berbeda karena kurma khudri lebih kering dan tidak terlalu basah.

Daging kurma ini cukup tebal dengan warna permukaan merah kecoklatan. Dalam dunia pasar internasional kurma khudri cukup mudah ditemukan termasuk di Indonesia.

Selain karena harganya yang tidak terlalu mahal dan paling sering diekspor. Kurma khudri memiliki banyak kandungan nutrisi mulai dari serat, kalium, magnesium, hingga vitamin.

14. Kurma Safawi

amazon.in

Salah satu kurma hitam dengan rasa yang sangat manis, terkadang terlewat manis. Bagi sebagian orang ada yang kurang menyukai jenis kurma dengan rasa yang terlalu manis.

Namun jangan khawatir meskipun manis sangat, daging kurma safawai tidak terlalu lembek sehingga nggak membuat eneg. Justru kurma ini berkhasiat memperlancar sistem pencernaan kamu lho karena kandungan seratnya yang tinggi.

15. Kurma Thoory

jenis kurma
simpul.in

Satu kurma unik yang populer di Aljazair. Kurma thoory ibarat bunglon yaitu bisa berubah warna, dimana semakin diawetkan perlahan warnanya akan berubah dari cokelat kemerahan menjadi biru.

Tekstur daging buah kurma ini agak keras namun rasanya tetap manis dan cocok dijadikan sebagai pencuci mulut. Kurma ini cukup sulit ditemukan di Indonesia seperti kurma khudri dan palm fruit.

Dari berbagai jenis kurma di atas, kurma apa saja yang sudah pernah kamu coba guys?

Manfaat Kurma

Salah satu manfaat kurma yang sudah jelas terbukti adalah melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena kurma mengandung serat yang cukup tinggi sekitar 6,4-11,5% dari kandungan nutrisi lainnya.

Serat pada kurma adalah jenis serat yang tidak laut, dimana dapat membantu dalam proses pemadatan feses. Karena itulah banyak yang sengaja mengkonsumsi kurma dalam sehari-harinya guna mengurangi resiko diare, konstipasi, dan sembelit.

Selain itu dengan rutin mengkonsumsi kurma setiap hari juga dipercaya membantu melancarkan proses persalinan.
Bahkan ada juga yang membuktikan mengkonsumsi buah kurma muda sebagai salah satu upaya program kehamilan.

Hal ini karena kandungan asam amino dan seng yang ada pada kurma. Asam amino dan seng dipercaya mampu meningkatkan kesuburan seseorang.

Di Timur Tengah serbuk sari kurma dijadikan sebagai obat penyubur pria karena dipercaya mengandung senyawa-senyawa yang mampu meningkatkan hormon-hormon reproduksi.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah ini juga mampu mencegah datangnya penyakit kronis seperti jantung, kanker, diabetes, hingga Alzheimer.

Manfaat lainnya yaitu mampu mencegah anemia yang seringkali dialami oleh kaum wanita. Kandungan zat besi pada kurma mampu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga menjadikan kita tidak mudah lelah.

Baca Juga : Jenis Lengkeng

Masih banyak manfaat kesehatan lainnya yang dapat kita peroleh dari buah kurma. Memang betul, semua yang dianjurkan oleh Nabi tentulah banyak faedahnya.

Selain mendapat pahala sunnah, dengan mengkonsumsi kurma kesehatan kita juga terjaga. InsyaAllah.

Leave a Comment